Site icon Sumber Informasi

ANJING CHIHUAHUA : Cara Merawat, Pakan, Harga Jual (Lengkap)

Anjing Chihuahua – Anjing chihuahua merupakan anjing yang ukurannya kecil alias tiny toy size. Memiliki tubuh yang lebih panjang dibanding tingginya membuatnya sangat mungil dan imut. Belum lagi bentuk kepala yang bulat seperti buah apel dan bentuk moncok pendek telinga tegah dan ekor yang panjang membuatnya cukup lincah. Anjing ini memiliki dua jenis bulu, yaitu bulu pendek dan juga bulu panjang serta lurus atau bergelombang.

Warna bulu chihuahua cukup beragam sehingga bisa disesuaikan dengan warna pilihan pemiliknya. Ada warna hitam, putih, steel blue, hitam dan tan, steel blue, parti color dan sebagainya. Ketika masih anakan, anjing chihuahua mempunyai spot kecil pada bagian kepala depan atau jidat. Spot kecil ini disebut dengan nama molera. Molera ini akan hilang sendiri ketika anjing sudah dewasa.

Ciri Ciri Anjing Chihuahua

Anjing Chihuahua

Chihuahua mempunyai postur tubuh yang cukup kompak dengan bentuk yang sedikit panjang. Ekornya tidak terlalu panjang sehingga tidak perlu dipotong atau undocked. Ekor chihuahua biasanya melengkung ke arah punggung atau tea cup tail dan menunjuk ke bagian kepala serta tegak lurus seperti antena. Batok kepalanya mirip seperti apel. Chihuahua yang berkualitas umumnya memiliki batok kepala yang apple dome.

Jika dilihat dari arah samping, batok kepala dan moncong memiliki sudut 90 derajat. Chihuahua umumnya juga memiliki semacam lubang di atas kepala ketika lahir dan akan merapat serta hilang ketika sudah dewasa. Lubangnya disebut dengan nama molera. Chihuahua juga memiliki dua warna bulu, yakni oendek dan bulu panjang. Keduanya boleh disilangkawinkan supaya mendapat bibit yang Anda mau.

Terkadang antara kedua jenis varian tersebut. Bisa didapat chihuahua dengan bulu panjang atau malah sebaliknya. Ini ditentukan dari gen mana yang lebih kuat antara betina dan jantannya. Berat badan chihuahua antara 1 hingga 2,7 kg dengan ukuran tinggi tidak lebih dari 20 cm jika diukur sampai punggung. Dengan ukuran seperti ini tentu chihuahua memiliki ukuran badan yang tidak besar.  

Temperamen Anjing Chihuahua

Anjing Chihuahua

Anjing chihuahua tidak termasuk kedalam anjing penjaga atau pemburu. Anjing berukuran kecil ini adalah tipikal anjing pendamping yang bersemangat, ceria, pemberani dan juga lincah. Anjing ini begitu setia dan juga dekat dengan pemiliknya. Bisa dikatakan jika anjing ini sangat cerdik dan bisa belajar dengan cepat. Sehingga tidak heran jika anjingnya memang bisa beradaptasi dengan baik dan cepat.

Respon anjing chihuahua cukup bagus dalam hal pelatihan. Meskipun begitu Anda tetap harus menggabungkan pelatihan yang tepat, tegas namun tetap lembut. Jangan sampai Anda membiarkan anjing ini bertindak yang tidak Anda inginkan. Contohnya seperti melompat ke anjing beserta manusia. Ya, ini disebut dengan sindrom anjing kecil.

Meskipun cukup bagus atau lucu ketika dipandang, perilaku seperti itu malah kurang bagus untuknya. Pasalnya akan menyebabkan munculnya perilaku dominan terhadap anjing tersebut.  Jika membiarkan anjing chihuahua untuk pack leader, hal ini mengembangkan sifat yang buruk. Bisa jadi seperti agresif atau bahkan cemburu terhadap manusia atau anjing lain.

Bahkan anjing ini juga bisa cemburu atau agresif kepada manusia selain pemiliknya. Ketika ada orang asing datang, anjing ini akan terus mengikuti pemiliknya dan berusaha terus dekat dengannya. Anjing chihuahua yang mengidentifikasinnya sebagai pack leader tidak dianjurkan oleh anak-anak. Bukan karena anjing ini tidak bagus untuk anak-anak.

Varian Jenis Anjing Chihuahua

Anjing Chihuahua

Varian jenis chihuahua ada dua, yakni yang berbulu pendek atau smooth coat dan juga berbulu panjang atau long coat. Setiap orang umumnya memiliki pilihannya sendiri-sendiri. Hanya saja di pasaran jumlah peminat smooth coat lebih banyak. Pasalnya dinilai lebih imut dan manis. Hanya saja setiap orang memiliki selera masing-masing. Jadi sesuaikan saja selera Anda untuk varian jenis seperti apa.

Menariknya, kedua varian jenis chihuahua tersebut bisa saja Anda saling kawinkan untuk mendapat perpaduan yang unik dan apik. Keduanya ini tentu menjadi pembeda dari anjing fox terrier yang tidak boleh disaling kawinkan jika bukan satu tipe. Terkadang dari perkawinan ini kita mendapat perpaduan yang berbeda. Entah itu anakannya memiliki bulu panjang atau pendek,

Selain itu anjing tipe chihuahua bisa disilangkah dengan beberapa anjing trand lain. Sebut saja seperti poodle, pug, tekel dan pomeranian dengan jenis dan ukuran yang sama. Biaya perkawinan ini tergolong murah jika dibanding dengan anjing lain. Entah karena ukuran badannya yang kecil atau karena memang kurang populer. Anda cukup mengelontorkan uang sebesar 500 saja per anjing.

Cara Merawat Anjing Chihuahua Dewasa

Anjing Chihuahua

Anjing chihuahua dewasa tidak perlu perawatan khusus. Anda cukup memastikan kebersihan, kesehatan dan kenyamanannya saja. Pertama, mandikan chihuahua dewasa sejarang mungkin. Khusus chihuahua yang Anda pelihara didalam ruangan, setidaknya mandikan maksimal 3 bulan sekali. Untuk yang dipelihara di luar ruangan, mandikan maksimal 1 bulan sekali.

Memang tidak jarang pemiliknya akan terganggu karena bau anjing chihuahua yang menyengat. Namun bulu mereka akan lebih sehat, Mengingat didalam kulit mereka tidak terlalu kering karena ada minyak pelapis yang dihasilkan kulitnya tersebut. Hanya saja sebagai solusi, Anda bisa memandikannya menggunakan dry shampoo yang banyak terjual di pet shop. Atau juga bisa menggunakan bedak bayi.

Caranya bedak ditaburkan ke tubuh. Selanjutnya, menggunakan sisir sikat atau sisir semir sepatu, sisirlah bulunya dari kepala ke ekor. Lakukan langkah ini sampai bulu mati dan kotoran lainnya jatuh. Lakukan perawatan ini serutin mungkin agar bulu bisa beregenerasi dengan baik. selanjutnya adalah pilih food dog yang sudah berkible kecil agar mudah untuk dikunyak oleh chihuahua.

Makanan untuk dog foodnya juga perlu diperhatikan. Ada baiknya memberikan protein dengan jumlah maksimal 28% dari komposisi makanan utamanya. Jika pemberian dog food sudah Anda lakukan, berikutnya adalah pemberian vitamin dan juga suplemen tambahan sudah tidak perlu dilakukan. Pasalnya jika terlalu banyak vitamin yang masuk ketubuhnya malah akan berbahaya.

Walaupun perawatan dari segi ruangan sudah diberikan dengan baik, ada baiknya pemberian latihan juga cukup penting. Anda perlu melakuka pelatihan di luar ruangan. Agar bisa membentuk tubuh yang bagus, latihan di luar ruangan juga membantu karakter yang tidak pemalu. Latihan seperti ini bisa dimulai ketika chihuahua masih anakan sekitar 3 bulan atau jika vaksinasi sudah selesai dilakukan.

Ketika mengajak jalan juga jangan terlalu lama. Cukup jalan sekitar 200 sampai 300 meter saja sudah cukup. Khusus anjing dewasa yang lebih dari 1 tahun, latihan bisa dilakukan dalam porsi yang lebih banyak. Lakukan tambahan jarak ini secara bertahap agar anjing tidak kaget atau kesulitan. Contohnya, 1 bulan pertama cukup 1 km saja. berikutnya bisa tambah 1,5 Km dan maksimal adalah 5 KM.

Cara Merawat Anak Anjing Chihuahua

Anjing Chihuahua

Ada perlakukan khusus ketika chihuahua masih anakan. Alasannya agar ketika sudah dewasa mereka tidak bandel atau cemburuan. Pertama adalah perawatan dalam makanan yang diberikan. Ada baiknya memberikan makanan sekitar 4 kali dalam sehari. Karena ukuran chihuahua yang tergolong kecil tetu saja Anda tidak boleh memberikan porsi makanan yang terlalu banyak.

Contohnya, porsi makanan perhari adalah 50 gram dog food kering, jangan langsung memberikannya dalam dua kali makan alias 25 gram per makan. Namun jadikan empat kali makan dengan ukuran 12.5 gram. Ini akan membuat perutnya tidak terlalu berlebihan menampung makanan. Ketika masih anakan, ada baiknya memberikan dog foog dalam bentuk yang sudah lunak alias sudah dihaluskan sebelumnya.

Perilaku seperti ini perlu dilakukan pemiliknya sampai umur anakan chihuahua memasuki 3 bulan. Anda juga perlu memberikan makanan selama 4 kali sehari hingga 6 bulan. Setelahnya Anda cukup memberikannya makan sebanyak 2 kali sehari. Ada baiknya memastikan anjing chihuahua dibawah satu tahun jangan sampai terlalu gemuk karena menjaga pertumbuhan tulangnya agar tidak terganggu.

Ada baiknya memelihara anakan chihuahua tidak didalam kandang. Cukup sediakan saja tempat khusus untuknya bermain. Ruangannya tidak perlu ber Ac atau berpendingin ruangan. Mengingat anjing ini tidak kuat dengan cuaca yang dingin. Ada baiknya Anda memeliharanya juga didalam ruangan yang tersinari matahari agar lebih sehat dan kuat tulangnya.

Jika memelihara anjing didalam kandang, Anda harus melakukan penjemuran setiap hari. Anjing yang memang dipelihara didalam halaman terbuka akan memilih sendiri waktu terbaik untuk berjemur. Jadi tidak perlu heran jika anjing ini memilih waktu siang hari untuk berjemur. Padahal menurut dokter, waktu terbaik untuk berjemur khusus anakan anjing chihuahua ini adalah jam 7 sampai 8 pagi.

Perawatan Anjing Chihuahua Ketika Hamil Dan Menyusui

Anjing Chihuahua

Jika Anda memiliki chihuahua dalam masa menyusui atau hamil, ada baiknya tidak memberiklan tambahan lain seperti suplemen ataupun vitamin lainnya. Hal ini berpatok dengan pola makan yang baik dan kualitas dog food yang baik pula. Jika nafsu makannya kurang baik, cekoki saja dog food yang sudah dilunakkan dengan memakai air hangat.

Chihuahua yang sedang hamil jika diberikan tambahan suplemen atau vitamin takutnya membuat ukuran janin bertambah besar. hal seperti ini malah akan menyulitkan proses kelahiran anjing chihuahua. Khusus anjing chihuahua yang tengah menyusui, tidak ada salahnya menambahkan vitamin atau calsium. Ya, chihuahua yang sedang menyusui memang membutuhkan dua hal tersebut.

Karena dua bahan tersebut membuat proses menyusui bisa lancar dan produksi susunya berjalan baik. Jika nafsu makanannya kurang baik meskipun sudah diberikan dog food berkualitas, tidak ada salahnya menambah bahan protein lain seperti daging atau sebagainya. Anda juga bisa menambahkan nasi. Tambahkan juga garam agar anjing merasakan haus dan mau minum banyak.

Cara Mengawinkan Anjing Chihuahua Yang Benar

Anjing Chihuahua

Untuk mengawinkan chihuahua Anda membutuhkan satu jantan dan betina dengan kualitas fisik yang mendekati standar atau kriteria FCI. Jika Anda mendekati FCI atau sesuai dengan kriteria tersebut, tentu saja anakan yang dihasilkan lebih berkualitas dan bisa berkembang dengan baik. Usia indukannya minimal harus satu tahun atau 12 bulan. Ini agar rahimnya tidak terlalu kasar atau menyulitkan si betina.

Sedangkan untuk proses pengawinannya, tempatkan chihuahua jantang dan betina dalam satu kandang yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Setidaknya Anda perlu menyiapkan kandang dengan ukuran 100 cm X 50 cm. Chihuahua yang akan dikawinkan harus dipilih yang sedang menstruasi. Perlu Anda tahu bahwa chihuahua betina mengalami menstruasi selama 2 kali dalam setahun.

Waktu terbaik untuk proses pengawinannya sendiri adalah ketika betina masuk ke hari 9 atau 14 ketika hari pertama betina menstruasi. Ciri betina yang sedang menstruasi adalah vaginanya keras, membesar dan juga sedikit membengkok. Selain itu, tanda yang paling nyata adalah vaginanya terus mengeluarkan darah. Ada baiknya melakukan perkawinan dua kali di satu periode.

Maksudnya, lakukan perkawinan jika hari ini, maka hari esok mengulanginya lagi. Ini bertujuan untuk berjaga-jaga. Contohnya saja ketika perkawinan hari ini tidak bagus namun dihari berikutnya memberikan hasil yang bagus. Dihitung dari hari pertama perkawinan, biasanya sudah bisa dilihat masa kehamilan chihuahua. Cirinya adalah perut agak membesar dan putingnya berwarna merah muda alias pink.

Pakan Terbaik Untuk Anjing Chihuahua

Anjing Chihuahua

Pakan anjing chihuahua tidak ada pembeda dengan pakan anjing ras lain. Anda perlu memberikan makan makanan anjiing khusus yang sudah diformulasikan dengan sistem pertumbuhan dan perkembangannya. Selanjutnya, Anda bisa memberikan makanan tambahan seperti dog foof atau protein lain. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan ketika memberi makan anjing ini.

Pasalnya dengan ukuran yang cenderung kecil tentu tidak elok jika diberikan makanan yang terlalu besar. ketika akan memberi makan, Anda juga perlu mencermati bahannya. Masalah kesehatan utama dari chihuahua adalah kegemukan. Jadi usahakan untuk tidak memberi makanan yang mengandung bahan cepat gemuk atau menyebabkan obesitas.

Berikan saja bahan utama makanan terbuat dari daging. Agar seimbang, Anda perlu memberikannya juga biji-bijian. Chihuahua yang sudah dewasa sangat membutuhkan ¼ hingga ¾ cangkir makanan anjing kering untuk setiap kali makan. Anda bisa memberikan makanan anjing kalengan untuk mengganti sebagian dari makanan kering jika Anda memperlukannya.

Secara garis besar, kita harus sangat berhati-hati dalam memilih makanan yang cocok untuk chihuahua. Kehigienisan juga dibutuhkan dalam pemberian pakan agar anjing tidak terkena alergi maupun penyakit.

Perawatan Kandang Anjing Chihuahua

Anjing Chihuahua

Perawatan kandang anjing mungil ini tidak terlalu sulit. Yang pasti adalah Anda sebagai pemilik harus memastikan jika kandangnya dalam kondisi bersih dan tidak kotor. Mengingat anjing ini cukup rentah terserang penyakit, tentu kebersihan kandang sangat penting. Berikut adalah cara mudah membersihkan kandang chihuahua:

  1. Siapkan dulu kantong plastik dan juga sarung tangan
  2. Sebelum membersihkan kandangnya, pakai sarung tangan agar Anda terbebas dari kuman dan hal lain yang tidak terlihat. Ada baiknya juga memakai masker.
  3. Bersihkan kotoran anjing chihuahua dan masukkan ke kantong plastik.
  4. Bersihkan kandangnya dengan menggunakan air semprotan dari keran
  5. Ada baiknya menggunakan air semprotan keran agar air tidak mempet dan terus mengalir dengan baik
  6. Bersihkan kandang secara rutin, Anda bisa membersihkannya setiap 3 hari sekali atau setiap hari jika perlu
  7. Jangan lupa bersihkan tempat minum atau wadah tempat minum dan gosong dengan sikat agar tampak bersih
  8. Khusus selimut atau kain yang Anda sediakan jangan lupa bersihkan dengan mencucinya menggunakan deterjen
  9. Anda yang memberikan tempat kandang chihuahua dari semen, ada baiknya jangan terlalu licin. Mengingat chihuahua adalah tipikal anjing yang sangat aktif.

Puppies Anjing Chihuahua

Anjing Chihuahua

Chihuahua betina yang berkualitas umumnya bisa melahirkan anakan antara 1 hingga 3 saja. Proses kelahirannya tidak mudah seperti anjing lain. Pasalnya chihuahua memang mudah kelelahan karena ukuran badan yang kecil dan ukuran kepala anakan yang cukup besar. Wajar jika proses kelahiran membutuhkan bantuan dokter hewan yang berpengalaman.

Bahkan tidak sedikit juga chihuahua yang melahirkan dengan proses caesar. Anakan chihuahua yang baru lahir umumnya memiliki bobot sekitar 60 gram hingga 90 gram. Panjangnya sendiri mencapai 10 cm. sayangnya, puppie chihuahua juga memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi. Proses perkembangan chihuahua dinilai lebih cepat dibanding trah anjing pada umumnya.

Bahkan tidak jarang kita menemukan bayi chihuahua berumur 4 bulan memiliki tinggi yang sama dengan chihuahua dewasa. Perhatian khusus untuk anakan chihuahua memang sangat perlu. Pasalnya diumur yang baru satu jam saja chihuahua ini sudah sangat rentan terhadap penyakit. Jika tidak berakibat kematian, akan membuat pertumbuahan anakannya kurang sempurna.

Sejarah /Asal Usul Anjing Chihuahua

Anjing Chihuahua

Anjing chihuahua adalah ras anjing tertua yang berada di benua Amerika. Melihat dari ukurannya, ras anjing ini adalah ras terkecil di dunia. Anjing ini berasal dari Meksiko. Dimana daerahnya sama dengan nama yang diberikan, yaknii Chibuahua yang terletak di Meksiko. Anjing ini di abad ke 19 dibawa ke Eropa.

Hingga sekarang ras chihuahua memang belum diketahui berasal dari mana. Namun tidak sedikit pendapat yang mengatakan bahwa ras anjingnya adalah dari Fennec Fox. Anjing ini dianggap sebagai anjing yang suci, khususnya di negara India pra columbus. Bukan itu saja, dulunya anjing tersebut juga peliharaan dari kalangan atas alias bangsawan.

Anjingnya memang begitu dihargai dari bentuk ukurannya. Yang paling bernilai bagi breeder adalah ukurannya yang dibawah 1.3 kg. mengingat ukurannya yang tidak besar, tidak heran jika anjing ini sangat cocok dipelihara oleh kalangan masyarakat yang hidup di apartemena atau mempunyai rumah yang kecil. Selain itu, kandang yang diperlukan juga tidak terlalu besar sehingga hemat anggaran.

Masalah Kesehatan Anjing Chihuahua

Anjing Chihuahua

Sama dengan anjing pada umumnya, chihuahua juga memiliki masalah kesehatannya sendiri. Chihuahua sangat rentan terhadap rematik, slipped stifle atau lutur bergeser. Bukan itu saja, masalah kesehatan lainnya adalah flu, masalah pada gusi dan juga cenderung mudah naik berat badannya. Anda harus menghindarkannya dengan produk yang bisa menjadikan racun tersendiri untuk anjing chihuahua ini.

Contoh produknya adalah cokelat dan juga pupuk tanaman. Mengingat anjing  chihuahua berukuran kecil, tentu saja sedikit saja dari produk tersebut membuatnya mudah terserang masalah tersebut. Umumnya, chihuahua juga lahir dengan sistem caesar. Pasalnya anakannya lahir dengan kepala yang lebih besar dibanding tubuhnya. Diusia dinipun, anakan anjing chihuahua juga rentan terhadap masalah.

Sebut saja seperti patah tulang dan juga kecelakaan lainnya. Selain itu, kebiasaan lainnya adalah memiliki kebiasaan mendengkur dan juga mendesah karena memang tubuhnya sangat kecil dan moncongnya cukup pendek. Jadi Anda harus hati-hati terhadap masalah kesehatan ini. Segera konsultasikan kepada dokter hewan, jika salah satu masalah tersebut ada di diri anjing Anda.

Beberapa penyakit yang umumnya menyerang anjing chihuahua juga akan dibahas di dalam artikel ini. Penyakit-punyakit ini tentunya mempengaruhi kesehatan si anjing. Bahkan kesehatan yang terganggu ini dapat membuat perilaku anjing menjadi berbeda. Oleh karena itu penting sekali untuk memahami apa yang sedang diderita anjing peliharaan kita.

Harga Chihuahua Di Pasaran

Anjing Chihuahua

Harga chihuahua di pasaran cukup stabil. Untuk harga sekitar 1 sampai 3 juta, Anda sudah bisa membeli chihuahua asli Indonesia tanpa ada dokumen. Jumlah situs penjual chihuahua juga sangat banyak jadi Anda bisa menyesuaikannya. Sedangkan untuk harga jual berdokumen dan sehat import Thailand dipatok dengan harga 4 hingga 7 jutaa. Biasanya ada keistimewaan khusus dengan harga ini.

Salah satunya, Anda bisa mendapat anakan anjing chihuahua yang berasal dari Thailand. Anakan anjing ini murni, sehat dan sudah divaksinasi penuh. Belum lagi ada dokumentasi dan juga catatan medis yang lengkap. Sehingga tingkat kesehatan dan keamanan anakan chihuahua lebih terjamin dibanding sebelumnya. Anakannya bisa didapat melalui peternak anjing domestik.

Jika Anda ingin membeli chihuahua asal Eropa atau America yang berdokumen lengkap, kesehatan yang terjamin, silsilah yang jelas dan kemurnian darah hingga 100%, siapkan dana setidaknya 15 jutaan. Di pasaran anjing ini paling banyak dicari. Pasalnya bisa memberikan anakan yang berkualitas, indah dan juga sehat.

Apakah Anjing Chihuahua Cocok Untuk Anda Pelihara?

Anjing Chihuahua

Setiap orang tentu memiliki kriteria tersendiri untuk memelihara peliharaan. Berdasarkan banyak pengalaman, ini alasan kenapa Anda harus memelihara anjing chihuahua:

  1. Chihuahua adalah anjing kecil yang begitu melindungi tuan mereka jika Anda bisa memberi pelatihan yang tepat
  2. Bulu yang mereka miliki tidak terlalu mudah rontoh. Sehingga tidak memberikan efek kotor untuk sekelilingnya. Begitu pula juga tidak membuat perawatannya ribet dan sulit
  3. Karena berukuran kecil, anjing chihuahua sangat cocok untuk Anda yang tinggal di apartemen atau rumah yang ukurannya kecil atau sedang
  4. Anjing chihuahua memiliki pelatihan yang cukup mudah. Pelatihan ini harus dilakukan sedini mungkin agar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tuannya
  5. Anjing chihuahua adalah anjing dengan tingkat aktivitas yang cukup tinggi sehingga cocok untuk Anda yang pendiam
  6. Memiliki masa hidup yang cukup lama yakni sekitar 14 tahun sampai 18 tahun.

Fakta Anjing Chihuahua Yang Perlu Anda Tahu Sebelum Membelinya

Anjing Chihuahua

Ada fakta menarik seputar anjing mungil ini yang perlu Anda tahu. Fakta ini penting untuk Anda kenali sebelum membelinya. Berikut fakta yang kami maksud:

  1. Chihuahua adalah ras anjing terkecil di dunia dengan panjang 4 sampai inchi saja. meskipun begitu, tampilan anjing ini cukup sangar dan gagah
  2. Chihuahua juga memiliki kombinasi corak warna bulu yang terbesar dibanding ras anjing lain. Anjing ini memiliki bulu panjang dan pendek yang halusnya seperti sutra
  3. Chihuahua dikenal sebagai anjing populer ke 18 di seluruh dunia.
  4. Taco bell adalah anjing chihuahua betina yang bernama gidget. Iklan tersebut tayang antara tahun 1994 hingga 2009. Gidget meninggal di tahun 2009
  5. Chihuahua disebut sebagai ras anjing yang tertua. Chihuahua sudah terdaftar di AKC tahun 21904 sedangkan AKC sendiri didirikan tahun 1877
  6. Chihuahua pertama kali dikenal sebagai anjing amazon. Mereka menyebut anjing ini sebagai anjing amazon atau anjing texas karena pertama kali ditemukan berbatasan dengan negara Meksiko
  7. Rentan hidup chihuahua adalah yang terpanjang dibanding anjing lain. Pasalnya bisa hidup antara 10 tahun hingga 18 tahun lamanya
  8. Chihuahua akan langsung menggigil ketika dirinya kedinginan. Jadi Anda yang punya peliharaan anjing ini jangan sampai menyalakan pendingin terlalu dingin
  9. Chihuahua dikenal sebagai anjing yang paling setia dan juga paling protektif terhadap tuannya. Walaupun begitu ia tetap mudah bersosialisasi namun tetap setia dengan tuannya
  10. Chihuahua sendiri merupakan tipikal anjing pendamping dan anjing piaraan
  11. Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas of Georgia, 3 penyebab utama kenapa chihuahua meninggal ada,lah karena trauma, infeksi dan juga penyakit jantung
  12. Mengingat chihuahua adalah hewan yang sangat ramah, umumnya chihuahua adalah hewan yang bisa hidup dengan spesial lain. Bahkan dengan kelinci dan kucing sekalipun.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Anjing Chihuahua

Exit mobile version