Site icon Thegorbalsla

Cara Google Menggunakan Informasi Kita, Penting Untuk di Baca!!

Cara Google Menggunakan Informasi Kita

Cara Google Menggunakan Informasi Kita – Google merupakan perusahaan besar yang menawarkan berbagai macam layanan. Dari layanan tersebutlah Google mendapatkan informasi dari user dan menggunakannya. Cara Google menggunakan informasi kita ini tergantung dari kebutuhan dan tujuan.

Umumnya informasi yang didapatkan Google akan dianalisa terlebih dahulu dan biasanya Google menggunakannya untuk menayangkan iklan. Selain iklan, Google juga memanfaatkan informasi untuk kebutuhan user itu sendiri, salah satunya ketika menggunakan informasi lokasi user.

Cara Google Menggunakan Informasi Kita Dari Lokasi

1. Cara Google Mendapatkan Informasi Lokasi

Pada dasarnya informasi lokasi yang didapatkan oleh Google dari user tergantung dari produk yang digunakan dan pengaturannya. Lokasi yang didapatkan Google berasal dari berbagai sumber yang memungkinkannya untuk mendapatkan informasi. Berikut cara yang digunakan :

2. Cara Google Menggunakan Informasi Lokasi

Setelah Google mendapatkan informasi lokasi yang bersumber dari perangkat yang digunakan, selanjutnya informasi tersebut akan diolah. Informasi tersebut akan disimpan sesuai dengan pengaturan masing-masing user dan bisa dimanfaatkan.

User bisa memanfaatkan informasi lokasi yang disimpan oleh Google dan disisi lain informasi tersebut bisa digunakan Google untuk membantu user. Berikut cara google menggunakan informasi kita :

3. Cara Menghapus Riwayat Informasi Lokasi

User diberi kebebasan untuk mengontrol informasi lokasi yang ingin diberikan kepada Google ataupun tidak. Bahkan user diberi kebebasan untuk menghapus history lokasi yang terekam di akun masing-masing. Berikut cara menghapus riwayat lokasi di Google Maps :

Cara Google Menggunakan Informasi Kita Dari Aktivitas Web dan Aplikasi

1. Cara Google Mendapatkan Informasi Aktivitas Web dan Aplikasi

Google akan mengumpulkan informasi terkait aplikasi, browser yang terintegrasi dengan Google dan aktivitas perangkat Anda. Adapun informasi yang dikumpulkan diantaranya adalah ID unik, pengaturan browser, sistem operasi, informasi jaringan seluler dan lain sebagainya.

Pengumpulan informasi tersebut akan terhubung dengan server google dan akan update otomatis. Beberapa informasi seperti operator jaringan yang digunakan juga akan dikumpulkan. Berikut beberapa informasi yang Google dapatkan dari aktivitas tersebut :

2. Cara Google Menggunakan Informasi Aktivitas Web dan Aplikasi

Ketika Anda login menggunakan akun Google dan mulai menjelajah di web ataupun aplikasi, Google akan secara otomatis merekam aktivitas tersebut sesuai perizinan pengguna. Berikut cara google menggunakan informasi kita :

3. Cara Menghapus Riwayat Informasi Web dan Aplikasi Di Android

Perlu dicatat bahwa meskipun cara ini dilakukan di ponsel Android, namun jika ingin menghapus melalui iPhone ataupun PC juga bisa. Hanya saja Anda perlu login ke Gmail menggunakan browser biasa terlebih dahulu.

Menghapus Aktivitas Satu per Satu

Menghapus Aktivitas Secara Otomatis

4. Cara Menonaktifkan Riwayat Aktivitas Web dan Aplikasi

Anda sebenarnya diberi kebebasan untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan riwayat aktivitas web dan aplikasi. Cara menonaktifkannya cukup mudah, lakukan langkah awal yang sama seperti poin nomor tiga sampai Anda di menu Aktivitas Web dan Aplikasi.

Setelah halaman tersebut terbuka, Anda tinggal menggeser tombol ke kiri untuk menonaktifkannya, begitu juga sebaliknya jika ingin mengaktifkannya kembali. Artinya adalah ketika sudah dinonaktifkan dan Anda melakukan jelajah internet menggunakan akun Google, aktivitas Anda tidak akan terekam.

Selain mendapatkan informasi dari lokasi ataupun aktivitas web dan aplikasi, Google juga bisa mendapatkan informasi dari History Youtube. Cara Google menggunakan informasi kita dari sumber Youtube tidak jauh berbeda dari sebelumnya.

Cara Google Menggunakan Informasi Kita, Penting Untuk di Baca!!

Exit mobile version