Sayuran yang Baik Untuk Ibu Hamil Wajib Dikonsumsi Agar Lebih Sehat

sayuran yang baik untuk ibu hamilSayuran yang baik untuk ibu hamil sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Tidak bisa dipungkiri memang jika setiap ibu hamil wajib mengkonsumsi sayur. Sebab, sayur merupakan gudang sekaligus sumber nutrisi yang alami. Makanan yang sehat tentunya akan berpengaruh pada kondisi bayi yang dikandung. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur.

Mengapa harus mengkonsumsi sayur? Hal ini dikarenakan sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya ibu hamil saja, semua orang juga perlu mengonsumsi sayur. Mulai dari yang tua hingga yang muda. Sayuran juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Sayuran yang Baik Untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Sayuran yang Baik Untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

 

Mengonsumsi makanan sehat saat hamil sangat tepat dilakukan. Tidak hanya bermanfaat bagi janin yang dikandung, tetapi juga bagi ibunya. Seorang ibu hamil yang rajin mengkonsumsi sayur lebih sehat dan kuat dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi sayur.

Bahkan mengonsumsi sayur bernutrisi dan diimbangi dengan buah dapat mengurangi resiko gizi buruk. Tidak hanya itu saja, sayur juga meningkatkan kelancaran saat proses persalinan. Adapun sayuran yang baik untuk ibu hamil diantaranya yaitu:

  1. Bayam

Bayam

Sayuran yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan. Sehingga tidak sulit bagi ibu hamil untuk mengkonsumsinya. Perlu diketahui bahwa bayam mengandung asam folat yang tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat bagi janin pada awal kehamilan. Tidak hanya asam folat saja, bayam juga mengandung zat besi, kalsium, dan vitamin K. Kandungan ini sangat baik untuk pembentukan sel darah merah.

  1. Wortel

Wortel

Wortel juga merupakan sayuran yang baik untuk ibu hamil 2 bulan, bahkan hingga hamil tua. Kandungan nutrisi yang terdapat pada wortel diantaranya adalah asam folat, vitamin A, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsi buah wortel. Diantaranya adalah meningkatkan perkembangan janin, mencegah anemia pada ibu hamil, hingga meminimalisir peningkatan kadar gula darah. Bahkan wortel juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh bagi janin dan ibu hamil.

  1. Brokoli

Brokoli

Jenis sayur selanjutnya yang juga direkomendasikan untuk ibu hamil adalah brokoli. Brokoli merupakan salah satu jenis sayur yang kaya akan kandungan nutrisi. Seperti kalsium dan asam folat yang bermanfaat bagi pertumbuhan otak bayi dalam kandungan.

Beberapa sayuran di atas sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Sayuran yang baik untuk ibu hamil muda mulai dari 2 bulan ke atas memang harus tercukupi. Kemudian hindari sayuran yang busuk agar terhindar dari resiko yang dapat mengganggu kesehatan janin.

Sayuran yang Baik Untuk Ibu Hamil Wajib Dikonsumsi Agar Lebih Sehat

 

Add Comment