Site icon Sumber Informasi

11 Cara Mengetahui Handphone Disadap (Hati-hati)

Cara Mengetahui Handphone Disadap

Cara Mengetahui Handphone Disadap – Kemajuan teknologi memang tidak bisa dipungkiri membawa banyak efek positif. Namun, tidak menutup kemungkinan juga kemajuan ini membawa dampak negative bagi kehidupan privasi. Salah satu contohnya adalah kasus penyadapan. Bagiamana cara mengetahui handphone disadap?

Pertanyaan tersebut mungkin seringkali muncul di pikiran Anda. Pasalnya sudah banyak kasus merugikan yang disebabkan oleh penyadapan handphone. Sebagai pengguna aktif hp, tentu Anda harus selalu waspada akan hal ini, dengan cara memahami tanda penyadapan.

Beberapa Cara Memahami Penyadapan Hp

Cara mengetahui handphone disadap sama halnya dengan mengetahui apa ciri-ciri dari penyadapan itu sendiri. Seringkali orang akan merasa aneh ketikan mengoperasikan handphonennya akibat kasus penyadapan ini.

Untuk Anda yang ingin waspada dengan kasus penyadapan, pahami beberapa ciri-ciri dan cara mengetahui handphone disadap berikut ini. Hal ini dilakukan agar Anda bisa segera melakukan tindakan lanjut. Diantaranya adalah :

1. Lakukan Tes Login Aplikasi

Salah satu ciri hp disadap adalah susahnya akses login aplikasi, seperti WA. Ciri yang pertama ini cukup mudah dikenali. Biasanya tidak hanya sekali Anda susah melakukan login.

Ketika keluar dari aplikasi WA dan ingin masuk kembali, lantas aplikasi menutup dengan sendirinya. Momen ini bisa jadi menandakan bahwa hp Anda disadap.

Kejadian ini bisa saja terjadi karena orang yang menyadap hp telah menggunakan nomor Anda untuk login WA. Apalagi, nomor WA berpotensi untuk digandakan. Sehingga semakin mudahlah jalan orang yang ingin menyadap hp Anda.

2. Kenali Pesan Terbaca Sendirinya

Masih dengan contoh kasus yang sama, yakni menggunakan aplikasi WA. Handphone yang tersadap biasanya dapat beroperasi dengan sendirinya, termasuk untuk membaca pesan yang belum Anda buka.

Jika Anda merasa mendapatkan pesan lantas notifnya tiba-tiba menghilang, maka kemungkinan WA atau hp anda telah tersadap. Kejadian ini bisa saja terjadi pada aplikasi lain seperti pesan sms, DM IG, dan lain-lain.

3. Cek Berkala Pengiriman Pesan Tanpa Disadari

Beberapa kasus penyadapan hp mungkin mudah ditebak karena ciri khas yang satu ini. Ciri khasnya tak lain adalah munculnya pesan yang terkirim pada salah satu kontak Anda.

Padahal sebelumnya Anda tidak merasa mengirimkan pesan pada kontak tersebut. Saat Anda mendapati kasus seperti ini, pastikan Anda melakukan tindakan cepat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Pantau Pemborosan Baterai

Kasus borosnya baterai mungkin dianggap sebagai kerusakan sistem baterai dari hp itu sendiri. Lantas bagaimana jika kasus ini terjadi pada hp yang baru saja dibeli? Potensi kerusakan baterai mungkin kecil. Yang ada, Anda harus waspada bahwa hal tersebut karena ada penyadap.

Kasus ini bisa Anda buktikan dengan melakukan beberapa hal berikut :

a. Biarkan ponsel seharian tanpa menggunakannya

Saat Anda sudah melakukan pasif activity pada handphone, maka Anda bisa tahu apakah baterai terpakai secara boros atau tidak. Jika baterai terpakai secara boros meskipun seharian pasif, maka bisa dibilang hp Anda sedang disadap.

Sebaliknya, jika saat dipasifkan baterai hanya berkurang sedikit, maka ada kerusakan pada baterai handphone Anda.

b. Lakukan Pembenahan Baterai

Service baterai atau mengganti baterai baru pada ponsel, adalah hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Apabila setelah dilakukan perbaikan masih saja boros daya, maka dapat dipastikan penyebab borosnya baterai adalah karena aktivitas penyadap.

Penyadap akan secara tidak langsung mengoperasikan beberapa aplikasi dalam ponsel Anda. Tidak heran jika hp Anda akan aktif dalam waktu yang lama, diluar penggunaan normal Anda.

5. Cek Pesan Tidak Normal

Mungkin Anda atau teman Anda pernah mengalami kasus ini. Kasus yang mana hp menerima pesan sms dengan isi simbol dan angka tidak jelas. Jangan langsung mengabaikannya. Hal ini bisa jadi adalah salah satu ciri hp disadap.

Pesan berisikan simbol dan angka ini, kemungkinan adalah tanda pesan remote control yang secara diam-diam dipasang pada perangkat Anda. Anda mungkin tidak merasa menginstal file remote control tersebut.

Karenanya agar tidak menjadi kasus penyadapan yang lebih bahaya, sebaiknya lakukan reset pabrik pada hp Anda. Reset pabrik akan menghapus semua file terunduh atau terinstall yang ada di hp Anda.

Namun pastikan sebelum melakukan reset pabrik ini, Anda harus melakukan back up file penting yang ada di hp Anda.

6. Kenali Kendala Proses Restart

Kegiatan restart hp memang terkadang sangat perlu dilakukan. Hal ini karena hp membutuhkan jeda untuk istirahat sejenak setelah digunakan beroperasi dalam waktu yang lama. Namun pernahkan Anda mengalami kendala restart?

Saat restart terproses dalam waktu yang lama, maka Anda perlu waspada. Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena ada pihak ketiga dari sistem yang sedang mengolah informasi di hp Anda oleh penyadap.

7. Gunakan WhatsApp Web

Kembali menggunakan media WA, cara mengetahui handphone disadap adalah dengan melakukan cek pada WhatsApp web. Ketika terjadi hal aneh pada aplikasi tersebut, maka hal yang harus Anda lakukan adalah :

a. Buka WA Web

Membuka whatsapp web tidak mengharuskan Anda untuk menginstall aplikasi WA di layar laptop. Anda hanya perlu membuka laman WhatsApp web dengan cara mengetikkannya.

b. Logout Dari Semua Perangkat

Saat WA tersambung tanpa melakukan pemindahan kode QR, artinya ada yang sudah dengan sengaja membuka WA Anda dari perangkat desktop tersebut.

Sebelum terjadi hal yang lebih membahayakan, lakukan logout dari semua perangkat. Fitur logout ini bisa Anda temukan pada WhatsApp web.

8. Gunakan Aplikasi

Salah satu cara mengetahui handphone disadap dengan mudah, adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda menemukan penyadapan pada ponsel. Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah :

a. Flexispy

Dalam aplikasi ini, Anda akan disuguhkan dengan sebuah fitur yang bernama Flexi Shield. Sistem Felxispy bekerja memberikan Anda proteksi berupa sandi atau password. Sandi ini dibuat secara unik dan hanya Anda yang tahu sandi ini.

Sandi yang Anda dapatkan akan melindungi berbagai file dan data dalam hp untuk tidak sembarangan dibuka. Selain itu, ada juga sistem blokir yang akurat dalam aplikasi ini. Sehingga saat ada nomor aneh yang masuk, deteksi penyadapan akan muncul dan Anda bisa lakukan blokir.

b. Cellcrypt

Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk mengecek dan mencegah penyadapan adalah cellcrypt. Untuk menjalankan kinerjanya, sistem cellcrypt akan melakukan enkripsi data suara pada percakapan telepon.

Kodenya akan digunakan pada ponsel Anda. pada saat melakukan telepon, pihak yang bisa mendengarnya hanyalah hp Anda yang hp orang dalam panggilan. Anda bisa dapatkan aplikasi ini pada google play store atau layanan penyedia aplikasi lainnya.

9. Mengenali Gelombang Telepon

Selain cara-cara di atas, ada lagi cara mengetahui handphone disadap. Cara ini tak lain adalah dengan mengenali gelombang suara pada panggilan telepon. Lakukan langkah pengecekan berikut :

a. Dengarkan Suara Pihak Ketiga (Jika Ada)

Mungkin Anda pernah mendengar suara pihak ketiga selain sumber suara dari orang yang Anda telepon. Suaranya akan terdengar seperti suara aneh yang tidak berada di sekeliling lawan bicara.

b. Pastikan Adanya Suara Menggema

Anda juga mungkin pernah mengalami gelombang suara yang menggema saat melakukan panggilan dengan teman yang Anda telepon tersebut. Kemungkinannya hanya dua, jika bukan karena loud speaker berarti karena disadap.

Anda bisa menanyakan pada lawan bicara Anda, apakah sedang menggunaka fitur loud speaker. Jika tidak, maka Anda harus waspada ada pihak ketiga yang mendengar percakapan telepon Anda tersebut.

Untuk menanganinya, Anda bisa segera menggunakan kode bantuan dari pihak kepolisian. Atau Anda bisa gunakan cara lain yang lebih mandiri, yakni menggunakan aplikasi enkripsi pelindung penyadapan.

10. Proses Panggilan Tidak Wajar

a. Memantau Panggilan Sering Secara Tiba-tiba Mati

Jika Anda mendapati pulsa Anda masih cukup melakukan panggilan dan tiba-tiba telepon mati, maka bisa jadi hal ini adalah tanda handphone telah disadap. Namun sebelumnya, pastikan lawan bicara Anda memang benar-benar tidak mematikan panggilan.

b. Memastikan Ada Bunyi Aneh

Selain ciri tersebut, saat melakukan panggilan Anda mungkin mendengar suara atau bunyi aneh yang kemunculannya tidak dari lawan bicara Anda. Biasanya, bunyi yang aneh yang terdengar adalah bunyi derau atau klik.

Untuk memastikan hp Anda memang sedang disadap, Anda bisa lakukan cek secara berkala saat melakukan penggilan. Jika ciri-ciri di atas terulang secara terus menerus, maka Anda harus segera melakukan penanganan.

Penanganan bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Jika Anda ingin menangani tanpa aplikasi, lakukan pergantian nomor perdana. Selain itu, lakukan reset pabrik juga pada ponsel Anda. Dengan begini, penyadap akan susah melacak data dalam ponsel Anda.

11. Penggunaan Kode Rahasia

Anda tentu pernah mendengar kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengecek adanya penyadapan ponsel. Dalam hal ini, Anda bisa gunakan kode *#06#. Proses untuk melakukan pengecekannya cukup mudah.

Anda hanya perlu mengetikkan kode ini pada layar papan telepon. Lakukan panggilan dan tunggu pesan yang masuk. Hp yang baik-baik saja, akan memunculkan nomor IMEI hp yang Anda gunakan.

Sebaliknya jika hp dalam kondisi disadap, maka akan muncul pesan IMEI/01 atau IMEI/02. Munculnya pesan yang tidak menyebutkan nomor IMEI ini karena ada sistem yang pengendalian big data yang dipegang oleh pihak penyadap.

Saat ponsel Anda dipastikan sudah tersadap, maka Anda perlu waspada karena penyadap bisa mengontrol setiap aktivitas dalam hp Anda. baik itu melalui media sosial Anda, fitur utama telepon, hingga hal lainnya.

Penggunaan kode ini sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak kode serial number. Namun, agar terhindar dari hoax, Anda bisa lakukan cek terlebih dahulu apakah memang kode tersebut valid digunakan pada ponse yang disadap.

Penyadapan ponsel memang tidak bisa dibiarkan begitu saja. saat kondisi hp Anda sudah dalam penyadapan, hal terpenting adalah segera bertindak melakukan penanganannya. Tentu penanganan tidak bisa dilakukan tanpa cara mengetahui handphone disadap, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

11 Cara Mengetahui Handphone Disadap (Hati-hati)

Exit mobile version