Mengenal Teknologi Cloud Hosting : Pengertian, Manfaat, Dan Kelebihannya

Cloud Hosting – Apakah Anda mengelola sebuah website dan ingin website tersebut memiliki performa yang tinggi serta mudah di-manage? Jika iya, maka Anda harus mulai mengenal teknologi Cloud Hosting. Cloud Hosting adalah salah satu jenis layanan hosting selain Shared Hosting dan VPS Hosting.

Di awal-awal pengelolaan website, tentu menggunakan Shared Hosting saja cukup. Namun jika website sudah mulai berkembang dan berhasil mendapatkan traffic yang tinggi, maka perlu mulai menggunakan Cloud Hosting untuk performa dan pengelolaan yang lebih baik.

Mengenal Teknologi Cloud Hosting, VPS Hosting dan Shared Hosting

Mengenal Teknologi Cloud Hosting, VPS Hosting dan Shared Hosting

Meneruskan intro di atas, Cloud Hosting dinilai sebagai opsi yang terbaik dan sangat ideal jika Anda ingin hosting yang mudah dikelola seperti Shared Hosting plus memiliki resource dedicated seperti VPS Hosting.

Walaupun memiliki banyak keuntungan, namun menggunakan Shared Hosting saja tidak cukup karena juga memiliki batas penggunaan. Kapasitas yang sangat terbatas tersebut juga masih harus dibagi dengan pengguna lain, jadi bisa Anda bayangkan sendiri performa website, pasti kurang maksimal.

Intinya, jika website masih skala menengah ke bawah, Shared Hosting masih dirasa pas, karena bisa menjadi server website yang diandalkan. Hal ini disebabkan intensitas traffic yang masih sedikit dan belum optimal. Jadi ketika website sudah berkembang menjadi lebih besar, bisa mulai beralih ke Cloud Hosting.

Terus bagaimana soal VPS Hosting? Nah, saat website mulai berkembang ke arah yang positif, pasti layanan hosting yang Anda gunakan akan menawarkan VPS. Namun begitu jangan diterima terlebih dahulu jika Anda tidak benar-benar ahli mengelolanya karena memang butuh skill khusus.

Jadi daripada menggunakan Shared Hosting yang rendah performa dan VPS Hosting yang penggunaannya ribet, maka lebih baik menggunakan website. Dijamin, dengan jenis hosting ini, performa website akan semakin optimal meski dikunjungi banyak traffic setiap detiknya.

Apa itu Cloud Hosting?

Apa itu Cloud Hosting?

Jadi apa sebenarnya Cloud Hosting itu? Mengapa Anda harus mengenal teknologi Cloud Hosting? Cloud Hosting bisa diartikan sebagai jenis atau tipe web hosting yang menggunakan banyak server untuk menyeimbangkan load dan jam kerja server.

Cloud Hosting juga bisa dimaknai sebagai teknologi hosting yang menggabungkan beberapa server sekaligus dan membuatnya seperti server dengan satu kesatuan. Semua ini hanya memiliki satu tujuan, yaitu untuk meningkatkan dan memaksimalkan performa website agar tidak gampang down.

Alih-alih menggunakan single server, Cloud Hosting ini menggunakan dan menggabungkan beberapa server sekaligus, yang mana juga biasa disebut dengan teknologi cluster. Semakin banyak resource server yang terpusat, maka semakin besar pula resource yang tersedia.

Jadi, dengan resource server yang lebih dari satu, website dijamin tetap berjalan dengan baik meski ada satu server yang error atau down. Mudahnya, antara satu server dengan server lainnya saling membantu dan melakukan backup, untuk membuat uptime website stabil di angka tertinggi.

Lebih Cloud Hosting tidak seperti Shared Hosting biasa, karena resource di hosting tetap statis dan tidak berpengaruh atau bahkan dibagi dengan user lainnya. Jadi tidak peduli sebanyak apa traffic yang menginvasi sebuah website, server yang bersangkutan akan tetap stabil dan optimal.

Sekarang sudah bisa Anda simpulkan sendiri, Cloud Hosting ini sedikit banyak sama seperti Shared Hosting namun kualitas menyamai VPS Hosting. Pastinya, Anda akan dimudahkan karena pengelolaannya yang mudah dengan kualitas resource yang luar biasa optimal.

Apa Manfaatnya?

1. Website Akan Memiliki Performa Super Cepat

Website Akan Memiliki Performa Super Cepat

Manfaat mengenal teknologi Cloud Hosting dan menggunakannya di website selanjutnya adalah website akan memiliki kecepatan yang maksimal. Jika Anda pernah mengakses website populer, maka akan memiliki pandangan seberapa cepat teknologi Cloud Hosting ini.

Seperti yang Anda tahu, website cepat diakses dan bebas lemot merupakan aset yang penting. Cepat tidaknya sebuah website akan mempengaruhi peringkat website tersebut di mesin pencarian. Jadi pastikan untuk menggunakan Cloud Hosting untuk hasil SEO yang optimal.

2. Security Terjamin

Security Terjamin

Berbeda dengan Shared Hosting yang servernya bisa digunakan oleh lebih dari satu pengguna, Cloud Hosting memiliki server yang privat. Antar satu pengguna dengan pengguna lainnya menggunakan server yang berbeda-beda, selain lebih aman performa website juga terjaga.

Intinya, menggunakan Cloud Hosting ini bisa meminimalisir dengan sangat serangan hacker, virus maupun malware. Jika Anda berpengalaman mengelola website, tentu Anda sudah paham betapa menjengkelkannya jika website diserang oleh hacker dan malware.

Malware bisa membuat website bermasalah, misalnya saja backlink nyasar yang mengarah ke situs yang tidak disukai oleh Google, konten website yang muncul sendiri di Index Google dan masih banyak lagi.

Website yang diserang oleh hacker juga lebih buruk, bahkan mereka bisa mengambil alih kendali website dari Anda. Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena semua risiko ini bisa dihindari dengan menggunakan Cloud Hosting.

3. Sumber Daya Besar

Sumber Daya Besar

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan beralih ke Cloud Hosting berikutnya adalah Anda bisa mendapatkan sumber daya yang besar untuk menjamin performa website yang handal. Ya, dengan resource yang masif dan dedicated, tidak akan pernah ada masalah yang berarti pada website, meksi dikunjungi oleh banyak traffic sekalipun.

4. Biaya Lebih Efisien

Biaya Lebih Efisien

Jika dibandingkan dengan Shared Hosting dan VPS Hosting, harga berlangganan Cloud Hosting memang sedikit lebih mahal. Namun jika kualitasnya memang sudah terbukti, kenapa harus khawatir, lebih-lebih Anda memang sangat membutuhkannya.

Kenapa kok harganya disebut efisien? Ya, karena dengan biaya tersebut, Anda sudah mendapatkan performa website yang stabil, cepat, handal, tidak gampang down plus bisa dikelola dengan sangat mudah. Kesimpulannya, harga Cloud Hosting sedikit lebih mahal namun sangat efisien.

5. Sudah Dilengkapi dengan Installer

Sudah Dilengkapi dengan Installer

Dengan berlangganan Cloud Hosting, Anda juga akan menerima installer, yang kompatibel untuk berbagai platform website. Jadi selain bisa digunakan di WordPress, hosting ini juga sudah support platform website lain semial Joomla, Magento, Laravel dan lain sebagainya.

Apa Kelebihannya Dibandingkan dengan Hosting Biasa?

1. Mampu Menampung Pengunjung Website yang Masif

Mampu Menampung Pengunjung Website yang Masif

Banyak pengelola website yang mendambakan traffic melimpah namun tidak tergerak untuk memfasilitasinya. Dengan layanan hosting yang biasa-biasa saja, Anda tidak bisa mengharapkan website dikunjungi banyak orang.

Jika pun ada, website akan langsung down begitu diserbu oleh traffic yang masif. Karena itu, Anda butuh yang namanya Cloud Hosting, yang memungkinkan website bisa menampung banyak traffic. Dengan teknologi hosting ini, website tidak akan pernah down dan kehilangan traffic.

Jika Anda belum tahu, website yang sering down akan ditinggalkan oleh traffic, tidak peduli sebagus apa konten yang ditawarkan di dalamnya. Nah, dengan teknologi cluster ini, server website bisa diakses oleh ribuan traffic tanpa ada masalah.

Jika website yang Anda kelola sudah berperforma optimal, cepat diakses dan mampu menampung traffic yang masif, maka Anda bisa fokus memperbaiki aspek lain. Misalnya saja meningkatkan kualitas konten, SEO on Page, SEO off Page dan seterusnya demi jumlah traffic dan keuntungan yang meningkat pesat.

2. Gampang Di-manage

Gampang Di-manage

Tidak seperti VPS Hosting yang harus menggunakan konsol khusus, Cloud Hosting bisa Anda kelola dan manage dengan mudah, Anda tidak perlu memiliki latar belakang programming yang handal untuk bisa mengelola Cloud Hosting.

Pengelolaanya yang mudah sedikit banyak sama dengan Shared Hosting, dimana ada panel yang mudah dipahami dan dimodifikasi sendiri. Jadi Anda tinggal mengatur sana-sini dengan cepat dan Cloud Hosting langsung akan terasa efeknya.

Layanan Fully Managed yang ditawarkan di Cloud Hosting ini memang sangat menguntungkan dan memudahkan. Semua kemudahan ini bisa Anda nikmati langsung dari dashboard website, mulai dari Auto Installer, LiteSpeed Web Server, WP Accelerator, WordPress Staging dan seterusnya.

3. Dukungan Teknis 24 Jam

Dukungan Teknis 24 Jam

Anda tidak perlu khawatir jika ada masalah dengan Cloud Hosting atau Anda memiliki beberapa pertanyaan tertentu. Layanan Cloud Hosting biasanya memiliki layanan teknis yang akan merespon keluhan Anda 24/7, jadi bisa dipastikan semua masalah dan pertanyaan Anda akan terjawab.

Bagaimana Support Keamanan, Kecepatan dan Kemudahan Penggunaan

Bagaimana Support Keamanan, Kecepatan dan Kemudahan Penggunaan

Cloud Hosting menawarkan dukungan keamanan yang luar biasa baik, yang akan menjauhkan website dari segala ancaman hacker, malware dan DSoS. Dengan keamanan yang sudah terjamin, Anda bisa fokus mengembangkan website ke arah yang lebih baik, utamanya dari segi SEO dan layanan.

Soal kecepatan juga sudah tidak perlu diragukan lagi, karena web hosting satu ini menggunakan koneksi internet dengan kecepatan mencapai 10Gig/s. Website akan tetap terjaga kecepatannya jika ada satu koneksi yang bermasalah, jadi akan tetap online dan bisa diakses oleh pengunjung.

Anda juga tidak perlu khawatir akan bingun atau merasa kesulitan, karena penggunaan Cloud Hosting ini sama mudahnya dengan Shared Hosting. Banyak fitur di dalamnya yang bisa Anda manfaatkan secara instan, semisal WP Accelerator, WordPress Staging, Lightspeed Web Server dan seterusnya.

Website yang Cocok Menggunakan Cloud Hosting

Website yang Cocok Menggunakan Cloud Hosting

Mungkin sekarang Anda jadi bertanya-tanya, kira-kira website apa saja yang cocok menggunakan Cloud Hosting ini? Sebenarnya tidak aturan yang paten tentang website jenis ini harus menggunakan web hosting jenis ini, karena semua website bisa menggunakan semua layanan hosting, termasuk Cloud Hosting.

Namun begitu, ada beberapa website tertentu yang harus menggunakan Cloud Hosting ini demi performa website yang optimal, yaitu :

  • Online shop
  • Website proyek
  • Website perusahaan
  • Blog dengan traffic yang tinggi
  • Website portal berita

Kapan Harus Menggunakan Cloud Hosting?

Kapan Harus Menggunakan Cloud Hosting?

Jika Anda baru mulai mengelola sebuah website, langsung menggunakan Cloud Hosting justru lebih bagus, lebih-lebih jika Anda memiliki sumber dana yang banyak. Namun jika tidak, maka lebih baik menggunakan web hosting yang terjangkau saja.

Namun begitu, ada beberapa kondisi dimana Anda harus segera beralih menggunakan Cloud Hosting, yaitu sebagai berikut :

  • Website mulai berkembang dibuktikan dengan kunjungan traffic yang meningkat.
  • Anda ingin website memiliki peringkat yang tinggi dan konsisten di mesin pencarian.
  • Anda ingin website lebih aman dari risiko serangan malware, hacker dan gangguan-gangguan internet lainnya.

Kesimpulan dan Pentingnya Memilih Cloud Hosting Terpercaya

Kesimpulan dan Pentingnya Memilih Cloud Hosting Terpercaya

Jika Anda merasa website mulai berkembang dan banyak mendapatkan traffic, maka mau tidak mau harus beralih menggunakan Cloud Hosting berkualitas. Cloud Hosting adalah fasilitas terbaik jika Anda ingin website cepat, online 24/7, mudah dikelola dan tidak pernah down.

Selain itu pastikan juga Anda bekerja sama dengan penyedia layanan hosting yang terpercaya. Pastikan juga mereka mudah dihubungi dan memiliki CS yang support keluhan 24 jam nonstop, jaga-jaga jika Anda memiliki masalah dan keluhan tertentu.

Mengenal Teknologi Cloud Hosting : Pengertian, Manfaat, Dan Kelebihannya

Add Comment