Bingung Mencari Nama Bayi Perempuan yang Islami untuk Buah Hati Anda ? Disini Solusinya !

Nama Bayi Perempuan Islami – Kini mencari nama untuk anak kita sudah bukan hal yang sulit lagi, karena ada banyak referensi di internet atau buku tentang nama bayi yang artinya bagus. Berbeda dengan zaman dahulu, yang belum ada fasilitas-fasilitas tersebut. Tak heran jika sekarang ini nama anak anak bayi perempuan yang lahir lebih bervariasi daripada zaman dahulu.

Dalam islam sendiri, ada banyak nama bayi islami yang memiliki sejuta arti. Karena nama untuk anak adalah doa dan harapan setiap orang tua, sehingga orang tua akan selalu memilihkan nama yang baik dan bagus.

Kebanyakan orang tua ingin memberi nama anaknya dengan nama yang tidak pasaran, atau tidak banyak digunakan oleh banyak orang. Dalam memberi nama anak tentu anda juga harus berhati-hati, dan tidak sembarangan. Dengan memberi nama yang baik maka secara tidak langsung anda bisa mendoakan segala hal yang baik untuk anak, sebagaimana pepatah yang mengatakan nama adalah doa.

Maka dari itu dalam memilih nama anak islami yang bagus dan bermakna baik, anda harus memiliki banyak referensi nama. Dengan melihat beberapa contoh nama yang unik, menarik dan bermakna baik maka anda bisa memilih mana yang paling cocok dengan anak anda. Berikut ini ada beberapa pilihan nama bayi islami, yang jarang digunakan tapi memiliki makna yang sangat baik.

Berikut ini penjelasan lengkap nama bayi perempuan. Mulai dari Nama bayi perempuan islami, nama bayi perempuan arab, nama bayi perempuan modern, nama bayi perempuan unik yang bagus, indah, cantik, lengkap dengan artinya.

Nama Bayi Perempuan Islami Yang Berasal Dari Al Quran

Nama Bayi Perempuan Islami Yang Berasal Dari Al Quran
Nama Bayi Perempuan Islami Yang Berasal Dari Al Quran

Memilih nama bayi islami bisa anda ambil dari beberapa tokoh muslim atau muslimah, atau dari putri dan istri nabi. Referensi lainnya bisa anda ambil dari al quran, ada banyak nama yang baik yang berasal dari al quran. Ada nama yang diturunkan langsung oleh Allah dan disebutkan langsung di al quran, ada juga yang hanya diturunkan dari akarnya.

Tetapi sebagian ulama meyakinkan bahwa jangan mengambil nama yang diambil dari surah yasin, karena menurut para ulama tersebut nama yang diambil dari surah yasin hukumnya makruh. Berikut ini beberapa nama bayi islami yang bisa anda pilih, yang berasal dari al quran :

1. Aiza

Nama Aiza terdapat dalam al quran, yaitu di dalam surah Al Maidah ayat 54 yang artinya adalah perkasa, dihormati, dan juga mulia. Nama Aiza ini digunakan sebagai variasi dari kata Cariza yang artinya adalah amal, di dalam bahasa Austronesian. Nama Aiza juga dikenal oleh suka Basque dari Spanyol, dan memiliki makna yaitu batu atau karang yang terjal.

Selain ejaan yang satu ini nama Aiza juga bisa memakai kata lainnya misalnya yaitu Aritsa, Aritza, Ariza atau Aixa. Oleh suku Basque tersebut nama ini dimaknai sebagai suatu kehormatan atau seorang pemimpin yang dihormati. Oleh sebab itu berkali-kali ia dijadikan sebagai suatu julukan untuk raja. Termasuk raja Inigo Iniquez dari Spanyol.

Nama yang dapat digunakan oleh anak perempuan islami ini sempat digunakan juga oleh beberapa selebriti dunia, yaitu Aiza Marquez dan Aiza Segguera. Atau ada juga yang digunakan sebagai nama panggung seorang selebritis dari Pakistan, yaitu Ayesha Khan.

2. Hilya

Anda bisa menemukan nama Hilya di Al quran surat An Nahl ayat 14, ayat ini menerangkan bahwa Allah dapat menundukkan lautan, sehingga kita bisa mengambil ikan dan juga perhiasan dari dalam laut tersebut. nama Hilya memiliki arti yaitu perhiasan, kata yang cantik dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai nama bayi perempuan islami.

Makna nama Hilya ini hampir sama dengan makna dari Zayn, di Turki sana nama Hilya dapat bermakna sebuah lembaran kaligrafi yang termasuk ke dalam genre seni di sana. Selain nama Hilya anda juga bisa menggunakan ejaan lain yang tak kalah cantiknya dengan Hilya yaitu Hilyah. Kedua nama itu bisa memiliki arti yang baik dan dijadikan doa untuk anak anda.

3. Mafaza

Salah satu nama bayi perempuan islami yang satu ini, bisa anda jadikan nama untuk bayi perempuan anda. Nama Mafaza ini sangat cocok untuk anda yang ingin anak anda sukses dan selamat. Karena arti dari nama Mafaza adalah kesuksesan besar dan keselamatan, arti namanya hampir sama dengan nama Nayla.

Anda bisa menemukan nama Mafaza ini di al quran surat ali imran ayat 188, dan di surat az zumar ayat 61. Yang isinya adalah janji Allah SWT untuk menyelamatkan orang-orang yang bertaqwa padaNya. Versi laki-laki dari nama Mafaza adalah Mafaz, yang dipakai sebagai doa untuk anaknya agar menjadi anak yang tumbuh dengan selamat dan sukses.

4. Nuha

Nama Nuha merupakan salah satu nama yang cukup jarang digunakan oleh orang tua untuk anak mereka. Padahal arti dari nama Nuha ini memiliki makna yang sangat baik, yang bisa diartikan sebagai rasa, pikiran, kecerdasan, dan juga sebagai kemampuan untuk berpikir. Di dalam al quran nama Nuha ada di surat ayat 54 dan ayat 128. Tidak hanya bisa digunakan untuk nama anak laki-laki saja. Nama Nuha juga bisa digunakan untuk perempuan.

Kedua ayat di dalam al quran tersebut menerangkan bahwa Allah sudah memberikan tanda untuk orang-orang yang berakal. Bagaimana seharusnya manusia menggunakan akal dalam melakukan sesuatu, atau mengambil pilihan dalam hidup.

5. Marzia

Nama anak perempuan islami lainnya yang satu ini, yaitu Marzia yang sering disebutkan secara langsung di dalam al quran surat al fajr ayat 28. Marzia atau Mardia memiliki makna dia yang diridhai oleh Allah, atau dia yang puas dengan kondisinya sendiri. Nama Marzia ini juga sering digunakan oleh orang-orang Itali, yang artinya sebuah pertahanan atau laut.

Nama anak perempuan islami Marzia ini juga telah digunakan oleh seorang Desainer dan penulis wanita, yang berasal dari Itali yaitu Marzia Bisognin. Ternyata nama ini juga digunakan oleh tokoh terkenal di Itali, karena memiliki arti yang baik.

Nama Anak Perempuan Islami Dari Anak Dan Para Istri Nabi Dan Rasul

Nama Anak Perempuan Islami Dari Anak Dan Para Istri Nabi Dan Rasu
Nama Anak Perempuan Islami Dari Anak Dan Para Istri Nabi Dan Rasul

Hampir semua orang tua pasti ingin anaknya memiliki akhlak yang baik seperti putri dan para istri nabi. Karena mereka adalah orang-orang yang memiliki kesempatan secara langsung, untuk belajar dengan nabi. Mereka juga adalah orang-orang terbaik pilihan Allah SWT. Sehingga tak ada salahnya jika orang tua memberi nama dari anak dan para istri nabi, sebagai doa yang baik.

Nama-nama tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Azura

Sudah banyak orang yang mengenal dan tahu tentang Fatimah, anak perempuan Nabi Muhammad SAW. Tetapi belum banyak orang yang tahu mengenai Azura, nama Azura ini adalah nama anak perempuan dari Nabi Adam dan juga Siti Hawa. Azura ini menikah dengan saudaranya yang bernama Syit, yang dikenal dengan kecerdasan dan juga ketakwaannya.

Dari pernikahan mereka itulah maka lahirlah keturunan-keturunan yang akan menjadi leluhur seluruh umat manusia, di bumi ini. dalam bahasa Arab, Spanyol, Inggris dan Perancis arti nama Azura ini adalah langit biru. Nama bayi perempuan islami yang satu ini juga telah digunakan oleh, seorang tokoh terkenal Azura Skye dan Azura Mustofa seorang penulis.

2. Hindun

Nama yang bisa anda jadikan sebagai nama anak perempuan anda, adalah Hindun. Nama ini adalah nama dari salah satu istri nabi Muhammad, yaitu Hindun binti Hudzaifah. Beliau sempat menikah dengan Rasulullah setelah suaminya yang bernama Abu Salamah yang meninggal karena perang.

Wanita yang kerap dipanggil dengan Ummu Salamah ini berasal dari keluarga yang terhormat, pada zaman Rasul. Beliau juga dikenal sebagai wanita yang cantik, cerdas dan memiliki ketepatan dalam mengambil keputusan. Anda bisa memilih nama ini agar anak anda secantik dan secerdas Ummu Salamah.

3. Shafurra

Nama Shafurra atau juga bisa dikenal dengan nama Shafuriyya atau Zaphora, diriwayatkan sebagai nama dari istri Nabi Musa. Pertemuan Nabi Musa dengan Shafurra ini adalah pada saat Shafurra sedang membeli minum untuk hewan ternak, bersama saudarinya. Saat itu mereka mengalami kesulitan, dan kemudian ditolong oleh Nabi Musa.

Pertemuan antara dirinya dengan Shafurra tersebut ia ceritakan kembali kepada Ayahnya. Nabi Musa pun diundang oleh Ayahnya Shafurra ke rumahnya, untuk mendapatkan imbalan. Ia pun diperbolehkan untuk bekerja di sana, dan sempat bekerja sampai 10 tahun lamanya sampai akhirnya menikah dengan Nabi Musa.

Nama istri Nabi Musa Shafurra ini dapat dijadikan sebagai salah satu nama anak perempuan anda. Nama ini diperkirakan berasal dari bahasa Arab, dan di kalangan selebriti atau orang terkenal nama Shafurra ini digunakan oleh Safura Alizadeh. Seorang penyanyi dan aktris yang berasal dari Azerbaijan.

4. Yashbi

Menurut beberapa sumber yang ada, nama Yashbi ini berasal dari nama istri Nabi Zakaria, pada saat itu diceritakan bahwa Yashbi juga masih memiliki hubungan saudara dengan Nabi Harun. Pada awalnya Nabi Zakaria dan Yashbi ini tidak dikaruniai keturunan selama bertahun-tahun, bahkan sampai mereka sudah lanjut usia.

Nabi Zakaria sempat khawatir tidak akan ada yang melanjutkan dakwahnya, jika ia tidak memiliki keturunan. Tetapi pada saat ia merawat Mariam, Nabi Zakaria menyaksikan sendiri ada keajaiban yang diberikan oleh Allah SWT. Ia sampai takjub karena banyak sekali buah-buahan di sekitar Mariam, bahkan buah-buahan yang belum tiba musimnya.

Nabi Zakaria pun selalu berdoa ia akan diberi keturunan oleh Allah walaupun istrinya mandul. Ia juga yakin akan kehendak Allah, bahwa segala sesuatu yang tidak mungkin bisa terjadi. Akhirnya keajaiban muncul kembali, Yashbi pun hamil di usianya yang sudah sangat tua lalu lahirlah Nabi Yahya.

5. Ayesha

Memang belum banyak orang yang tahu mengenai Ayesha ini, nama Ayesha bisa anda jadikan nama untuk buah hati anda. Anda pasti tahu nama Aisyah yang merupakan istri dari Nabi Muhammad, dan sebenarnya Ayesha ini adalah ejaan lain dari Aisyah. Sama halnya dengan Aisha dan A’ishah.

Selain anak yang cantik, ada banyak terselip doa dari nama Ayesha ini agar anak anda bisa meneladani sifat-sifat baik milik Aisyah semasa hidupnya. Kemuliaan dan keutamaan dari Aisyah memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Ia dikenal sebagai pribadi yang cerdas, dan sering dijadikan rujukan ilmu oleh para sahabat.

Ia juga membantu menarasikan sebanyak 2000 lebih hadis yang ada, kecerdasan dari Aisyah ini tidak terbatas pada subjek tertentu saja. Ia juga memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas, di segala bidang yang ada. Salah satunya adalah membuat puisi dan obat-obatan.

Nama Bayi Perempuan Islam Yang Berasal Dari Kalangan Para Sahabat Rasulullah SAW

Nama Bayi Perempuan Islam Yang Berasal Dari Kalangan Para Sahabat Rasulullah SAW
Nama Bayi Perempuan Islam Yang Berasal Dari Kalangan Para Sahabat Rasulullah SAW

bukan hanya keluarga yang menjadi orang-orang terdekat dari rasulullah, tapi ada juga sahabat yang menjadi orang yang dekat dengan Rasul. Yang setia membantu menegakkan agama islam, dan mereka tidak hanya sahabat dari kalangan laki-laki saja. Tetapi banyak juga yang berasal dari kalangan wanita.

Anda bisa menggunakan nama-nama bayi perempuan islami berikut ini, untuk dijadikan nama untuk anak perempuan anda kelak. Dengan menggunakan nama mereka, insha Allah akan menjadi doa bagi para orang tua untuk anak-anaknya. Nama-nama tersebut diantaranya yaitu :

1. Asma

Nama anak perempuan Asma ini terinspirasi dari nama Asma binti Yazid, yaitu seorang wanita yang dikenal dengan kepiawaiannya dalam berargumentasinya. Ia tak pernah ragu untuk menanyakan apa saja yang menjadi haknya sebagai perempuan, bahkan ke Rasulullah sekalipun.

Asma merupakan salah satu wanita yang bertanya langsung kepada rasulullah, mengenai masalah bagaimana caranya bersuci setelah selesai haid. Ia pun pernah bertanya mengapa amal perbuatan seorang perempuan, seakan-akan hanya berkutat di bidang rumah tangga saja.

Ia memiliki julukan juru bicara untuk para kaum wanita, yang memiliki sikap tangguh dan berani terjun ke medan perang. Ia adalah salah satu perempuan periwayat, dari hadis rasulullah dan sudah meriwayatkan sekitar 80 hadis banyaknya. Arti kata Asma sendiri berasal dari bahasa Arab, yang artinya mulia atau tinggi.

Di Indonesia nama Asma ini dimiliki oleh seorang penulis novel-novel islami, yaitu Asma Nadia. Jika anda ingin memiliki anak perempuan seberani dan setangguh Asma, anda bisa memberikannya untuk bayi perempuan anda.

2. Nusaybah

Namanya adalah Nusaybah binti Ka’ab, yang merupakan satu dari 2 wanita yang pernah berbaiat kepada Rasulullah di Aqabah dengan 70 pria lainnya. Wanita yang memiliki sifat yang sabar ini, hampir selalu menyertai anak dan suaminya ketika mereka sedang berperang.

Salah satunya pada saat perang uhud, pada awalnya Nusaybah hanya ingin membantu membawakan para prajurit air. Tetapi saat itu ia melihat Rasulullah dalam keadaan terdesak, maka ia pun tak ragu mengambil pedang dan menjadi perisainya. Walaupun saat itu ia terluka parah, tetapi ia tak berhenti bertarung dan menyerah.

Maka Rasulullah pun berdoa kepada Allah agar Nusaybah dan anak-anaknya, kelak menjadi sahabatnya di surga sana. Kata Nusaybah ini berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah obat hati, obat segala penyakit dan obat kepatuhan. Pada awalnya nama Nusaybah ini digunakan oleh anak perempuan, yang berasal dari keluarga bangsawan.

3. Rumaisa

Nama anak perempuan islami lainnya yang bisa anda pilih adalah Rumaisa, nama ini mengingatkan kita pada seorang wanita yang pertama masuk islam. Beliau adalah Rumaisa binti Milhan yang dikenal sebagai wanita yang kuat, pemberani, dan juga tegas. Ketegasannya ini dapat dilihat ketika ia menolak lamaran dari Abu Talha.

Ia tak peduli bahwa Abu Talha adalah seorang prajurit yang tangguh dan kaya raya. Tetapi akhirnya lamaran tersebut ia terima, pada saat Abu Talha masuk agama islam dan menjadikan hal itu sebagai mas kawinnya. Wanita yang sering disebut Ummu Sulaim ini, juga turut berperan dalam perang uhud. Sungguh wanita yang sangat pemberani.

Ia sering membawa pisau di lipatan kain gaunnya, ia juga sering merawat para pejuang yang terluka saat perang, dan melindungi rasulullah ketika Beliau dalam kondisi terdesak. Di dalam bahasa Arab nama Rumaisa ini memiliki arti, seikat bunga yang cantik. Rumaisa juga memiliki nama lain yaitu Sirius, yaitu bintang yang paling terang bersinar di langit malam.

4. Khawla

Kata siapa wanita selalu identik dengan manja dan lemah, karena Khawla binti Azwar adalah salah satu buktinya. Sahabiyah yang dikenal memiliki wajah cantik dan terawat ini, tak hanya mahir dalam berpuisi tetapi juga lihai bermain dengan pedang. Khawla suka ikut membantu merawat para prajurit yang terluka pada saat peperangan.

Tetapi setelah kakaknya ditangka oleh Romawi, maka ia pun menyembunyikan identitas aslinya untuk ikut berperang. Melihat ketangkasannya dalam melawan musuh di medan perang, pasukan lain sempat mengira bahwa ia adalah Khalid bin Walid seorang pemimpin perang kala itu.

Identitas aslinya pun baru diketahui ketika perang sudah usai, dan Khalid pun bertanya siapa dia sebenarnya. Di perang lainnya Khawla sempat tertangkap dan kemudian dijadikan sandera bersama wanita lainnya. Tetapi pada akhirnya Khawla berhasil meyakinkan yang lain, dan semangat untuk berperang kembali.

Hanya dengan menggunakan tiang tenda sebagai senjatanya, maka mereka pun berhasil membunuh 30 tentara Romawi. Bahkan 5 tentara diantaranya dihabisi oleh Khawla sendiri, termasuk pada tentara yang pernah menghinanya. Terbukti bahwa perempuan bernama Khawla ini sangat tangguh dan pemberani.

5. Afra

Bagi para Bunda yang ingin memiliki anak yang sabar, dan rela berkorban maka anda bisa menggunakan nama Afra untuk bayi perempuan anda. Afra binti Ubaid adalah sahabiyah yang telah merelakan ketujuh putranya gugur semua, pada saat sedang berperang memperjuangkan islam.

Empat putranya bahkan meninggal saat perang badar, tetapi Afra tak lantas meminta putranya yang lain berhenti berperang. Menurut hadis, putra Afra dengan berani dan tanpa ragu, mencari Abu jahal dan membunuhnya. Afra juga sangat dihormati oleh anak-anaknya, di Arab pada umumnya anak laki-laki akan menisbahkan namanya kepada ayahnya.

Tetapi anak-anak Afra justru menisbahkan namanya menjadi Auf bin Afra dan Muadz bin Afra. Nama Afra memiliki makna putih kemerahan, dan malam ke-13 di bahasa Arab. Tetapi di Persia, nama anak perempuan ini berarti pohon maple. Bahkan nama Afra bisa juga digunakan untuk nama anak laki-laki modern.

Nama bayi perempuan islami, nama bayi perempuan arab, nama bayi perempuan modern, nama bayi perempuan unik yang bagus, indah, cantik, lengkap dengan artinya.

Nama Anak Perempuan Islami Yang Berasal Dari Para Tokoh Pengukir Sejarah

Nama Anak Perempuan Islami Yang Berasal Dari Para Tokoh Pengukir Sejarah
Nama Anak Perempuan Islami Yang Berasal Dari Para Tokoh Pengukir Sejarah

Dalam kenyataannya gender tak menghalangi para wanita untuk menorehkan nama dan prestasinya di dalam sejarah. Mereka sudah membuktikan bahwa wanita juga bisa bersaing dengan laki-laki, dalam meraih sebuah prestasi. Bukan hanya pantas dijadikan inspirasi dalam nama anak perempuan islami, tetapi sikap para perempuan ini juga wajib diteladani.

Jika mereka menjadi wanita yang dapat mengukir prestasi di dalam sejarah, bukan tidak mungkin anak perempuan anda pun bisa menjadi seperti mereka. Berikut ini beberapa nama yang bisa dijadikan inspirasi untuk nama anak perempuan islami, diantaranya yaitu :

1. Lubna

Nama Lubna ini diambil dari Lubna Of Cordoba, seorang tokoh wanita muslim yang sangat terkenal hingga abad ke 10. Beberapa sumber telah menyebutkan, bahwa Lubna telah terlahir sebagai budak Spanyol di masa pemerintahan Sultan Abdurrahman III. Bakatnya yang besar, membuat Lubna dapat merdeka dan bisa bekerja di istana.

Pada awalnya ia hanya dijadikan sebagai sekretaris dan juru tulis saja, tapi kemudian ia dijadikan sekrestaris pribadi hakam II yaitu putra dari Abdurrahman III. Kemudian Lubna pun dipercaya sebagai pemimpin di Cordoba, salah satu nama perpustakaan terpenting pada saat itu.

Ia memiliki tanggung jawab dalam menulis dan menerjemahkan manuskrip, kemudian ia pun berhasil membuat perpustakaan terkenal yaitu Medina Azahara bersama rekan-rekannya yang lain. Nama Lubna ini diperkirakan berasal dari bahasa Arab, yang artinya adalah pohon storax yaitu nama pohon yang digunakan untuk campuran parfum.

2. Banafsha

Nama anak perempuan islami yang bisa anda jadikan nama untuk anak perempuan anda berikutnya, adalah Banafsha. Yang berasal dari Banafsha Ar Rumiyah yang hidup di abad ke 11, ia dikenal sebagai seseorang yang sangat dermawan dan sering melakukan banyak kebaikan. Terutama untuk orang-orang yang membutuhkan misalnya orang miskin.

Sebagai salah satu istri dari kalifah mustadi yang berasal dari kesultanan Abbasiyah di Bagdad, Banafsha telah memiliki kekuasaan dan juga harta. Tetapi hal itu sama sekali tidak membuatnya congkak dan lupa diri. Salah satu istananya bahkan telah ia jadikan sebuah sekolah umum untuk para wanita tunawisma, di Bagdad.

Nama Banafsha sendiri merupakan nama yang berasal dari bahasa Persia, dari kata Banafsheh yang artinya bunga violet. Nama Banafsha ini sangat cocok untuk dijadikan nama anak perempuan anda.

3. Laleh

Namanya yang terdengar asing ini ternyata dimiliki oleh perempuan yang berprestasi. Tak perlu harus ikut berperang untuk menjadi seorang wanita yang berprestasi. Hal ini telah dibuktikan oleh Laleh Bahtiar, yaitu seorang wanita muslim yang telah menerjemahkan al quran ke dalam “ The sublime quran.”

Laleh merupakan wanita Amerika pertama yang menerjemahkan al quran ke dalam bahasa Inggris. Bukan hanya menerjemahkannya saja, tetapi ia juga menyediakan alternatif tafsir untuk beberapa istilah yang sulit dipahami. Al quran terjemahannya ini sudah digunakan di banyak masjid dan juga universitas.

The sublime quran ini bahkan sudah diadopsi oleh Pangeran Ghazi bin Muhammad yang berasal dari Yordania. Secara etimologi nama Laleh ini berasal dari bahasa persia yang artinya yaitu bunga tulip. Nama anak perempuan muslim ini telah digunakan oleh seorang penyanyi asal Swedia, yaitu Laleh Pourkarim.

4. Shirin

Dalam islam dan berbagai kisah, Shirin Ebadi merupakan seorang perempuan muslim pertama yang mendapatkan nobel perdamaian, di tahun 2003 lalu. Wanita yang berasal dari Iran ini sudah berhasil mengalahkan 105 kandidat lainnya, termasuk mantan presiden Cekoslowakia yaitu Vaclav Havel.

Penghargaan tersebut diraih oleh Shirin atas jasa-jasanya dalam membela hak asasi manusia, terutama untuk para wanita dan anak-anak. Di luar kegiatannya sebagai aktivis, ia juga merupakan seorang pengacara dan mantan ketua mahkamah agung. Nama Shirin sendiri berasal dari bahasa Persia, yang artinya manis, berkharisma dan menyenangkan.

Nama Shirin ini lebih banyak digunakan di beberapa negara di timur tengah, yaitu Iran, Arab, Turki, dan juga India. Termasuk anda jika ingin anak perempuan anda berprestasi sebagus Shirin. Shirin juga bisa menjadi nama yang unik untuk anak anda.

5. Rabiya

Rabiya atau bisa juga disebut Rabhiyah adalah seorang sufi wanita pertama yang sangat mencintai Allah. Ia terlahir dari keluarga yang miskin, dan bahkan sempat menjalani hidup sebagai budak di Irak. Ia dijuliki sebagai Ibu dari para sufi besar, dan Rabiya sama sekali tidak tertarik pada kehidupan duniawi.

Ia pun memilih untuk mengabdikan hidupnya hanya dengan beribadah kepada Allah. Rabiya telah mendirikan sebuah sekolah sufi, yang bernama Divine Love. Yang di dalamnya murid-muridnya akan diajarkan bagaimana menyembah Allah karena cinta. Ia tidak melakukan hal tersebut hanya karena hanya mengharap surga, dan takut pada neraka.

Ketaatan Rabiya tersebut terkenal bahkan sampai ke Benua Eropa, para cendikiawan yang berasal dari Eropa yaitu Margaret Smith dan Nicholson tertarik untuk meneliti pemikiran Rabiya dan menulis riwayat hidupnya. Dengan menggunakan nama ini pada putri anda, semoga anak anda mempunyai sifat seperti Rabiya.

Nama bayi perempuan islami, nama bayi perempuan arab, nama bayi perempuan modern, nama bayi perempuan unik yang bagus, indah, cantik, lengkap dengan artinya.

Nama Bayi Perempuan Islami Yang Terinspirasi Dari Nama Putri Dan Ratu Di Kerajaan

Nama Bayi Perempuan Islami Yang Terinspirasi Dari Nama Putri Dan Ratu Di Kerajaan
Nama Bayi Perempuan Islami Yang Terinspirasi Dari Nama Putri Dan Ratu Di Kerajaan

Ada banyak nama dari tokoh wanita yang pantas dijadikan inspirasi, dalam menentukan nama bayi perempuan anda. Yaitu nama-nama yang berasal dari nama Ratu dan Putri di suatu kerajaan islami, bukan hanya dari kerajaan kuno saja tapi juga berasal dari kerajaan modern. Di balik gemerlapnya kehidupan istana, mereka memikirkan kesejahteraan rakyatnya.

Para Ratu dan Putri dari kerajaan ini juga mampu membuktikan bahwa, wanita juga mampu memimpin dan disegani oleh rakyatnya. Berikut ini nama-nama yang berasal dari nama Ratu dan Putri kerajaan, diantarnya sebagai berikut :

1. Arwa

Nama yang satu ini terinspirasi dari nama seorang Ratu terbesar di Yaman di abad ke-11, yaitu Arwa Al Sulayhi. Arwa adalah wanita pertama yang mendapatkan gelar hujja, atau gelar yang biasa diberikan kepada para imam-imam besar. Kepemimpinan Arwa ini bahkan hingga 50 tahun lamanya, ia tak hanya meneggakan syariat islam saja.

Tetapi ia juga merupakan seorang Ratu yang selalu memikirkan kesejahteraan rakyatnya, dengan membangun berbagai fasilitas seperti dalam hal pendidikan, masjid, jalan dan lain sebagainya. Ratu Arwa ini juga memiliki ingatan yang luar biasa, tak heran jika ia sangat dicintai oleh para rakyatnya kala itu.

Kekuasaan Arwa pun berakhir pada saat ia meninggal di tahun 1138, namanya kemudian dijadikan nama sebuah universitas dan nama masjid. Nama perempuan yang terdengar seperti nama perempuan modern ini, juga digunakan oleh salah satu penyanyi asal Yaman yang juga seorang putri kerajaan. Arti nama Arwa adalah keindahan dan keanggunan.

2. Shajar

Nama yang satu ini diambil dari nama Ratu Shajar Al Durr yang pada saat itu memimpin kerajaan Mesir, di abad ke-13. Wanita yang juga sering disebut dengan shajarrat ini juga merupakan, salah satu tokoh wanita muslim yang terpenting di dalam sejarah. Bukan hanya cantik tapi Shajar juga dikenal sebagai wanita yang pandai berargumen.

Ia bahkan gemar menulis, dan di bawah kepemimpinannya sempat terjadi pergeseran dinasti dari Ayyubiah ke Mamluk. Dinasti ini kemudian menjadi salah satu dinasti terkuat Timur Tengah. Secara etimologi nama Shajar ini berasal dari bahasa Arab, yang artinya yaitu pepohonan atau tanaman.

3. Razia

Razia adalah satu-satunya wanita muslim pertama yang memerintah kerajaan Delhi, Sultan Razia berkuasa selama 4 tahun lamanya dari tahun 1136 sampai 1140. Ratu Razia dikenal sebagai pemimpin yang cerdas, adil, dan memiliki kemampuan dalam segala hal yang dibutuhkan untuk menjadi raja.

Ia tidak mau dipanggil dengan nama Sultana, yang artinya yaitu selir atau istri. Ia hanya ingin diberi gelar sultan saja. Di Indonesia arti kata Razia ini adalah pemeriksaan serentak yang biasa dilakukan polisi di jalan raya, tetapi nama Razia ini memiliki makna indah dalam bahasa Arab yaitu bahagia, terpilih, dan puas.

4. Safiatuddin

Bukan hanya di Timur Tengah saja, tetapi di negara kita Indonesia juga ada seorang ratu yang namanya layak dijadikan nama anak perempuan anda. Namanya adalah Sutana Safiatuddin yang berasal dari Aceh, Safiatuddin ini dikenal sebagai pemimpin yang cerdas, cakap dan juga bijaksana dan selalu mengutamakan kesejahteraan rakyatnya.

Ia selalu berusaha menjalankan kepemimpinannya yang sesuai dengan syariat islam. Safiatuddin ini gemar mengarang atau menulis sajak sejak kecil, bahkan ia ikut mendirikan perpustakaan di kerajaan. Selama pemerintahannya berlangsung hukum adat dan juga sasrta, berjalan dengan baik.

Nama Safiatuddin ini berasal dari bahasa Arab, yang artinya kemunian di dalam iman. Nama bayi perempuan islami ini cocok untuk anda, yang ingin anak perempuan anda bisa dijadikan seorang panutan yang baik.

5. Salma

Di dunia modern bahkan ada yang namanya Putri Lalla Salma, nama tersebut bisa dijadikan inspirasi untuk memberi nama pada bayi perempuan anda. Putri Lalla Salma ini adalah seorang istri penguasa Maroko, yang pertama kalinya diberi gelar Her Royal Highness. Sebenarnya Salma berasal dari seorang rakyat yang biasa saja.

Yang baru masuk ke istana setelah ia menikah dengan Sang Raja, setelah menjadi seorang putri ia tetap menjadi seseorang yang rendah hati. Ia juga aktif di berbagai kegiatan sosial, dan Ibu dari 2 anak ini merupakan wanita yang dikenal cantik, stylish dan juga pintar. Ia bahkan bisa berbicara dalam 4 bahasa.

Ia telah mengantongi gelar dari salah satu universitas terbaik di Maroko. Nama Salma dalam bahasa Arab artinya aman, sedangkan dalam bahasa Persia artinya kesayangan. Nama Salma digunakan juga oleh salah satu artis terkenal yaitu Salma Hayek.

Nama bayi perempuan islami, nama bayi perempuan arab, nama bayi perempuan modern, nama bayi perempuan unik yang bagus, indah, cantik, lengkap dengan artinya.

Nama Bayi Perempuan Islami Modern

Nama Bayi Perempuan Islami Modern
Nama Bayi Perempuan Islami Modern

Ada banyak pilihan untuk nama bayi perempuan islami yang terdengar modern, tapi memiliki arti dan makna yang baik. Berikut ini beberapa nama bayi perempuan islami yang modern beserta artinya :

  • Abbidah Bassamah : wanita yang tekun beribadah dan juga murah senyum.
  • Adawiyatul rahmah : wanita adawiyah atau perempuan sufi yang penuh kasih sayang pada sesamanya.
  • Adeeva Afsheen Myesha : karunia kehidupan yang bersinar terang seperti bintang di langit.
  • Adiba Shakila Amarini : perempuan cantik rupawan dan berpengetahuan luas serta memiliki ketajaman hidup.
  • Adibah Abqariah : wanita beradab dan cerdas.
  • Adibah Asilah : wanita beradab yang halus budi pekertinya.
  • Adibah Saidah : wanita beradan yang penuh dengan kebahagiaan.
  • Adila Nisa Ardani : perempuan suci yang memiliki rasa adil.
  • Adira Azzahra : seorang mulia yang memiliki kekuatan besar yang baik dan cerdas.
  • Adonia Najma Orlin : perempuan cantik bak bintang keemasan.

Nama bayi perempuan islami, nama bayi perempuan arab, nama bayi perempuan modern, nama bayi perempuan unik yang bagus, indah, cantik, lengkap dengan artinya.

Nama Bayi Perempuan Islami Unik

Nama Bayi Perempuan Islami Unik
Nama Bayi Perempuan Islami Unik
  • Nafeesa : seorang wanita berharga yang cerdas.
  • Aleeya : gadis cantik yang pipinya kemerahan dan bersifat mulia
  • Alesha : seorang wanita yang jujur.
  • Casilda : wanita yang pemberani.
  • Emalia : pemimpin yang memiliki keyakinan dan kepercayaan akan adanya Tuhan.
  • Dafeena : seorang wanita yang berharga.
  • Deya : pribadi yang selalu menyenangkan orang-orang di sekitarnya.
  • Elina : seorang wanita yang pintar.
  • Freissy : orang yang jujur.
  • Janeetra : wanita yang berderajat tinggi.
  • Seraphina : bidadari.
  • Zeraiah : hadiah dari Tuhan.
  • Syabila : orang yang dihormati oleh orang-orang di sekitarnya.
  • Ameera : wanita yang memiliki banyak rezeki.
  • Nastusha : bayi perempuan cantik.

Nama bayi perempuan islami, nama bayi perempuan arab, nama bayi perempuan modern, nama bayi perempuan unik yang bagus, indah, cantik, lengkap dengan artinya.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Nama Bayi Perempuan Islami

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: