7 Cara Menanam Anggur Menggunakan Biji (Raup Untung Ratusan juta)

Cara Menanam Anggur Menggunakan Biji – Anggur merupakan salah satu buah yang asalnya dari timur tengah. Buah ini sangat disukai banyak orang karena memiliki rasa yang manis. Pohon anggur hanya dapat tumbuh didaerah yang curah hujannya rendah atau daerah kering. Di Indonesia itu sendiri banyak wilayah yang cocok untuk sitanami pohon anggur.

Saat Anda memakan anggur tentu didalam anggur tersebut terdapat biji. Bagi Anda yang ingin menanam anggur dari biji tentunya bisa menggunakan biji yang terdapat didalam anggur tersebut atau bisa juga dengan membeli bibit anggur dengan biji. Proses untuk menananm anggur melalui biji itu sendiri merupakan sesuatu yang terbilang tidak mudah karena perlu melawati berbagai proses.

Cara Menanam Anggur dengan Menggunakan Biji

1. Mengetahui syarat tumbuhnya pohon anggur

1. Mengetahui syarat tumbuhnya pohon anggur

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum menanam biji anggur yaitu mengetahui terlebih dahullu syarat tumbuhnya anggur. Adappun syarat tumbuhnya pohon anggur diantaranya yaitu tumbuh pada ketinggian 300 hingga 800 dpl. Selain itu waktu yang tepat jjika Anda ingin menanam anggur adalah pada data musim kemarau Panjang selama 4 hingga 7 bulan.

Menanam pohon anggur juga lebih cocok ditanam pada tanah yang berpasir, liat serta memiliki banyak nutrisi. pH yang diperlukan juga kisaran 6,5 hingga 7. Selain itu menanam pohon anggur juga dibutuhkan sinar matahari 50-80% engan jangka waktu 10 hingga 12 jam per harinya. Pohon anggur juga membutuhkan kelembaban hingga 80%. Diperlukan juga suhu dari 25 hingga 31 celcius.

2. Pilihlah varietas anggur yang ingin ditanam

2. Pilihlah varietas anggur yang ingin ditanam

Langkah kedua untuk menanam pohon anggur yaitu memilih varietas anggur yang Anda inginkan. Tentukanlah terlebih dahulu jenis anggur mana yang ingin Anda jadikan sebagai bibit dan pemilihan jenis anggur ini juga harus disesuaikan dengan iklim didaerah tempat tinggal Anda.

Setelah Anda memilih bibit yang sesuai dengan keinginan maka selanjutnya periksa terlebih dahulu kualitas dari biji tersebut. Salah satu cara untuk memastikan biji anggur bagus untuk dijadikan bibit yaitu dengan merendam biji anggur kedalam wadah yang berisi air. Jika biji tersebut mengambang maka itu menunjukkan bahwa itu termasuk bibit yang tidak bagus.

3. Siapkan wadah untuk menyemai bibit

3. Siapkan wadah untuk menyemai bibit

Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan wadah untuk menyemai bibit. Anda bisa menggunakan wadah transparan dan tertutup. Selanjutnya siapkanlah tanah halus atau Anda bisa juga menggunakan kapas sebagai media untuk menyemai. Jika Anda memilih kapas maka basahilah kapas tersebut dengan menggunakan air.

Adapun ketentuan untuk membasahi kapas dengan air yaitu jika kapas tersebut dilepaskan maka pastikan agar airnya tidak menetes dan jika kapas tersebut dilepaskan maka airnya akan menetes. Langkas selanjutnya yaitu dengan memasukan kapas tadi kedalam wadah yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

4. Pilihlah biji anggur

4. Pilihlah biji anggur

Anda bisa membeli anggur yang matangnya sempurna di pasar ataupun supermaket. Kemudian pastikan agar anggur tersebut masih berbentuk bulat utuh dan tidak terdapat lecet. Agar memastikan biji anggur tersebut memiliki kualitas yang bagus maka Anda bisa merendam biji anggur ke dalam wadah yang berisi air dan pilihlah biji yang tenggelam ke dasar wadahnya.

Lalu rendamlah biji anggur tersebut selama 24 jam. Setelah selesai direndam maka angkatlah biji anggur tersebut dan keringkan. Letakanlah biji anggur yang dipilih kedalam tempat penyemaian dan pastikan agar tiap-tiap benih tersebut untuk tidak bersentuhan.

5. Menyemaikan biji anggur

5. Menyemaikan biji anggur

Penyemaian biji anggur dilakukan dengan cara meletakan benih-benih tersebut kedalam wadah penyemaian. Jika Anda menggunakan tanah untuk menyemai maka letakanlah biji anggur tersebut kedalam pot yang berisi tanah. Campurkanlah tanah tersebut dengan pupuk untuk menambah nutrisi nya. pada saat 2-8 minggu dari masa awal tanam biasanya biji anggur akan mulai berkecambah.

6. Memindahkan penanaman biji anggur

6. Memindahkan penanaman biji anggur

Setelah melakukan penyemaian langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu memindahkan benih tersebut. pemindahan ini bisa dilakukan jika tinggi dari bibit pohon anggur tersebut mencapai 8 cm. Anda bisa memindahkan bibit tersebut ke dalam pot yang lebih besar karena hal ini akan meperluas pernafasan bagi akar tanamannya.

Setelah tinggi pohon anggur Anda mencapai 30 meter maka pohon tersebut sudah bisa Anda tanam di kebun. Pastikan juga bahwa tanah tempat memindahkannya itu gembur dan sudah diberi kompos. Siapkanlah penopang didekat pohon anggur karena tanaman anggur akan merambat.

7. Perawatan pohon anggur

7. Perawatan pohon anggur

Perawatan pohon anggur dilakukan dengan cara memberikan pupuk secara teratur. Pastikan tanah agar tetap lembab yaitu dengan penyiraman yang teratur pula. Selain itu pangkaslah baian pucuknya saat ia menjalar.

Cara menanam anggur dengan biji dibutuhkan kesabaran agar tetap terjaga dengan baik hingga saatnya anggur bisa dipanen. Waktu yang dibutuhkan agar pohon anggur berbuah biasanya sekitar 3 sampai 4 tahun. Ikutilah langkah-langkah diatas agar Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

7 Cara Menanam Anggur Menggunakan Biji (Raup Untung Ratusan juta)

Add Comment