Ingin Rumah Impian? Ketahui Contoh Desain Rumah Bentuk L

Desain Rumah Bentuk L – Semua orang tentu memiliki harapan dan impian untuk memiliki rumah idaman dengan berbagai desain unik, mewah maupun menarik. Namun, bagaimana jika Anda memiliki lahan untuk pembangunan rumah yang cukup terbatas? Atau dengan lahan yang sangat luas?

Maka carilah berbagai ide untuk melihat aneka contoh desain rumah bentuk L yang bisa dibuat menarik. Jika lahan yang tersedia untuk dibangun rumah, maka Anda sangat berpeluang untuk menyusun bangunan yang megah dan mewah.
Kelebihan Desain Rumah Bentuk L

Jika Anda mengetahui banyaknya ragam bentuk tanah kavling di perumahan dengan desain rumah dengan model bangunan tertentu. Pasti Anda akan memiliki ide menarik jika suatu saat menginginkan beberapa variasi desain rumah, terutama jika lahan cukup terbatas.

Salah satu bentuk desain yang unik yakni rumah berbentuk L. Anda tentu sering melihatnya di berbagai tayangan, seperti iklan, film, dan sebagainya, yang menayangkan banyaknya contoh desain rumah bentuk L.

Namun, jika Anda memiliki lahan dengan bentuk tersebut tetapi tidak memiliki untuk mendesain rumah dengan unik agar menari. Maka carilah beragam ide cemerlang untuk mendesain rumah bentuk L secara artistik.

Apabila Anda mengalami kebingungan untuk mendesain rumah karena berbagai alasan, sebaiknya cobalah untuk memilih bentuk Letter L. Bentuk rumah yang mirip huruf L tersebut memiliki sudut siku-siku dengan sisi yang bisa sama panjang atau panjang sebelah.

Rumah dengan bentuk L memiliki banyak kelebihan karena bentuknya tersebut dianggap cukup unik. Anda bisa memiliki ruangan dengan bentuk yang berbeda-beda serta cenderung bervariasi, karena beberapa desainnya dibuat melengkung mengikuti sudut siku-siku. Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika mendesain rumah berbentuk L.

  • Anda bisa membuat setiap ujung rumah menghadap ke halaman yang luas dengan hiasan segar dan alami.
  • Pintu yang Anda pasang di beberapa ruangan atau kamar bisa dibuat berkelok-kelok, tidak lurus dan datar.
  • Halaman yang ada di rumah Anda juga akan tampak lebih luas, meskipun ukurannya berbeda dan sedikit timpang.
  • Anda akan memiliki banyak celah untuk membangun sebuah jendela yang langsung berhubungan dengan lingkungan luar atau cahaya matahari tanpa berdempet dengan bangunan.
  • Rumah berbentuk L tampak lebih unik, terutama jika Anda membangun loteng atau lantai bertingkat.
  • Bahkan Anda juga dapat mendesaik banyak ruangan dengan ukuran yang sama besar.
  • Pemasangan jendela di rumah yang berbentuk L bisa mencakup hampir seluruh bagian rumah dengan sinar yang datang langsung dari arah halaman luar yang cukup luas. Ini menghindari agar udara dalam ruangan terasa lembab.
  • Anda pun dapat membangun pintu dari berbagai arah, terutama jika memiliki lahan yang cukup luas. Desain akan sangat menarik jika Kamu memposisikan rumah tepat di tengah lahan yang lapang agar halaman rumah dapat terisi dengan ukuran sangat luas.

Setelah mengetahui berbagai kelebihan desain bentuk rumah L, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan ide. Karena dari bentuk tersebut, Anda pasti berkesempatan mendesain rumah dengan gaya unik, kreatif, bahkan mewah dan megah.

Jika Anda hendak membangun rumah letter L, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan jasa ahlinya, yang fokus menangani berbagai hal tentang bangunan. Salah satunya seperti seorang arsitek, karena rumah L milik Anda sangatlah berharga meski didesain sederhana.

Berikut beberapa contoh bangunan rumah bentuk L yang desainnya cukup rinci, detail, dan dapat dikatakan cukup menarik serta mewah.

1. Rumah L dengan Area Pintu di Sudut Saling Berhadapan

Rumah L dengan Area Pintu di Sudut Saling Berhadapan

Jika Anda pernah melihat berbagai desain rumah mewah di tayangan iklan televisi, tentu akan menemukan beberapa rumah berbentuk L. Umumnya rumah seperti ini dibangun di lahan yang sangat luas untuk memastikan agar bentuk dan desainnya sempurna.

Desain yang cukup unik dibuat dengan beberapa pintu yang saling berhadapan di satu sisi dengan sisi lainnya. Kemudian halaman rumah berukuran sangat luas dan bebas untuk dihias dengan beragam karya seni outdoor, serta jalan setapak yang unik.

2. Rumah L dengan Kolam Renang

Rumah L dengan Kolam Renang

Desain rumah L juga sangat cocok jika ditambahkan dengan sarana yang menarik seperti kolam renang di salah satu sisi rumah. Anda bisa membangun kolam renang yang cukup panjang mengikuti bentuk L dan menyisakan halaman yang masih longgar di depannya.

3. Pemandangan Laut Lepas di Depan Rumah

Contoh bangunan rumah berbentuk L yang sangat menarik yakni dapat dibuat untuk menghadap ke arah pemandangan alam bebas. Anda memasang jendela rumah atau membiarkan bagian depan rumah terbuka dan secara langsung menghadap laut lepas.

4. Rumah Elegan Menghadap Kolam dengan Bentuk L

Rumah Elegan Menghadap Kolam dengan Bentuk L

Contoh bangunan rumah berbentuk L sangat indah jika seluruh sisinya dihadapkan pada kolam sepanjang garis satu sisi utama. Anda juga bisa menempatkan jendela di seluruh area yang menghadap kolam.

5. Rumah Bentuk L Bertingkat dengan Kolam Renang di Satu Sisi

Rumah Bentuk L Bertingkat dengan Kolam Renang di Satu Sisi

Selain kolam renang dengan bentuk seperti persegi panjang, Anda juga dapat membangun kolam dengan bentuk persegi yang lebih kecil. Anda bisa membangunnya di halaman belakang rumah sementara halaman depan dibuat bersinggungan dengan bagian belakang.

6. Kolam Mengitari Huruf L Secara Penuh

Kolam Mengitari Huruf L Secara Penuh

Desain rumah mewah dengan bentuk L selanjutnya berupa tambahan kolam renang yang dibentuk memenuhi area bangunan tepat di sudut siku. Desain ini menjadi pemandangan sangat menarik jika rumah memiliki celah seperti jendela yang menghadap ke arah kolam.

7. Desain Interior Unik Rumah Bentuk L

Desain Interior Unik Rumah Bentuk L

Tidak hanya bagian luarnya, bagian dalam rumah berbentuk L juga bisa dibuat sangat menarik. Anda bisa mendesain beberapa ruangan memiliki ukuran yang cenderung sama, serta dengan banyak pintu di berbagai sudut persegi.

8. Rumah L dengan Dua Kamar Tidur

Rumah L dengan Dua Kamar Tidur

Jika Anda menginginkan rumah berbentuk L memiliki ukuran dalam yang sangat luas, maka bisa mendesainnya dengan hanya 2 ruang kamar saja. Selebihnya Anda bisa menambahkan dapur yan cukup luas, ruang makan, ruang tengah, dan ruang tamu luas.

9. Eksterior Rumah L Elegan dengan Ukuran Minimalis

Eksterior Rumah L Elegan dengan Ukuran Minimalis

Apabila lahan untuk membangun rumah yang Anda miliki cukup sempit dan terbatas, maka bisa membuat desain bangunan bertingkat. Namun, tetap dengan bentuk L yang tersususn secara rapi, dan Anda masih memiliki sedikit lahan untuk kolam renang dan halaman.

10. Desain Eksterior L Dikelilingi Pintu Kaca

Desain Eksterior L Dikelilingi Pintu Kaca

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya banyak rumah berbentuk L sangat baik untuk mendapatkan area dengan banyak cahaya. Kamu pun bisa membuat rumah nampak mewah dengan memasang pintu kaca di sepanjang bangunan sudut L bagian sisi dalam.

11. Rumah L Minimalis dengan Satu Kamar Tidur

Rumah L Minimalis dengan Satu Kamar Tidur

Jika Anda hendak membangun rumah mandiri di area kompleks perumahan yang lahannya terbatas. Maka buatlah agar kamar tidur pribadi Anda sangat luas dan nyaman, kemudian beberapa ruang lainnya juga bisa dibuat sangat luas.

12. Rumah Minimalis dengan 3 Kamar TIdur dan Teras

Rumah Minimalis dengan 3 Kamar TIdur dan Teras

Jika Anda pandai untuk menentukan desain ruangan, maka akan mendapatkan rumah bentuk L yang dilengkapi dengan beraam ruangan. Seperti 3 ruang kamar tidur, dua kamar mandi, satu dapur yang cukup luas, ruang makan dan ruang tamu mini, serta sedikit teras.

13. Rumah Bentuk L Minimalis 2 Kamar Tidur

Rumah Bentuk L Minimalis 2 Kamar Tidur

Desain cantik rumah berbentuk L juga bisa dibuat di area yang terbatas sehingga Anda bida mendesainnya sederhana dan unik. Anda cukup menambahkan dua kamar tidur, serta beberapa ruangan lain seperti dapur, toilet, dan ruang tamu yang minimalis.

14. Rumah Bentuk L Ukuran Normal 3 Kamar Tidur

Rumah Bentuk L Ukuran Normal 3 Kamar Tidur

Untuk membuat desain interior dengan 3 kamar tidur pada rumah berbentuk L bisa dicopba dengan mengatur semua ruangan dengan ukuran normal yang hampir sama. Hanya sedikit berbeda dengan ruang tamu yang lebih luas serta area kosong beberapa meter saja.

15. Rumah Mewah L dengan Kolam Renang Elegan

Rumah Mewah L dengan Kolam Renang Elegan

Jika Anda memiliki lahan yang sangat luas sebaiknya buatlah rumah berbentuk L dengan menambahkan kolam renang di halaman depan rumah, Anda pun bisa mendesain rumah bertingkat dengan pintu dan jendela yang menghadap ke area kolam secara terbuka.

16. Rumah Bentuk L Minimalis dengan Kolam Mini

Rumah Bentuk L Minimalis dengan Kolam Mini

Tidak hanya rumah mewah berukuran besar saja yang cocok untuk ditambahkan sarana seperti kolam renang. Anda juga bisa menambahkan kolam renang kecil di sudut siku pada rumah berbentuk L yang cukup minimalis.

17. Desain Bangunan L Selain Rumah

Desain Bangunan L Selain Rumah

Desain bentuk L sebenarnya sangat bagus jika diterapkan pada berbagai fungsi bangunan, seperti salah satunya perkantoran. Anda bisa membuat banyak ruangan dengan fungsi tertentu pada huruf L tersebut, misalnya area rapat, garasi, dan masih banyak lagi.

18. Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur dengan Ruang Tamu Besar

Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur dengan Ruang Tamu Besar

Jika Anda menginginkan ruang tamu yang cukup besar, maka jangan khawatir mendesain rumah berbentuk L. Sebaiknya bangunlah 2 kamar tidur dengan luas yang normal serta dapur yang bergabung dengan ruang makan, kemudian ruang tamu dengan ukuran luas.

19. Rumah Bentuk L 1 Kamar dengan Kolam Renang

Rumah Bentuk L 1 Kamar dengan Kolam Renang

Salah satu contoh desain rumah unik berbentuk L yang dilengkapi kolam renang juga bisa dibuat pada bangunan rumah yang minimalis dengan satu kamar tidur saja. Kolam renang bisa dibuat memanjang mengikuti sisi garis yang lain pada rumah.

20. Rumah L Bertingkat Penuh Memanjang

Rumah L Bertingkat Penuh Memanjang

Anda bisa memiliki banyak ruangan di rumah berbentuk huruf L jika membangunnya secara bertingkat memanjang. Rumah bertingkat ini dibangun secara penuh mengikuti bagian atas bawah yang bentuknya sama.

21. Rumah L dengan Tingkat di Satu Sisi

Rumah L dengan Tingkat di Satu Sisi

Desain bangunan rumah L yang sangat menarik bisa Anda lihat jika terdapat area bertingkat di salah satu sisi garis atasnya. Ini umum diterapkan pada perumahan mewah umunya dengan halaman depan maupun samping rumah yang luas.

22. Interior Minimalis Rumah L dengan 2 Kamar Tidur

Interior Minimalis Rumah L dengan 2 Kamar Tidur

Sebenarnya banyak sekali desain menarik yang cocok untuk diterapkan pada rumah minimalis yang berbentuk L. Kamu bisa membangur 2 kamar tidur dengan jarak yang dipisahkan antara ruang tamu, toilet dan dapur.

23. Rumah L Bertingkat Gaya Modern

Desain rumah L yang sangat unik bisa dilihar dari salah satu sisi garis yang justru dibuat bertingkat, namun lantai dasarnya hanya dari sisi garis yang lain. Sehingga akan tampak bangunan yang sedikit berselingan.

24. Rumah L Dipenuhi Dinding Kaca

Rumah L Dipenuhi Dinding Kaca

Jika Anda memiliki area lahan yang cocok untuk membangun rumah berbentuk L, maka buat rumah tersebut didominasi dengan dinding kaca. Karena Anda akan bisa memandang alam bebas di luar di sekiling rumah secara menyeluruh.

25. Rumah L dengan Teras di Sisi yang Tersisa

Rumah L dengan Teras di Sisi yang Tersisa

Contoh desain rumah bentuk L yang sederhana bisa dilengkapi dengan area teras yang menghubungkan antara sisi garis yang satu dengan lainnya. Kemudian di sekililing rumah akan sangat indah jika masih tersisa hamparan rumput yang sangat luas.

26. Rumah Bentuk L Dominasi Kaca

Rumah Bentuk L Dominasi Kaca

Mendapatkan banyak cahaya yang masuk ke dalam ruangan adalah hal yang sangat bagus bagi para penguni rumah. Desain rumah yang didominasi oleh dinding dan pintu kaca semakin memperbesar kelebihan untuk memperoleh cahaya dan pemandangan alam luar.

27. Rumah Kayu Minimalis Bentuk L

Rumah Kayu Minimalis Bentuk L

Gaya unik namun cukup sederhana pada rumah bentuk L juga bisa Anda buat dengan bahan dasar dominan kayu. Contoh desain rumah bambu ini menyisakan sedikit halaman dengan rumah, dan bangunan ini sangat cocok diterapkan di permukiman yang padat.

28. Bentuk Rumah L dengan Garasi di Ujung Sisinya

Bentuk Rumah L dengan Garasi di Ujung Sisinya

Anda bisa membangun rumah yang mewah namun sederhana pada contoh desain rumah bentuk L, dengan memposisikan garasi di sisi garis lain. Sementara bangunan rumah yang lengkan untuk ditinggali di satu sisi garis lainnya.

29. Rumah Modern Bertingkat Huruf L

Rumah Modern Bertingkat Huruf L

Selanjutnya Anda juga bisa membangun rumah berbentuk L dengan gaya yang cukup unik. Sebagian sisi dari sudut L menghadap ke arah halaman luar, dan sebagian besar rumah dipenuhi dengan jendela yang menghadap langsung ke pemandangan dan udara bebas.

30. Rumah L dengan Halaman Berpetak

Rumah L dengan Halaman Berpetak

Jika Anda menyukai rumah dengan halaman luas, maka buatlah contoh desain rumah bentuk L. Anda bahkan bisa membuat halaman berada mengelilingi sudut yang berbentuk L tepat di sisi bagian dalam garis bangunan rumah.

31. Desain Kamar Berjejer Pada Rumah L

Desain Kamar Berjejer Pada Rumah L

Desain rumah minimalis yang praktis bisa dibuat dengan menempatkan kamar tidur secara berjejer berturut-turut seperti contoh desain rumah bentuk L. Kemudian dilengkapi beberapa ruang yang lain dengan ukuran luas yang cenderung sama satu sama lainnya.

32. Rumah Mewah dengan Bentuk Unik Huruf L

Rumah Mewah dengan Bentuk Unik Huruf L

Bangunan rumah bentuk L yang mengagumkan juga bisa dilihat pada contoh di atas. Di sisi garis yang lain bisa Anda jadikan sebagai teras yang menghadap ke alam lepas dengan lubang di dindingnya. Serta ruangan dengan gaya unik di sisi garis lainnya untuk ditinggali.

33. Denah Rumah Bentuk L Minimalis

Denah Rumah Bentuk L Minimalis

Denah rumah berbentuk L juga bisa dibuat menjadi rancangan bangunan minimalis dan sederhana. Anda bisa memperoleh 2 kamar tidur dengan ukuran sangat luas serta beberapa ruang lain yang berukuran normal di rumah bentuk L minimalis.

34. Denah Rumah L dengan Ruang Penting

Denah Rumah L dengan Ruang Penting

Rumah bentuk L sangatlah bagus sebagai tempat untuk menambahkan beberapa ruang penting seperti perpustakaan, kantor, dan sebagainya. Kamu bisa membangunnya ketika area untuk rumah berbentuk L cukup luas.

35. Rumah L dengan Halaman Luas

Rumah L dengan Halaman Luas

Desain rumah berbentuk L akan tampak sangat elegan jika didominasi oleh bagian pintu yang terbuat dari kaca hampir menyeluruh. Serta disekelilingnya sangat indah jika menghadap area halaman rumput hijau yang luas.
Ada beberapa contoh rumah unik lainnya yang bisa dibangun dengan bentuk L, seperti contoh desain rumah dari stik. Artinya rumah tersebut didominasi oleh hiasan stik di bagian tertentu sehingga membuat rumah bentuk L tampak lebih indah dan elegan.

 

Contoh Desain Rumah Bentuk L

Add Comment