15 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Mual Muntah (Rekomended)

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil – Pada masa mengandung atau hamil, seorang ibu harus benar-benar memperhatikan kesehatannya, bukan hanya kesehatan tubuhnya sendiri saja namun juga kesehatan calon bayi yang sedang dikandungnya.

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil tak hanya bisa melakukannya dengan cara rutin memeriksa kandungannya ke dokter tapi juga harus menjaga pola hidup yang benar, mulai dari istirahat cukup hingga mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil.

Karena salah satu faktor kesehatan ibu dan janin adalah dengan memperhatikan pola makan. Ibu hamil wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan memilih bahan makanan dengan kandungan gizi yang baik bagi kesehatan ibu dan juga calon bayi yang ada di dalam kandungan.

Memang mempertahankan menu makanan sehat selama masa kehamilan sangatlah penting, hal ini dikarenakan pada waktu hamil tubuh membutuhkan nutrisi, vitamin dan juga mineral tambahan tak hanya untuk satu tubuh tapi dua tubuh sekaligus.

Ibu hamil sendiri membutuhkan sekitar 350 hingga 500 kalori tambahan setiap harinya selama trimester ke dua dan ke tiga. Pola makan yang baik tak hanya memiliki dampak positif terhadap tubuh namun pemilihan menu makanan yang tidak mempunyai nutrisi penting ternyata dapat berdampak buruk terhadap ibu dan perkembangan bayi.

Bagi ibu hamil yang memiliki kebiasaan makan yang buruk sehingga menyebabkan kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional dan bisa mengakibatkan komplikasi pada saat melahirkan.

Maka dari itu, sederhananya ibu hamil harus memilih makanan yang sehat serta bergizi untuk membantu memastikan kesehatan ibu dan juga bayi yang ada didalam kandungan. Karena pola makan yang benar juga bisa mempermudah ibu hamil kehilangan berat badan pada saat setelah melahirkan.

Di bawah ini ada daftar makanan sehat untuk ibu hamil yang baik bagi kesehatan ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan, tak hanya sehat saja makanan yang ada di bawah ini juga sangat nikmat untuk dikonsumsi.

Berikut ini adalah makanan yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan calon bayi.

Telur

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah telur. Telur sendiri memiliki kandungan omega 3 yang kaya dan menjadi salah satu sumber folat, zat besi dan kolin.

Kolin ini memang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena memikiki manfaat yang baik dalam perkembangan otak sehingga mampu mengurangi resiko cacat saraf yang ada pada janin.

Ibu hamil bisa mengkonsumsi telur dengan cara direbus atau pun digoreng, sesuai dengan selera. Untuk mendapatkan seluruh manfaatnya, telur harus dikonsumsi baik bagian putih telur maupun kuning telurnya.

Daging Tanpa Lemak

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Sudah bukan rahasia jika daging merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik, maka dari itu ibu hamil diwajibkan untuk mengkonsuminya dikarenakan pada saat kondisi hamil tubuh membutuhkan protein yang guna pertumbuhan bayi dan untuk memastikan otot-ototnya berkembang secara baik.

Namun untuk mengkonsumsi daging, ibu hamil disarankan mengkonsumsi daging tanpa lemak dikarenakan daging tanpa lemak juga bisa membantu untuk menyuplai dosis vitamin B6 yang sangat baik untuk pertumbuhan jaringan dan juga otak bayi.

Selain itu di dalam daging tanpa lemak juga tersimpan vitamin B12 yang memiliki fungsi untuk membantu menjaga kesehatan syaraf dan juga sel darah merah.

Ubi

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Siapa yang tak mengenal ubi? Meski selama ini ubi dianggap sebagai bahan makanan sederhana namun rupanya ubi merupakan makanan yang penuh akan serat bergizi.

Ubi juga dikenal mengandung vitamin B6, potasium, vitamin C, zat besi dan juga beta karoten yang tinggi. Semua yang terkandung di dalam ubi ini ternyata baik loh bagi perkembangan mata, tulang dan juga kulit bayi.

Sehingga ubi bisa memenuhi kebutuhan zat besi di dalam tubuh. Ibu sendiri merupakan bahan makanan yang bisa dimasak dengan berbagai macam cara.

Ubi rebus nikmat untuk dikonsumsi, selain itu ubi juga bisa dipanggang atau pun digoreng dengan berbagai macam varian. Baru tahu, kan jika ubi memiliki banyak khasiat bagi ibu hamil.

Kacang-Kacangan

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Kacang-kacangan diketahui mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik bagi ibu hamil. Nutrisi yang terkandung di dalamnya antara lain adalah zat besi, mineral, folat, serat dan juga kalsium. Kacang-kacangan juga membantu untuk mengurangi resiko kelahiran bayi premature dengan berat lahir yang rendah.

Kacang-kacangan ini juga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi ibu hamil yang menganut hidup vegetarian dan menghindari untuk mengkonsumsi bahan makanan berbahan hewani. Selain memiliki kandungan nutrisi yang sangat komplit kacang-kacangan juga sangat nikmat dikonsumsi.

Jus Jeruk

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Jus jeruk memang sehat dimunum di pagi hari dan satu gelas jus jeruk memang sangat baik dikonsumsi bagi kesehatan. Karena jus jeruk ini memiliki kandungan folat, kalium, vitamin C.

Tak hanya sehat dikonsumsi oleh orang biasa, jus jeruk ini juga sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mencegah cacat lahir pada awal kehamila. Maka untuk memastikan kehamilan yang sehat ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi jus jeruk secara rutin.

Kalium yang terkandung di dalam satu gelas jus jeruk juga sangat penting untuk menjaga fungsi otot metabolisme dan menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Selain itu jus jeruk bisa bisa membantu tubuh agar dapat menyerap zat besi dan juga menjaga gigi serta tulang agar tetap sehat dan juga kuat. Untuk itu, jangan lupa ya mengkonsumsi satu gelas jus jeruk secara rutin selama masa kehamilan.

Yoghurt

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Selama ini susu dikenal memiliki banyak kalsium namun sebenarnya yoghurt polos memiliki kandungan kalsium yang sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan susu. Apalagi yoghurt ternyata kaya akan nutrisi penting seperti vitamin B dan juga zat besi.

Kalsium yang dimiliki oleh yoghurt sendiri sangat baik untuk menjaga tulang dan juga gigi agar tetap sehat. Sementara itu ibu hami harus mendapatkan paling tidak sekitar 1.000 mg kalsium untuk menjaga kesehatan tulangnya selama masa kehamilan.

Karena jika jumlah kalsium yang didapatkan kurang, maka tubuh akan mengambil kebutuhan kalsium bayi dari tulang ibunya sehingga hal ini dapat meningkatkan resiko ibu yang mudah terkena osteoporosis di kemudian hari.

Serta meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah atau yang lebih parah bayi bisa lahir prematur. Untuk itu, guna memnuhi kebutuhan kalsium, ibu bisa mengkonsumsi yoghurt selain susu. 

Oatmeal

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Oatmeal sangat kaya akan serat, protein dan juga vitamin B6 yang membuat oatmeal menjadi salah satu menu sehat untuk sarapan pagi karena bisa memberikan energi yang ekstra untuk berkegiatan sepanjang hari.

Tak hanya sehat dikonsumsi orang biasa, satu mangkuk oatmeal ini juga juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama di awal masa kehamilan.

Karena oatmeal bisa dijadikan sebagai salah satu menu sarapan yang bisa menghilangkan rasa mual dan mudah lelah yang biasa dirasakan oleh ibu hamil pada awal masa kehamilan, selain itu nutrisi yang ada di dalam oatmeal juga sangat baik bagi perkembangan cabang bayi.

Ikan Salmon

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Ikan salmon memang dikenal memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan juga protein yang sangat baik bagi kesehatan. Asam lemak omega-3 atau biasa dikenal dengan DHA dan EPA yang dikandung oleh ikan satu ini memiliki manfaat untuk membantu otak bayi agar bisa berkembang.

Ikan salmon juga mampu meningkatkan ketrampilan motorik pada janin. Selain itu ikan salmon juga bisa mengurangi risiko masalah neurologis untuk si kecil pada kemudian hari.

Yang lebih menarik lagi, ikan salmon juga bisa meningkatkan IQ si kecil apabila ibu hami mengkonsumsinya secara rutin. Ikan salmon ini juga sangat aman dikonsumsi loh karena ikan salmon memiliki kandungan merkuri yang rendah dan sangat aman bagi ibu hamil.

Akan tetapi asupannya harus diperhatikan ya, konsumsi ikan salmon dalam jumlah yang pas dan jangan berlebihan.

Apel

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Buah apel tak hanya nikmat untuk dikonsumsi namun buah yang memiliki warna sangat menggoda ini rupanya juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan menjadi salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil.

Buah apel sendiri memang dikenal kaya akan antioksidan yang baik bagi kesehatan, sehingga jika dikonsumsi oleh ibu hamil buah ini bisa memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga bayi yang ada di dalam kandungan.

Tak hanya kaya akan antioksidan buah satu ini juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi secara rutin, dapat mengatasi masalah sembelit yang biasanya dialami oleh ibu hamil.

Buah ini nikmat dikonsumsi secara langsung dan juga bisa dibuat menjadi jus dengan ditambahkan bersama dengan buah atau sayuran lainnya.

Almond

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Almond memang dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, selain itu kacang ini juga sangat nikmat untuk dikonsumsi baik secara langsung ataupun dijadikan campuran untuk beberapa macam makanan.

Namun yang lebih penting almond sangat baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin karena kacang ini kaya akan vitamin E dan juga protein. Maka dari itu ibu hamil bisa mendapatkan kebaikan dari kacang almon untuk menjaga kesehatan janin yang ada di dalam perutnya.

Karena kacang almond memiliki manfaat untuk membantu perkembangan tulang pada bayi sejak dalam kandungan.

Gandum dan Beras Merah

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil sangat penting untuk melengkapi asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh semala masa kehamilan. Nah, untuk melengkapinya ibu hamil bisa mengkonsumsi gandum karena gandum merupakan sumber makanan sehat untuk ibu yang tengah mengandung.

Gandum memiliki kandungan serat, vitamin E, dan juga selenium yang sangat bagus jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa membantu perkembangan janin yang ada di dalam perut. Ibu hamil bisa mendapatkan kebaikan gandum dari roti atau pun biskuit yang terbuat menggunakan bahan gandum.

Namun apabila ibu hamil tidak terlalu suka dengan gandum, ibu hamil bisa menggantinya dengan nasi merah yang kandungan karbohidrat sama baiknya dengan gandum.

Alpukat

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Alpukat memang mengandung banyak sekali lemak, namun jangan salah karena kandungan lemak yang terdapat di dalam buah alpukat ini bukanlah lemak jenuh, sehingga aman dan memiliki manfaat jika dikonsumsi.

Selain itu alpukat juga menyimpan kandungan vitamin K, vitamin E serta vitamin B yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Sehingga mengkonsumsi buah alpukat juga sangat baik bagi bayi yang masih di dalam kandungan.

Karena buah ini juga mengandung banyak sekali asam lemak omega-3 yang mampu menyehatkan ibu dan juga bayi yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

Buah alpukat ini juga sangat nikmat untuk dikonsumsi, bisa dikonsumsi secara langsung atau dengan mengolahnya menjadi beberapa menu makanan yang menggugah selera.

Buah Beri

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Untuk ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang baik bagi pertumbuhan bayi yang ada di kandungan. Karena buah-buahan sendiri kaya akan kandungan vitamin, mineral dan juga antioksidan.

Salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah beri yang memiliki kandungan vitamin C yang kaya, vitamin ini sendiri sangat penting bagi kesehatan bayi dan dapat meningkatkan daya tahan ibu dan juga calon anak.

Selain itu vitamin C juga sangat baik bagi kesehatan kulit si bayi yang ada di dalam kandungan. Vitamin C yang ada di dalam buah beri juga dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dan juga janin.

Brokoli dan Sayuran Hijau

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Salah satu makanan yang sehat bagi ibu hamil adalah sayuran hijau dan itu bisa didapatkan dari brokoli serta sayuran lainnya. Karena brokoli memiliki kandungan berbagai macam nutrisi seperti zat besi, asam folat dan juga kalsium yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan calon bayi yang ada diperutnya.

Kandungan zat besi yang terdapat pada brokoli ini memiliki manfaat dalam mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil, terutama pada masa awal kehamilan.

Selain itu asam folat yang terkandung pada brokoli ini juga memiliki manfaat dan dapat melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung syaraf.

Yang lebih penting lagi brokoli juga kaya akan antioksidan dan juga mengandung senyawa tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan juga pencernaan.

Oleh sebab itu kandungan serat yang tinggi dari brokoli juga bisa membantu ibu hamil dalam mencegah masalah sembelit yang merupakan masalah sangat umum dan sering sekali dialami oleh wanita yang sedang hamil.

Daun Bayam

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Siapa yang tak suka mengkonsumsi sayuran bayam, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sangat menyukai sayuran ini. Apalagi karena bayam memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Maka dari itu, ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi sayur bayam karena zat besi yang terkandung di dalamnya dapat membantu perkembangan sel darah sehat pada bayi saat masih berada di dalam kandungan.

Sudah tahu kan, makanan apa saja yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan bayi yang ada di dalam kandungan. Karena pada saat hamil, seorang wanita tak hanya membutuhkan nutrisi dan gizi untuk tubuhnya sendiri namun juga untuk tumbuh kembang bayi yang ada di dalam kandungan.

Namun meski ibu hamil dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan bergizi guna menjaga kesehatannya dan calon bayi. Namun dalam mengkonsum makanan di atas juga harus diperhatikan jumlah dan takarannya.

Karena pola makan yang buruk justru dapat mengakibatkan ibu mengalami kelebihan berat badan yang justru tak baik bagi kesehatan ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan.

Kelebihan berat badan justru akan membuat proses melahirkan lebih sulit karena apalagi jika ibu mengalami berbagai masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kelebihan berat badannya.

Maka dari perhatikan jumlah asupan makanan yang dikonsumsi, selain menghindari makanan yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil, namun hal yang paling penting juga adalah dengan menjaga jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tidak terjadi hal – hal yang tak diinginkan dan membahayakan bagi kesehatan ibu dan calon bayi yang ada di dalam kandungan.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Add Comment