Perbedaan VPS dan Cloud Beserta Kekurangan dan Kelebihannya (Terupdet)

Perbedaan VPS dan Cloud – Pemilihan layanan hosting sebenarnya gampang-gampang susah. Mungkin Anda akan merasa kebingungan jika sedang memilih layanan tersebut. Contohnya adalah seperti VPS dan Cloud. Anda akan sulit mencari perbedaan VPS dan Cloud jika tidak memahami satu per satu.

Keduanya sebenarnya memiliki kesamaan jika melihatnya secara umum. Tapi jika tidak memahami dan mencari fungsinya satu per satu maka baru akan terlihat sebenarnya apa saja perbedaan antara dua layanan ini.

Pengertian VPS atau Virtual Private Server

Pengertian VPS atau Virtual Private Server

Disaat Anda dalam tahapan mencari sebuah layanan hosting yang cocok, maka akan ada banyak sekali layanan hosting yang asalnya dari para provider. Sebenarnya Anda bisa saja memilihnya dengan berdasarkan tingkat harga, fungsi dan lain-lain.

Salah satu pilihan yang menarik dan bisa Anda jadikan rekomendasi adalah Virtual Private Server atau VPS. Bagi yang belum paham apa itu VPS, ini merupakan sebuah layanan server yang memanfaatkan teknologi visualisasi.

Sehingga pada sebuah server dalam bentuk fisik, bisa untuk dibagi menjadi beberapa server dalam bentuk virtual. Server yang virtual ini akan dikhususkan bagi pengguna satu saja. Sehingga sebuah akun VPS tidak akan bisa digabungkan dengan beberapa akun lain pada layanan hosting.

Ketika Anda memutuskan untuk memilih VPS, maka ada banyak sekali pilihan yang tersedia. Semua pilihan VPS itu dibedakan berdasarkan dengan ukurannya atau space yang tersedia. Kemudian ada berbagai jenis sistem operasi yang digunakan, aplikasi yang terpasang dan juga panel hosting,

Banyak yang mengatakan bahwa jika ingin sebuah hasil jauh lebih maksimal, maka direkomendasikan menggunakan VPS. Salah satu alasannya adalah karena tidak ada batasan pada masalah kustomisasi server dari pihak penyedia layanan.

Tapi jika Anda memutuskan untuk menggunakan VPS, paling tidak menguasai beberapa keahlian masalah server. Agar hasil penggunaan VPS bisa lebih maksimal lagi.

Pengertian Cloud

Pengertian Cloud

Cloud dalam layanan hosting disebut juga dengan nama Cloud Hosting. Ini merupakan sebuah layanan komputasi awan dimana akan melakukan aktivitas pada beberapa server virtual diwaktu yang bersamaan.

Ketika Anda memahami cara kerja Cloud ini maka akan mulai terlihat perbedaan VPS dan Cloud. Perbedaan yang paling jelas adalah Cloud mampu mengoperasikan banyak server dalam satu waktu. Namun pada satu server bisa digunakan oleh beberapa pengguna.

Jika Anda masih belum ada gambaran mengenai apa itu Cloud, bayangkan saja Cloud itu adalah sebuah hunian dimana sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Sehingga jika Anda memilih hunian itu cukup langsung menempati saja.

Tidak perlu melakukan beberapa penyesuaian dasar ketika mulai menggunakannya. Jadi Cloud akan memberikan lebih banyak kemudahan. Terutama jika Anda tidak menguasai beberapa keahlian dasar pada masalah hosting ini.

Beberapa Perbedaan Antara VPS dan Cloud

Secara umum kedua layanan ini yaitu VPS dan Cloud sama-sama memiliki kesamaan yaitu menjalankan sebuah server. Namun bagi Anda yang bingung sebenarnya apa saja perbedaan VPS dan Cloud, berikut ini penjelasannya:

1. Segi Harga

Segi-Harga

Untuk masalah harga, banyak yang mengklaim bahwa layanan Cloud memiliki penawaran yang lebih terjangkau. Bahkan untuk paket Cloud yang paling mahal, sudah bisa untuk menyewa layanan VPS.

Tentunya ada beberapa alasan yang mendasari perbedaan masalah harga ini. Kemungkinan penyebabnya adalah karena layanan VPS terkesan lebih private. Karena hanya ada satu pengguna untuk satu server.

Berbeda dengan Cloud yang bisa digunakan beberapa pengguna pada waktu yang sama. Kemudian kustomisasi yang lebih luas pada VPS membuatnya memiliki harga yang lebih mahal. Karena bisa menyesuaikan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan ketika hosting.

2. Masalah Performa

Masalah Performa

Kemudian pembahasan masalah perbedaan VPS dan Cloud selanjutnya adalah pada masalah performa. Dengan harga yang jauh lebih mahal pada VPS jika dibandingkan dengan Cloud, ternyata mampu memberikan performa yang jauh lebih baik.

VPS memiliki performa yang sangat baik karena Anda tentunya bisa melakukan perubahan di dalam server tersebut sesuai yang diinginkan. Ini akan membuat hosting menjadi lebih maksimal dan tidak memiliki batasan sama sekali.

Namun untuk bisa menggunakan VPS dengan baik dan memanfaatkan performanya, Anda harus paham mengenai konfigurasi VPS. Karena jika tidak paham masalah ini, Anda akan kesulitan untuk melakukan kustomisasi.

Dampaknya dengan harga yang mahal, Anda tidak akan bisa memaksimalkan apa yang ada di dalam VPS. Lebih baik jika memiliki keahlian yang minim maka pilih saja Cloud. Meski performanya di bawah VPS.

3. Kapasitas dan Teknologi Dibaliknya

Kapasitas dan Teknologi Dibaliknya

Perbedaan VPS dan Cloud yang lain ada pada masalah kapasitas. Secara umum tidak ada perbedaan yang sangat signifikan. Keduanya memiliki kapasitas yang hampir mirip. Namun yang membedakannya adalah teknologi yang ada di balik kapasitas tersebut.

Pada beberapa penyedia layanan VPS, menyediakan server virtual dengan kapasitas yang menggunakan teknologi SSD. Teknologi itu diklaim memiliki performa yang sangat jauh lebih cepat dibandingkan teknologi biasa. Bahkan ada juga yang sudah menggunakan RAID SSD.

Teknologi kapasitas RAID SSD berada di atas SSD biasa dan memiliki performa sampai empat kali lipatnya. Sehingga walaupun secara umum kapasitasnya memiliki banyak kesamaan, tapi perhatikan juga teknologi yang ada di baliknya.

Ini akan sangat mempengaruhi kecepatan ketika mengakses web.

4. Keamanan

Keamanan

Setelah itu pada masalah keamanan, perbedaan antara VPS dan Cloud terlihat cukup jelas sekali. Sesuai dengan cara kerjanya, pada VPS setiap server hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja. Tentunya ini akan membuat tingkat keamanan menjadi lebih terjamin.

Sementara pada Cloud setiap servernya bisa digunakan oleh beberapa pengguna dan membuat keamanan menjadi lebih rentan. Walaupun sebenarnya pada Cloud sebenarnya pihak provider sudah melakukan pengaturan untuk masalah keamanan.

Tapi bagaimanapun tingkat privasi sangat rendah karena satu server bisa terhubung dengan beberapa pengguna lainnya.

Kesimpulan Perbandingan

Kesimpulan Perbandingan

Nah setelah Anda memahami pengertian sekaligus perbedaan VPS dan Cloud, sekarang tinggal mengambil kesimpulan antara dua layanan ini. Mungkin bagi orang yang sudah berpengalaman akan cukup mudah mengambil kesimpulan.

Tapi bagi Anda yang bingung, sebaiknya menyesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika Anda memiliki website yang cukup besar dengan trafik tinggi dan paham dengan seluk beluknya, maka disarankan menggunakan VPS saja. Karena dari performa juga sangat jauh lebih tinggi dibandingkan Cloud.

Jika Anda baru membangun sebuah website, maka direkomendasikan menggunakan Cloud Hosting. Karena harga jauh lebih terjangkau, tidak perlu kustomisasi yang rumit dan tinggal pakai saja. Sangat cocok bagi Anda yang belum paham seluk beluk server.

Lalu jika sekiranya sudah mengalami perkembangan, Anda bisa melangkah dengan berpindah menggunakan VPS. Karena memiliki lebih banyak keunggulan dan cocok bagi para pengguna yang sudah memiliki pengalaman di dunia hosting.

Ternyata ada banyak sekali perbedaan VPS dan Cloud yang cukup mendasar. Berbeda sekali ketika baru memahaminya secara umum karena memiliki banyak kesamaan. Dengan memahami beberapa perbedaan ini, Anda bisa menentukan mana layanan hosting yang akan dipilih.

Perbedaan VPS dan Cloud Beserta Kekurangan dan Kelebihannya (Terupdet)

Add Comment