Kumpulan Doa Nabi Sulaiman Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya !

Doa Nabi Sulaiman – Tahukah anda tentang kisah Nabi Sulaiman dan Ratu tercantik di dunia? Yaps, itulah Ratu Balqis. Nabi Sulaiman dikenal sebagai raja yang berkuasa atas manusia, jin dan binatang. Beliau memiliki kemampuan untuk mengerti dan berbicara dengan bahasa hewan, melihat dan memerintah jin, serta memiliki kerajaan di dunia yang amat sangat besar dan megah bagi para manusia.

Kekayaan, kekuasaan dan kehormatan menjadi sesuatu yang terus mengelilingi Nabi Sulaiman sebagai seorang raja. Namun hal tersebut tidak membuat Nabi Sulaiman merasa sombong dan angkuh, karena beliau percaya bahwa apa yang beliau miliki saat ini hanyalah sebuah titipan dari Allah Subhanallahu wa ta’ala, sebagai pemilik dunia dan seisinya.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar doa nabi sulaiman. Mulai dari Bacaan doa nabi sulaiman arab, bacaan doa nabi sulaiman latin, arti doa nabi sulaiman, keutamaan doa nabi sulaiman, tata cara mengamalkan doa nabi sulaiman, dll.

Sekilas Tentang Nabi Sulaiman

Doa Nabi Sulaiman
Doa Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman Alaihi salam merupakan anak atau putera Nabi Daud. Sebagai seorang pewaris tahta kerajaan yang dibangun oleh Nabi Daud, Nabi Sulaiman mempunyai tingkat kecerdasan yang amat tinggi. Dan hal ini bahkan telah terlihat sejak Nabi Sulaiman berusia belia. Pada usia 13 tahun, Nabi Sulaiman didaulat untuk menjadi raja dan menggantikan Ayahnya, yakni Nabi Daud.

Nabi Sulaiman dikenal sebagai penguasa yang agung dan bijaksana. Otaknya yang jenius dan strategi pengembangan kerajaan yang ia kembangkan amat luar biasa, sehingga tak ada satu kerajaan pun yang mampu menandingi kekuasaan kerajaan Nabi Sulaiman. Banyak keputusan yang arif, bijaksana dan penuh kecerdasan membuat kerajaan lain segan terhadap Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman juga diberkahi dengan kekayaan yang sangat berlimpah, kekuasaan wilayah yang luas dan ia bahkan juga menguasai bangsa jin, manusia dan hewan selain itu ia juga berkuasa terhadap angin dan lautan. Ketundukan para makhluk ini membantu Nabi Sulaiman dalam mencapai tujuannya untuk mengembangkan dan memajukan peradaban kerajaannya.

Kekayaan Nabi Sulaiman yang tiada tara membuatnya memiliki istana yang amat sangat megah, dimana istana tersebut dibangun secara gotong royong oleh bangsa manusia, jin dan hewan. Hebat bukan? Dinding istana terbuat dari batu pualam, tiang dan pintunya terbuat dari emas dan tembaga, atap dari perak, dan hiasan istana yang terbuat dari mutiara, intan dan berlian.

Begitu besar kekayaan Nabi Sulaiman ini juga dikarenakan oleh Nabi Sulaiman selalu bersyukur kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala. Beliau selalu memanjatkan doa yang menunjukkan rasa syukurnya kepada Allah dan permohonan agar beliau diberikan kekayaan dan kerajaan yang besar. Berikut ini merupakan doa Nabi Sulaiman untuk memohon kekayaan kepada Allah.

Doa Nabi Sulaiman Bahasa Arab

Doa Nabi Sulaiman
Doa Nabi Sulaiman

Sama halnya seperti nabi nabi yang lain yang memiliki mu’jizat berupa beberapa jenis doa yang mustajab untuk diamalkan, nabi Sulaiman juga memiliki beberapa doa mustajab yang sangat cocok untuk anda amalkan dalam kehidupan sehari hari. Oleh karena itu banyak umat muslim menjadikan beberapa doa yang pernah digunakan oleh nabi nabi orang muslim menjadi doa mereka juga.

Harta dan kekayaan adalah isu yang umum dibicarakan di kalangan masyarakat. Kebutuhan akan uang dan harta benda memang tak terelakkan bila kita berbicara tentang hidup di dunia. Dan tentu saja, setiap orang pasti membutuhkan harta kekayaan yang akan membantu dan mempermudah mereka dalam mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Setiap makhluk pasti pernah berada di puncak kejayaan dengan begitu banyak harta dan ketenaran. Namun ada pula yang bahkan mengalami kesulitan ekonomi, bahkan rejekinya terasa sangat sempit. Nah dari itu untuk mendapatkan jalan dari Allah agar jalan kekayaan dapat dengan mudah datang kepada anda, anda bisa mengamalkan doa nabi Sulaiman untuk kekayaan ini:

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكُا لاَّ يَنْبَغِي لِاَ حَدِ مِّنْ بَعْدِي , اِنَّكَ اَنْتَ الْوَ هَّابُ

Doa Nabi Sulaiman Latin

Doa Nabi Sulaiman
Doa Nabi Sulaiman

Ingat, doa ini hanya untuk membuka jalannya rejeki agar mudah anda dapatkan, dan bukan berarti anda bisa langsung mendapatkan harta kekayaan secara instan dengan tiba tiba harta tersebut jatuh dari langit. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara membaca doa nabi Sulaiman untuk memohon kekayaan yang dapat anda amalkan dan hafalkan setiap hari:

Qoola rabbighfirlii wahablii mulkulla yanbaghii li’ahadiim min ba’dii, innaka antal wahhaabu

Bacaan Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Terlengkap !

Arti Doa Nabi Sulaiman

Doa Nabi Sulaiman
Doa Nabi Sulaiman

Sebagai doa yang memohon agar diri kita dikaruniai kekayaan, kandungan makna doa ini sangat mendalam, meskipun terdiri dari beberapa kalimat singkat. Nah berikut ini merupakan arti dan makna dari doa nabi Sulaiman untuk kekayaan adalah:

Katakanlah : Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku . sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi. (QS. Shaad : 35)

Dapat kita lihat, bahwa setiap akan memohon sesuatu, setiap nabi pasti memohon ampunan atas segala dosa dosa yang diperbuat baik sengaja atupun tidak kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala. Permohonan ampun ini menunjukkan bahwa meskipun sangat besar kekuasaan kita, namun kita tetaplah hamba yang penuh dengan dosa dan kesalahan.

Baru selanjutnya, dilanjutkan dengan menyebutkan permohonan yang anda inginkan, dan tidak lupa pujian kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala. Dalam doa Nabi Sulaiman, beliau mengucapkan bahwa beliau menginginkan sebuah kerajaan yang amat berbeda, dimana hanya beliau yang memiliki dan tiada orang lain bahkan sesudah Nabi Sulaiman yang mampu atau dapat memilikinya.

Nah tahukah anda, bahwa kekayaan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman tak serta merta turun berupa gunung harta, melainkan Allah memberikan karunia kecerdasan kepada Nabi Sulaiman. Kemudian Nabi Sulaiman pun diarahkan untuk menggunakan dan memanfaatkan kecerdasannya untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Amat sangat luar biasa bukan? Bila kita menganalisis hal tersebut, ternyata cara Allah untuk mengabulkan doa memang amat sangat unik. Jikalau Nabi Sulaiman diberikan karunia langsung berupa harta maka harta tersebut akan sulit untuk berkembang. Berbeda dengan ilmu pengetahuan yang akan terus berkembang dan mengembangkan kekayaan kita.

Dari sini kita dapat mengambil hikmah, bahwa apa yang kita minta pada Allah tidak serta merta langsung diberikan dalam bentuk apa yang anda minta. Melainkan bisa saja dirupakan dengan sesuatu yang lain, dimana hal tersebut bisa jadi lebih baik dan lebih besar dari apa yang anda minta, dan tentu saja lebih bermanfaat bagi anda pula.

Manfaat Membaca Doa Nabi Sulaiman

Doa Nabi Sulaiman
Doa Nabi Sulaiman

Bila kita meninjau dari bahasa yang digunakan dalam doa tersebut, doa ini bermanfaat agar kita selalu mengingat Allah sebagai tuhan kita dan tempat berlindung serta tempat kita meminta dan memohon ampunan atas segala dosa yang telah kita perbuat, baik yang kita lakukan secara sengaja maupun yang secara tidak sengaja.

Sebagaimana namanya, doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan ini memiliki manfaat untuk memohon kelancaran rejeki dan sebagai pembuka pintu sumber kekayaan anda. Jadi apabila anda saat ini sedang dirundung kesulitan atau kesempitan ekonomi dan anda berharap agar kondisi keuangan anda segera membaik, maka anda dianjurkan untuk mengamalkan doa ini secara rutin.

Doa juga merupakan salah satu ladang pahala, karena dengan doa kita dapat selalu mengingat Allah Subhanallahu wa ta’ala sebagai satu satunya sang maha Rabb yang patut untuk kita sembah dan kita puja. Dan hanya Dia lah yang maha berkuasa dan maha berkehendak atas segala sesuatu di dunia ini, baik untuk jodoh, rejeki dan kematian seseorang atau suatu makhluk.

Kumpulan Doa Iftitah Terlengkap Mulai dari Arab, Latin, dan Artinya !

Cara Mengamalkan Doa Nabi Sulaiman

Doa Nabi Sulaiman
Doa Nabi Sulaiman

Doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan tersebut dapat anda amalkan dengan membaca doa ini setelah menjalankan sholat fardhu. Namun akan sangat baik lagi apabila anda selalu dan rutin menjalankan sholat dhuha dan membaca Doa Nabi Sulaiman ini setiap hari. Namun selain hanya mengamalkan doa tersebut anda juga tetap harus melakukan usaha.

Setiap doa dan permohonan harus diiringi oleh ikhtiar, usaha dan kerja keras, karena tidak ada kekayaan yang tiba tiba jatuh dari langit tanpa adanya usaha yang datang dari diri anda sendiri, hal tersebut amat sangat mustahil. Doa hanya sebagai suatu munajat atau permohonan yang dapat membuka pintu rejeki, namun agar rejeki itu bisa keluar atau kita dapatkan, harus melalui usaha.

Terkabulnya Doa Nabi Sulaiman

Doa Nabi Sulaiman
Doa Nabi Sulaiman

Doa nabi Sulaiman dikabulkan oleh Allah subhanallahu wa ta’ala kepada Nabi Sulaiman dengan nikmat pengetahuan dan anugerah yang besar kepada Nabi Sulaiman. Selain itu limpahan kekuasaan dan wewenang yang kuat atas Nabi Sulaiman Alaihi salam juga menjadi salah satu anugerah dan indikator terkabulnya doa Nabi Sulaiman tersebut.

Dalam ayat ayat Al Qur’an banyak diceritakan tentang kehidupan Nabi Sulaiman Alaihi Salam yang diliputi dengan anugerah kekayaan, kewenangan dan berbagai strategi Nabi Sulaiman untuk memanfaatkan ilmu dari Allah Subhanallahu wa ta’ala di jalan Nya. Segala keberkahan dan karunia yang diberikan kepada Nabi Sulaiman semakin membuatnya bersyukur kepada san pencipta.

Kumpulan Khutbah Jum’at Terlengkap yang Bisa Kamu Jadikan Referensi !

Kumpulan Doa Doa Nabi Sulaiman

Doa Nabi Sulaiman
Doa Nabi Sulaiman

1. Doa Nabi Sulaiman Alaihi salam agar menjadi hamba yang selalu bersyukur

Kekayaan, kekuasaan dan penghormatan yang diterima Nabi Sulaiman dari Allah subhanallahu wa ta’ala sama sekali tak merubah diri Nabi Sulaiman menjadi seseorang yang berkepribadian angkuh dan sombong. Beliau meyakini bahwa apa yang dimilikinya saat ini hanyalah titipan semata, yang nantinya akan dikembalikan dan dimintai pertanggung jawaban.

Nabi sulaiman justru selalu memohon kepada Allah agar dirinya dapat menjaga dan menjalankan amanat yang telah diberikan Allah kepadanya berupa, kekayaan, kekuasaan dan rasa penghormatan dari manusia, jin dan hewan serta kodratnya sebagai seorang makhluk ciptaan Allah subhanallahu wa ta’ala.

Nabi Sulaiman juga selalu meminta kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala agar ia dimasukkan kedalam golongan orang orang yang pandai bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Nya. Dan karena hal tersebut pula, Allah pun tidak segan segan untuk menambah nikmat yang telah diberikan kepada Nabi Sulaiman, sehingga bertambah dan berlipat ganda.

Nabi sulaiman menunjukkan rasa syukurnya dengan membaca doa berikut ini, doa ini juga dicantumkan dalam ayat Al Quran yakni pada surat An Naml ayat 19 :

رَبِّ اَوْزِ عْنِىِ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِى اَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَى وَلِدَىَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَلِحًا تَرْ ضَهُ وَاَذْخِلْنِى بِرَ حْمَتِكَ فِى عِبَا دِكَ الصَّلِحِيْنَ

Rabbi awzi’nii an asykura ni’mataka latii an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa an a’mala shaalihan tardaahu wa adkhilnii birahmatika fii’ibaadikash shaalihiin.

Artinya : Ya tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat Mu kedalam golongan hamba hamba Mu yang saleh. (An Naml : 19)

Ayat ini diucapkan oleh nabi Sulaiman ketika beliau dan pasukannya melintasi suatu wilayah yang memiliki sarang semut sehingga semut semut tersebut merasa ketakutan. Disitu, nabi Sulaiman yang mampu mengerti dan mendengar ucapan dari hewan, dapat mendengar perkataan dari semu semut itu.

Semut semut itu mengomandokan teman temannya untuk menepi dan agar tidak terinjak oleh pasukan Nabi Sulaiman yang baru saja pulang dari medan perang. Oleh karena itu, kemudian Nabi Sulaiman memerintahkan kepada ratu semut untuk mengomandokan anak buahnya agar segera kembali masuk kedalam sarang semut.

Sebagai seorang makhluk yang juga sebagai hamba Allah Subhanallahu wa ta’ala, ada baiknya apabila kita menirukan sikap Nabi Sulaiman yang tetap rendah hati dan pandai bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah subhanallahu wa ta’ala kepadanya. Karena semakin banyak kita bersyukur, maka semakin banyak nikmat yang turun untuk kita.

2. Doa Nabi Sulaiman untuk menundukkan hewan dan mengusir jin

Nabi Sulaiman memang terkenal dengan mukjizatnya yang mampu menguasai dan memerintah bangsa jin dan dapat berkomunikasi dengan bangsa hewan. Mukjizat tersebut dimanfaatkan oleh Nabi Sulaiman untuk menundukkan bangsa jin dan hewan dan memberikan dakwah kepada mereka agar mereka bertaubat dan mengikuti jalan Allah Subhanallahu wa ta’ala.

Doa Nabi Sulaiman ini

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ , اَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Bismillah hirrahmani rahiim, laa ta’luu alayya wa’tuunii muslimiin

Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang orang yang berserah diri.

Tahukah anda bahwa doa ini juga dapat digunakan untuk menundukkan hati, tak hanya hati manusia, hati jin dan hewan pun bisa ditundukkan melalui doa ini. Tak heran bahwa Nabi Sulaiman dijuluki sebagai rajanya segala makhluk, karena mulai dari jin, manusia dan hewan pun tunduk dan mematuhi segala perintah beliau.

Doa ini juga merupakan doa yang dibacakan oleh Nabi Sulaiman kepada Ratu Balqis, agar sang ratu tersebut segera bertaubat dan kembali ke jalan Allah Subhanallahu wa ta’ala. Hingga akhirnya Ratu Balqis tersebut pun bertaubat dan mengakui keagungan serta keesaan Allah Subhanallahu wa ta’ala.

3. Doa Nabi Sulaiman untuk mensyukuri nikmat dari Allah Subhanallahu wa ta’ala

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي فَضَّلَنَا عَلَى كَشِيْرِ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْ مِنِيْنَ

Alhamdulillahil ladzii fadhdhalanaa alaa kasyiirim min ibaadihil mu’miniina

Artinya : Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba hambanya yang beriman. (QS. An Naml : 15)

Doa ini dibaca setiap kita mendapatkan satu kenikmatan dari Allah Subhanallahu wa ta’ala. Karena dalam doa ini kita diajarkan untuk menjadi seseorang yang pandai untuk bersyukur saat memperoleh kenikmatan ataupun kelebihan dari Allah subhanallahu wa ta’ala. Karena sesungguhnya setiap kenikmatan dan karunia itu wajib untuk disyukuri.

Karena apabila kita mengingkari kenikmatan maupun kelebihan yang diberikan oleh Allah subhanallahu wa ta’ala, maka sesungguhnya adzab Allah amatlah pedih. Begitu pula seperti yang disebutkan dalam surat Ibrahim ayat 7.

Bacaan doa nabi sulaiman arab, bacaan doa nabi sulaiman latin, arti doa nabi sulaiman, keutamaan doa nabi sulaiman, tata cara mengamalkan doa nabi sulaiman, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Doa Nabi Sulaiman

loading...

1 thought on “Kumpulan Doa Nabi Sulaiman Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya !

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.