Peluang Usaha Cuci Helm beserta Analisanya (Terlengkap)

Usaha Cuci Helm – Jika Anda kreatif dan mampu melihat berbagai peluang bisnis, maka apa saja dapat dijual. Salah satu bisnis yang dapat Anda tekuni adalah usaha cuci helm. Helm merupakan peranti wajib bagi kendaraan bermotor.  Bahkan, ada undang-undang yang secara khusus mengatur tentang hal wajib ini. Jika dilihat banyaknya kendaraan bermotor yang ada, maka Anda pasti mengetahui bahwa banyak sekali orang yang memiliki helm.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Cuci Helm

Bagaimana Cara Memulai Usaha Cuci Helm

Helm yang sudah menjadi perangkat wajib yang dimiliki oleh pengendara bermotor ini ternyata dapat menjadi suatu peluang usaha yang menjanjikan. Apalagi, benda wajib ini kini tidak hanya dimiliki untuk pemenuh kewajiban untuk keselamatan pengendara motor saja. Banyak orang yang membeli berbagai macam helm dengan harga yang bervariasi pula untuk kesenangan pribadi dan juga hobi.

Bagaimanapun juga, kebersihan helm menjadi suatu hal yang penting. Helm yang bersih dan terawat akan menjadikannya enak dilihat dan nyaman digunakan. Hal inilah yang melatarbelakangi adanya usaha cuci helm. Lalu bagaimana cara untuk memulai usaha ini sendiri? Ternyata masih banyak juga yang kebingungan tentang bagaimana untuk memulai usaha yang satu ini.

1. Menentukan  usaha cuci helm untuk Anda

Salah satu kelebihan yang dapat Anda rasakan jika membuka bisnis satu ini adalah banyaknya waralaba yang ada untuk usaha cuci helm. Ada banyak waralaba yang bisa Anda pilih dengan berbagai paketnya yang tergolong cukup murah. Bahkan, Anda bisa memulai bisnis satu ini dengan modal mulai hanya Rp. 1.500.000 untuk salah satu paket waralaba.

Atau jika Anda berminat untuk membuka ini secara mandiri, Anda juga bisa membeli berbagai perlengkapannya sendiri. Bisnis ini merupakan bisnis yang umumnya hanya membutuhkan biaya yang sedikit dibandingkan dengan usaha cuci sepatu sekalipun.

2. Menyiapkan modal

Setelah menentukan waralaba yang Anda gunakan untuk membuka usaha yang satu ini, selanjutnya adalah menyiapkan modal. Modal yang dibutuhkan bukan hanya berupa royalty yang harus Anda bayarkan pada franchise tersebut saja. Ada banyak modal lain yang Anda butuhkan misalnya modal sewa tempat, modal promosi, dan lain sebagainya.

Jika Anda saat ini bingung dengan modal yang belum tercukupi, maka Anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Pasalnya ada banyak sekali alternatif yang bisa Anda gunakan. Misalnya, Anda bisa meminjam uang kepada sanak saudara, bank, atau mengajak teman Anda untuk ikut berinvestasi pada bisnis yang menjanjikan ini.

3. Menentukan lokasi

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan lokasi usaha Anda ini. Sebaiknya, Anda menentukan lokasi yang strategis yang dekat jalan raya, dekat dengan usaha cuci motor, dan lain sebagainya. Lokasi yang dekat dengan jalan raya akan memungkinkan para calon pelanggan melihat keberadaan toko Anda. Lokasi dekat tempat cuci motor juga menguntungkan karena keduanya saling berhubungan.

4. Mempromosikan usaha cuci helm Anda

Langkah selanjutnya untuk memulai usaha cuci helm Anda adalah mulai melakukan berbagai strategi promosi agar banyak orang yang mengetahui bisnis baru Anda ini. Anda bisa menggunakan strategi promosi berupa potongan biaya pencucian helm untuk 20 pelanggan pertama, dan lain sebagainya.

Perkiraan Modal Untuk Usaha Cuci Helm

Perkiraan Modal Untuk Usaha Cuci Helm

Salah satu aspek dalam membuka usaha yang kerap menjadi masalah dan kekhawatiran bagi para pebsinis adalah masalah modal. Oleh karena itu, berikut ini disajikan perkiraan modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha yang satu ini. Rinciannya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mesin cuci helm

Mesin cuci helm ini dapat mencuci helm baik bagian luar maupun dalam dengan waktu yang sebentar. Harga mesin ini sebenarnya berkisar antara 4.500.000. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat membeli mesin untuk mencuci helm yang bekas, sehingga modal sebesar itu dapat dipangkas.

  1. Dryer (Rp. 300.000)
  2. Vaccum Cleaner (Rp. 450.000)
  3. Etalase (Rp. 2.000.000)
  4. Nota (Rp. 200.000)
  5. Baliho atau Promo Banner (Rp. 650.000)
  6. Chemicals (Rp. 450.000)
  7. Perlengkapan mencuci lainnya (Rp. 500.000)

Maka dari itu, jika Anda membuka usaha pencucian helm secara mandiri, setidaknya Anda membutuhkan modal awal kurang lebih sebesar Rp. 4.500.000 dan apabila Anda ingin usaha Anda secara lengkap, maka setidaknya membutuhkan Rp. 9.000.000. Biaya ini sifatnya adalah estimasi, dengan sedikit kekreatifan Anda, maka tentu Anda bisa banyak menekan berbagai pengeluaran.

Prospek Bisnis Pencucian Helm

Prospek Bisnis Pencucian Helm

Meskipun helm ukurannya dapat dibilang kecil, kenyataannya dalam hal membersihkannya bukanlah hal yang dapat dikategorikan mudah. Bentuknya yang unik membuatnya termasuk susah untuk dibersihkan. Selain itu, banyak orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan perangkat wajib sepeda motor yang satu ini.

Hal inilah yang menjadi dasar mengapa usaha cuci helm dapat menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Selain itu, bisnis yang satu ini termasuk kategori usaha yang pesaingnya masih sedikit. Berbeda dengan bisnis lainnya seperti tempat cuci motor dan mobil misalnya. Maka dari itu, Anda dapat mengurangi resiko kalah saing dengan bisnis serupa lainnya.

Kelebihan Jika Anda Membuka Usaha Cuci Helm

Kelebihan Jika Anda Membuka Usaha Cuci Helm

Sebenarnya, ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menjalankan bisnis yang satu ini. Kelebihan yang ada bisa menjadi faktor yang penguat mengapa Anda sebaiknya segera memulai bisnis tempat pencucian helm. Kelebihannya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Membutuhkan modal yang cukup kecil

Bisnis tempat pencucian helm tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Hal ini dikarenakan alat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan juga bukan suatu alat yang rumit dan kompleks. Bahkan jika Anda membuka bisnis pencucian helm menggunakan waralaba, Anda bisa saja memulai usaha dengan modal awal sekitar 2 jutaan saja.

2. Minim pesaing

Persaingan dalam dunia bisnis bukanlah sesuatu yang harusnya diabaikan. Jika Anda membuka suatu usaha yang mana banyak sekali kompetitornya, maka Anda harus mengeluarkan ekstra usaha untuk melawan potensi tersaingnya usaha Anda. Untungnya, usaha yang satu ini masih tergolong jarang di Indonesia. Hal ini bisa menjadi satu hal yang sangat menguntungkan Anda.

3. Peluang yang besar

Indonesia merupakan negara dengan pengendara motor yang banyak di dunia. Fakta tersebut tentunya sejalan dengan kebutuhan memiliki helm yang menyertainya. Hal inilah yang bisa menjadi potensi mengapa Anda harus membuka usaha ini. Banyaknya orang yang berkemungkinan menggunakan usaha Anda akan semakin mempertinggi potensi Anda mendapatkan banyak keuntungan.

4. Potensi keuntungan yang cukup besar

Jika  Anda membuka usaha yang satu ini, maka Anda tidak terlalu perlu membeli modal lagi secara rutin. Maksimal, mungkin Anda perlu membeli sabun untuk bahan membersihkan helm. Hal inilah yang melatarbelakangi mengapa ada banyak kemungkinan Anda mendapat keuntungan yang besar.

Kekurangan Dalam Berbisnis Usaha Cuci Helm

Kekurangan Dalam Berbisnis Usaha Cuci Helm

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tentu selalu ada kekurangan yang juga menyertainya. Ada beberapa kekurangan yang mungkin Anda rasakan ketika Anda membuka usaha cuci helm ini. Kekurangan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Tidak banyak yang sudah sadar akan kebersihan helm

Meskipun banyak sekali pengguna perangkat wajib dalam berkendara ini, kenyataannya masih banyak yang cuek dengan kebersihan helmnya sendiri. Kebersihan helm menjadi hal yang tidak banyak dipertimbangkan oleh kebanyakan orang. Kebanyakan baru sadar akan kebersihan helmnya ketika helm tersebut digunakan mulai menimbulkan rasa gatal.

2. Pencucian helm terhitung cukup jarang

Jarang yang dimaksut disini, setelah helm bersih maka jangka waktu untuk kembali mencuci helm cukup lama. Berbeda dengan jenis usaha lainnya, mencuci mobil misalnya. Setidaknya, mencuci mobil minimal dapat dilakukan 2 minggu sekali dan semakin sering saat musim penghujan. Berbeda dengan mencuci helm, untuk mencucinya kembali bisa dibutuhkan hingga berbulan-bulan.

3. Banyak yang memilih untuk mencucinya sendiri

Meskipun mencuci helm sebenarnya cukup rumit, tetapi banyak orang yang akhirnya memilih untuk mencucinya sendiri dibandingkan menggunakan jasa pencucian helm. Memang pada kenyataannya, tingkat kebersihan helm yang dicuci sendiri dengan yang menggunakan jasa perusahaan akan menimbulkan hasil yang berbeda.

Tips Membuka Usaha Cuci Helm

Tips Membuka Usaha Cuci Helm

Meskipun terdapat kelebihan dan kekurangan yang menyertai usaha pencucian helm ini, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menyiasatinya dengan mengikuti berbagai tips yang ada untuk membuka usaha yang satu ini. Berikut adalah tips yang dapat Anda terapkan ketika membuka bisnis pencucian helm!

1. Mengetahui teknik mencuci helm

Sudah disinggung diawal bahwa dalam hal mencuci helm dapat membutuhkan keahlian dan juga tekniknya tersendiri. Maka dari itu, sebaiknya Anda belajar bagaimana teknik dalam mencuci helm. Jika Anda berpengalaman, maka kesalahan yang mungkin terjadi (helm lecet, kurang bersih, rusak, dan lain sebagainya) tidak akan terjadi.

Belajar teknik dalam mencuci helm dapat dipelajari melalui berbagai buku atau mungkin Anda dapat belajar kepada mereka yang telah ahli. Bahkan jika diperlukan, Anda bisa mengikuti pelatihan khusus untuk bisnis yang satu ini.

2. Membuat tempat usaha Anda senyaman mungkin

Usaha ini membutuhkan kurang lebih satu jam untuk proses pengerjaan pencucian helm. Maka dari itu, Anda harus membuat tempat ini senyaman mungkin. Tempat yang nyaman akan membuat pelanggan Anda betah dan sabar menunggu hingga helm yang dikerjakan selesai dibersihkan.

Tempat pencucian helm yang membosankan bisa menjadi alasan pelanggan enggan untuk menggunakan jasa Anda lagi. Anda dapat memberikan beberapa hiburan untuk pelanggan cuci helm Anda misalnya dengan menyediakan kursi yang nyaman, wifi, majalah, dan lain sebagainya. Tempat menunggu yang nyaman bisa menjadi daya tarik yang menyebabkan pelanggan kembali menggunakan jasa Anda.

3. Menetapkan lokasi yang padat akan pengendara bermotor roda dua

Ini sesuai dengan target pasar Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda menentukan lokasi dimana banyak dilalui oleh kendaraan bermotor. Jika lokasi Anda merupakan tempat yang banyak dilalui oleh pengendara bermotor roda dua, maka potensi banyak pelanggan yang mampir di tempat pencucian motor Anda akan meningkat.

Memang, usaha cuci helm dapat menjadi jenis usaha yang tepat bagi Anda yang menginginkan usaha dengan modal sedikit dan juga potensi keuntungan yang banyak. Meskipun usaha Anda merupakan usaha yang tergolong baru dan belum banyak kompetitornya, tetapi hal itu malah bisa menjadi kelebihan bagi Anda.

Peluang Usaha Cuci Helm beserta Analisanya (Terlengkap)

Add Comment