6 Cara Menanam Alpukat (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Cara Menanam Alpukat – Buah alpukat merupakan salah satu buah yang berasal dari negara meksiko dan amerika tengah. Buah yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang enak. Buah ini biasanya banyak dijadikan sebagai jus. Selain itu tekstur dari buah alpukat sangatlah lembut jadi cocok juga untuk dikonsumsi oleh balita.

Manfaat dari buah alpukat merupakan salah satu hal yang menjadi daya tarik buah ini. Dimana di dalam buah alpukat terdapat kandungan vitamin A dan E yang sangat bagus fungsinya. Selain dijadikan olahan makanan banyak juga orang-oarang yang memenfaatkan buah alpukat sebagai masker untuk rambut maupun masker untuk wajah.

Penanam Alpukat dengan Menggunakan Biji

Bagi Anda yang ingin menanam buah alpukat menggunakan biji dibutuhkan tingkat sebuah kesabaran yang cukup tinggi karena membutuhkan proses yang panjang untuk memperoleh hasilnya. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara menanam buah alpukat menggunakan biji :

1. Menyiapkan Biji Alpukat

Menyiapkan Biji Alpukat

Langkah pertama dari cara menanam alpukat yaitu tentunya Anda harus menyiapkan terlebih dahulu biji alpukat. Anda bisa membeli alpukat yang sudah tua lalu memanfaatkan biji nya untuk dijadikan sebagai bibit. Pastikan Anda memilih alpukat yang sudah tua agar bijinya tidak mudah pecah.

Selain itu alat dan bahan yang Anda perlukan lainnya yaitu pisau, tiga buah tusuk gigi, wadah, dan siapkan juga air seperlunya. Setelah alat dan bahan tersebut sudah disiapkan maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu memotong buah alpukat menjadi 2 bagian. Pastikan ketika Anda memotong buah alpukat jangan mengenai bijinya.

Setelah itu lepaskan biji alpukat dari daging buahnya. Lalu lepaskanlah biji luar alpukat tersebut menggunakan tangan dan cuci biji yang sudah dikupas kulit luarnya menggunakan air. 3 buah gigi ditusukkan ke bijinya dan pastikan bahwa berada di satu garis melingkar. Bagian atas dari biji alpukat berbentuk lebih lonjong dan merupakan tempat tumbuhnya tunas. Sedangkan bagian bawah bijinya merupakan tempat tumbuhnya akar dan bentuknya lebih datar.

2. Menyiapkan Media Pembibitan

Menyiapkan Media Pembibitan

Hal-hal yang perlu disiapkan untum pembibitan yaitu gelas plastik ataupun cup yang memiliki ukuran sedang. Selanjutnya siapkan juga spidol maupun pulpen yang digunakan untuk plastik.setelah itu ambil biji alpukat yang sudah ditusuk tadi. Terakhir Anda juga harus menyediakan gula .

3. Pembibitan Alpukat

Pembibitan Alpukat

Setelah menyiapkan media pembibitan tadi langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu tuangkanlah air sebanyak ¾ ke dalam gelas atau cup yang sudah disiapkan tadi. Letakkanlah biji alpukat yang sudah ditusuk tadi ke dalam gelas plastik. Bagian bawah biji alpukat atau tempat tumbuhnya akar diletakan pada bagian yang terendam air.

Ukuran air ditandai dengan menggunakan spidol maupun pena. Setelah itu tuangkanlah satu sendok gula ke dalam air karena hal ini akan menambah nutrisi bagi pertumbuhan akar dan tunasnya. Lalu letekanlah pada tempat yang tidak akan terkena sinar matahari secara langsung contohnya diletakan didekat jendela.

4. Proses Pemeliharaan

Proses Pemeliharaan

Untuk memelihara bibit alpukat ini yang harus Anda lakukan yaitu dengan memantau secara terus menerus volume airnya. Jika air berkurang dari garis yang telah dituangkah sebelumnya maka tambahkanlah air hingga mencapai garis. Karena jika biji tidak terendam air maka akan mengalami kegagalan pada masa awal tanam.

Selain itu gantilah air tersebut satu kali dalam jangka waktu 5 kali. Biasanya pada hari ke 21 biji akan mulai retak karena akar dan tunas akan segera tumbuh. Pada hari ke 22 hingga 28 pertumbuhan akar dan tunas akan mulai terlihat. Akar dan tunas akan rimbun saat hari ke 45 dan jika tingginya sudah mencapai 15 cm pindahkanlah bibit tersebut ke media tanam.

5. Menyiapkan Media Tanam

Menyiapkan Media Tanam

Yang perlu Anda siapkan untuk media tanam yaitu pot yang diameternya berukuran 30 cm dan akan lebih baik jika lebih besar. Selain itu siapkan tanah gembur dan tidak terlalu basah. Air secukupnya yang dugunakan untuk menyiram tanaman. Siapkan juga peralatan untuk memotong batang tanaman yang muda contohnya seperti gunting.

6. Memindahkan Bibit

Memindahkan Bibit

Masukkanlah tanah ke dalam pot dan isi sampai setengah bagian pot tersebut. letakanlah bibit biji alpukat lalu tutupi kembali menggunakan tanah. Potonglah tunasnya hingga 7 cm agar merangsang pertumbuhan batang dan daun. Kemudian siram tanaman alpukat tersebut dan letakanlah ke tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung.

Setelah melakukan proses penanaman Anda juga harus merawat bibit pohon alpukat tersebut. karena pohon alpukat tidak memerlukan banyak air maka Anda harus memastikan bahwa tanaman Anda tidak tergenang air agar daunnya tidak menguning dan pohon akan mati. Cara menanam alpukat melalui proses yang panjang dan harus selalu diperiksa perkembangannya agar memperoleh hasil yang bagus.

6 Cara Menanam Alpukat (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Add Comment