14 Cara Menanam Jambu Air Raup Untung Ratusan Juta Tiap Panen

Cara Menanam Jambu Air – Jambu air merupakan jenis buah yang sering kita temukan di pasar maupun supermarket. Bagi kita yang ingin menanam, Cara Menanam Jambu Air juga terbilang mudah. Perawatan dari tanaman jambu air pun juga tidak rumit. Jambu air bisa kita konsumsi dengan cara dimakan secara langsung maupun diolah menjadi jus.

Jambu air sendiri merupakan jenis jambu yang berasal dari daerah Asia Tenggara. Berbeda dari jambu lainnya, jambu air biasanya lebih berukuran kecil dan kurang memiliki aroma khas. Di Indonesia, Jambu air banyak dikonsumsi sebagai olahan jus, rujak ataupun asinan. Jambu air memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Cara Menanam Jambu Air

1. Siapkan Media

cara menanam jambu air

Media yang dibutuhkan untuk menanam jambu air adalah tanah. Tanah yang digunakan biasanya jenis tanah grumusol atau andosol. Jenis tanah ini merupakan jenis tanah yang sangat baik untuk perkembangan benih jambu air. Kemudian, tanah yang digunakan juga tanah yang terjangkau sinar matahari, karena untuk penanaman bibit jambu air membutuhkan sinar matahari yang cukup. Iklim yang mendukung pertumbuhan bibit jambu air adalah iklim tropis.

2. Siapkan Biji Jambu Air

cara menanam jambu air

Jambu air dapat ditanam melalui 2 jenis bibit yaitu bibit dari hasil vegetative seperti cangkok dan penyambungan atau bibit dari hasil generative yaitu dari biji jambu air langsung. Bibit yang dipilih disarankan dari bibit yang berkualitas unggul

3. Cara Penanaman

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses penanaman adalah membuat lubang-lubang kecil pada media tanah yang sudah disiapkan. Lubangi tanah dengan ukuran sekitar 60 cm x 60 cm. Kemudian setelah melubangi tanah tersebut, letakkan bibit jambu air yang sudah disiapkan. Kemudian tutup kembali dengan tanah.

4. Cara Perawatan

Untuk perawatan tanaman jambu air sendiri,secara garis besar sama dengan perawatan tumbuhan lain. Tanaman jambu air biasanya disirami dua hari sekali pada pagi dan sore hari. Kemudian tidak lupa untuk tanaman jambu air mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk mendukung proses penumbuhan jambu air tersebut. Selain itu, perawatan lainnya adalah dengan melakukan pemupukan selama 2 atau 3 bulan sekali. Pemupukan dibutuhkan juga untuk pendukung proses penumbuhan tanaman jambu air.

5. Pemanenan

Untuk tanaman jambu air biasanya akan tumbuh buah setahun 2 kali yaitu sekitar bulan Juni-Agustus dan November-Desember. Ciri-ciri jambu air yang sudah bisa dipanen adalah jambu air sudah matang dengan warna hijau kemerah-merahan dan berukuran besar.

Pemberantasan Hama dan Penyakit

1. Hama

Salah satu jenis hama yang sering menyerang tanaman jambu air adalah lalat buah. Lalat buah akan menyebabkan buah jambu air membusuk dan bunga dari tanaman nya gugur. Untuk antisipasi penyerangan hama yang menyerang jambu air dapat dilakukan pembungkusan bunga pada tanaman jambu air tersebut. Sedangkan untuk pemberantasan untuk hama yang sudah menyerang tanaman jambu air dapat dilakukan penyemprotan fungisida dan insektisida.

2. Penyakit

cara menanam jambu air

Ada beberapa penyakit yang biasa menyerang tanaman jambu air. Contohnya embun jelaga dan antraknosa. Cara yang dapat kita lakukan untuk pembasmian penyakit yang menyerang tanaman jambu air adalah memotong bagian tanaman yang terkena penyakit tersebut. Hal ini dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut. Selain itu bisa juga dilakukan penyemprotan fungisida dengan dosis secukupnya.

Manfaat Jambu Air

1. Mencegah Penyakit Stroke

Salah satu kandungan yang dimiliki jambu air adalah vitamin C. Vitamin C terbukti efektif untuk pencegahan stroke. Dengan mengkonsumsi jambu air bisa mencegah penyakit stroke.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain untuk pencegahan stroke, kandungan vitamin c pada jambu air juga dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin c terbukti dapat menangkal serangan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh salah satunya sel kulit.

3. Menjaga Berat Badan

Jambu air mengandung serat. Serat dinilai dapat membuat rasa kenyang yang lama pada tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi jambu air dapat membantu Anda menjaga berat badan agar tetap stabil, tentunya dengan pola makan yang juga dijaga.

4. Menjaga kestabilan gula darah

Jambu air mengandung senyawa polifenol yang berfungsi untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tetap stabil. Para penderita diabetes dapat mencoba untuk mengkonsumsi jambu air guna menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh.

5. Menanggulangi Infeksi

Jambu air mengandung senyawa fenolik, flavonoid dan tanin. Ketiga senyawa tersebut bersifat antimikroba yang berfungsi untuk mengatasi infeksi.

6. Menanggulangi Peradangan

Selain untuk menanggulangi infeksi, flavonoid juga berguna untuk mengatasi peradangan. Flavonoid juga bersifat antioksidan yang berfungsi untuk kesehatan badan manusia.

7. Meningkatkan Imun Tubuh

Jambu air mengandung vitamin A yang sangat berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh kita

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan menanam jambu air. Dengan menanam jambu air, kita tidak perlu membelinya di supermarket cukup dengan membeli bibitnya yang harga nya jauh lebih murah.

14 Cara Menanam Jambu Air Raup Untung Ratusan Juta Tiap Panen

Add Comment