Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga + Analisa Bisnis

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga – Jika zaman dahulu menjadi ibu rumah tangga selalu diidentikan dengan perannya sebagai istri yang membersihkan rumah, merawat anak, menyiapkan makanan untuk keluarga dan yang lainnya. Namun bagi Anda wanita yang hidup di zaman milenial, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki penghasilan sendiri. Sedangkan saat ini sudah ada banyak usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa dijalankan.

Untuk Anda sebagai wanita yang cerdas hidup di zaman milenial ini tentu harus bisa memutar otak bagaimana cara menghasilkan uang tanpa harus menelantarkan keluarga. Bahkan sekarang ini sudah ada banyak jenis bisnis atau usaha yang bisa dijalankan para ibu rumah tangga yang ingin membantu perekonomian keluarga, diantaranya?

Usaha Kue

Usaha Kue

Bisnis pertama yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga yaitu bisnis kuliner seperti usaha kue. Supaya Anda sukses berbisnis kue rumahan, simak tips berikut ini:

– Pastikan Anda memiliki keahlian dan pengetahuan

Anda harus memiliki keahlian dan pengetahuan sebelum memutuskan menjalankan usaha kue rumahan. Melalui pengetahuan dan keahlian tersebut maka Anda bisa mengkreasikan kue yang Anda buat, baik itu dari segi model, bentuk dan juga rasa.

– Hitung harga bahan

Perhitungkan harga bahan pembuatan kue. Untuk memudahkan Anda dalam menghitung harga bahan Anda bisa mencatat beberapa bahan yang sudah Anda beli beserta harganya. Cara ini akan menekan biaya produksi sehingga akan menghindarkan Anda dari kerugian.

– Pemilihan alat

Untuk meningkatkan kualitas kue yang Anda buat maka pemilihan alat juga perlu diperhatikan dengan baik. Pastikan bahwa alat yang digunakan aman terutama perihal bahan dari alat yang digunakan. Menggunakan alat dan bahan yang tidak membahayakan kesehatan akan membantu Anda supaya bisa sukses dalam bisnis kue rumahan dalam jangka waktu yang panjang.

– Varian kue

Supaya para pembeli tidak merasa bosan dengan kue yang Anda jual sebaiknya Anda membuat kue dengan berbagai varian. Untuk itu Anda harus banyak mempelajari berbagai jenis kue supaya Anda dapat membuatnya dan menciptakan rasa yang lezat sehingga bisnis kue yang dijalankan mampu diminati oleh masyarakat luas.

Usaha Roti Bakar

Usaha Roti Bakar

Menjalankan usaha roti bakar ternyata jauh lebih menyenangkan dibandingkan dengan Anda bekerja di kantoran. selain modalnya yang tidak terlalu besar ternyata usaha roti bakar juga mampu memberikan peluang yang cukup besar sehingga keuntungan yang melimpah pun bisa Anda dapatkan. Jika Anda tertarik untuk menjalankan usaha roti bakar silakan simak tips berikut ini:

– Tempat yang strategis

Anda harus menemukan tempat yang strategis untuk berjualan roti bakar misalnya seperti berada di pinggir jalan yang ramai maupun di depan minimarket. Selain tempat yang strategis Anda harus memiliki desain yang sangat unik pada bagian gerobak supaya lebih menarik dan mencolok.

– Alat yang harus disediakan

Untuk peralatan yang harus disediakan harus dalam kondisi yang baik artinya masih dapat berfungsi secara normal. Untuk alat-alat yang perlu dipersiapkan yaitu seperti wajan, wadah selai, salat kecil dan salat besar, pisau, kompor dan alat yang lainnya. Selain dalam kondisi yang baik Anda juga harus menjaga kebersihan peralatan dengan sebaik mungkin.

– Pilihan rasa

Untuk menarik perhatian para calon pembeli sebaiknya Anda menawarkan berbagai pilihan rasa. Karena mengingat bahwa selera calon pembeli tentu tidaklah sama sehingga dengan pilihan rasa yang beragam, calon pembeli dapat merasakan roti bakar sesuai dengan seleranya.

Usaha Es Krim

Usaha Es Krim

Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orang akan menyukai es krim sebagai salah satu minuman yang dapat dinikmati dalam segala aktivitas. Untuk bisa sukses dalam menjalankan bisnis es krim Anda bisa mengikuti beberapa tips bisnis berikut ini:

– Tentukan jenis es krim

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu Anda harus menentukan jenis es krim yang akan Anda jual. Misalnya apakah es krim tersebut terbuat dari bahan susu, dari bahan yoghurt maupun dari bahan buah-buahan. Dengan cara ini maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan varian rasa. Selain itu Anda pun juga bisa melakukan eksperimen supaya dapat menciptakan rasa baru yang lebih unik.

– Catat rincian modal

Untuk rincian modal harus benar-benar dicatat secara benar dan teliti karena hal ini berhubungan dengan budget yang harus dikeluarkan. Untuk rincian modal yaitu membeli peralatan, membeli bahan baku, menyewa tempat, biaya operasional maupun biaya yang lainnya.

– Gunakan logo dan merek yang unik

Tahap ini sangat penting karena melalui logo dan merek para konsumen akan mengenal produk es krim yang Anda buat. Selain itu merek dan logo menjadi identitas pada sebuah bisnis. Pastikan bahwa bisnis Anda berbeda dari bisnis es krim yang lainnya.

– Bahan baku berkualitas

Karena produk yang Anda jalankan adalah produk yang dikonsumsi manusia, maka Anda harus menjaminkan bahwa bahan yang digunakan berkualitas tinggi atau sesuai dengan aturan BPOM. Selain menjaga kualitas bahan, Anda juga perlu mencari supplier supaya harga yang Anda keluarkan cenderung lebih murah.

Usaha Kripik Singkong

Usaha Kripik Singkong

Hanya dengan bahan dasar singkong ternyata Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis yang sangat menguntungkan. Kesuksesan bisnis keripik singkong bermula dari langkah sederhana berikut:

– Modal usaha

Untuk modal usaha harus dipersiapkan sebelum memutuskan menjalankan bisnis keripik singkong. Selain itu bahan utama seperti singkong sangat mudah dijumpai di pasaran dengan harga yang lebih murah.

– Harga

Untuk harga yang ditawarkan pastikan Anda memiliki kelebihan dalam hal ini, artinya Anda menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dari pesaing. Mengingat bahwa Anda baru merintis bisnis keripik singkong sehingga jika Anda memberikan penawaran harga yang langsung tinggi tentu usaha keripik singkong tidak bisa sukses.

– Pemasaran

Untuk pemasaran bisa dilakukan dari berbagai sumber, misalnya seperti menjualnya melalui sosial media. Banyaknya para masyarakat di zaman milenial ini yang sudah banyak menggunakan sosial media. Bahkan menjadikan media online sebagai salah satu jalur untuk sukses dalam berbisnis.

Usaha Mie Ayam

Usaha Mie Ayam

Meskipun penjual mie ayam yang Anda jumpai di pasaran sudah begitu sangat banyak. Namun ternyata hasil keuntungan yang didapatkan dari menjual mie ayam mampu menarik perhatian banyak masyarakat. Ternyata ini rahasia sukses bisnis mie ayam:

– Pemilihan lokasi

Pemilihan lokasi dapat menunjang daya tarik para calon pembeli, sehingga hal ini penting diperhatikan. Pemilihan lokasi tidak hanya di tempat yang strategis namun Anda juga harus memastikan bahwa lokasi jauh dari tempat pembuangan sampah, jauh dari tempat peternakan atau tempat yang tidak higienis lainnya.

– Pelayanan

Untuk pelayanan yang diberikan harus benar-benar baik dan ramah karena mengingat bahwa pembeli adalah raja. Berikan senyuman yang ramah kepada para pembeli supaya mereka yang membeli mie ayam di tempat Anda merasa nyaman dan sangat dihargai. Selain itu sebaiknya berikan pelayanan yang cepat supaya pembeli tidak terlalu lama menunggu dalam kondisi perut yang lapar.

Usaha Jus Buah

Usaha Jus Buah

Usaha jus buah ternyata memberikan peluang yang cukup besar bagi Anda yang tertarik ingin menjalankannya. Hal ini dikarenakan semakin hidup di zaman yang modern maka akan semakin banyak pula orang yang tidak ingin ribet, terutama dalam membuat jus buah. Berikut ini tips sukses bisnis jualan jus buah:

– Letak lokasi

Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau para masyarakat misalnya seperti area dekat pemukiman warga, dekat dengan sekolah, kampus atau di tempat keramaian yang lainnya.

– Kelengkapan buah

Untuk kelengkapan buah juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan bagi Anda yang ingin sukses dalam bisnis ini. Semakin lengkap buah yang Anda tawarkan maka akan semakin banyak pula jumlah pengunjung yang datang kepada Anda.

– Perhatikan kemasan

Meskipun hal dianggap sepele, ternyata dari segi kemasan juga dapat menentukan keputusan pembelian. Sebaiknya pilih kemasan yang praktis namun tidak mudah tumpah supaya saat jus buah dibawa dengan naik motor atau tidak tumpah dan tetap terjaga keamanannya maupun kebersihannya.

– Kebersihan alat

Kebersihan alat yang dimaksud yaitu blender yang mana Anda harus mencuci blender setiap kali digunakan. Selain menjaga kebersihan blender, hal ini juga akan menjaga kualitas rasa jus buah yang tidak bercampur dengan buah lain yang yang diblender sebelumnya.

Usaha Gorengan

Usaha Gorengan

Untuk bisnis jualan gorengan ternyata dapat meraup keuntungan yang lebih besar jika Anda menjalankan bisnis dengan benar dan sesuai aturan dalam dunia bisnis. Misalnya seperti berikut:

– Lokasi penjualan

Untuk lokasi penjualan Anda tidak membutuhkan tempat yang mewah dan megah karena Anda bisa memanfaatkan lokasi di pinggir jalan yang banyak dilalui pengguna jalan. pastikan juga bahwa lokasi penjualan Anda tersedia parkir yang luas dan gratis, lokasi yang aman, dan terhindar dari bahaya kebakaran.

– Perhatikan dari segi kesehatan

Ada sebagian penjual gorengan yang tidak memperhatikan dari segi kesehatan, misalnya menggunakan minyak goreng yang sudah tidak layak pakai atau sudah digunakan berkali-kali. Bahkan ada juga beredar info mengenai gorengan plastik. Melihat hal ini sebaiknya jadilah penjual yang jujur supaya bisnis Anda berjalan dan bertahan lama.

– Perhatikan soal rasa

Soal rasa juga penting diperhatikan karena hal ini menyangkut selera pembeli. Meskipun bisnis ini sangat mudah dijalankan, namun bukan berarti Anda menjalankan bisnis secara asal.

Usaha Sosis Bakar

Usaha Sosis Bakar

Supaya Anda bisa sukses dalam bisnis jualan sosis bakar, silahkan ikuti langkah-langkah sederhana berikut:

– Lokasi penjualan

Untuk lokasi penjualan yang paling tepat Anda pilih yaitu seperti di tempat keramaian misalnya di pasar malam, di bazar, di alun-alun ataupun yang lainnya.

– Varian sosis

Anda harus menyediakan berbagai varian sosis supaya para konsumen bisa memilihnya sesuai dengan selera. Meskipun hal ini membuat diri Anda mengeluarkan banyak modal namun untuk meminimalisirnya Anda bisa membeli sosis dalam jumlah yang sedikit.

– Rasa

Sosis selalu diidentikkan sebagai rasa yang sangat pedas. Namun karena jangkauan pasar Anda tidak hanya kalangan dewasa saja maka Anda harus menyediakan rasa lain seperti rasa keju, rasa manis, asin atau yang lainnya supaya berbagai kalangan bisa menikmati sosis bakar Anda.

Usaha Bubur Ayam

Usaha Bubur Ayam

Bagi Anda yang berstatus sebagai ibu rumah tangga dan tertarik ingin menjalankan bisnis jualan bubur ayam silahkan ikuti langkah sukses berikat ini:

– Persiapkan modal

Modal menjadi kewajiban yang harus dipersiapkan di awal sebelum menjalankan sebuah bisnis. Untuk persiapan modal tergantung pada rincian biaya yang harus Anda keluarkan. Perhitungkan hal ini dengan jeli supaya Anda tidak mengalami kerugian di kemudian hari.

– Tentukan lokasi

Untuk penentuan lokasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya jika dirasa Anda memiliki rumah yang berada di keramaian maka Anda tidak perlu menyewa tempat. pastikan Anda berada di lokasi yang dekat dengan pabrik, kantor, pemukiman warga, kampus, sekolah, tempat kost atau yang lainnya.

– Resep bubur ayam

Cari tahu mengenai resep bubur ayam yang paling menggoda lidah. Sementara soal rasa akan sangat berpengaruh tentang kedatangan pembeli di kemudian hari nanti. Jika resep bubur Anda enak maka pembeli akan datang kembali untuk membeli bubur ayam Anda.

Usaha Pecel Lele

Usaha Pecel Lele

Untuk bisa sukses dalam menjalankan usaha pecel lele Anda bisa mengikuti langkah-langkah sukses seperti berikut ini:

– Rasa

Untuk soal rasa juga tidak kalah penting untuk benar-benar diperhatikan bagi Anda yang ingin sukses dalam bisnis pecel lele. Karena mengingat jumlah tingkat persaingan yang ada di pasaran cukuplah besar, maka tingkat kesuksesan dan keputusan pembeli tergantung bagaimana rasa pecel lele yang Anda jual.

– Kebersihan

Berbicara mengenai dunia kuliner tentu tidak akan terlepas dari kebersihan. Baik itu kebersihan dari segi tempat penjualan maupun dari segi penggunaan peralatan masak.

– Harga

Untuk perihal harga sebaiknya Anda memberikan harga yang murah atau terjangkau supaya Anda lebih mudah dalam menarik pelanggan. Lebih baik harga murah namun banyak pengunjung daripada memberikan harga yang mahal namun sepi pengunjung.

Usaha Bakso

Usaha Bakso

Keuntungan menjalankan usaha bakso memang sangat menggiurkan sehingga membuat para masyarakat berlomba-lomba ingin menjalankan bisnis bakso. Kesuksesan berbisnis jualan bakso bersumber dari beberapa langkah sederhana berikut:

– Rasa

Salah satu faktor penyebab sukses atau tidaknya sebuah bisnis bakso yaitu soal rasa. Jika Anda ingin sukses dalam berbisnis bakso maka Anda harus menjaminkan rasa. Meskipun pada dasarnya antara penjual bakso yang satu dan yang lain memiliki rasa yang sama namun Anda harus melakukan inovasi supaya bakso Anda berbeda dari penjual lain.

– Kehalalan

Masyarakat Indonesia mayoritas beragama muslim maka untuk kehalalan bakso yang Anda jual harus terjaminkan. Jika Anda ingin sukses berjualan dalam jangka waktu yang lama jadilah penjual yang jujur dan amanah.

– Pelayanan

Selain dari segi rasa yang enak, ternyata pelayanan juga mampu mensukseskan bisnis bakso Anda. Selain memberikan pelayanan yang cepat Anda pun juga harus menebarkan senyum kepada para pembeli yang datang ke warung bakso Anda.

Usaha Martabak

Usaha Martabak

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis kuliner martabak Anda bisa mencontek tips sukses berikut:

– Tonjolkan ciri khas

Sebagai penjual martabak yang ingin sukses Anda harus memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan penjual martabak yang lain. Misalnya Anda bisa menambahkan saos atau sambal.

– Pilihan rasa

Kebanyakan martabak hanya memiliki rasa yang sama. Namun buatlah martabak yang berbeda supaya banyak orang yang tertarik untuk mencoba martabak Anda. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan inovasi atau uji coba sendiri supaya bisa menemukan martabak dengan rasa yang berbeda.

– Jalin hubungan yang baik dengan konsumen

Untuk menjalin hubungan yang baik kepada konsumen bisa berawal dari pelayanan yang ramah, mengajak konsumen ngobrol supaya lebih dekat. Jika Anda memiliki hubungan yang baik kepada konsumen maka konsumen pun juga tidak akan lari ke penjual martabak yang lain.

Tidak jarang para wanita harus berhenti dari pekerjaannya setelah menikah atau bahkan setelah memiliki anak. Hal ini dikarenakan kewajiban sebagai istri yang harus mengurus keluarga. Bahkan sangat disayangkan bagi para wanita yang mempunyai pendidikan tinggi namun hanya diam di rumah tanpa memiliki penghasilan sendiri. Dengan mengetahui 12 daftar bisnis untuk ibu rumah tangga yang ada di atas, Anda bisa mencobanya.

Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga + Analisa Bisnis

Add Comment