Bacaan Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Terlengkap !

Doa Akhir dan Doa Awal Tahun – Akhir tahun dan awal tahun merupakan sebuah momen, dimana suatu penanggalan diakhiri dan dimulai kembali dengan tahun yang bertambah atau disebut sebagai tahun baru. Bahkan beberapa orang secara khusus membuat resolusi untuk memulai tahun baru. Manusia memiliki banyak jenis penanggalan, seperti penanggalan masehi, penanggalan hijriyah, penanggalan jawa, dan penanggalan penanggalan lain yang didasari perhitungan tertentu.

Penanggalan saat ini yang paling populer adalah penanggalan masehi, penanggalan ini digunakan sebagai penanggalan internasional dan berpatokan pada revolusi bumi terhadap matahari. Penanggalan dimulai dari tanggal 1 Januari dan diakhiri dengan tanggal 31 Desember. Sedangkan dalam islam memiliki penanggalan yang didasarkan pada revolusi bulan.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar doa awal tahun dan doa akhir tahun. Mulai dari Bacaan doa akhir tahun arab, bacaan doa akhir tahun latin, arti doa akhir tahun, bacaan doa awal tahun bahasa arab, bacaan doa awal tahun latin, arti doa awal tahun, keutamaan membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun, tata cara membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun, dll.

Bacaan Doa Akhir Tahun Bahasa Arab

Bacaan Doa Akhir Tahun Bahasa Arab
Bacaan Doa Akhir Tahun Bahasa Arab

Penanggalan dalam islam ini merupakan patokan penanggalan bagi umat islam di seluruh dunia, selain itu penanggalan ini juga dijadikan patokan pelaksanaan momen momen penting dalam islam. Momen momen ini seperti hari raya Idul Fitri yang berlangsung pada tanggal 1 syawal, hari raya Idul Adha pada 10 dzulhujah dan sebagainya.

Semua metode penanggalan tersebut dilihat dari periode revolusi bulan, mulai dari bulan baru sampai bulan mati. Tak hanya hari raya, penanggalan ini juga berfungsi untuk menentukan akhir ataupun awal tahun. setiap akhir tahun, setiap umat muslim pasti memiliki harapan di tahun berikutnya agar menjadi lebih baik, salah satunya dengan memanjatkan doa akhir tahun dan awal tahun.

Walaupun doa akhir tahun dan awal tahun bukanlah merupakan sesuatu yang dianjurkan oleh Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun doa seperti ini bisa menunjukkan rasa syukur kita atas setiap pertambahan usia yang telah diberikan oleh Allah Subhanallahu wa ta’ala. Selain itu doa ini juga bisa sebagai perwujudan permohonan ampun atas segala dosa dosa kita.

Terdapat beberapa versi doa akhir tahun dan awal tahun yang tersebar di masyarakat. Beberapa doa diantaranya diamalkan oleh masyarakat dari pihak NU atau Nahdatul Ulama. Berikut merupakan doa Akhir tahun yang biasa dipanjatkan dan diambil dari kitab Maslak al Akhyar susunan Habib Usman bin Aqil bin Yahya:

اَلْحَمْدُ الِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ , وَصَاَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ دَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ , اَلَّلهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِي عَنْهُ فَمَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَاَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلَمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُو بَتِى اِلَي اتَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاَتِىْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَاءِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَىْهِ الثَّوَابَ فَاَسْئَلُكَ اَلَّلهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَاالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِىْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِىِّ الْاُمِّىِّ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Bacaan Doa Akhir Tahun Bahasa Latin

Bacaan Doa Akhir Tahun Bahasa Latin
Bacaan Doa Akhir Tahun Bahasa Latin

Nah berikut merupakan bacaan secara latin untuk doa akhir tahun secara bahasa arab adalah:

Alalhamdulillahirabbil ‘alaamiin wa shalallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa salam. Allahumma maa ‘amiltu fii haadzihis sanatilmimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu walam tardlahu walam tansahuu wahalimta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa ‘uquubatii wada’ antanii ilattaubati minhu ba’da juratii ‘alaa ma’shiyatika fainnii astaghfiruka faghfirli. Wamaa ‘amiltu fiihaa mimmaa tardlaa hu wawa’ adtanii ‘alaihits tsawaaba fa as alukallaahumma yaa kariimu yaa dzal jalaa li walikraami an tataqabbalaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam.

Arti Bacaan Doa Akhir Tahun

Arti Bacaan Doa Akhir Tahun
Arti Bacaan Doa Akhir Tahun

Seperti halnya doa doa yang sering dipanjatkan. Doa akhir tahun berisi tentang rasa syukur atas apa yang telah dicapainya selama ini dan menyebutkan harapan harapan yang akan dilakukan saat memulai penanggalan baru. Berikut merupakan arti dari doa akhir tahun yang telah disebutkan diatas :

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala Puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan Mu,

Sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan Mu.

Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenaan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada Mu, wahai Dzat Yang maha Pemurah.

Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Amiin ya rabbal ‘alamiin.

Bacaan Doa Awal Tahun Bahasa Arab

Bacaan Doa Awal Tahun Bahasa Arab
Bacaan Doa Awal Tahun Bahasa Arab

Jika ada doa akhir tahun untuk menyatakan rasa syukur dan permohonan maaf atas segala perbuatan yang telah dilakukan selama satu tahun terakhir, tentu ada pula doa awal tahun yang berisi tentang harapan harapan yang akan atau ingin dicapai selama satu tahun kedepannya maupun juga permohonan perlindungan dari Allah Subhanallahu wa ta’ala.

Sama halnya dengan bacaan doa akhir tahun, doa awal tahun juga memiliki banyak versi, namun dengan arti yang hampir sama satu sama lain. Berikut ini merupakan salah satu contoh doa awal tahun yang diambil dari kitab Maslak al Akhyar susunan Habib Usman bin Aqil bin Yahya.

الْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ , وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مَحَمَّدٍ اَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ . الَّلهُمَّ اَنْتَ الاَبَدِيَّ الْقَدِىْمُ الاوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وُجُودِكَ الْمُعَوَّلِ وَهذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ عَلَيْنَا نَسعَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيطَانِ وَاَوْلِيَا ئِهِ وَجُنُو دِهِ , وًالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنَا اِلَيْكَ زُلْفَى , يَاذَالجَلَالِ وَالاِكْرَامِ يَااَرْحَمَ الرَّ احِمِيْنَ . وصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمَ . وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ .

Bacaan Doa Awal Tahun Bahasa Latin

Bacaan Doa Awal Tahun Bahasa Latin
Bacaan Doa Awal Tahun Bahasa Latin

Bacaan secara latin dari bacaan arab diatas adalah sebagai berikut ini:

Alhamdulillahirabbil ‘alamiin. Wa shallallahu ‘alaa (sayyidinaa) Muhammadin asrofil mursaaliin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii ajmain. Allaahumma antal abadiyyul qadiimul awwalu, wa ‘alaa fadhlikal ‘azhimi wuzuudikal mu’awwali wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’aluka ‘ishmata fiihi minashy syaithaani wa auliyaa‘ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin nafsil ammaarati bis suu’i wal isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal jalaali wal ikram yaa arhamar raahimin, wa shallallahu ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahirabbil ‘alamiin.

Arti Bacaan Doa Awal Tahun

Arti Bacaan Doa Awal Tahun
Arti Bacaan Doa Awal Tahun

Arti dari doa awal tahun kebanyakan berupa harapan harapan yang ingin dicapai serta permohonan perlindungan agar segala apa yang ingin dicapai kedepannya dapat berlangsung dengan baik dan tidak ada halangan yang berarti. Berikut ini merupakan terjemahan dari doa awal tahun yang telah dituliskan di atas:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah Mu yang Agung dan Kedermawanan Mu tempat bergantung.

Dan ini tahun baru benar benar telah datang. Kami memohon kepada Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan.

Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarganya dan sahabatnya. Dan segala puji milik Allah, Tuhan seluruh alam. Amin yaa rabbal ‘alamin semoga Allah SWT mengijabah doa doa kita. Aamiin

Tata Cara Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Tata Cara Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun
Tata Cara Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Untuk pembacaan doa akhir tahun maupun doa awal tahun ternyata memiliki tata cara tersendiri untuk pelaksanaannya. Hal ini “katanya” diharapkan agar doa ini lebih mengena tepat di akhir tahun dan di awal tahun hijriyahnya. Berikut ini merupakan beberapa tata cara ataupun waktu yang tepat untuk membaca doa akhir tahun maupun doa awal tahun.

Menurut beberapa sumber, doa akhir tahun lebih disarankan untuk dibaca sebanyak tiga kali pada waktu antara yaitu waktu ashar dengan waktu maghrib di hari terakhir bulan Dzulhijjah atau sekitar tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah. Dengan doa ini kita memohon agar kita dapat mengakhiri akhir tahun tersebut dengan mendapatkan ampunan dari Allah Subhanallahu wa ta’ala.

Doa yang di panjatkan tak harus sama dengan doa di atas, yang terpenting adalah doa ini merupakan rasa permohonan ampun kita atas segala perbuatan kita yang melakukan apasaja yang sebenarnya dilarang oleh Nya. Dan memohon agar Allah meridhoi segala amal saleh yang kita perbuat selama satu tahun sebelumnya.

Selanjutnya doa awal tahun dibaca saat ataupun usai waktu maghrib dengan membaca doa awal tahun sebanyak 3x, yakni pada saat kita memasuki awal tahun hijriyah, yakni tanggal 1 Muharam. Intinya niatan membaca doa akhir tahun dan awal tahun ini merupakan ungkapan rasa syukur. Selain itu permohonan peningkatan amal kebajikan dan ketaqwaan.

Namun dalam hal ini perlu dicermati bahwa para ulama yang berpegang teguh pada qur’an dan hadist masih belum menemukan rujukan yang pas dalam nash Qur’an maupun hadist serta fatwah ulama tentang pembacaan maupun tata cara membaca doa akhir tahun dan awal tahun yang sebenarnya.

Hukum Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Hukum Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun
Hukum Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Tidak ada hadist Rasullullahu ‘alaihi wa sallam yang menyebutkan tentang doa akhir tahun maupun doa awal tahun. terutama suatu perayaan yang digunakan untuk merayakan akhir tahun ataupun menyambut datangnya awal tahun. Jadi berdasarkan hal tersebut, maka dapat dipastikan bahwa doa akhir tahun maupun doa awal tahun merupakan doa karangan seseorang.

Hal ini dikarenakan penetapan awal tahun atau penanggalan hijriyah dilakukan setelah sepeninggalan Rasullullahu ‘alaihi wa sallam. Sedangkan pada masa Rasullullah sampai masa pemerintahan Abu Bakr Ash Shiddq radiyallahu ‘anhu menetapkan momen momen penting mereka dengan menggunakan beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tahun tersebut.

Penetapan peristiwa penting yang terjadi pada satu tahun dengan tahun berikutnya secara berbeda menjadi patokan perbedaan tahun. peristiwa ini berdasarkan perayaan oleh manusia maupun peristiwa alam. Sedangkan tahun hijriyah baru muncul saat pemerintahan Umar bin Khattab radiyallahu ‘anhu.

Dr. Bakr Abu Zaid (w, 1429 H) menyatakan,

لا يثبت في الشرع شيء من دعاء او ذكر لاخر العام , وقداحدث الناس فيه من الد عاء , ورتبوا مالم ياذن به الشرع , فهو بدعة لا اصل لها .

Bahwa tidak terdapat dalil dalam syariat yang menyebutkan tentang adanya doa ataupun dzikir yang dikhususkan pada akhir tahun. Masyarakat membuat buat kegiatan doa, mereka susun kalimat kalimat doa, yang sama sekali tidak diizinkan dalam syariat. Doa semacam ini murni bukan ajaran nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tidak memiliki dasar. (Tashih Ad Dua :108)

Berdasarkan hal yang telah disebutkan diatas, dapat disimpulkan bahwa doa untuk akhir tahun maupun awal tahun tidak atau belum memiliki sumber yang jelas. Terutama hal ini bukan berdasarkan hadist atau perintah dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu bisa jadi doa akhir tahun dan awal tahun merupakan gubahan ataupun karangan seseorang.

Jadi sebagai muslim yang berpatokan pada Qur’an dan hadist, maka anda bisa mengabaikan doa akhir tahun maupun doa awal tahun. Namun bila anda ingin berdoa untuk akhir tahun maupun awal tahun anda tetap bisa berdoa dengan esensi dan arti yang baik seperti doa doa pada umumnya dan tidak perlu mengikuti bacaan doa di atas. Wallahu a’lam.

Kumpulan Doa Iftitah Terlengkap Mulai dari Arab, Latin, dan Artinya !

Keutamaan Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Keutamaan Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun
Keutamaan Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Bila mengikuti hukum membaca doa akhir tahun dan awal tahun diatas, maka doa ini sebenarnya tidak perlu dibaca. Namun apabila kita tidak memberikan arti yang istimewa pada doa doa ini, beberapa sumber tetap memperbolehkan saja, jadi doa akhir dan awal tahun dianggap seperti doa doa seperti biasanya.

Jadi bisa kita anggap bahwa doa akhir tahun merupakan doa rasa syukur kita atas segala rejeki yang kita peroleh dan amalan yang dapat kita lakukan sampai detik tersebut. sehingga hal ini dapat meningkatkan rasa syukur kita terhadap karunia Allah Subhanallahu wa ta’ala. Selain itu rasa bersalah ataupun permohonan maaf juga harus disampaikan.

Permohonan maaf dan perasaan bersalah ini disampaikan agar kita selalu tersadar pada segala dosa dosa dan kesalahan yang kita telah lakukan selama ini. Hal ini akan menambah rasa keimanan kita dan mendorong kita untuk senantiasa bertobat kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala.

Kumpulan Khutbah Jum’at Terlengkap yang Bisa Kamu Jadikan Referensi !

Selanjutnya untuk doa awal tahun bisa kita isi dengan permohonan berupa harapan harapan yang ingin kita capai di masa yang akan datang. Tak hanya untuk capaian dunia, namun juga untuk capaian di akhirat kelak. Memberikan kesadaran target beribadah yang cenderung mengingkat dan lebih khusyu’ dari pada biasanya.

Sedangkan selain harapan juga bisa berisi tentang permohonan perlindungan hanya kepada sang penguasa alam dan sang pemilik qadha’ maupun qodar. Hal ini mampu mengingatkan kita bahwa segala kuasa hanya milik Allah semata. Manusia hanya bisa berencana sedangkan Allah lah yang menentukan segala sesuatu tersebut akan terjadi ataupun tidak. Wallahu a’lam.

Bacaan doa akhir tahun arab, bacaan doa akhir tahun latin, arti doa akhir tahun, bacaan doa awal tahun bahasa arab, bacaan doa awal tahun latin, arti doa awal tahun, keutamaan membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun, tata cara membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun, dll.

Dahsyatnya Bacaan Ayat Kursi yang Harus Kamu Tahu !

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Doa Awal dan Doa Akhir Tahun

1 thought on “Bacaan Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Terlengkap !”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: