Apa Itu VPN ? Ini Pengertian dan Penjelasannya Paling Lengkap

Apa Itu VPN – Di dunia yang serba internet seperti saat ini, ada banyak sekali teknologi yang juga ikut berkembang. Salah satu teknologi itu adalah mengatasi pembatasan akses oleh pihak yang berwenang yaitu dengan memanfaatkan VPN. Mungkin Anda belum paham denhan baik apa itu VPN.

Oleh karena itu penting sekali meahami fungsi VPN ini. Karena teknologi ini akan membantu Anda mengatasi pembatasan akses internet oleh pihak yang berwenang.

Pengertian Apa Itu VPN

Pengertian Apa Itu VPN

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. Ini adalah sebuah jaringan yang akan membantu Anda menjelajahi dunia internet menjadi lebih aman dan juga terjamin. Karena data Anda akan sangat rentan terekspos secara mudah ketika berselancar di dalam internet.

jaringan virtual ini terkenal karena mampu membuat sebuah koneksi yang bersifat pribadi atau private dan bukan koneksi publik. Jadi jumlah orang yang berada dalam satu jaringan itu sangat terbatas hanya pada orang yang diizinkan dair pemilik jaringan.

Orang lain yang tidak memiliki izin seperti para peretas tidak akan bisa masuk ke dalam jaringan private tersebut. Sehingga jaringan virtual ini akan melindungi data-data Anda dari peretasan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Setelah Anda paham apa itu VPN tentunya sudah mengerti bahwa aplikasi ini memiliki fungsi yang sangat vital di dalam internet. Sekarang banyak sekali penyedia jaringan virtual ini yang bisa Anda gunakan pada perangkat smartphone dan juga PC.

Bahkan pada beberapa smartphone sudah menyediakan VPN bawaan pada perangkat yang mereka keluarkan.

Cara Kerja VPN

Cara Kerja VPN

Ketika sudah tahu apa itu VPN, maka Anda juga harus tahu bagaimana sebenarnya cara kerja teknologi VPN ini. Sebenarnya VPN memiliki cara kerja yang sama dengan firewall yang sering Anda temukan pada PC. Itu akan melindungi data Anda ketika mulai tersambung ke internet.

Secaa teknis, VPN sendiri adalah WAN atau Jaringan Area Luas dengan sisi depan yang memberikan keamanan, penampilan dan beberapa fungsi utama. Ketika Anda mulai menjelajah dunia internet tanpa menggunakan VPN, maka pada saat itu juga sedang terhubung pada ISP.

Kemudian dari ISP atau Internet Service Provider, Anda akan dihubungkan menuju ke alamat website yang diinignkan. Sehingga dari proses tahapan ini, maka akan sangat tampak jelas bahwa aktivitas data internet yang Anda lakukan melewati server dan bisa dibaca oleh mereka.

Tapi ketika Anda masuk ke dalam dunia internet dengan mengaktifkan VPN, maka aktivitas data yang terjadi akan lewat terlebih dahulu ke server VPN. Data tidak akan bisa diakses oleh siapa saja jika sudah berada pada server VPN.

Namun perlu Anda ketahui dan selalu ingat bahwa menggunakan VPN tidak akan membuat Anda menjadi anonim atau tidak dikenal. Anda harus bisa memahami apa itu prvasi dan juga anonimitas. Pihak penyedia VPN akan tetap tahu siapa Anda dan dari mana asalnya.

Mereka hanya akan merahasiakan data yang diterima oleh ISP atau lainnya. Jadi akan melindungi privasi Anda ketika berada pada server publik. Biasanya ada penyedia VPN yang mencatatkan data aktivitas yang dilakukan para penggunanya. Ada juga yang tidak mencatatkan sama sekali.

Untuk masalah ini sebenarnya bisa diabaikan. Syaratnya Anda tidak menjadi buronan para penegak hukum dari salah satu negara. Karena setiap negara biasanya memberi peluang kepada para penegak hukum untuk memaksa penyedia VPN membuka data aktivitas para penggunanya.

Fungsi VPN

Secara umum VPN memiliki fungsi melindungi data Anda dari aksi-aksi peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun pada kehidupan sehari-hari, Anda akan menemukan banyak sekali fungsi dari VPN ini. Berikut beberapa fungsinya:

1. Mengakses Situs yang Diblokir

Mengakses Situs yang Diblokir

Setelah memahami apa itu VPN, sekarang Anda harus tahu fungsinya. Pertama fungsi VPN yang paling umum digunakan banyak orang adalah untuk bisa mengakses situs-situs yang diblokir oleh pemerintah atau pihak yang berwenang.

Tidak jarang pemerintah biasanya memberlakukan aturan larangan pada beberapa situs karena alasan tertentu. Biasanya pelarangan itu terkait dengan konten di dalam situs yang tidak mendapatkan izin dari otoritas negara.

Salah satu kasus pembatasan yang sempat ramai adalah website Netflix. Situs itu dianggap tidak mematuhi aturan dari pemerintah Indonesia. Pada akhirnya situs tersebut diblokir dan tidak bisa diakses oleh banyak orang. Hanya bisa menggunakan layanan VPN saja.

Sistem kerja dari VPN ini adalah alamat IP yang Anda gunakan akan disamarkan menjadi dari negara lain yang tidak melarang situs tersebut. Sehingga data akses yang Anda lakukan terdeteksi dari luar negeri dan bisa masuk ke dalam situs Netflix.

2. Meningkatkan Jaringan Menjadi Lebih Aman

Meningkatkan Jaringan Menjadi Lebih Aman

Fungsi lain dari VPN adalah dimanfaatkan untuk bisa membuat jaringan menjadi jauh lebih aman. Biasanya fungsi ini sering diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan besar. Karena ketika berbicara masalah internet, maka VPN menjadi hal yang penting.

Sesuai dengan penjelasan apa itu VPN, kemampuan memberikan jaringan yang pribadi atau private akan mampu meningkatkan keamanan pada jaringan.

Sebab jaringan yang bersifat pribadi akan membatasi dengan ketat pihak lain yang akan masuk ke dalam jaringan tersebut. Apalagi setiap perusahaan tentunya memiliki data-data yang sangat penting sekali.

Agar bisa membatasi hubungan dengan pihak lain, maka solusinya adalah dengan menggunakan VPN.

3. Meningkatkan Kecepatan Proses Download

Meningkatkan Kecepatan Proses Download

Bagi beberapa orang, VPN sangat sering dimanfaatkan untuk bisa meningkatkan proses download file menjadi lebih cepat. Terutama ketika sedang membutuhkan file yang memiliki ukuran sangat besar sekali.

Salah satu jalan keluarnya adalah dengan menggunakan VPN ini. Anda pasti penasaran mengapa VPN ini mampu meningkatkan kecepatan proses download.

Padahal jika di logika mengenai apa itu VPN maka tidak mungkin bisa membantu meningkatkan proses download jadi jauh lebih cepat. Pada kebanyakan kasus ketika Anda menggunakan VPN dengan IP luar negeri, maka menyebabkan jaringan menjadi lambat.

Tapi jika Anda menggunakan jaringan virtual ini sebagai sebuah jaringan yang bersifat pribadi, maka akan membuatnya bebas dari segala hambatan. Jadi proses download lebih cepat.

Penjelasan sederhananya, jalanan akan jauh lebih cepat dilewati jika Anda menggunakannya sendiri tanpa ada orang lain. Berbeda ketika jalanan itu sedang ramai banyak orang. Justru akan membuat perjalanan menjadi terhambat.

Seperti itulah fungsi VPN untuk jaringan pribadi.

4. Mengurangi Gangguan Pada Koneksi

Mengurangi Gangguan Pada Koneksi

Selain bisa meningkatkan kecepatan download, jaringan virtual ini juga memiliki fungsi untuk mengurangi risiko gangguan pada koneksi internet. Gambaran cara kerja fungsi ini sama persis dengan cara kerja ketika jaringan virtual inimeningkatkan kecepatan proses download.

Sifat VPN yang merupakan jaringan pribadi, membuat aktivitas pada jaringan menjadi lebih leluasa dan tanpa ada pihak lain yang ikut.

Hal inilah yang membuat risiko-risiko gangguan selama menggunakan internet bisa dikurangi seperti gagal download, kesulitan upload dan lain-lain.

Mengetahui apa itu VPN, cara kerja dan beberapa fungsinya di kehidupan sehari-hari sangat penting sekali. Mengingat setelah membaca penjelasan di atas, ternyata jaringan virtual ini memiliki kegunaan yang sangat vital untuk mendukung aktivitas berjelajah di dunia internet.

Apa Itu VPN ? Ini Pengertian dan Penjelasannya Paling Lengkap

Add Comment