Site icon Sumber Informasi

Peluang Usaha Cetak Foto Beserta Analisa Bisnisnya (Terlengkap)

Peluang Usaha Cetak – Peluang usaha cetak foto kini semakin menarik dalam perbincangan dewasa ini. Pasalnya kebutuhan masyarakat dalam mencetak foto juga semakin tinggi. Maka tidak dapat di pungkiri bahwa para pelaku bisnis cetak foto selalu kebanjiran order dan mendapatkan keuntungan yang berkali lipat.

Anda bisa bayangkan dengan semakin banyaknya bermunculan smartphone android yang mampu menghasilkan pose jepretan berkualitas tinggi. Hal itu yang membuat seseorang tidak kesulitan untuk memotret di berbagai momen yang berharga.

Cetak Foto Menjadi Suatu Kebutuhan Masyarakat

Dari sebuah usaha cetak foto yang diutamakan yaitu hasil cetak yang bagus dan di edit secara rapi. Untuk memberikan hasil cetak foto yang berkualitas maka membutuhkan printer yang bagus. Minimal Anda memiliki jenis printer seperti Epson L110.

Sedangkan untuk menghasilkan editan yang berkualitas, maka Anda harus belajar langsung melalui video di youtube. Selain itu Anda juga bisa mengikuti tutorial-tutorial mengenai edit foto atau bertanya pada teman yang menguasai dalam bidangnya.

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi untuk mengedit foto dengan hasil yang cukup maksimal seperti Picasa, Photoscape, Gimp dan lain-lain.

Kenapa Harus Memilih Usaha Cetak Foto ?

Dengan kecanggihan smartphone dalam menghasilkan gambar yang berkualitas. Maka setiap orang bisa mengambil gambar di setiap momen. Hal tersebut yang kemudian menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan dan semakin terbuka lebar bagi siapa saja.

Selain mencetak foto untuk berbagai momen berharga seperti foto pernikahan, foto bersama teman-teman atau foto wisuda, kini kebutuhan cetak foto semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan untuk melamar kerja, pengajuan pinjaman di Bank, Ijasah dan sebagainya wajib melampirkan pas foto.

Dengan meningkatnya kebutuhan cetak foto masyarakat yang semakin tinggi, menjadikan cetak foto dapat dijadikan pilihan usaha terbaik dan memberikan banyak keuntungan. Belum lagi jika custumer mencetak foto dalam jumlah yang banyak maka keuntungan pun menjadi berlipat.

Biasanya custumer yang mencetak foto dalam jumlah banyak seperti momen lamaran, pernikahan, ulang tahun, khitanan dan sebagainya. Nah, bisa dibayangkan berapa banyak keuntungannya jika Anda memiliki banyak pelanggan dan mencetak foto dalam jumlah banyak

Cara Memulai Usaha Cetak Foto

Dokumentasi momen spesial atau suatu kegiatan pastilah sangat diperlukan dalam kehidupan kita. Kebutuhan dokumentasi dapat menjadi sebuah peluang usaha menjanjikan dan memiliki prospek yang cukup bagus ke depannya. Salah satunya yaitu dengan membuka usaha untuk cetak foto.

Meskipun sudah banyak yang terjun dalam bidang ini. Namun prospek pasar ke depannya masih sangat luas dan tidak akan pernah surut, sama halnya dengan usaha fotocopy. Meskipun sudah banyak yang menjalankan usaha tersebut sudah cukup banyak, namun tetap memiliki prospek yang bagus.

Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha untuk cetak foto.

1. Kemampuan dalam menguasai Ilmu usaha di bidang fotografi dan desain foto

Pengetahuan dalam menguasai ilmu komputer, penggunaan printer dan setting kamera bisa Anda pelajari melalui kursus atau belajar melalui media internet. Saat ini di internet sudah banyak sekali tersedia bahan-bahan untuk mempelajari ilmu mengenai desain foto secara gratis.

Kunci untuk menguasai ilmu tersebut yaitu dengan selalu mencoba untuk mengedit foto, mencetak dan jangan pernah takut gagal.

2. Memiliki alat-alat pendukung

Untuk memulai bisnis cetak foto, maka Anda harus memiliki alat-alat pendukung seperti komputer, kamera digital, printer yang berkualitas dan sebagainya.

3. Menyiapkan SDM yang profesional

Anda harus menyiapkan SDM yang profesional dan mampu memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan. Di awal-awal menjalankan usaha ini membutuhkan pengawasan intensif agar karyawan  mengetahui secara pasti apa yang diharapkan dari usaha Anda

4. Melakukan Promosi

Agar usaha Anda berkembang dan memiliki banyak pelanggan, maka harus dilakukan promosi yang tepat. Promosi tersebut dapat dilakukan dengan cara menyebarkan brosur, beriklan di media cetak atau bisa juga memanfaatkan melalui jaringan pertemanan.

5. Memiliki referensi terbaru mengenai fotografi

Dalam menjalankan bisnis cetak foto, maka Anda harus selalu update dan memiliki referensi-referensi terbaru mengenai fotografi. Referensi tersebut dapat berupa artikel-artikel yang ada diinternet atau melalui buku-buku petunjuk.

Tips Menjalankan Usaha Cetak Foto Agar Sukses

Setelah mengetahui beberapa keuntungan dalam usaha untuk cetak foto, maka berikut ini akan dijelaskan bagaimana caranya agar Anda dapat menjalankan usaha tersebut dengan omset dan keuntungan yang besar. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan usaha ini:

1. Memilih lokasi Strategis

Untuk memulai membuka bisnis cetak foto, maka Anda harus memilih tempat yang strategis dan di daerah keramaian. Misalnya di dekat sekolah, kampus, perkantoran, pemukiman penduduk dan sebagainya

2. Tawarkan Diskon Cetak Foto

Agar bisnis cetak foto Anda menarik pelanggan, maka selalu adakan even untuk menawarkan diskon tertentu. Untuk mendongkrak penjualan, Anda bisa mempromosikan diskon cetak foto pada hari-hari tertentu seperti pada saat pembukaan awal usaha tersebut atau saat memperingati hari besar.

3. Menyediakan Kartu Nama

Dalam menjalankan bisnis cetak foto, maka buatlah kartu nama yang menarik. Dengan menyediakan kartu nama yang menarik, maka akan mempermudah Anda ketika melakukan komunikasi dengan para pelanggan.

4. Desain Tempat Usaha untuk Cetak Foto yang Menarik

Agar tempat usaha Anda menarik publik, maka Anda harus membuat desain dengan semenarik mungkin. Selain itu, nama tempat cetak foto Anda juga harus menarik dan mudah di ingat oleh publik.

5. Memberikan Pelayanan Terbaik

Agar usaha Anda diminati oleh pelanggan, maka harus menyediakan layanan ekstra kepada custumer. Misalnya saja dengan memberikan diskon untuk cetakan foto dengan jumlah yang besar, menghasilkan cetak foto berkualitas dan memberikan pelayanan cepat.

6. Menjual Produk yang Berhubungan dengan Usaha Anda

Untuk menambah penghasilan, maka Anda juga dapat menjual produk-produk yang berhubungan dengan usaha yang dijalankan. Misalnya saja bingkai foto dengan varian model, album foto dan sebagainya.

Jika modal sudah terkumpul, maka Anda bisa menambahkan jual produk kamera DSLR beserta perlengkapannya. Anda juga bisa membuat jasa untuk pemotretan, studio foto dan jasa cetaknya. Dengan begitu, maka custumer akan lebih tertarik untuk berkunjung di tempat Anda usaha.

Usaha Cetak Foto Bisa di Jalankan Dengan Modal Minim

Modal merupakan hal utama yang harus dipikirkan ketika ingin membuka suatu usaha. Setiap usaha membutuhkan modal yang berbeda-beda dan tergantung dengan kebutuhan baik dari peralatan maupun bahan-bahan pendukung lainnya.

Modal usaha percetakan tentunya berbeda dengan modal usaha untuk cetak foto, karena kebutuhannya masing-masing berbeda. Modal usaha untuk cetak foto tergantung dengan kemampuan Anda, bisa memulai usaha dengan modal kecil yang kemudian nantinya bisa dikembangkan lagi.

Jika Anda memiliki modal yang banyak, maka dapat membuka usaha cetak foto dengan peralatan canggih dan lengkap. Tentunya pemilihan lokasi yang strategis dan nyaman menjadi sebuah prioritas untuk perkembangan usaha Anda.

Namun, jika Anda memiliki modal  minim bukan berarti tidak dapat membuka usaha tersebut. Anda tetap bisa memulai usaha untuk cetak foto dan memaksimalkan modal yang ada. Jika Anda jalani dengan konsisten dan serius maka usaha tersebut akan berkembang besar.

Berikut ini beberapa peralatan wajib yang harus disiapkan untuk memulai bisnis cetak foto:

1. Satu unit komputer PC/ laptop lengkap dengan aplikasi Photoshop

Harga untuk sebuah komputer PC atau laptop dapat disesuaikan dengan budget yang ada. Jika memiliki modal minim, Anda pun bisa membeli komputer PC atau laptop second terlebih dahulu untuk memulai usaha untuk foto, tentunya masih berkualitas.

Harga laptop second 17 inc berkisar Rp. 2.500.00, Anda sudah bisa memulai usaha untuk cetak foto. Harga 1 unit komputer PC second pun tentunya lebih murah, namun tetap harus memperhatikan kualitas.

2. Satu unit printer warna

Printer pun juga menyesuaikan dengan budget yang ada. Untuk hasil yang berkualitas, Anda tentu harus memilih printer dengan kualitas bagus pula. Sehingga bisa menghasilkan foto yang berkualitas dan custumer merasa puas mencetak foto di tempat Anda.

3. Kertas foto

Kertas foto harganya cukup murah, biasanya satu pak kertas foto harganya berkisar Rp.20.000,- dengan isi 20 lembar kertas foto.

4. Tinta Printer

Pilihlah jenis tinta printer khusus cetak  foto , se bisa mungkin berkualitas agar hasilnya maksimal. Biasanya harganya berkisar Rp.300.000,-

Keuntungan Usaha Cetak Foto Sangat Menjanjikan

Keuntungan menjalankan bisnis cetak foto memang cukup menjanjikan. Anda bayangkan, untuk setiap kertas A4 yang harganya hanya Rp.1000,- jika dicetak menjadi foto ukuran 10 R maka harga yang ditawarkan minimal Rp.12.000,- sampai Rp.15.000,-.

Jika satu hari saja Anda bisa mencetak 5 lembar hingga 10 lembar foto, maka keuntungannya yaitu Rp.150.000,- dikurangi Rp. 10.000 (modal kertas) jadi bersihnya Rp.140.000. Jika di akumulasi untuk keuntungan perbulan yaitu Rp. 4.200.000 sudah bersih.

Anda cukup mengurangi untuk biaya listrik dan tinta yang tidak seberapa. Itu hanya contoh perhitungan untuk mencetak 10 lembar foto, maka jika mencetaknya lebih dari itu maka keuntungannya juga semakin tinggi bukan?

Belum lagi jika Anda mendapat custumer yang mencetak foto dalam jumlah yang banyak. Biasanya mereka akan mencetak foto pada momen penting seperti acara lamaran, pernikahan, khitanan, ulang tahun atau acara-acara penting lainnya. Tentunya hasil keuntungannya akan semakin berlipat.

Beda halnya juga dengan mencetak foto dengan ukuran 4 x 6, biasanya untuk perlembarnya akan dihargai antara Rp.2.000-Rp.2.500. Dalam satu lembar kertas foto dapat dicetak hingga 15 lembar foto, maka keuntungannya cukup menggiurkan.

Perhitungan untuk keuntungan minimnya yaitu sebagai berikut: jika satu lembar kertas foto dengan ukuran A4 yang harganya hanya Rp.1000,-. Dalam setiap mencetak foto membutuhkan kira-kira tinta Rp.2.000,-. Maka dalam satu lembar kertas A4 bisa menghasilkan cetakan foto minimal Rp.15.000,-.

Berarti keuntungan yang diperoleh untuk 1 lembar kertas foto yang berukuran A4 adalah Rp.12.000,-. Nah, jika dalam setiap hari dapat mencetak 10 lembar kertas foto dengan ukuran A4, maka keuntungannya tinggal mengkalikan saja setiap harinya.

Apabila dalam sehari saja Anda bisa mencetak 10 lembar dengan kertas foto ukuran A4, maka keuntungan minimalnya saja Rp.120.000, -. Bagaimana jika Anda mampu mencetak dalam jumlah 30 lembar atau lebih. Untuk mencetak dalam jumlah tersebut tidaklah sulit jika memilih tempat strategis.

Beberapa penjelasan mengenai cara menjalankan bisnis cetak foto, modal usaha, peralatan yang dibutuhkan hingga tips menjalankan usaha cetak foto agar sukses dan menghasilkan omset yang besar. Semoga dapat dijadikan inspirasi bagi Anda yang sedang memiliki rencana untuk membuka usaha.

Peluang Usaha Cetak Foto Beserta Analisa Bisnisnya (Terlengkap)

Exit mobile version