49+ Model Rok Batik Kekinian dan Populer

Model Rok Batik – Rok merupakan pakaian yang umumnya dipakai oleh wanita. Rok berbentuk pipa atau kerucut yang menutupi pinggul hingga sebagian atau seluruh kaki. Rok terdiri dari berbagai ukuran panjang serta terdiri dari berbagai macam model. Bentuk rok seperti kerucut atau pipa dimana pada bagian atas dan bawahnya berupa lubang.

Batik merupakan kain yang diberi gambar atau motif dimana pemberian gambar dan motif ini dilakukan secara manual oleh manusia. Cara membuatnya dengan menuliskan malam pada kain tersebut. Setelah itu diolah sehingga menjadi kain batik yang dapat digunakan untuk membuat baju, celana, atau rok. Berikut model rok batik  yang dapat Anda gunakan:

Rok Batik Model Panjang

Rok Batik Model Panjang

Bagi Anda wanita muslim yang menggunakan hijab, pilihan model batik ini dapat Anda jadikan referensi. Rok yang memiliki design longgar dan tidak memperlihatkan lekuk panggul dan pantat sangat cocok untuk dipakai oleh wanita berhijab. Jangan lupa untuk menambahkan aksesori berupa lipatan-lipatan pada bagian samping rok.

Perpaduan Kain Polos dan Kain Batik

Perpaduan Kain Polos dan Kain Batik

Kombinasi yang dapat dijadikan referensi adalah kombinasi antara kain polos dengan batik. Pilihlah kain polos dengan warna yang menyala kemudian dipadukan dengan batik dengan motif penuh serta motif yang berukuran kecil. Bentuk pola kain polos sesuai selera dan sesuai kreatifitas agar menambah keunikan.

Rok Batik Bawah Lutut

Rok Batik Bawah Lutut

Warna-warna cerah dengan motif berwarna gelap pada batik akan sangat cocok bila dijadikan rok dengan panjang di bawah lutut. Rok yang memiliki panjang di bawah lutut sebaiknya dibuat design rok span untuk Anda yang memiliki tubuh ramping. Tambahkan atasan polos serta flatshoes untuk membuat style berbatik Anda semakin komplit.

Rok di Atas Lutut

Rok di Atas Lutut

Selain rok panjang, rok 3/4, dan rok di bawah lutut, rok dengan panjang di atas lutut pun sangat cantik bila dikenakan. Pilihlah model yang sebaiknya digunakan untuk model rok batik ini adalah model rok span. Atasan yang cocok dikenakan bersama rok ini adalah atasan polos dengan warna cerah. Tampilan ini dapat dipakai untuk acara non formal seperti sedang jalan-jalan ke mall.

Model Rok Batik Span

Model Rok Batik Span

Rok batik span merupakan model rok batik  yang sangat cocok bila digunakan untuk pergi ke kantor. Model span adalah model yang dikenal dengan kesederhanaannya dan cukup simpel. Walaupun sederhana dan simpel, model ini sangat cocok digunakan untuk acara formal. Pilihlah motif batik yang simpel seperti contohnya motif batik bersilang-silang dengan warna kalem.

Rok Batik Variasi

Rok Batik Variasi

Rok batik panjang dapat dibuat variasi dengan membuatnya seperti berjenjang. Di bagian atas diberi lipatan rok yang lebih pendek sehingga terlihat berumpak-umpak. Model rok ini cocok digunakan oleh Anda untuk menghadiri segala acara. Dimulai acara formal hingga acara non formal.

Model Rok Batik dari Kain Panjang

Model Rok Batik dari Kain Panjang

Anda yang memiliki kain batik yang panjang dapat juga membuatnya menjadi rok panjang untuk bawahan seperti ini. Rok seperti ini sangat cocok bila dijadikan untuk bawahan kebaya. Model rok yang slimfit dimana memperlihatkan lekukan pinggul dan pantat sangat cocok dipakai untuk Anda yang berbadan ramping.

Sentuhan Warna Cerah

Sentuhan Warna Cerah

Warna rok batik didominasi oleh warna yang gelap atau warna kalem. Namun ternyata rok batik yang dibuat dari kain berwarna cerah tak kalah cantiknya bila dikenakan sebagai rok panjang yang bermodel mengembang.

Model Rok Batik Formal

Model Rok Batik Formal

Model rok batik seperti ini merupakan salah satu model rok yang dapat dipakai untuk menghadiri acara formal. Pilih rok dengan design motif Solo, Pekalongan, ataupun Cirebon untuk Anda jadikan rok dengan design yang tidak bermacam-macam. Contohnya design yang mengikuti bentuk kaki serta pinggul seperti ini. Model ini sangat pas dipakai untuk acara formal.

Rok Span Pendek

Rok Span Pendek

Rok span memang benar-benar akan membuat pemakainnya menjadi lebih anggun. Apalagi bila dipadukan dengan motif kain batik yang cocok. Motif yang cocok digunakan untuk membuat rok batik span adalah motif dengan warna yang kalem.

Modifikasi Rok Panjang

Modifikasi Rok Panjang

Rok panjang untuk wanita berhijab dapat dikreasikan dengan modifikasi tertentu sehingga rok panjang batik yang Anda miliki tidak memiliki model yang monoton. Model seperti ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kaki yang jenjang dan berbadan tinggi.

Model Rok Batik A Line

Model Rok Batik A Line

Model rok A line merupakan model rok yang memiliki bentuk seperti huruf A. Maksudnya adalah lebar bagian bawah rok lebih besar daripada lebar bagian atas atau bagian pinggang. Awalnya model rok seperti ini disebut model rok A line oleh Christian Dior yang merupakan designer Perancis pada tahun 1950an.Kain batik dapat dibentuk atau dijahit menjadi rok model A line ini.

Sentuhan Belt

Sentuhan Belt

Rok lilit  tentunya akan sangat pas bila ditambahkan dengan belt atau sabuk pada pinggangnya. Fungsi dari belt ini adalah untuk mempercantik tampilan Anda dan supaya rok  tidak terlalu polos bila dilihat. Selian itu, ternyata belt ini mempunyai fungsi lain yaitu agar rok mengikat sempurna pada pinggang dan agar tidak melorot.

Model Rok 3/4

Rok 3/4

Anda dapat menjadikan pilihan rok model A line dengan panjang 3/4 ini sebagai pilihan Anda untuk berbusana batik. Meskipun tidak menutupi seluruh kaki, model rok batik ini tetap terlihat anggun dan cocok digunakan bagi Anda yang tidak ingin berpakaian terlalu terbuka. Padukan dengan atasan polos untuk membuat tampilan Anda lebih indah.

Model Rok Batik Elegan

Model Rok Batik Elegan

Warna hitam, biru  tua, gold, dan merah memang dikenal sebagai warna yang akan menunjukan image atau kesan elegan. Pilihlah motif batik dengan warna-warna tersebut sehingga Anda dapat tampil menawan serta elegan. Gunakan model rok lilit bak sarung untuk Anda yang menginginkan kain yang sama dapat dipakai berulang-ulang dengan berbagai model.

Model Rok Batik Atasan Polos

Model Rok Batik Atasan Polos

Model rok batik yang cocok digunakan untuk atasan yang polos adalah model rok dengan motif batik yang seperti ini. Carilah motif Batik Solo dengan warna dasar gelap lalu lilitlah pada pinggang Anda layaknya Anda sedang memakai sarung. Model rok seperti ini sangat praktik karena bisa dipakai dalam bentuk kain atau tanpa dijahit.

Formal Pendek

Formal Pendek

Rok formal pendek ini merupakan rok yang dibuat dari perpaduan kain polos maxmara dan diberi sentuhan batik di bagian bawah rok yang memiliki warna motif yang sama dengan rok kain maxmara. Variasi dari bentuk batik pada bagian bawah dapat berupa bentuk segitiga.

Kain Batik Modern

Kain Batik Modern

Kain batik modern adalah kain dengan motif batik yang modern. Salah satu contohnya adalah motif batik yang bergambar daun. Meskipun motifnya merupakan motif modern, namun tetap saja tidak mengurangi image classy dan tradisional dari penggunaan batik tersebut. Batik ini bisa digunakan untuk acara formal dan non formal.

Penggunaan rok ini akan lebih bagus lagi bila dililit dan ditambahkan head belt dari kayu untuk menambah cantiknya penampilan Anda.

Rok Batik Ikat

Rok Batik Ikat

Rok batik biasanya dibuat dari bahan kain batik lalu dijahit dan dibentuk rok. Namun, jika Anda merupakan orang yang mudah bosan, sebaiknya Anda menggunakan rok batik ikat ini. Rok ini tidak perlu dijahit. Cukup dililitkan dan diselipkan ujungnya pada pinggang Anda. Untuk acara selanjutnya, Anda dapat membuat model rok lilit yang lain agar tidak bosan.

Rok Batik Remaja

Rok Batik Remaja

Dulu, biasanya yang memakai batik kebanyakan orang-orang dewasa ataupun orang tua seperti bapak-bapak dan ibu-ibu. Seiring berjalannya waktu, saat ini remaja hingga anak-anak pun bisa mengenakan batik dan tidak akan terlihat kuno ataupun jadul. Anda harus pintar-pintar memilih model atau design rok batik untuk remaja.

Untuk design rok remaja bukan sembarang design seperti design rok batik pada umumnya. Design yang digunakan mirip dengan design rok span, namun di bagian kiri di buat belahan dari pinggang hingga kebawah dan di dalam belahan tersebut memperlihatkan motif batik yang berbeda. Model ini akan sangat cantik bila dikenakan oleh anak remaja wanita.

Fushion Pola Batik

Fushion Pola Batik

Motif kain batik, selain dapat dipadukan dengan kain non batik ternyata dapat juga dilakukan fushion dua kain yang memiliki pola atau motif batik yang berbeda. Untuk melakukan fushion motif yang kemudian akan dijahit menjadi rok, sebaiknya Anda menggunakan tips-tips dalam memilih kain batik yang cocok untuk dipadukan.

Tips yang pertama adalah pilih dua kain dengan warna yang memiliki tone yang sama namun yang satu berwarna cerah yang satu lagi memiliki warna yang gelap. Selain itu, batik yang memiliki warna cerah harus memiliki motif yang lebih besar daripada batik dengan warna yang gelap. Akan lebih manis lagi bila bentuk rok dibuat asimetris.

Model Rok Batik Gaul

Model Rok Batik Gaul

Model rok ini merupakan model rok gaul yang bisa dipakai tidak  hanya untuk acara formal saja namun juga acara non formal. Model ini merupakan perpaduan dari kain maxmara serta kain batik dengan warna senada. DI bagian tengah rok terdapat kain maxmara sementara dibagian atas dan bagian samping hingga bagian belakang digunakan kain dengan motif batik.

Motif Ukuran Besar

Motif Ukuran Besar

Rok pendek di atas lutut dapat dibuat dari kain batik dengan motif yang berukuran besar-besar. Usahakan setiap komponen motif pada kain batik tersebut memiliki warna yang kalem dan kalau bisa warnanya ada dalam satu tone. Hal ini disebabkan karena motif yang besar sudah mencolok, bila ditambahkan dengan warna yang cerah dan motif yang ramai, penampilan akan terlalu mencolok.

Rok A Line Pendek

Rok A Line Pendek

Selain dapat dibuat panjang, rok model A line juga dapat dibuat lebih pendek namun tidak terlalu pendek. Tepatnya di bawah lutut. Rok model ini tidak kalah bagusnya dengan rok A line yang berukuran lebih panjang. Rok model ini sangat cocok bila dipakai untuk menghadiri acara formal atau acara non formal.

Model Rok Batik Bawahan Kebaya

Model Rok Batik Bawahan Kebaya

Jika Anda memiliki kebaya dan bingung untuk memakainya dengan rok batik yang seperti apa, Anda dapat menggunakan referensi ini. Piihlah kain batik yang didalamnya terdapat dua jenis motif dengan warna yang memiliki tone yang sama. Pilihlah warna abu atau warna biru sehingga cocok dikenakan dengan kebaya warna apapun.

Rok Batik Kondangan

Rok Batik Kondangan

Salah satu rok yang bisa digunakan untuk menghadiri kondangan adalah rok dengan design lipit sungkup. Lipit sungkup merupakan lipit atau lipatan pada rok yang memiliki arah yang berlawanan antara sisi satu dan lainnya. Rok jenis ini dapat dipakai untuk bawahan kebaya atau atasan polos yang berbahan maxmara.

Rok untuk Wanita Berhijab

Rok untuk Wanita Berhijab

Rok untuk wanita berhijab tentunya harus berukuran panjang sampai mata kaki. Pilihlah motif batik yang unik serta berwarna netral agar bisa dipadankan dengan berbagai macam kebaya.

Kombinasi Batik dengan Kain Polkadot

Kombinasi Batik dengan Kain Polkadot

Perpaduan jenis kain lainnya yang dapat Anda pakai adalah perpaduan motif batik dan motif polkadot. Pilihlah motif batik yang kalem dengan warna yang kalem. Motif polkadot yang dipilih pun disarankan memiliki ukuran lingkaran motif yang kecil-kecil. Hal ini diperuntukkan agar tidak terjadi tumpang tindih antara motif batik dan motif polkadot.

Rok yang menggunakan perpaduan motif batik dan polkadot ini akan lebih lucu bila dibuat rok dengan panjang di atas lutus dengan model sedikit berlipat-lipat.

Rok Batik Model Plisket

Rok Batik Model Plisket

Plisket merupakan sejenis kain yang memiliki lipatan-lipatan kecil pada permukaannya. Lipatan-lipatan tersebut dibuat dengan cara manual ataupun dengan menggunakan mesin. Rok plisket biasanya, digunakan pada kain dengan motif polos.

Selain digunakan pada motif polos, penerapan lipatan atau plisket ini juga dapat digunakan pada kain batik. Penggunaan model plisket tentunya akan membuat rok batik Anda memiliki model yang unik dan lebih kreatif daripada model rok batik polos lainnya. Model rok batik ini dapat Anda gunakan untuk menghadiri acara undangan.

Kain Batik Warna Cerah

Kain Batik Warna Cerah

Biasanya orang-orang akan membeli warna batik dengan warna gelap terutama warna cokelat tua. Pastinya Anda kerap kali melihat orang-orang menggunakan batik dengan warna cokelat ini. namun ternyata, batik dengan warna yang cerah juga bagus untuk digunakan dan dijadikan rok.

Kesan yang ditonjolkan oleh batik berwarna cerah in merupakan kesan modern. Sehingga sebaiknya Anda memberikan model yang modern pula berupa modifikasi dari model rok yang sederhana. Salah satu referensi modifikasinya adalah berikan sisa kain yang dijahit pada bagian pinggang kemudian biarkan menjuntai pada bagian sisi kanan dan kiri rok.

Rok Model Lilit

Rok Model Lilit

Jenis rok ini merupakan jenis rok yang sedang ngetrend di kalangan anak muda. Model rok batik ini model yang sangat unik serta tidak perlu dijahit. Cukup dililit saja dan dibentuk sesuai selera Anda. Rok ini sangat pas bila dipadukan dengan kemeja model kutu baru.

Rok Batik Tutu

Rok Batik Tutu

Biasanya Anda mendengar kata rok tutu pada pakaian ballerina. Ternyata tutu skirt ini bisa dikombinasikan juga dengan rok batik. Bahan rok tutu yaitu kain tulle yang kemudian dipasang untuk melapisi batik yang ada di dalamnya. Pilihlah kain tulle yang berwarna putih untuk menutupi batik yang memiliki warna yang lebih gelap.

Perpaduan Maxmara dan Batik

Perpaduan Maxmara dan Batik

Maxmara merupakan jenis kain yang memiliki kemripian dengan kain satin. Kain maxmara memiliki sifat bahan yang glossy atau mengkilap serta membuat pemakainya merasa adem dan tidak gerah. Nama maxmara diambil dari nama rumah mode yang terkenal dengan kemewahan produk pakaian yang dibuatnya.

Kain maxmara ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang menginginkan rok batik model baru. Terutama bila Anda memiliki sisa kain batik, jangan terburu-buru untuk membuangnya. Carilah kain maxmara dengan warna yang senada, lalu padukan dengan kain batik Anda pada bagian atas dan bagian bawah rok.

Sederhana

Sederhana

Apapun motif batik tentunya akan menarik perhatian dan tampak indah serta cantik bila dilihat. Terutama jika dijadikan sebagai rok. Tentunya, motif batik sederhana pun dapat dijadikan pilihan untuk dikenakan sebagai rok. Terutama bagi Anda yang tidak menyukai motif-motif yang mencolok pada rok Anda.

Rok Batik Zig-Zag

Rok Batik Zig-Zag

Motif lainnya dari batik modern yang tak kalah menarik adalah batik dengan motif zig-zag. Kain dengan motif seperti ini dapat juga digunakan untuk rok ketika Anda diminta untuk menjadi bridesmaid atau ketika Anda wisuda.

Model Rok Unik

Model Rok Unik

Model rok batik ini adalah model rok batik yang unik karena memadukan kain polos dan kain batik dengan bentuk yang unik disertai sedikit rampel pada bagian pinggang kain polosnya. Rok yang memiliki panjang di bawah lutut ini cocok untuk outfit pergi ke kantor.

Model Rok Duyung

Model Rok Duyung

Rok model duyung memiliki bentuk lebar di pinggul kemudian menyempit di daerah lutut dan kemudian melebar lagi dari lutut sampai mata kaki. Bentuknya seperti ekor duyung makanya rok ini dinamai rok duyung. Model rok batik biasa dipakai dengan atasan kebaya.

Model Rok Asimetris

Model Rok Asimetris

Model rok ini merupakan model rok yang akan membuat Anda tampil berbeda dan unik. Rok asimetris adalah bentuk rok yang memiliki potongan yang tidak rata. Bisa karena dipotong atau karena dilipat dan dijahit sehingga bentuknya tidak rata. Gunakan warna batik yang cerah untuk memperjelas bentuk asimetris pada rok Anda.

Model Batik Kombinasi Motif Bergaris

Model Batik Kombinasi Motif Bergaris

Rok batik selain murni hanya menggunakan kain batik saja, ternyata dapat juga dipadukan dengan kain yang memiliki motif berbeda. Salah satunya Anda dapat memadukan kain batik dengan kain bermotif garis lurus dengan warna berselang-seling. Agar lebih enak dipandang, sebaiknya Anda menggunakan kain dengan warna monokrom.

Variasikan arah motif bergaris agar rok Anda menjadi unik namun tetap tidak terlalu mencolok alias sederhana. Usahakan mencari warna batik dan warna motif kain bergaris yang senada. Motif batik pun harus menyeimbangkan motif kain bergaris yang sederhana agar tidak terjadi overlapping antara motif batik dan motif kain bergaris.

Perpaduan yang seperti ini akan sangat cocok bila digunakan untuk rok yang berukuran panjang di bawah lutut.

Sentuhan Motif Bunga

Sentuhan Motif Bunga

Bagi Anda yang ingin mencari kain batik dengan motif yang berbeda dengan yang Anda miliki di rumah, Anda dapat mencoba motif ini. Motif bunga dengan warna gold ini merupakan motif yang jarang ditemui pada kain batik. Dengan menggunakan motif ini tentunya Anda akan merasa spesial dan akan mencuri perhatian orang-orang.

Rok Model Standar

Rok Model Standar

Rok ini merupakan rok dengan model yang paling standar dan paling umum digunakan oleh wanita. Pilihlah warna yang gelap dan elegan sehingga dapat menambah image elegan pada diri Anda ketika Anda mengenakan rok ini. Pilih juga motif Batik Solo atau motif Batik Pekalongan untuk rok jenis ini. Rok model ini dapat digunakan untuk acara formal seperti acara undangan pernikahan.

Rok Kulot

Rok Kulot

Rok kulot merupakan rok yang berbentuk celana yang longgar yang ketika dipakai akan terlihat seperti rok. Biasanya rok kulot terbuat dari bahan batik. Rok ini biasa dipakai untuk acara formal yang tidak terlalu resmi.

Model Rok Kain Batik Songket

Model Rok Kain Batik Songket

Selain Batik Solo, Batik Pekalongan, Batik Cirebon,dan batik lainnya, pilihan batik yang bisa Anda pilih adalah batik kain songket. Kain songket merupakan kain yang berasal dari adat tradisional rumpun Melayu yang ada di Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Kain songket terkenal dengan kilauan ketika dilihat akan mengkilap.

Kilauan ini dihasilkan dari hasil tenunan yang ditenun secara manual oleh tangan memakai benang emas dan perak. Batik kain songket cocok dipakai untuk acara resmi dan formal. Cara pemakaiannya bisa dililit atau bisa dijahit menjadi rok panjang.

Model Rok Batik Kekinian

Model Rok Batik Kekinian

Model rok batik yang seperti ini merupakan model rok batik kekinian dimana kain batik tidak perlu dijahit untuk dijadikan rok. Anda hanya perlu mempersiapkan head belt yang terbuat dari kayu yang berfungsi sebagai pengikat kain agar tidak merosot. Keuntungan dari tidak dijahitnya kain adalah setiap saat Anda dapat merubah model kain sesuai selera dan model yang sedang trend.

Model Rok Outfit Kantor

Model Rok Outfit Kantor

Rok jenis satin yang mengkilap dengan motif batik dengan warna yang hampir mirip dengan warna dasarnya. Rok ini selain kalem juga elegan sehingga cocok sekali untuk Anda gunakan sebagai outfit kantor. Model rok batik ini sangat bagus bila dipadupadankan dengan kemeja yang polos disertai sepatu high heels berwarna hitam.

Model Setengah Lipit

Model Setengah Lipit

Model rok batik yang satu ini merupakan model yang mengaplikasikan pemakaian aksen lipit. Apa itu lipit? Lipit merupakan sebuah aksen yang diberikan pada pakaian yang berfungsi untuk hiasan sehingga menambah kecantikan dari rok Anda.

Anda dapat menggunakan aksen lipit sungkup pada rok batik Anda. Aksen lipit sungkup ini merupakan aksen yang lipatannya berlawanan arah. Hiasan ini masih jarang sekali diterapkan pada rok batik. Jika Anda ingin berpenampilan berbeda dan menciptakan trend baru, Anda dapat mencoba style ini.

Model Rok Motif Minimalis

Model Rok Motif Minimalis

Motif ini merupakan motif batik pada rok yang minimalis. Meskipun motifnya sederhana, namun tetap tidak menghilangkan kesan elegan pada pemakainya. Rok batik ini cocok digunakan dengan atasan polos lengan panjang.

Dipadukan dengan Atasan Kebaya Polos

Dipadukan dengan Atasan Kebaya Polos

Batik dengan dua motif sejajar di dalamnya sangat cocok bila dipadukan dengan kebaya atau atasan polos dengan warna senada. Inspirasi model rok batik ini dapat menjadi referensi Anda ketika akan pergi mendatangi acara pernikahan.

Batik Motif Elegan

Batik Motif Elegan

Rok batik elegan biasanya akan didapatkan dari kain batik dengan harga selangit. Namun jangan salah, Anda bisa mendapatkan look ini dengan kain batik dengan harga standar bila Anda pintar dan jeli dalam memilih motif batik serta warnanya. Pilihlah motif yang berwarna biru gelap, navy, gold, abu, ataupun silver untuk membuat tampilan Anda lebih elegan.

Rok batik elegan seperti ini sangat cocok bila dipadupadankan dengan atasan kebaya simpel berwarna putih dengan panjang tidak melebihi pantat. Inspirasi tersebut tentunya akan membuat penampilan Anda semakin classy.

Model Rok Batik Bawahan

Model Rok Batik Bawahan

Bawahan batik dengan motif seperti ini merupakan motif wajib yang harus Anda miiki. Hampir semua wanita pasti pernah memiliki motif ini. Alasannya karena motif batik model ini sangat cocok untuk atasan polos atau kebaya apapun. Dari mulai kebaya untuk wisuda, tunangan, datang ke undangan, bahkan untuk menikah.

Model-model rok batik tersebut dapat menjadi inspirasi baru bagi Anda yang bingung untuk memilih motif dan model batik yang sedang trend di dunia fashion. Dimulai dari batik yang panjang hingga pendek, dan batik yang simpel hingga unik.

49+ Model Rok Batik Kekinian dan Populer

Leave a Reply