DMCA.com Protection Status

20 Sungai Terpanjang di Dunia Beserta Letak, Penjelasan, Gambar

Sungai Terpanjang di Dunia – Sumber daya alam di suatu negara jelas terdaftar dan terdata dengan baik untuk mengetahui potensial yang dapat dimaksimalkan. Jelas, dari data-data tersebut muncullah daftar wilayah terluas di dunia, negara terbesar di dunia, air terjun tertinggi, laut terbesar, danau terbesar, tak terkecuali dengan sungai terpanjang di dunia.

Dalam menyatakan sungai yang paling panjang di dunia, suara bulat terletak pada fakta bahwa penentuan berasal dari daerah hulu atau asal sungai. Seringkali, sumber tersebut terletak di lokasi terpencil dan tidak dapat diakses, sehingga penemuan semacam itu merupakan tugas yang sulit. Simak di bawah ini untuk mengetahui deretan sungai yang paling panjang di dunia :

Sungai Amazon di Amerika Selatan

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Dengan menghitung debit volume air, tidak diragukan lagi bahwa sungai Amazon merupakan sungai yang paling panjang di dunia. Namun, posisi sungai Amazon sebagai sungai terpanjang di dunia sangat diperdebatkan karena sebutan itu telah lama diberikan kepada Sungai Nil di Mesir. Perselisihan muncul dari penentuan asal-usul Amazon.

Setelah itu, anak sungai lainnya bergabung dengan sungai hilir untuk membentuk Sungai Ucayali yang akhirnya bertemu dengan Sungai Marañón untuk membentuk batang utama Sungai Amazon. . Diperkirakan bahwa panjang Amazon adalah 4.325 mil atau 6853 km, yang membuatnya menjadi sungai paling panjang di dunia.

Sungai Nil di Mesir

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Meskipun sebagian besar dari kita mengakui sungai Nil sebagai sungai di negara Mesir, sungai Nil sebenarnya merupakan sungai internasional yang dimiliki oleh 11 negara di Afrika. Namun, itu adalah sumber utama air di dua negara : Mesir dan Sudan. The Blue and the White Nile adalah dua anak sungai dari sungai Nil.

Menurut United States Geological Survey, panjang Sungai Nil adalah 4.258 mil atau 6853 km. Berdasarkan data ini, maka sungai Nil ditetapkan menjadi sungai paling panjang kedua di dunia dan merupakan sungai terpanjang di benua Afrika. Beberapa spot di Sungai Nil juga banyak digunakan sebagai tempat rekreasi.

Sungai Yangtze di Republik Rakyat Tiongkok

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang ketiga di dunia dan paling lama mengalir sepenuhnya di satu negara. Ini juga merupakan sungai terpanjang di Asia. Lembah sungai Yangtze menampung sepertiga penduduk Tiongkok yang merupakan negara berpenduduk terbesar di dunia.

Secara tradisional, pemerintah Republik Rakyat Tiongkok mengakui anak sungai Tuotuo yang terletak di Pegunungan Tanggula sebagai sumber sungai. Pada ketinggian 17,526 kaki di atas permukaan laut, ini jelas merupakan sumber tertinggi dari sungai Yangtze. Menurut data, bagaimanapun sumber Sungai Yangtze terletak di Jari Hill dari mana hulu Sungai Dam berasal.

Anak-anak sungai di atas lebih banyak lagi bergabung untuk membentuk Sungai Yangtze yang kuat yang akhirnya mengalir ke Laut Cina Timur di Shanghai. Sungai ini mencakup total panjang 3.917 mil atau sepanjang 6300 km sehingga, sungai ini merupakan sungai yang paling panjang di Asia dan sungai paling panjang ketiga di dunia.

Sungai Mississippi atau Missouri di Amerika Serikat

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sistem sungai yang terdiri dari sungai Mississippi, Missouri, dan Jefferson, dianggap sebagai sistem sungai paling panjang keempat di dunia. Sungai ini melalui 31 negara bagian Amerika Serikat dan 2 provinsi di negara Kanada.

Sungai Mississippi dimulai di Minnesota utara, yakni Danau Itasca diyakini berasal dari sungai dan mengalir ke Teluk Meksiko setelah mengalir sejauh 2.320 mil. Saat  menganggap Sungai Jefferson sebagai sumber terjauh Sungai Mississippi, maka akan didapatkan sistem sungai Mississippi – Missouri – Jefferson sepanjang 3.902 mil atau 6275 km.

Sungai Madison bergabung dengan Sungai Jefferson sepanjang 83 mil untuk membentuk Sungai Missouri yang akhirnya bergabung dengan Mississippi di perbatasan antara negara bagian AS di Illinois dan Missouri.

Sungai Yenisei atau sungai Angara di Rusia

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai yang berada di Rusia ini merupakan sungai yang paling panjang kelima di dunia dan merupakan sungai paling besar di Samudera Arktik. Sungai Selenge dianggap sebagai hulu dari sistem sungai Yenisei ini. Sungai Selenge sepanjang 992 km dan mengalir ke Danau Baikal.

Kemudian, sungai Angara naik dari Danau Baikal dekat Listvyanka dan mengalir melalui Oblast Irkutsk di Rusia dan akhirnya bergabung dengan Sungai Yenisei dekat Strelka. Sungai Yenisei akhirnya mengalir ke Samudera Arktik. Panjang total yang tercakup adalah 3.445 mil atau sepanjang 5539 km.

Sungai Yellow di Republik Rakyat Tiongkok

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Dikenal sebagai sungai induk oleh semua orang Tionghoa, Sungai Yellow sepanjang 5.464 kilometer atau sekitar 3.395 mil adalah yang terpanjang kedua di Tiongkok setelah Sungai Yangtze. Hulu sungai besar ini terletak di Pegunungan Kunlun di Provinsi Qinghai barat laut. Sungai ini mengalir ke sembilan provinsi dan daerah otonom dalam perjalanan ke Laut Bohai.

Bagian hulu sungai yang kuat dimulai dari Provinsi Qinghai ke Hekouzhen di Mongolia dalam. Sungai yang megah ini mengalir dengan tenang mengairi lahan pertanian dan bermanfaat bagi orang-orang. Jalan tengahnya berakhir di Taohuayu di Kota Zhengzhou, Provinsi Henan.

Sungai Ob-Irtysh di Rusia Selatan

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai yang terletak di Rusia Selatan ini adalah sungai terpanjang ketujuh di dunia. Sungai ini bermula di persimpangan sungai Biya dan Katun, di Pegunungan Altai dan mengalir melalui Siberia ke Teluk Ob. Sungai ini juga terdiri dari Ob, sungai utama, dan Irtysh, anak sungai utamanya.

Maka itulah banyak yang menyebut keduanya secara bersamaan, sebagai Sungai Ob-Irtysh. Anak sungai besar lainnya termasuk Tom, Chulym, Ket, Tym, Vakh, Vasyugan, dan Sosva. Tetapi hanya Irtysh, sebagai anak sungai utama, yang mendapatkan namanya di dalam nama sungai ketujuh terpanjang ini.

Serangkaian kanal menghubungkan Ob dengan Sungai Yenisei. Panjang sungai Ob-Irtysh ini adalah dengan panjang 3.354 mil atau 5410 km.

Sungai Rio de la Plata di Argentina

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Río de la Plata, merupakan sungai dengan lekukan berbentuk kerucut dari Samudra Atlantik di pantai timur Amerika Selatan antara Uruguay ke utara dan Argentina di selatan. Sementara, beberapa ahli geografi menganggapnya sebagai teluk atau sebagai laut marjinal Atlantik, dan yang lain menganggapnya sebagai sungai.

Bagi mereka yang menganggap Río de la Plata sebagai sungai, maka sungai ini adalah sungai yang terluas kedelapan di dunia, yakni dengan panjang 3030 mil atau sepanjang 4880 km. Dan sungai Rio de la Plata merupakan sungai dari gabungan sungai Uruguay dan sungai Paraná.

Sungai Kongo atau sungai Zaire dari Republik Demokratik Kongo

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Kongo yang juga biasa disebut sungai Zaire merupakan sungai yang berada di Afrika barat-tengah. Sungai ini memiliki panjang 2.922 mil atau sepanjang 4.700 km. Sungai ini merupakan sungai terpanjang kedua di benua Afrika setelah Sungai Nil.

Sungai ini mulai ada di dataran tinggi Zambia timur laut antara Danau Tanganyika dan Nyasa atau Malawi sebagai Sungai Chambeshi. Sungai Chambeshi dikenal berada pada ketinggian 5.760 kaki atau 1.760 meter di atas permukaan laut dan pada jarak sekitar 430 mil atau 700 km dari Samudra Hindia, ke barat laut, barat, dan barat daya sebelum mengalir ke Samudra Atlantik di Banana (Banane).

30 Negara Terkaya di Dunia Saat Ini, Apakah Indonesia Termasuk ?

Sungai Amur di Tiongkok

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Amur merupakan sungai terpanjang di daerah Timur Jauh Rusia. Sungai ini merupakan sungai panjang kesepuluh di dunia setelah sungai Kongo. Hulu-hulunya hingga ke Rusia (Siberia), Mongolia, dan Daerah Otonom Mongolia Dalam, dan di daerah Tiongkok di pegunungan barat laut dan tenggara titik di mana perbatasan mereka bertemu.

Sungai utama umumnya mengalir ke timur dan tenggara, membentuk banyak perbatasan antara provinsi Heilongjiang Cina dan Siberia tenggara. Di kota Khabarovsk, Rusia, kemudian membelok ke timur laut dan mengalir melintasi wilayah Rusia ke Selat Tatar. Sungai ini memiliki panjang 2763 mil atau sepanjang 4400 km.

Sungai Lena di Siberia

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai yang berada di Siberia ini merupakan sungai yang mengalir melalui jarak 4.400 kilometer dari sumbernya di Pegunungan Baikal 7 kilometer barat Danau Baikal, ke titik drainase ke Laut Arktik Laptev. Asal muasal nama Sungai Lena ini konon berasal dari kata ‘Elyu-Ene’ yang memiliki arti yakni ‘Sungai Besar’.

Aliran drainase sungai mencakup area seluas 2.490.000 kilometer persegi. Delta Sungai Lena adalah Delta Arktik terbesar di dunia.Delta sungai Lena memiliki 32.000 kilometer persegi. Saluran tanah yang luas di sepanjang sungai dilindungi dalam bentuk cagar alam, seperti Cagar Alam Delta Lena, Pilar Lena, dan Cagar Alam Ust-Lensky.

Sungai Mekong di Asia Tenggara

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Di kawasan Asia Tenggara, ada Sungai Mekong yang jadi perbatasan internasional antara 3 negara, yakni negara Myanmar, negara Laos dan negara Thailand. Sungai yang memiliki panjang 2705 mil atau sepanjang 4300 km ini merupakan sungai yang paling panjang kedua belas di dunia.

Selain kedua belas terpanjang di dunia, sungai ini juga merupakan sungai ketujuh yang paling panjang di Asia. Sungai ini juga sebagai rumah bagi sekitar 1.000 spesies ikan, 20.000 spesies tanaman, dan ratusan spesies burung, reptil, dan mamalia. Sungai Mekong adalah salah satu wilayah yang paling beragam secara biologis di dunia, kedua setelah Sungai Amazon.

Sungai Mackenzie Peace di Amerika Utara

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Mackenzie Peace merupakan sungai ketiga belas yang paling panjang di dunia. Sungai Mackenzie ini memiliki panjang 2637 mil atau 4.241 km. Dengan panjang sungai tersebut, sungai ini adalah yang terbesar kedua di Amerika Utara setelah sungai Mississippi.

Sungai Mackenzie mengalir ke barat laut melalui Northwest Territories, dari Great Slave Lake ke Beaufort Sea. Debit puncak sungai Maclenzie Peace terjadi pada bulan Juni dan pecahnya es dimulai di Liard River pada akhir April, awal Mei. Sungai ini bebas es pada awal Juni dan tetap buka hingga November.

Sungai Niger di Afrika Barat

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Niger merupakan sungai utama di Afrika barat. Sungai ini membentang lebih dari 2.500 mil atau sekitar 4.000 km. Sungai ini melalui Guinea, Mali, Niger, di perbatasan dengan Benin dan kemudian melalui Nigeria. Asal usul nama sungai Niger tidak diketahui. Banyak yang mengasumsikan bahwa kata ini berasal dari kata Latin untuk “hitam”, tetapi tidak ada bukti nyata.

Sungai ini melalui delta besar, yang dikenal sebagai Sungai Minyak atau Oil River, ke Teluk Guinea. Sungai Niger adalah sungai terpanjang ketiga di Afrika, dan merupakan sungai yang hanya dilampaui oleh Sungai Nil dan Sungai Kongo atau juga dikenal sebagai Sungai Zaïre. Anak sungai utama sungai Niger adalah Sungai Benue.

Sungai Brahmaputra di India

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai yang berada di India ini memiliki panjang 2391 mil atau 3848 km yang membuatnya menjadi sungai panjang kelima belas di dunia. Sungai Brahmaputra terdiri dari Sungai Gangga dan Brahmaputra, yang berasal dari Tibet dan 6 Barak yang dimulai di India. Sungai-sungai ini berkumpul di Bangladesh sebagai Sungai Meghna dan mengalir ke Teluk Benggala.

Lembah sungai adalah wilayah daratan yang luas yang terdiri dari bagian-bagian India, Tibet, Bhutan, Nepal, dan Bangladesh.Sungai Brahmaputra mengalir melalui Tibet, India, dan Bangladesh. Aliran sungai ini dimulai di Himalaya di Tibet sebagai Sungai Tsangpo, sungai mengalir ke arah timur sejauh 704 mil.

Sungai Tocantins di Brazil

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Araguaia dan Tocantins mengalir dari dataran tinggi di bagian utara ke saluran selatan Amazon, tepat di hulu dari Belem. Tocantins adalah sungai yang memiliki air yang relatif jernih, sedangkan Araguaia adalah sungai dataran banjir, dengan daerah berliku dan perairan berlumpur, karena beban sedimennya yang besar. Kedua sungai bertemu di Marabá, Brasil.

Sepanjang sungai, hidup 11 kelompok etnis pribumi yang berbeda, dengan total lebih dari 14.000 orang. Cekungan ini juga sangat kaya akan spesies ikan, dengan sekitar 300 sudah diidentifikasi. Sungai ini memiliki panjang 3650 km.

Sungai Volga di Rusia

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Volga, secara luas dipandang sebagai sungai nasional Rusia, mengalir melalui bagian barat negara itu. Ini adalah sungai terpanjang di Eropa, dengan panjang 2.293 mil atau sepanjang 3,690 km, dan membentuk inti dari sistem sungai terbesar di Eropa. Beberapa waduk terbesar di dunia dapat ditemukan di sepanjang sungai.

Sungai Shatt al-Arab di Iraq, Turki, dan Suriah

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai ini memiliki panjang 3590 km dan merupakan sungai kedelapan belas terbesar di dunia. Sungai ini dianggap sebagai salah satu sungai yang terpenting di negara Iraq dan sumber utama air permukaan di Basra. Pada umumnya, air di sungai ini, digunakan untuk berbagai tujuan, yakni kebutuhan minum, kebutuhan irigasi, perikanan, navigasi, dan industri.

Sungai Madeira di Brazil

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Madeira adalah anak sungai terbesar dan terpenting di Amazon. Sungai ini membentang sekitar seperempat dari Amazon Brasil, Cekungan Madeira menyediakan rumah bagi jaguar tutul, berang-berang raksasa, lumba-lumba merah muda, dan tak terhitung spesies mamalia terancam punah lainnya.

Sungai yang penuh dengan kehidupan ini diperkirakan terdapat 750 spesies ikan bermigrasi sekitar 4.500 km setiap tahun untuk bertelur dan memberi makan di perairan yang kaya nutrisi dan berlumpur di Madeira bagian atas.

30 Rekomendasi Film India Terbaik (2019) yang Wajib Kamu Tonton

Sungai Purus di Brazil

Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai kedua puluh terbesar di dunia ini memiliki panjang sekitar 3211 km. Sungai yang berlokasi di Brazil ini merupakan sebuah anak sungai Amazon melalui hutan hujan Amazon yang lebat. Sungai Purus juga merupakan bagian dari batas internasional antara dua negara Amerika Latin Brasil dan Peru. Letaknya tidak jauh dari Sungai Amazon. Bisa dilihat dari titik meandernya pun tidak begitu jauh dengan sungai Amazon.

Nah, setelah mengetahui deretan sungai yang paling panjang di dunia tersebut, kita dapat mengetahui mana saja negara yang memiliki potensial yang baik dalam sumber daya alam sungai. Beberapa sungai di atas juga memiliki kekayaan fauna karena adanya sungai tersebut, salah satunya fauna langka yang juga buas, misalnya beberapa predator di Sungai Amazon seperti ikan piranha, dan lain-lain.

45 Gunung Tertinggi di Indonesia yang Wajib Kamu Daki (Rekomendasi)

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Sungai Terpanjang di Dunia

Leave a Comment