45 Contoh Desain Rumah Bali Terbaru (Tradisional)

Desain Rumah Bali Terbaru (Tradisional) – Konsep rumah tradisional bisa menjadi salah satu inspirasi Anda dalam membuat hunian yang modern namun tetap terlihat tradisional. Beberapa contoh desain rumah Bali terbaru berikut bisa Anda coba untuk menerapkannya pada hunian yang tak hanya antik namun juga modern.

Rata-rata rumah Bali yang ada sekarang ini telah disesuaikan dengan konsep rumah modern. Rumah Anda akan terlihat unik dengan perpaduan keduanya.

1. Rumah Bali Transparan

Rumah Bali Transparan

Meskipun pada dasarnya rumah Bali terlihat eksotis dengan kayu-kayu yang melapisinya, namun tak ada salahnya jika memasukkan unsur transparan dengan menambahkan kaca untuk rumah tersebut. Meskipun transparan namun tetap terlihat khas dengan atap khas rumah Bali.

2. Rumah Bali dengan Patung

Rumah Bali dengan Patung

Ciri khas Bali adalah identik dengan patung-patung dewi yang ada dalam kepercayaan mereka. Jika Anda menginginkan rumah Bali yang kental dengan nuansa Hindu, Anda bisa menambahkan unsur patung tersebut ke dalam desain rumah seperti contoh desain rumah Bali di atas.

3. Rumah Bali dengan Gapura

Rumah Bali dengan Gapura

Selain patung, umat Hindu Bali juga identik dengan gapura atau angkul-angkul. Untuk itu unsur gapura juga bisa menjadi salah satu bagian yang ada di dalam desain rumah Bali yang Anda inginkan. Bagian gapura menjadi tanda masuk untuk menuju rumah Anda.

4. Rumah Bali Jembatan Gapura

Rumah Bali Jembatan Gapura

Penggunaan jembatan yang hanya digunakan untuk menghubungkan jalan menuju ke rumah Anda yang mungkin di situ terdapat selokan bisa Anda hias dengan gapura Bali yang khas. Rumah Anda akan terlihat unik dan menarik dengan adanya penambahan gapura tersebut.

5. Gapura Batu Rumah Bali (Angkul-Angkul)

Gapura Batu Rumah Bali (Angkul-Angkul)

Selain gapura yang dibangun dengan bahan semen, Anda juga bisa menggunakan gapura batu atau angkul-angkul untuk desain rumah Bali yang akan Anda bangun. Angkul-angkul merupakan bagian yang menandakan pintu masuk rumah Bali.
Gapura atau angkul-angkul tersebut bisa disatukan dengan pintu gerbang besi yang memperlihatkan perpaduan konsep modern, tradisional, serta lintas budaya yang sangat menawan.

6. Pintu Masuk seperti Candi

Pintu Masuk seperti Candi

Candi memang salah satu budaya Buddha dan Hindu yang menarik dan juga unik. Konsep tersebut bisa menjadi inspirasi Anda saat akan membangun rumah. Adanya pintu gerbang yang menyerupai bagian pintu masuk candi adalah salah satu unsur yang bisa Anda masukkan.

7. Bagian Relief dalam Rumah

Bagian Relief dalam Rumah

Belum lepas dari unsur candi, relief yang merupakan bagian gambar yang timbul dari suatu dinding juga bisa menjadi unsur yang Anda tambahkan untuk mendapatkan kesan rumah Bali yang khas. Bagian relief tersebut bisa berbentuk manusia ataupun hanya sekedar ukiran tumbuhan seperti biasa.

8. Rumah Bali dengan Atap Berlapis

Rumah Bali dengan Atap Berlapis

Jika Anda memperhatikan bangunan masjid atau kuil-kuil di Tiongkok maupun Jepang, ada satu ciri khas yang terdapat pada bangunan tersebut, yakni bentuk atapnya. Bentuk atap tersebut bisa Anda kombinasikan dengan desain rumah Bali Anda.

9. Atap Melengkung pada Jineng atau Klumpu

Atap Melengkung pada Jineng atau Klumpu

Keunikan rumah Bali bisa Anda dapatkan salah satunya dengan membuat atap rumah berbentuk melengkung seperti atap pada desain di atas. Bagian rumah Bali tersebut dinamakan Jineng atau Klumpu yang merupakan tempat penyimpanan padi atau bahan pokok.

10. Bagian Paweregen pada Rumah Bali

Bagian Paweregen pada Rumah Bali

Pawaregen atau disebut juga dengan Paon adalah bagian rumah adat Bali yang digunakan untuk memasak atau seperti bagian dapur pada rumah biasanya. Terdapat dua bagian pada rumah ini yakni bagian untuk memasak dan bagian untuk menaruh alat-alat masak.

11. Rumah Bali Oranye

Rumah Bali Oranye

Warna oranye pada rumah Bali akan meningkatkan unsur khas pada rumah tersebut. Tentunya warna oranye yang digunakan adalah oranye tua. Warna tersebut akan berpadu dengan warna atap coklat dan juga lantai berwarna putih.

12. Ciri Khas Tiang Rumah Bali

Ciri Khas Tiang Rumah Bali

Ciri khas tiang pada rumah Bali bisa Anda bawa ke dalam rancangan desain rumah. Salah satunya seperti desain pada gambar di atas yang menonjolkan penggunaan tiang pada rumah Bali seperti umumnya yang sering kita lihat.

13. Bale Tiang Sanga Rumah Bali

Bale Tiang Sanga Rumah Bali

Seperti namanya, bagian ini memiliki jumlah tiang yakni 9 tiang yang menyangga bangunan. Bagian ini digunakan sebagai ruangan untuk menerima tamu atau kamar untuk anak remaja yang juga disebut dengan Bale Dauh atau Bale Loji.

14. Terdapat Kelambu pada Variasi Bale Dauh

Terdapat Kelambu pada Variasi Bale Dauh

Selain lantai rumah yang lebih tinggi dari halaman rumah, rumah di Bali juga memiliki ciri khas lain yang terkadang terlihat di rumah-rumah masyarakat Bali yang masih tradisional, yakni adanya kelambu putih yang dipasang di tengah ruangan.

Bagian ruangan yang terdapat kelambu putih itulah yang dinamakan Bale Dauh, yakni sebuah kamar tidur untuk anak remaja atau bisa juga dijadikan ruangan untuk menerima tamu. Jumlah tiang penyangga pada Bale Dauh berbeda satu dengan yang lainnya.

15. Menggunakan Atap Jerami

Menggunakan Atap Jerami

Desain rumah Bali lainnya yang masih tradisional terletak pada atapnya yang masih menggunakan jerami. Contoh desain rumah desa di Bali tersebut tampak adanya angkul-angkul yang menandakan gerbang masuk menuju rumah oranye di atas.

16. Bale Gede Rumah Bali

Bale Gede Rumah Bali

Bagian pada rumah Bali selanjutnya adalah Bale Gede yang merupakan tempat untuk melaksanakan upacara adat. Tempat ini memiliki tiang sejumlah 12 tiang dan juga memiliki lantai yang lebih tinggi dibandingkan dengan Bale Manten.

17. Unsur Rumah Adat Bale Manten

Unsur Rumah Adat Bale Manten

Bagian penting di rumah adat Bali adalah Bale Manten yang merupakan sebuah kamar yang digunakan oleh kepala keluarga atau anak gadis dalam keluarga. Anak gadis merupakan salah satu anggota keluarga yang paling diperhatikan dalam tradisi Bali.

Bale Manten sendiri merupakan bangunan yang berbentuk persegi panjang yang di samping kanan dan samping kirinya terdapat bale-bale untuk kamar.

18. Bale Sekapat di Rumah Tradisional Bali

Bale Sekapat di Rumah Tradisional Bali

Bale Sekapat dalam rumah tradisional Bali merupakan bagian rumah yang digunakan untuk berkumpul dengan keluarga. Dalam rumah modern sama fungsinya dengan ruang keluarga.

19. Variasi Bale Sekapat

Variasi Bale Sekapat

Bale Sekapat juga bisa mengalami variasi seperti pada gambar di atas. Ciri khas dari Bale Sekapat yakni terdapat empat tiang pada ruangan tersebut. Ruangan ini menggambarkan keharmonisan dan kehangatan dalam keluarga.

20. Variasi Rumah Bali

Variasi Rumah Bali

Rumah Bali di atas sudah mengalami sedikit variasi yang disesuaikan dengan perkembangan zaman namun tidak meninggalkan unsur tradisional dari rumah Bali itu sendiri.

21. Pura untuk Keluarga

Pura untuk Keluarga

Masyarakat Bali yang mayoritas beragama Hindu biasa beribadah di pura, termasuk pura untuk keluarga yang terdapat di rumah adat mereka. Pada bagian pura ini biasanya terdapat sesajen yang digunakan saat ibadah.

22. Aling-Aling Rumah Adat Bali

Aling-Aling Rumah Adat Bali

Jika Anda menemukan bagian rumah adat Bali yang berbentuk seperti tembok penghalang, berarti Anda sudah masuk ke bagian aling-aling. Aling-aling merupakan bagian rumah Bali yang berfungsi sebagai pembatas antara angkul-angkul dengan ruangan utama.

23. Rumah Bali Kuno

Rumah Bali Kuno

Contoh desain rumah di kampung Bali tradisional mungkin berbentuk demikian. Dengan atap rumah yang masih terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan juga penggunaan kayu sebagai bahan utama pembuatan rumah. Mungkin rumah seperti ini sudah jarang ditemui.

24. Variasi Aling-Aling

Variasi Aling-Aling

Aling-aling rumah adat Bali yang satu ini masih tradisional dan kuno karena belum menggunakan keramik pada lantainya dan juga masih menggunakan atap jerami.

25. Rumah Bali yang Luas

Rumah Bali yang Luas

Gambar di atas merupakan contoh rumah Bali yang luas dengan beberapa ruangan tradisional yang telah dijelaskan di atas. Ruang-ruang tersebut memiliki fungsinya masing-masing dan berbeda satu dengan yang lainnya.

26. Ketinggian Lantai yang Berbeda-Beda

Ketinggian Lantai yang Berbeda-Beda

Antara ruangan atau bale satu dengan yang lainnya memiliki ketinggian lantai yang berbeda. Selain itu yang dapat kita lihat dengan jelas juga perbedaan jumlah tiang pada masing-masing ruangan.

27. Rumah Bali Semi Modern

Rumah Bali Semi Modern

Rumah Bali pun turut mengalami perkembangan dalam hal desainnya. Salah satu desain yang ada sekarang ini adalah desain semi modern yang memperlihatkan unsur tradisional dengan gabungan sedikit unsur modern.

28. Halaman Masuk Rumah Bali

Halaman Masuk Rumah Bali

Halaman masuk pada rumah adat Bali memiliki penampilan yang khas. Adanya patung-patung Hindu yang terbuat dari batu akan menyambut setiap tamu yang datang. Selain itu biasanya pada rumah adat Bali akan terdapat tanaman kamboja yang identik dengan masyarakat Bali.

29. Ruangan Adat Bali yang Kental

Ruangan Adat Bali yang Kental

Rumah-rumah adat orang Bali memang tidak bisa sama dengan rumah adat daerah lain. Ruangan-ruangan yang ada di setiap arah rumah Bali menggambarkan kentalnya adat dan juga unsur agama atau kepercayaan yang mendarah daging di Bali.

30. Rumah Bali Modern dengan Kaca

Rumah Bali Modern dengan Kaca

Majunya teknologi dalam bidang arsitektur dan bangunan membuat rumah adat Bali juga mengalami pembelokan bentuk. Salah satunya adalah contoh desain rumah Bali modern di atas yang sudah menggunakan kaca dalam pembangunannya.

31. Contoh Desain Rumah Bali Modern Dua Lantai

Contoh Desain Rumah Bali Modern Dua Lantai

Ciri khas Bali masih ditampilkan oleh desain rumah Bali yang ada pada gambar di atas. Bisa kita lihat bagian dinding yang berlubang-lubang dan adanya tanaman kamboja di depan rumah menandakan ciri khas Bali pada rumah tersebut.

32. Rumah Bali Modern Mewah

Rumah Bali Modern Mewah

Mungkin gaya ini sudah banyak dibuat oleh masyarakat di Bali, terutama untuk mereka yang ingin membangun rumah bergaya modern atau juga karena rumah tradisional Bali memiliki tanah yang luas, sehingga dengan tanah yang sempit untuk membangun rumah tradisional sangat sulit.

33. Contoh Rumah Bali Modern Batu Alam

Contoh Rumah Bali Modern Batu Alam

Kekhasan Bali dengan batu-batu yang digunakan sebagai bahan patung dan juga gapura bisa Anda letakkan pada rumah modern Anda. Dengan begitu, ciri khas rumah Bali masih ada pada hunian modern yang Anda bangun.

34. Rumah Modern Bali dengan Pembatas

Rumah Modern Bali dengan Pembatas

Pembatas yang ada di dalam desain rumah ini seperti memisahkan dua rumah namun sebenarnya tetap menyatukan dua ruangan. Batu bata yang dipakai dalam desain rumah ini masih mempertahankan bentuk aslinya dengan tanpa diberi acian.

35. Rumah Modern Bali Mewah

Rumah Modern Bali Mewah

Kemewahan desain rumah ini ada pada desain bangunan yang besar dan megah. Meskipun desainnya sudah sangat modern dengan kemewahan yang bisa dilihat dengan banyaknya lantai pada rumah tersebut, masih ada unsur khas Bali yang ada yakni gazebo atau bale yang ada pada rumah Bali.

36. Rumah Bali Klasik

Rumah Bali Klasik

Keindahan pantai yang dimiliki Bali akan terasa atmosfernya di rumah jika Anda menerapkan contoh desain rumah klasik khas Bali di atas. Sebagian besar komponen dalam rumah tersebut menggunakan kayu dan adanya jalan setapak yang menggunakan batu.

37. Rumah Bali Hotel

Rumah Bali Hotel

Selain desain tradisional yang masih dipertahankan masyarakat Bali pada rumah-rumah mereka, sudah banyak juga desain modern berkelas pada rumah di Bali. Salah satunya desain rumah yang menyerupai hotel di Bali ini sangat terasa nuansa Bali dalam balutan modern.

38. Rumah Modern Bali Sederhana

Rumah Modern Bali Sederhana

Kesederhanaan desain rumah yang cantik ini akan mengingatkan Anda tentang indahnya pantai di Bali. Terutama karena adanya nuansa udara sejuk Bali yang ditampilkan dari rumah yang Anda lihat di atas. Rumah Bali dengan ciri khas tiangnya masih bisa terlihat dalam desain yang satu ini.

39. Desain Rumah Semi Tradisional Bali Besar

Desain Rumah Semi Tradisional Bali Besar

Siapa sangka saat melihat rumah Bali yang satu ini terlihat mewah dari luar dan ukurannya yang besar, ternyata di dalamnya menyimpan bangunan rumah dengan nuansa tradisional. Bedanya, rumah Bali kali ini ukurannya lebih besar dari biasanya.

40. Nuansa Bali dalam Rumah Dua Lantai

Nuansa Bali dalam Rumah Dua Lantai

Menikmati waktu santai di rumah memang sangat menyenangkan jika rumah yang ditinggali memiliki suasana yang asri dan juga nyaman. Bali yang terkenal dengan nyiur kelapa pantai yang sejuk akan terasa dalam desain rumah Bali modern yang satu ini.

Ditambah adanya pohon kelapa di halaman pintu masuk yang akan menyambut Anda ketika pulang ke rumah. Selain itu desain rumah ini menampilkan keindahannya saat di malam hari dengan perpaduan apik cahaya lampu dan lubang kotak-kotak.

41. Desain Rumah Modern Unsur Bali

Desain Rumah Modern Unsur Bali

Desain rumah Bali yang satu ini juga bisa Anda coba. Perpaduan antara rumah modern yang diberi ornamen khas Bali seperti patung, candi kecil, dan juga bagian lantai yang mempunyai simbol-simbol Hindu.

42. Bale Sekapat Modern

Bale Sekapat Modern

Kesan modern tidak hanya bisa ditampilkan pada rumah utama, namun bisa juga diletakkan pada Bale Sekapat yang digunakan untuk area menyambut tamu. Tidak lagi menggunakan ukiran atau relief kayu, namun sudah memakai semen, hanya bentuknya yang menyerupai bale.

43. Rumah Bali Semi Modern dengan Kolam

Rumah Bali Semi Modern dengan Kolam

Rumah tradisional Bali dalam desain ini masih nampak dengan adanya angkul-angkul sebagai pintu gerbang masuk menuju rumah dan juga kolam yang terdapat di belakang angkul-angkul. Namun desain arsitektur dari rumah ini sudah mengalami perkembangan menjadi bentuk yang lebih modern.

44. Rumah Bali Modern Mini

Rumah Bali Modern Mini

 

Rumah mini ini terinspirasi dari bale yang ada di rumah Bali tradisional. Selain itu, atap rumah ini juga terinspirasi dari atap rumah Bali pada bagian lumbung penyimpan bahan makanan yang memiliki bentuk atap melengkung.

45. Rumah Bali dengan Batu Alam dan Kolam Renang

Rumah Bali dengan Batu Alam dan Kolam Renang

Perkembangan desain arsitektur membawa desain baru bermunculan termasuk contoh desain rumah Bali. Rumah Bali modern yang satu ini memiliki desain yang unik dengan menggabungkan kesederhanaan rumah yang menggunakan kayu dengan adanya kolam renang kecil dan area santai.

Bisa terlihat betapa nyamannya rumah jika dilihat dari luar. Sederhana, namun membawa nuansa santai dan relaksasi.
Beberapa contoh desain rumah Bali di atas bisa menjadi gambaran untuk Anda yang ingin membangun rumah dengan inspirasi rumah tradisional Bali yang sangat khas.

Contoh Desain Rumah Bali Terbaru (Tradisional)

Leave a Reply