DMCA.com Protection Status

Kumpulan Doa Ulang Tahun Islami – Bahasa Arab, Latin, Arti (Lengkap)

Doa Ulang Tahun – Siapapun pasti mendambakan ulang tahun yang meriah. Hanya saja seiring dengan bertambahnya dewasa, Anda akan menyadari bahwa bertambahnya usia juga berarti Anda memiliki tanggung jawab yang semakin besar. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, Anda dapat mengajarkan beberapa hal Islami yang berkaitan dengan ulang tahun kepada anak Anda.

Tentu saja, Anda tetap harus memberikan hal yang etrbaik yang bisa Anda berikan kepada anak Anda sebagai bentuk kasih sayang. Hadiah yang diberikan juga tidak harus berupa sesuatu yang sangat mahal. Anda bisa saja memberikan surprise ucapan selamat ulang tahun sambil membawakan kue buatan Anda sendiri. Anda juga dapat mencoba untuk memimpin doa ulang tahun dan mendidik anak sejak dini.

Bacaan Doa Ulang Tahun Mohon Perpanjangan Umur

Doa Ulang Tahun
Doa Ulang Tahun

Tidak dapat dipungkiri bahwa takdir akan kematian memang sudah diatur oleh Allah SWT yang menciptakan manusia. Tugas manusia adalah memelihara kesehatan, sehingga bisa lebih banyak melakukann ibadah. Selain itu, setiap hari manusia selalu bertambah umur. Setiap detik yang sudah berlalu tidak akan dapat berulang kembali.

Dengan kata lain, umur yang dimiliki akan selalu berkurang. Hanya saja manusia yang sudah dewasa yang dapat memahami hal tersebut. Anda bisa mengajarkan dengan bahsa yang sesuai dengan anak-anak mengenai doa permohonan untuk diperpanjang umur. Doa tersebut diucapkan dalam bahsa Arab sebagai berikut.

Artinya:
“Ya Allah, Panjangkan umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kamu, tetapkan iman kmai, baikkan amalam kami, luaskan rejeki kami, dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau (allah) Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Ulang Tahun Memohon Kemuliaan Keluarga

Doa Ulang Tahun
Doa Ulang Tahun

Selain dari memanjatkan doa untuk memohon agar umur diperpanjang, Anda juga dapat menerapkan kepada diri Anda pada saat berulang tahun dengan membaca doa permohonan atas kemuliaan keluarga. Doa tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

Artinya:
“Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kmai sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Doa Ulang Tahun Memohon Keselamatan dan juga Kesejahteraan

Doa Ulang Tahun
Doa Ulang Tahun

Doa lainnya yang dapat dipanjatkan pada saat berulang tahun yaitu doa permohonan untuk keselamatan dunia dan akhirat serta memohon kesejahteraan. Keselamatan yang dimaksud adalah keselamatan dunia dan akhirat. Kemudian, kesejahteraan yang dimaksud dapat berupa kesehatan tubuh, tambahan rejeki, tambahan ilmu, dan juga diberikan kesempatan untuk bertaubat pada saat sebelum meninggal.

Dalam Islam, umat Islam selalu diharapakn untuk selalu melantunkan doa pada setiap kegiatan yang dilakukan, termasuk pada saat berulang tahun. Doa tersebut diucapkan dalam bahasa Arab dan dapat dilihat sebagai berikut beserta dengan artinya.

Artinya:
“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh dan tambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan setelah meninggal.”

Doa Ulang Tahun Agar Anak Menjadi Semakin Sholeh atau Sholehah

Doa Ulang Tahun
Doa Ulang Tahun

Bagi Anda yang baru membentuk keluarga baru dan tak lama kemudian berulang tahun, maka Anda sebagai calon orang tua dapat berdoa untuk diberikan anak yang sholeh maupun sholehah. Doa seperti ini sangat dianjurkan pada saat Anda berulang tahun. Selain itu, juga Anda bisa mengulangi doa yang sama setiap kali sesudah sholat.

Doa ini diucapkan dengan penuh kesungguhan, agar dapat terwujud kelak suatu hari nanti saat Anda sudah mulai melahirkan dan membesarkan anak. Doa tersebut diucapkan dalam bahasa Arab dan artinya dapat disimak sebagai berikut.

Artinya:
“Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (hambamu).”

Doa Ulang Tahun Ditambahkan Rejeki Halal

Doa Ulang Tahun
Doa Ulang Tahun

Setiap orang pasti akan mendapatkan rejeki bagiannya masing-masing. Hanya saja memang dalam prosesnya, setiap orang harus berusaha dengan keras dan bekerja dengan cerdas. Selain dari usaha, umat Islam juga sebaiknya terus berdo’a untuk bisa mendapatkan rejeki ini. Doa ini juga dapat dipanjatkan pada saat berulang tahun yang mana dapat dilihat sebagai berikut.

Artinya:
“Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan. Sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”

Bacaan Doa Ulang Tahun Pernikahan

Doa Ulang Tahun
Doa Ulang Tahun

Bagi Anda yang sudah menikah dan merayakan ulang tahun pernikahan, maka Anda dapat membaca doa ulang tahun untuk pernikahan Anda. Doa tersebut diajukan, agar pernikahan tetap dapat berlangsung dengan sakinah, mawadah, dan warahmah. Dengan memohon doa tersebut, maka diharapkan kedua pihak, baik istri maupun suami, dapat sama-sama meruntuhkan ego.

Doa yang dipanjatkan pada saat ulang tahun pernikahan yaitu dengan cara mengucapkan, “Baarakallahu Laka.” Doa tersebut memiliki arti,”Semoga Allah memberikan keberkahan.” Doa tersebut pernah diucapkan oleh Rasulullah SAW saat sahabat beliau melangsungkan pernikaha dan sahabat itu bernama Abdurrahman bin Auf.
Sedangkan firman Allah SWT tentang pernikahan terdapat di dalam Ar-Ruum ayat 21 yang berbunyi :

Artinya:
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kmau cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

Doa Ulang Tahun untuk Suami Maupun Istri

Doa Ulang Tahun
Doa Ulang Tahun

Ulang tahun adalah momen yang berbahagia dan paling ditunggu-tunggu. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, Anda juga dapat merayakan di dalam rumah momen kebahagiaan tersebut. Anda perlu untuk sesekali memberikan kejutan kepada suami maupun istri Anda sebagai bentuk perhatian dan juga kasih sayang.

Selain dari hadiah yang mengejutkan dan menggembirakan, maka Anda juga dapat berdoa dalam bahasa Indonesia. Doa tersebut biasanya meliputi semoga selalu merasa bahagia dalam berumah tangga dan juga diberikan banyak nikmat rizki yang halal. Beberaoa doa dalam bahasa Indonesia tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

“Ya Allah, hamba memohon untuk selalu diberikan kasih sayang dan senantiasa diliputi kebahagiaan dalam menjalani rumah tangga ini. Hamba juga berharap agar diberikan rejeki yang semakin berlimpah dan halal. Hamba juga berharap agar kami selalu berada dalam perlindungan-Mu Ya Allah dan juga hidayah-Mu.“

Selain dari doa tersebut, Anda juga bisa menambahkan harapan Anda atau pasangan Anda dengan memanjatkan doa lainnya. Doa tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

“Ya Allah, kami memahami bahwa pernikahan adalah hal yang dianjurkan sebagai penyempurna agama. Selain itu, pernikahan juga dilakukan dianjurkan untuk mendapatkan kteenangan hati. Semoga dengan bertambahnya usia pasangan hamba, Engkau senantiasa melimpahkan kesehatan dan juga keberkahan. Selain itu, Engkau juga selalu melimpahkan ridho kepada kami, sehingga selalu berada di jalan yang lurus.”

Doa Ulang Tahun untuk Sahabat

Doa Ulang Tahun
Doa Ulang Tahun

Sahabat adalah orang yang menjadi pendengar dan juga teman Anda yang paling dekat. Tak hanya itu, sahabat yang sudah sangat dekat juga memahami mengenai diri Anda yang sebenarnya. Saat sahabat tersebut berulang tahun, Anda perlu untuk memberikan perhatian kepadanya. Dengan memberikan ucapan dan juga doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT.

Ucapan tersebut dapat disampaikan dalam bahasa Indonesia. Beberapa doa juga bisa dipanjatkan kepada Allah SWT untuk sahabat Anda dapat disimak sebagai berikut.

“Selamat ulang tahun wahai sahabatku. Aku berharap agar umurmu dipanjangkan, dimudahkan dalam segala urusan, dan bisa menjadi semakin rajin dalam beribadah. Semoga engkau bisa menjadi sahabatku selamanya sampai kita bertemu di surga lagi.”

“Aku berharap agar kamu selalu diberikan kesehatan, rizki, dan juga hidayah oleh Allah SWT. Semoga kamu dapat menggapai seluruh cita-citamu dan menjadi sukses bersama. Aku berharap agar kamu bisa menjadi orang yang semakin gigih dalam mengejar cita-cita.”

“Aku memang bukanlah sahabat yang bisa memberikan benda-benda yang mewah dihari ulang tahunmu. Namun, aku selalu memberikan yang terbaik yang bisa aku berikan. Selain itu, aku juga berharap agar kamu selalu dikabulkan segala sesuatu yang dicita-citakan. Jadi aku pun akan selalu mendoakanmu menjadi orang yang semakin bertaqwa.”

“Hai sahabatku, aku sangat senang hari ini, karena hari ini adalah hari ulang tahunmu. Terima kasih sudah menemaniku selama ini. Aku juga berharap agar kamu selalu diberikan kesehatan dan juga bisa menjadi orang yang semakin dewasa, sehingga bisa mengemban tanggung jawab yang lebih besar lagi.”

Doa Ulang Tahun untuk Ibu

Doa Ulang Tahun
Doa Ulang Tahun

Ibu adalah orang yang sangat berjasa dalam hidup setiap insan di dunia. Ibu sudah berjuang untuk mengandung selama 9 bulan dan 9 hari. Kemudian, ibu juga berjuang untuk menahan kesakitan pada saat proses kelahiran. Pada saat membesarkan Anda, ibu juga terus berjuang baik untuk pendidikan pengetahuan maupun moral Anda.

Tak hanya itu, sudah banyak sekali materi dan waktu yang tidak dapat diukur untuk dapat membuat Anda menjadi Anda yang ada saat ini. Tentu saja, Anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk dapat memberikan perhatian kepada ibu. Anda juga dapat mendoakan beliau dengan beberapa doa dalam bahasa Indonesia yang dapat disimak sebagai berikut.

“Ya Allah, berkahilah ibu hamba dengan rahmat-Mu dan juga bimbinglah beliau untuk selalu berada di jalan-Mu yang lurus. Ya Allah, berikanlah kesempatan kepada ibu untuk dapat berbuat kebaikan lebih banyak lagi dengan jalan menyehatkan jasmaninya. Selain itu, terimalah segala taubat beliau.”

“Ya Allah, hamba menyadari bila hamba memiliki banyak sekali kekurangan dan kesalahan terhadap ibu hamba. Ampunilah hamba beserta dengan segala kesalahan dari ibu hamba, baik yang dilakukan dengan sengaja maupun yang tidak dilakukan dengan sengaja. Permudahkanlah kami untuk dapat selalu berjalan di jalan yang lurus yaitu jalan orang-orang yang Engkau ridhoi.”

“Ya Allah, ibu saya memang bukan manusia yang sempurna. Ada banyak khilaf dan juga kesalahan yang dilkakukan. Ampunilah dosa-dosa tersebut. Terimalah, amal perbuatannya yang baik dan berikanlah waktu yang lama untuk dapat berbuat lebih banyak lagi kebaikan.”

“Ya Allah berikanlah kesehatan jasmani dan rohani dari ibu selalu. Tabahkanlah selalu hatinya dalam menjalani lika-liku kehidupan ini. Permudahkanlah jalannya untuk dapat berbuat semakin banyak kebaikan. Terimalah segala amal perbuatan baiknya dan ampunilah segala dosanya.”

Doa Ulang Tahun untuk Ayah

Doa Ulang Tahun
Doa Ulang Tahun

Saat berulang tahun, sebaiknya seorang Muslim semakin memperbanyak doa. Bagi Anda yang masih memiliki seorang ayah, maka Anda juga dapat mendoakan ayah pada saar beliau berulang tahun. Doa tersebut tidak harus sellau dilantunkan dalam bahasa Arab, melainkan Anda juga dapat berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Doa yang diucapkan bisa berupa kesejahteraan hidup, perpanjangan umur, maupun pengampunan dosa. Berbagai contoh dari doa tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

“Ya Allah, ampunilah ayahku dan juga terimalah segala amal perbuatan baiknya. Berikanlah beliau kesehatan selalu dan juga rizki yang halal dan juga melimpah.”

“Ya Allah, hamba sebagai anak yang baik selalu berharap supaya ayah selalu bisa menjadi public figure yang baik bagi keluarga ini. Selain itu, hamba berharap agar ayah selalu diberikan ketabahan dan kemudahan dalam mendapatkan rizki.”

Doa Ulang Tahun untuk Anak

Doa Ulang Tahun
Doa Ulang Tahun

Anak harus diberikan contoh yang baik mengenai cara merayakan ulang tahun yang bersifat Islami. Tidak perlu untuk mengadakan pesta yang muluk-muluk, karena itu termasuk ke dalam tindakan pemborosan. Bahkan, Allah juga tidak menyukai tindakan yang bersifat memboroskan sesuatu termasuk uang.

Sebaliknya, Anda bisa memberinya hadiah yang sesuai dan juga gunakan untuk berdoa. Sebagai orang tua, Anda dapat membimbing anak untuk dapat berdoa mengenai segala hal yang berarah ke kebaikan. Contoh dari beberapa doa yang dapat diterapkan dalam ulang tahun anak.

Salah satu contoh dapat diucapkan dalam bahasa Arab.

“Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i”

Artinya:
“Ya Robbi, berilah hamba dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (hambamu).”

Selain dari menggunakan bahasa Arab, Anda juga dapat mengucapkan doa dalam bahasa Indonesia. Salah satu contoh doa dalam bahasa Indonesia yaitu.

“Ya Allah, Engkau adalah Maha Kuasa terhadap segala sesuatunya. Hamba berharap agar anak yang kami besarkan bisa selalu diberikan kebaikan baik di dunia maupun di akhirat. Hamba juga selalu berharap agar anak hamba dapat selalu mengingat Engkau ya Allah.”

Keutamaan Membaca Doa Ulang Tahun

Doa Ulang Tahun
Doa Ulang Tahun

Ada banyak keutamaan yang akan didapatkan dengan berdoa pada saat berulang tahun. Pada saat tersebut secara tidak langsung, orang yang sedang berulang tahun akan dapat semakin merenung dan berintrospeksi. Cara ini digunakan untuk mengindari perbuatan dosa yang dilakukan secara terus-menerus dan disebut dengan bersikap muhasabah.

Keutamaan lainnya dengan berdoa pada saat berulang tahun yaitu mengingat kematian bagi orang yang sudah dewasa. Anda pastinya menyadari bahwa setiap detik dan menit yang berlalu tidak akan dapat kembali lagi. Dengan kata lain, Anda akan semakin dekat dengan kematian. Maka dari itu, jangan sia-siakan waktu sedikit pun untuk berdoa, karena Anda tidak akan pernah tahu kapan ajal akan datang.

Tidak berbuat boros, meskipun sedang berulang tahun. Islam selalu mengajarkan untuk selalu rendah hati terhadap orang lain. Pengamalan terhadap sikap ini dapat berdampak tidak adanya orang yang merasa iri dengan kekayaan yang dimiliki. Jadi tidak ada kesenjangan sosial yang terjadi dengan selalu bersikap rendah hati.

Alangkah baiknya lagi bila Anda memberikan sedekah kepada orang yang tidak mampu daripada berfoya-foya. Jadi Anda bisa menjadikan ulang tahun Anda untuk dapat berbagi dengan orang yang kurang mampu dan ini lebih berguna daripada hanya menghamburkan uang untuk hal yang justru membuat orang malah tidak menyukai Anda, karena cemburu.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Doa Ulang Tahun

Leave a Comment