Usaha Barbershop : Peluang serta Analisa Bisnisnya (Terlengkap)

Usaha Barbershop – Tren usaha barbershop menjadikan barbershop banyak didirikan di berbagai tempat. Bukan lagi di wilayah kota, tren tersebut sudah menyebar sampai ke desa-desa. Target konsumennya pun banyak, karena potong rambut merupakan kebutuhan bagi siapapun.

Akhir-akhir ini usaha tersebut memang sedang ramai digandrungi oleh para pelaku usaha. Sebab dianggap menghasilkan keuntungan yang besar. Selain itu juga mempunyai banyak keunggulan serta manfaat bagi pemilik barbershop maupun pengunjung yang datang.

Perkiraan Modal Usaha Barbershop

Perkiraan Modal Usaha Barbershop

Berbicara tentang usaha barbershop, modal yang dibutuhkan untuk mendirikannya terbilang cukup memakan biaya. Barbershop yang dicari saat ini adalah bergaya modern baik untuk anak muda hingga dewasa.

Persiapan tempat usaha dengan konsep kekinian pastinya membutuhkan alokasi dana yang besar. Ditambah lagi dengan peralatan di dalam barbershop mulai dari dekorasi ruangan, furniture, dan sebagainya.

Berikut rincian peralatan utama yang dibutuhkan:

1. Cermin barbershop

Yang pasti ada dalam sebuah barbershop adalah cermin. Biasanya juga disertai dengan almari yang digunakan untuk menyimpan peralatan pangkas rambut. Tidak ada patokan harga karena tergantung Anda dalam memilih desain dan bahan yang digunakan serta kualitasnya.

2. Kursi pangkas rambut

Untuk kursi khusus barbershop biasanya berkisar 5 sampai 10 jutaan dalam keadaan baru. Kursi tersebut memiliki sistem hidrolik untuk mengatur ketinggian, karenanya harganya sedikit mahal. Sedangkan kursi barber non hidrolik harganya berkisar 3 sampai 5 jutaan.

3. Alat pencukur

Dalam mencukur diperlukan beragam peralatan, seperti clipper, gunting trixie, gunting penipis, pisau lipat dan sebagainya. Selain alat tersebut, juga diperlukan beberapa alat tambahan seperti handuk, kap penutup, botol semprot, sikat, beragam jenis sisir, kuas dan lain-lain.

Anda tak perlu repot mencari alat tersebut satu persatu. Sebab ada banyak penyedia di pasaran yang menawarkan sistem paket peralatan tersebut. Harganya berkisar antara 1 sampai 5 jutaan, bergantung pada merk dan kualitas.

4. Sewa tempat

Anda juga harus memikirkan biaya sewa tempat. Namun apabila Anda menggunakan lahan milik Anda sendiri, maka modal yang dikeluarkan akan lebih sedikit. Usahakan untuk mencari tempat yang strategis misalnya di pinggir jalan, dekat area sekolah atau kampus.

Biaya tempat sewa bisa dibayarkan per bulan atau per tahun, tergantung pada keinginan pemilik lahan. Biasanya harga sewa tempat usaha adalah 5 juta sampai 10 juta bahkan bisa lebih. Harga sewa juga dipengaruhi oleh letak tempat yang strategis (di pinggir jalan) atau tidaknya.

Tips Menjalankan Usaha Barbershop

Tips Menjalankan Usaha Barbershop

Berikut ini adalah tips untuk menjalankan usaha barbershop agar dapat bersaing dengan usaha yang ada lainnya.

1. Cari lokasi yang strategis

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menentukan lokasi usaha barbershop Anda. Target market yang Anda tuju akan sangat berkaitan dengan lokasi barbershop. Apabila target Anda adalah mahasiswa, maka cari lokasi usaha di area kampus atau kost.

Namun jika target market Anda adalah masyarakat umum, Anda bisa mencari lokasi strategis di tempat umum. Misalnya ruko, area yang dekat dengan perumahan, gang penduduk, area yang dekat dengan kantor bisa dijadikan pilihan.

2. Cari peralatan pangkas rambut dan perlengkapan

Peralatan pangkas rambut dan perlengkapan juga merupakan hal penting, sebab jika tidak ada peralatan tersebut usaha ini tidak akan dapat berjalan. Lengkapi juga usaha Anda dengan fasilitas-fasilitas yang menciptakan kenyamanan bagi pelanggan seperti AC, air mineral gratis.

3. Persiapkan modal operasional

Selain modal untuk membeli peralatan pangkas rambut dan perlengkapannya, Anda juga harus menyiapkan biaya untuk air, listrik, dan biaya cadangan jika sewaktu-waktu ada hal yang tak terduga yang membutuhkan biaya. Jika Anda merekrut pekerja, Anda juga harus menyiapkan gajinya.

4. Persiapkan biaya promosi

Promosi yang gencar dilakukan akan mendukung usaha yang dijalankan. Akan sangat sia-sia jika tidak ada orang yang tahu walaupun usaha yang Anda miliki sangat bagus. Promosi dapat dimulai dari keularga, kerabat, tetangga, dan teman-teman terdekat.

Berikan pelayanan yang maksimal agar mereka puas. Jika mereka merasa puas, maka dengan sendirinya mereka akan mempromosikan usaha barbershop Anda kepada kenalan mereka. Pada tahap tersebut, promosi yang dilakukan adalah mulut ke mulut.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah melakukan promosi melalui media sosial. Buatlah penawaran semenarik mungkin, Anda juga bisa memberikan promo atau diskon dengan ketentuan tertentu. Bisa juga promosi dengan mencetak brosur dengan informasi yang jelas.

Kelebihan Usaha Barbershop

Kelebihan Usaha Barbershop

Di bawah ini merupakan alasan kenapa Anda harus memilih barbershop untuk dijadikan usaha.

1. Mudah dilakukan

Usaha barbershop ini sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengerjakan sendiri atau menggunakan pegawai. Apabila Anda belum memiliki kemampuan dalam mencukur rambut, Anda dapat belajar kursus di tempat-tempat yang membuka kursus.

Waktu yang dibutuhkan untuk memotong rambut seorang pengunjung sekitar 15 sampai 20 menit. Keahlian dalam memotong juga harus digaris bawahi. Memotong rambut tidak hanya sekadar memotong biasa saja, tetapi harus bisa mengubah penampilan pengunjung menjadi luar biasa.

2. Merupakan kebutuhan setiap pria

Potong rambut merupakan kebutuhan hampir semua pria, yang membedakan hanya kurun waktunya saja. Ada yang dua bulan sekali, tiga bulan sekali, bahkan empat bulan sekali. Akan tetapi hampir semua pria membutuhkannya.

Saat ini, gaya rambut tengah menjadi tren di kalangan pria. Mereka memotong rambut bukan hanya karena rambutnya yang panjang, tapi juga agar terlihat modis dengan model rambut yang kekinian. Hal tersebut merupakan salah satu keuntungan yang bisa didapat dari usaha barbershop.

3. Cepat balik modal

Barbershop merupakan usaha yang menjanjikan, sebab usaha ini tidak membutuhkan modal yang sekali pakai. Keuntungan yang didapatkan juga besar, sehingga cepat balik modal. Agar dapat mencapai tujuan tersebut tentu dibutuhkan perencanaan yang konsisten.

Anda harus menyusun rencana usaha Anda baik rencana jangka panjang maupun pendek. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengembangkan usaha yang sedang dijalankan. Seluruh pengeluaran dan pemasukan juga harus rajin dicatat, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

4. Bisa dijadikan sebagai sampingan

Keuntungan lain dari usaha barbershop ini adalah bisa dijadikan sebagai usaha sampingan. Misalnya Anda adalah seorang pegawai kantor dan pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan tetap Anda, kemudian barbershop adalah usaha sampingan Anda.

Barbershop milik Anda tersebut jam bukanya dapat menyesuaikan dengan jam pulang kantor Anda. Agar kedua pekerjaan ini dapat berjalan lancar, manage waktu Anda sebaik mungkin.

Kendala Usaha Barbershop

Kendala Usaha Barbershop

Tak hanya kelebihan saja, usaha ini pun memiliki kendala khusus yang mungkin dihadapi oleh pemilik usaha. Berikut adalah contoh beberapa kedala:

  • Untuk mendapatkan orang sudah berpengalaman sebagai pekerja barber mungkin agak sulit. Sebab seorang barber yang memiliki pengalaman pasti akan meminta gaji yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam memilih pekerja sebagai langkah awal dalam menjalankan usaha.
  • Banyaknya usaha barbershop di masyarakat, menyebabkan timbulnya persaingan yang ketat. Akan tetapi, hal tersebut dapat diatasi dengan fasilitas usaha yang Anda miliki serta pelayanan yang dapat menciptakan kepuasan pelanggan.
  • Pada saat mencuci rambut pelanggan, limbah buangan yang berasal dari sisa sampo tersebut dapat mencemari lingkungan. Anda harus memikirkan kendala tersebut apabila Anda peduli dengan lingkungan.
  • Ketika sedang ramai pengunjung yang akan memangkas rambut di tempat Anda dan tenaga kerja yang ada terbatas, dikhawatirkan akan mengecewakan pengunjung. Sebab pengunjung harus mengantre lama untuk mendapatkan giliran.
  • Alat pemangkas rambut tidak dapat digunakan ketika pemadaman listrik. Alat-alat pemangkas yang digunakan menggunakan energi listrik, akan sangat mengganggu jika terjadi pemadaman listrik. Mungkin bisa diatasi dengan pemangkasan manual tetapi pasti akan sangat lama dan pekerja harus mempunyai keahlian khusus.

Rincian Modal Usaha Barbershop

Rincian Modal Usaha Barbershop

  • Biaya sewa tempat Rp.1.000.000,00 per bulan
  • Modal operasional Rp.1.500.000,00 per bulan

Total biaya wajib per bulan Rp.2.500.000,00 per bulan

  • Biaya alat-alat pangkas rambut
    • Alat cukur: Rp. 700.000,00
    • Sisir: Rp. 30.000,00
    • Gunting rambut: Rp. 100.000,00
    • Gunting sasak: Rp. 75.000,00
    • Handuk kecil (satu set): Rp. 180.000,00
    • Kap penutup badan: Rp. 90.000,00
    • Pisau cukur: Rp. 40.000,00
    • Botol semprot: Rp. 30.000,00
    • Sikat bulu: Rp. 25.000,00
    • Jepit buaya satu pack: Rp. 25.000,00
    • Mangkuk sabun: Rp. 10.000,00
  • Biaya perlengkapan
    • Kursi pangkas rambut: Rp. 2.500.000,00 per 2 item
    • Cermin dan meja rias: Rp. 3.000.000,00 per 2 item
    • Cermin kecil: Rp. 25.000,00
    – Cetak brosur: Rp. 300.000,00

Total biaya awal Rp.12.130.000,00

Untuk modal awal yang harus Anda siapkan adalah sekitar Rp.6.805.000,00 dan biaya tersebut tidak dikeluarkan setiap bulan, hanya diawal Anda membangun usaha barbershop ini. Untuk biaya yang wajib Anda keluarkan setiap bulan adalah biaya sewa tempat dan biaya operasional.

Analisa Laba dari Usaha Barbershop

Analisa Laba dari Usaha Barbershop

Setelah menghitung seluruh modal yang dikeluarkan, Anda harus menentukan tarif yang akan Anda patok di usaha barbershop Anda. Usahakan jangan terlalu mahal dan jangan terlalu murah agar waktu untuk balik modal tidak terlalu lama. Sesuaikan dengan harga yang ada di pasaran.

Misal Anda memasang tarif Rp.15.000,00 untuk satu orang. Dalam sehari pengunjung yang datang untuk memangkas rambut sekitar 20 orang. Penghasilan yang Anda dapatkan adalah Rp.300.000,00 dalam satu hari. Kemudian untuk satu bulan Anda akan mendapatkan omzet sebesar Rp.9.000.000,00.

Apabila pengunjung yang datang ke barbershop Anda semakin harinya berkembang secara signifikan, bisa dipastikan dalam dua atau tiga bulan penghasilan yang Anda dapatkan dapat membuat Anda balik modal.

Anda dapat memperkerjakan karyawan pangkas rambut dengan sistem gaji tetap atau komisi untuk meningkatkan keuntungan bisnis barbershop Anda. Jika memiliki modal lagi, Anda juga bisa membuka cabang barbershop. Sehingga keuntungan yang didapat berlipat lebih banyak.

Bisnis barbershop ini juga bisa dipastikan akan sangat ramai ketika menjelang hari raya idul fitri. Bisa juga selepas masa liburan anak waktu mereka akan masuk sekolah kembali.

Tertarikkah Anda untuk membuka usaha barbershop? Usaha ini sangat berpeluang besar untuk memperoleh keuntungan yang besar. Usaha jasa lain yang juga berpeluang besar adalah usaha cuci sepatu, laundry, cuci motor, usaha bengkel motor dan lain-lain.

Usaha Barbershop : Peluang serta Analisa Bisnisnya (Terlengkap)

Add Comment