DMCA.com Protection Status

17+ Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dibawa Individu / Kelompok (Lengkap)

Perlengkapan Naik Gunung – Dalam hobi, salah satu hal yang cukup banyak diminati oleh orang Indonesia atau luar negeri sekalipun adalah kegiatan mendaki gunung. Bisa dibilang bagi para pendaki gunung, hal seperti ini merupakan suatu hal yang menguji adrenalin dan menjadi kesan tersendiri. Kegiatan ini bisa dibilang tidak terlalu sulit dan hanya bermodalkan peralatan secukupnya dan mental yang kuat serta stamina saat mendaki.

Ketika sudah biasa untuk mendaki gunung, maka sebagian orang sudah tidak bingung lagi untuk melengkapi segala keperluan yang ada. Persiapan untuk melakukan pendakian memang cukup banyak yang harus dipersiapkan baik peralatan dan kebutuhan lainnya. Untuk pemula juga harus berlatih dan belajar tentang segala keperluan yang harus dibawa pada saat akan melakukan pendakian.

Perlengkapan Naik Gunung Pribadi

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Perlengkapan mendaki gunung untuk kalangan pribadi, harus mengerti dan mempersiapkan peralatan sebaik mungkin. Bawalah terutama peralatan yang memang sesuai dengan kebutuhan anda dan mungkin kelompok jika mendaki bersama-sama. Peralatan yang dibawa menyesuaikan keadaan yang ada agar peralatan lebih efektif untuk digunakan nantinya.

Beirkut peralatan naik gunung pribadi :

1. Tas Gunung Carrier

Tentunya tas gunung merupakan hal yang wajib dimiliki oleh masing-masing pendaki gunung agar dapat menyimpan peralatan yang ada. Ukuran yang dimiliki tas gunung juga rata-rata beragam menyesuaikan keinginan para pendaki gunung. Kelebihan dari tas gunung adalah ketika membawa beban yang diletakkan pada tas ini cenderung akan lebih terasa ringan daripada menggunakan tas biasa.

2. Sleeping Bag

Biasanya ketika berada di gunung nantinya, anda akan mendapatkan serangan hawa dingin yang cukup. Sleeping bag berguna agar anda bisa menjaga kondisi tetap hangat dan mengurangi resiko terkena hypothermia yang dapat menyerang sewaktu-waktu.

3. Peralatan makan dan minum

Biasanya ketika berada di atas gunung, anda dan kelompok mungkin ingin makan dna minum setelah lelah mendaki. Barang ini memang wajib anda miliki tentunya agar ketika makan dan minum bisa lebih nyaman.

4. Sepatu dan sandal

Kondisi ketika mendaki tentunya tidak akan mulus seperti di jalan, maka anda harus memiliki sepatu atau sandal gunung yang kuat. Karena kaki anda akan rawan terkena luka akibat kondisi jalan gunung yang kurang baik dan mendukung.

5. Jas Hujan

Keperluan yang sebenarnya cukup wajib adalah jas hujan. Terutama ketika anda mendaki di musim hujan, alat ini sangat berguna agar melindungi anda dari derasnya hujan yang ada di gunung. Selain itu, seringkali juga digunakan untuk melapisi tenda yang ada saat mendaki.

6. Obat pribadi

Membawa obat pribadi memang dianjurkan bagi para pendaki gunung pemula atau yang sudah mahir. Tujuannya tentu agar membuat kondisi tubuh dalam keadaan prima, bisa juga mengobati ketika mendapat luka akibat sesuatu. Terutama bagi pendaki yang memiliki penyakit khusus, sangat diwajibkan untuk membawa obat tersebut.

Perlengkapan Naik Gunung Bagi Wanita

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Jika tadi secara umum, ada beberapa perlengkapan naik gunung untuk anda para wanita yang menyukai tantangan. Karena memang naik gunung, saat ini bukan hanya untuk para pria saja.

Berikut perlengkapan pada wanita :

1. Menyiapakan kekuatan fisik

Bagi wanita, salah perlengkapan yang harus disiapkan adalah kondisi stamina yang kuat. Karena untuk wanita pada umumnya mendaki gunung akan lebih menguras tenaga. Biasakan pada wanita untuk memulai rajin olahraga seperti lari ringan di pagi hari. Jika sudah terbiasa melakukan ini, maka akan membuat tubuh para wanita menjadi lebih kuat.

2. Menggunakan Sun Block

Para wanita tentunya tetap ingin menjaga kesehatan kulit ketika ingin mendaki gunung nantinya. Kondisi digunakan juga terkadang bisa panas, kering, dan mengganggu. Tentunya menggunakan sunblock membantu anda agar keadaan kulit pada tubuh terutama tangan tetap terjaga.

3. Membawa Tisu Basah

Melakukan bersih-bersih tubuh merupakan hal yang cukup wajib bagi para wanita. Keadaan gunung yang minim air adalah salah satu alasan mengapa para wanita harus membawa tisu basah. Ini untuk membersihkan dari masalah debu, keringat, dan kotoran yang menempel di kulit.

Perlengkapan Naik Gunung Bagi Kelompok

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Berikut ini peralatan naik gunung bagi anda dan kelompok agar lebih menyenangkan ketika mendaki bersama kelompok :

1. Peralatan Masak

Untuk peralatan masak disini merupakan suatu hal yang wajib, apalagi bagi anda dan kelompok yang ingin menyantap makanan buatan sendiri. Bisa juga untuk memasak air untuk minuman seperti the, kopi, dll. Untuk peralatan masak bagi para pendaki gunung memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil dan lebih efisien dalam bentuknya.

Peralatan yang biasanya ada adalah pisau, sendok, panci kecil, kompor kecil, dll. Selain itu, bawa juga bahan untuk pemicu api yang membantu anda untuk memasak seperti bensin, spirtus atau bahan bakar lainnya.

2. Logistik Makanan

Jika anda dan kelompok tidak cukup waktu atau malas untuk memasak makanan, maka membawa logistik berupa jajanan adalah solusi yang tepat. Hal ini bermanfaat bagi anda dan kelompok untuk mengisi kembali tenaga yang banyak terkuras ketika melakukan pendakian. Logistik disini juga bisa selain jajan, yaitu kebutuhan kelompok untuk memasak.

3. Trekking Pole

Salah satu perlengkapan naik gunung yang tidak kalah penting saat digunakan adalah Trekking Pole. Benda ini sangat berguna dalam membantu anda mengakses medan yang terbilang berat dan sulit. Nah, untuk anda yang ingin memiliki benda ini maka pilihlah trekking pole dengan bobot yang cenderung memiliki ketahan lebih kuat seperti alumunium daripada yang berbahan karbon.

Selain ketahanan bahan, besarnya trekking pole harus anda pilih yang menyesuaikan postur tubuh agar penggunaannya lebih baik. Dalam memilih juga perhatikan bentuk pegangan yang ada agar membuat tangan tetap nyaman ketika memegangnya. Ada baiknya juga membeli yang memiliki cadangan spare part agar dapat dibetulkan ketika terjadi kerusakan saat pemakaian.

Cara Memilih Sepatu Untuk Perlengkapan Naik Gunung

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Masalah keamanan dan kenyaman ketika mendaki merupakan sebuah aspek yang cukup penting. Kualitas dari benda tersebut merupakan hal yang utama ketika anda ingin mendapatkan peralatan tersebut, terutama sepatu. Memilih sebuah sepatu untuk mendaki gunung memang terdapat beberapa kriteria dan yang pasti akan membuat kaki anda nyaman ketika mendaki adalah tujuan utama.

Berikut ciri sepatu yang baik untuk mendaki gunungĀ :

1. Nyaman dan Empuk

Salah satu kriteria yang baik untuk memilih sepatu adalah keadaan sepatu nyaman dan empuk. Hal ini dapat membuat kaki anda akan sangat nyaman ketika akan melangkah dan menghadapi medan gunung yang cenderung sulit. Bisa anda bayangkan jika anda menggunakan sepatu yang berbahan keras maka anda juga akan sulit melangkah dan mendaki bisa terganggu.

2. Kualitas dari bahan

Kualitas memang merupakan suatu hal yang cukup wajib dipahami dan diketahui bagi para pendaki ketika ingin memiliki sepatu untuk mendaki. Dalam mendaki tentunya terdapat berbagai macam medan jalanan seperti yang mudah hingga tersulit. Biasanya mulai dari bebatuan ringan seperti kerikil, berlumpur, dan yang paling sering berpasir.

3. Ringan

Sepatu gunung juga harus memiliki berat yang terbilang ringan. Alasannya sederhana karena agar membuat langkah kaki lebih mudah. Jika berat sepatu sudah ringan, maka dalam melintasi jalur pendakian bisa lebih cepat dan mudah sehingga tidak terjadi kesulitan berarti.

BIODATA STRAY KIDS : Profil, Biografi, Fakta Unik, Foto (Lengkap)

Perlengkapan Alas Kaki untuk Naik Gunung

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Setelah anda mengetahui ciri-ciri yang baik pada sepatu, maka ada beberapa jenis pelindung kaki yang ada. Tentunya anad perlu mengetahui jenis yang ada agar sesuai dengan kondisi dari daerah yang akan anda lewati.

Berikut jenis Pelindung kaki pada saat mendaki gunung :

1. Sandal Gunung

Sandal gunung merupakan alternatif yang ada bagi anda yang menyukai pada jenis pendakian yang cenderung hanya santai dan relaks. Ini juga lebih efektif pada saat berada di perkemahan yang terjadi pada saat mendaki. Selain itu, bobot yang ada pada sandal juga lebih ringan.

2. Sepatu Gunung

Pastinya sepatu akan berguna ketika anda akan mendaki pada jalur yang sulit dan membutuhkan pijakan yang lebih kuat. Kerangka yang ada pada sepatu juga sudah menyesuaikan dengan kondisi serta keadaan yang ada. Biasanya untuk perlindungan kaki akan lebih maksimal karena sudah menyelimuti seluruh bagian bawah kaki hingga mata kaki.

3. Mid Weigh Boot

Jika anda mengetahui medan bagian gunung yang lebih keras dan mungkin berlumpur, maka boot ini menjadi jawabannya. Sol yang dimiliki dari jenis ini jauh lebih keras dan kuat, selain itu juga akan lebih tinggi. Hal ini akan membuat anda menjadi kurang nyaman ketika akan menggunakannya.

Cara Membersihkan Sepatu Gunung

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Salah satu yang baik untuk merawat perlengkapan naik gunung, terutama pada peralatan pelindung kaki. Jika anda cukup baik dalam membersihkan dan merawatnya, maka anda akan tetap nyaman ketika menggunakannya lagi. Namun, jika anda kurang merawatnya akibatnya akan membuat anda kurang nyaman dan bisa membuat kaki terluka.

Berikut Langkahnya :

1. Gunakan Alat Pembersih

Alat pembersih disini bisa menggunakan lap basah dan sikat. Gosok dengan perlahan dan pilihlah jenis sikat yang lembut dan tepat untuk membersihkan sepatu atau sandal anda. Ini berguna agar membuat tanah atau debu yang menempel hilang.

2. Pembilasan

Anda cukup menggunakan air bersih saja tanpa memerlukan sabun atau deterjen agar kondisi kulit sepatu tetap bagus.

3. Pengeringan

Keringkan dengan meletakannya pada bagian yang tidak langsung terkena sinar matahari langsung agar cat sepatu tidak memudar. Biasanya di bawah atap rumah atau dibagin rumah yang mendapat aliran angin yang cukup.

4. Simpan

Saat sudah kering, anda bisa menyimpannya dengan rapi hingga sepatu atau sandal digunakan kembali. Berikan beberapa silica gel agar terhindar dari jamur sepatu dan taruh di kardus kering. Jika sudah, anda cukup menyimpan di daerah penyimpanan yang kering.

Perlengkapan Naik Gunung Bromo

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Setelah anda mempersiapkan semuanya tadi, mungkin saja Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi untuk mendaki gunung terbaru. Untuk keindahannya anda sudah tidak perlu meragukannya karena gunung ini sudah terkenal hingga turis asing niat untuk mendaki gunung ini. Pastikan bawaan anda sudah sesuai dengan kebutuhan untuk di gunung ini.

Berikut perlengkapan yang perlu anda persiapkan :

1. Sepatu dan kaos kaki

Hal ini penting karena suhu yang ada di Gunung Bromo tidak bersahabat dengan orang yang hanya mendaki dengan sandal. Suhu dingin yang ada di Gunung Bromo akan membuat anda akan kesulitan jika tidak menggunakan sepatu. Kawah di Gunung Bromo juga berpasir dan pastinya akan sangat kotor kalau tidak menggunakan sepatu.

2. Kamera

Alat ini cukup berguna bagi kamu yang pastinya ingin tetap memiliki kenangan indah dengan Gunung Bromo. Era modern, tentunya cukup dengan menggunakan sebuah kamera dari smartphone bagi anda yang ingin mengabadikannya. Jangan sampai anda kalah dengan suhu yang ada sehingga gemetaran ketika ingin mengambil gambar dengan ponsel anda tersebut.

3. Masker

Jangan lupa untuk selalu membawa masker ketika mendaki gunung ini. Kondisi dingin yang ada bisa memicu penyakit yang menyerang ke dalam tubuh ketika suhu yang ada pada sekitar yang sangat dingin. Ada juga debu dan angina yang kurang baik untuk kesehatan ada pada sekitar Gunung Bromo.

Perlengkapan Naik Gunung Prau

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Salah satu destinasi yang tak kalah keren dan menarik ketika ingin mendaki gunung adalah Gunung Prau. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, ini karena gunung ini cukup banyak memiliki hal yang sering menimpa para pendaki. Jadi anda harus mengerti tentang hal yang harus anda persiapkan ketika akan mendaki Gunung Prau.

Berikut perlengkapan tersebut :

1. Obat

Jangan lupa untuk mempersiapkan hal ini karena banyaknya hal yang menimpa para pendaki. Masalah seperti pingsan di gunung, kelelahan ketika berjalan, dan kedinginan merupakan hal yang paling sering terjadi. Untuk kecelakaan seperti terkena luka lecet dan terkilir merupakan hal yang cukup banyak terjadi.

2. Baju Tebal

Tentunya anda memerlukan baju tebal dan tambahan jaket khusus untuk melakukan pendakian sebagai cara yang paling mudah. Hal ini merupakan salah satu kebutuhan yang wajib dibawa ketika untuk mendaki gunung apapun. Baju tebal berguna juga agar dapat menjaga suhu badan seorang pendaki agar tetap stabil.

Perlengkapan Naik Gunung Merbabu

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Gunung Merbabu salah satu gunung yang lokasinya tidak jauh dari Gunung Merapi. Gunung ini merupakan gunung tertinggi ke-9 di Pulau Jawa. Jadi ini bisa menjadi referensi anda jika ingin mendaki gunung yang memiliki ketinggian cukup menantang. Persiapkan juga segala sesuatu agar pendakian anda di Gunung Merbabu bisa berjalan mulus.

Berikut ini adalah perlengkapan tersebut :

1. Logistik Cukup

Ini penting tentunya bagi anda yang ingin mendaki di Gunung Merbabu. Alasannya tentunya karena gunung ini cukup tinggi dan tidak ada tempat bagi anda untuk membeli logistic ketika anda akan mendaki. Menangkal rasa haus dan lapar adalah hal wajib bagi para pendaki agar tetap bisa fokus ketika perjalanan berlangsung.

2. Jaket Tebal

Ini juga jangan anda lupakan karena jaket tebal memang penting agar anda dapat menghadapi udara yang ada. Gunung Merbabu juga cukup terkenal sering terjadi badai mendadak, jadi anda perlu mempersiapkan dengan baik. Jaket ini tentunya harus sesuai untuk mendaki dan jika bisa sudah waterproof.

3. Trashbag

Sebagai pendaki, penting untuk tetap menjaga kebersihan sekitar agar menjaga lingkungan sekitar gunung tetap baik. Bisa juga barang ini untuk melapisi agar anda bisa menyimpan pakaian kotor anda agar tidak mengotori tas. Selain kotor juga agar tas tidak basah dari barang yang anda bawa.

Persiapan Packing di Carrier

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Untuk anda pemula dalam mendaki gunung, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan ketika ingin melakukan packing barang di Carrier anda. Ini bertujuan agar lebih efektif dan efisien dalam membawa barang yang akan bawa dan tidak membuat anda kesulitan.

Cara dalam packing di carrier sebagai berikut :

  • Membuat segala catatan daftar barang terpenting yang akan dibawa ketika sebelum mulai pengemasan.
  • Periksa kembali jenis barang dengan memastikan waktu yang dibutuhkan selama melakukan pendakian
  • Cocokan dengan besarnya kapasitas yang ada pada tas carrier.
  • Jika ingin kuat, anda bisa gunakan trashbag pada carrier
  • Terakhir, anda hanya perlu susun barang bawaan serapi dan efektif mungkin.

Jenis Jaket untuk Mendaki Gunung

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Berikut ini Jenis yang ada pada jaket Gunung :

1. Waterproof

Dari namanya tentunya anda bisa mengetahui bahwa jaket ini memiliki bahan yang anti air. Jaket bertipe waterproof memiliki bahan yang terbuat dari Polyurethane yang dapat menahan air masuk. Tipe ini bagus ketika mendadak terjadi hujan yang deras pada saat mendaki gunung.

2. Windproof

Ada juga jaket berjenis windproof yang pastinya bagus dalam menahan angina yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya selain untuk gunung, bisa juga digunakan sebagai jaket sehari-hari. Namun, anda perlu mengetahui bahwa bahan yang digunakan biasanya panas dan lebih cocok digunakan ketika malam hari.

3. Water Repellent

Untuk jenis ini sedikit berbeda dan memiliki ketahanan air yang masih dibawah waterproof. Perbedaannya adalah pemasangan lapisan anti air pada jaket, dimana waterproof berada di dalam dan water repellent berada di luar. Jadi kemampuan menahan air jaket ini masih tidak tahan lama.

BIODATA JEFRI NICHOL : Profil, Biografi, Fakta Unik, Karier, Foto (Lengkap)

Cara Memilih Sleeping Bag untuk Mendaki Gunung

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Beberapa hal mengenai memilih sleeping bag sebagai berikut :

  • Pilih sleeping bag yang menyediakan penutup kepala, ini bertujuan agar melindungi anda dari rasa dingin yang luar biasa ketika berada di gunung.
  • Cari sleeping bag yang berukuran tidak terlalu jauh dari tinggi badan dan sesuai.
  • Bahan resleting yang kuat agar ketika digunakan tidak mmudah rusak dan macet
  • Pelajari fitur yang ada pada sleeping bag agar anda lebih maksimal dalam menggunakannya.

Cara Menentukan Tenda Untuk Mendaki Gunung

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Berikut cara untuk menentukan tenda :

  • Berat Tenda, pilih tenda yang memiliki bobot yang terbilang ringan yaitu berbahan alumunium.
  • Jenis Lapisan Tenda, untuk tenda terdapat jenis yang memiliki satu lapisan dan dua lapisan. Namun, yang dua lapisan lebih disarankan karena memiliki kemampuan yang kuat dalam mengatasi badai dan masalah pada saat mendaki.
  • Cek ukuran, ini berguna untuk menyesuaikan besaran tenda yang akan digunakan, terkadang tenda tersebut digunakan pada beberapa orang sehingga pastikan ukurannya.
  • Warna, pilih warna yang menarik atau sesuai selera yang anda inginkan dan memiliki aspek mudah terlihat oleh orang.

Cara Memilih Jas Hujan untuk Mendaki Gunung

Perlengkapan Naik Gunung
Perlengkapan Naik Gunung

Jas hujan sangat penting terutama untuk mengatasi keadaan hujan pada saat mendaki, ada juga cara dalam memilihnya sebagai berikut :

  • Pastikan ukurannya, Pilihlah jas hujan yang tidak terlalu ketat namun memiliki sedikit ruang agar anda mudah dalam bergerak
  • Perhatikan Bahan, Jas hujan memiliki bahan seperti PVC dan parasut. Bahan yang menggunakan parasut jauh lebih kuat dan memiliki ketahanan yang lebih baik walau harganya lebih tinggi. Pada parasut juga membuat pergerakan seseorang lebih mudah.
  • Lihat bentuk jahitannya, bila anda cermat, bentuk jahitan dalam jas hujan merupakan hal yang penting dan perlu anda perhatikan. Jika resleting kuat maka tidak ada air yang akan masuk.
  • Warna, Pilih juga warna yang cukup mudah dipandang oleh orang lain agar memudahkan penglihatan.

BIODATA RED VELVET : Profil, Fakta Unik, Karya, Foto (Lengkap)

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Perlengkapan Naik Gunung

Leave a Comment