Site icon Sumber Informasi

5+ Cara Menanam Kunyit (Lengkap dengan manfaat dan pemberantasan hama)

cara menanam kunyit

Cara Menanam Kunyit – Bagi masyarakat yang tinggal di Indonesia pasti sudah tidak asing dengan kuniy. Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah. Kegunaan dari kunyit sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Cara Menanam Kunyit juga sangat mudah. Kita dapat melakukannya dirumah untuk mengisi waktu luang. Hasil dari menanam kunyit dapat kita konsumsi secara pribadi maupun di jual.

Kunyit biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk memasak. Selain itu kunyit juga biasa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat minuman berkhasiat seperti jamu. Dengan mengkonsumsi kunyit, juga dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Cara Menanam Kunyit

1. Siapkan Media Menanam

Media yang digunakan untuk menanam kunyit adalah tanah. Tanah yang digunakan adalah tanah yang dicampur dengan pupuk kendang dan kompos. Selain itu tanah yang digunakan sebaiknya tanah yang sudah di gemburkan. Setelah itu buat beberapa lubang pada tanah kira-kira sedalam 8 cm. Sebaiknya pemanenan dilakukan pada musim kemarau tetapi juga diimbangi dengan penyiraman.

2. Siapkan Bibit Kunyit

Bibit yang digunakan untuk menanam sebaiknya adalah bibit yang sudah memiliki banyak tunas. Kemudian bibit kunyit yang sebaiknya digunakan adalah kunyit yang sudah berumur sekitar 8 bulan atau lebih karena biasanya semakin tua sebuah kunyit semakin banyak tunas pada kunyit tersebut.

3. Cara Penanaman

Setelah membuat beberapa lubang pada tanah, letakkan bibit kunyit yang sudah kita siapkan. Kemudian setelah meletakkan bibit kunyit pada tanah, tutup kembali dengan tanah.

4. Cara Perawatan

Sebaiknya bibit kunyit yang sudah di tanam dilakukan penyiraman dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari. Selain menyiram, perawatan yang dapat dilakukan pada bibit kunyit yang di tanam adalah pemupukan. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kompos atau pupuk kendang. Pemupukan ini dilakukan untuk meminimalisir zat kimia yang berada pada tanah.

5. Pemanenan

Waktu terbaik kunyit yang sudah dapat dipanen adalah kunyit yang berumur kira-kira 11-12 bulan. Tetapi pada umur 8-10 bulan sebenarnya kunyit sudah dapat dipanen. Selain itu ciri-ciri lain adalah daun nya mulai mengering dan layu, kemudian diikuti dengan batang yang sudah mulai menguning. Sebaiknya pemanenan juga dilakukan pada musim kemarau karena pada musim kemarau sari dari kunyit yang di tanam terkumpul.

Pemberantasan Hama dan Penyakit

1. Hama

Contoh hama yang dapat menyerang tanaman kencur adalah ulat. Ciri-ciri saat hama menyerang tanaman kunyit adalah daun mulai layu kemudian mengering dan membusuk. Untuk memberantas hama ini dapat dilakukan penyemprotan insektisida pada yang terkena hama.

2. Penyakit

Ada beberapa contoh penyakit yang dapat menyerang tanaman kunyit yaitu seperti karat pada daun dan busuk bakteri rimpang. Ciri-ciri saat penyakit tersebut menyerang tanaman kunyit adalah muncul warna kecoklatan seperti karat pada daun, kemudian kulit pada akar tanaman berubah menjadi keriput. Untuk menghilangkan penyakit ini dapat dilakukan penyemprotan insektisida atau fungisida tergantung kondisi dan jenis penyakit yang menyerang tanaman.

Manfaat Kunyit

1. Membantu Mengobati Peradangan

Kunyit mengandung kurkumin. Kurkumin adalah antioksidan yang mengandung antiradang. Kurkumin berfungsi menurunkan kadar histamin dan meningkatka produksi kortison yang dapat mengurangi peradangan.

2. Mengobati Mual

Kunyit dapat mengurangi mual jika di konsumsi dengan lada hitam. Kandungan piperin ada dalam hitam terbukti dapat membantu penyerapan kurkumin pada kunyit lebih cepat ke dalam darah.

3. Menurunkan Berat Badan

Kurkumin yang ada pada kunyit dapat berfungsi untuk menurunkan berat badan. Agar lebih efektif kunyit dapat dikonsumsi dengan asam jawa agar proses penyerapannya ke dalam darah lebih cepat.

4. Mengurangi Nyeri Haid

Bagi para perempuan yang sering mengalami nyeri pada saat datang bulan, Anda perlu mencoba mengkonsumsi kunyit untuk mengurangi nyeri pada saat haid. Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai pereda nyeri. Zat kurkumin pada kunyit bekerja dengan cara melenturkan otot rahim. Kunyit dapat dikonsumsi dengan asam jawa untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Kandungan kurkumin pada kunyit juga berfungsi untuk menurunkan kadar glukosa atau darah pada tubuh manusia. Bagi Anda penderita penyakit diabetes dapat mencoba mengkonsumsi kunyit.

6. Mengurangi Rasa Kembung Perut

Kandungan kurkumin pada kunyit dapat melenturkan pergerakan oto pencernaan pada perut, sehingga tekanan gas pada perut akan berkurang dapat dapat mengurangi rasa kembung.

7. Melawan Infeksi

Kandungan pada kunyit dapat melawan infeksi atau bakteri yang menyerang organ tubuh manusia seperti organ intim wanita.

8. Dijadikan Masker

Selain berfungsi untuk organ dalam tubuh, kunyit juga dapat berfungsi sebagai masker. Kunyit bagus untuk jenis kulit yang sensitif. Penggunaan masker kunyit ini dapat digabungkan dengan buah papaya mentah untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal

Sangat banyak manfaat di saat kita menanam kunyit. Dengan menanam kunyit kita dapat mengkonsumsi secara pribadi maupun dijual kembali.

5+ Cara Menanam Kunyit (Lengkap dengan manfaat dan pemberantasan hama)

Exit mobile version