Site icon Sumber Informasi

5 Tanaman Langka (Macam-macam tanaman dan cara melestarikan)

Tanaman Langka – Kita tentu sering mendengar kata ‘langka’. Langka merupakan keadaan suatu makhluk hidup baik tanaman maupun hewan yang sudah sulit dicari karena populasinya yang sudah semakin sedikit.biasanya jumlah makhluk hidup yang dapat dibilang langka jumlah keberadaannya tidak lebih dari 10.000. Kata langka dipakai karena tidak mengenal batasan kriteria yang lebih jelas.

Langka beda halnya dengan punah. Langka merupakan makhluk hidup yang populasinya berkurang sehingga sulit dicari, sedangkan punah merupakan suatu makhluk hidup yang populasinya sudah benar-benar habis. dikatakan punah jika spesies terakhir makhluk hidup tersebut tidak dapat berkembang biak lagi. Indonesia pun memiliki berbagai macam makhluk hidup yang sudah langka ditemui.

Apa Penyebab dari Kelangkaan?

Kita tentu sering mengetahui ada beberapa tanaman di Indonesia bahkan di dunia yang terancam punah dan juga langka. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan tanaman ini menjadi punah dan langka. Ada 3 faktor yang dapat menyebabkan populasi tumbuhan dan hewan semakin rendah ataupun hingga punah. Berikut beberapa faktor kepunahan tersebut.

1. Habitatnya dirusak

Alasan pertama dan utama adalah perusakan habitat dari makhluk hidup tersebut. Manusia sering tidak memikirkan apa akibatnya juga mereka akan membuka lahan baru dengan merusak lahan sebelumnya. Akibatnya tumbuhan atau hewan juga akan terancam keselamatannya dan akan mati, padahal bisa saja makhluk hidup tersebut sudah langka.

2. Polusi yang semakin tinggi

Tak hanya polusi udara saja yang dapat mengancam kelestarian makhluk hidup, tetapi dengan hujan asam, sampah-sampah plastik, serta pemakaian pestisida akan membunuh pertumbuhan dari makhluk hidup yang ada. Misalnya saja hujan asam dapat mengubah unsur kimia di suatu perairan yang dapat mengakibatkan habitat di sekitarnya akan mati.

3. Pemburuan Ilegal

Kita tentu sering mendengar berita tentang pemburuan ilegal yang semakin marak terjadi. Pemburuan binatang yang langka dengan cara menyiksanya, pemburuan tanaman-tanaman langka yang menarik. Tentu hal tersebut jika dilakukan terus menerus akan merusak populasi dari makhluk hidup tersebut sehingga kita akan jarang dan tidak akan bisa menemukannya lagi.

Macam-macam Tanaman Langka Di Indonesia

1. Rafflesia Arnoldii

Merupakan tanaman yang memiliki ciri khas bunga yang berukuran besar. Tidak heran bunga rafflesia ini termasuk dalam jenis bunga terbesar di dunia. Bunga khas Indonesia ini pertama kali ditemukan di Bengkulu pada tahun 1818. Pada saat sekarang bunga ini sudah mulai langka dan masuk ke dalam kategori tanaman langka khas Indonesia.

Ternyata Rafflesia Arnoldii ini tidak memiliki daun untuk melakukan proses fotosintesis. Anda dapat menemukan bunga ini di Sumatra antara Bengkulu, Sumatra Selatan dan Jambi). Adapun untuk melestarikan bunga ini dengan membuat tempat konservasi bunga rafflesia Arnoldi, tempat konservasi di Sumatra ada di Taman Nasional Kerinci Seblat.

Bunga ini juga memiliki aroma yang kurang sedap karena menimbulkan aroma busuk yang akan mengundang hewan seperti lalat berdatangan. Bunga rafflesia ternyata tidak dapat bertahan sampai lama. Biasanya bunga rafflesia akan bertahan selama 5-7 hari saja. Karena bunga Rafflesia Arnoldi berukuran besar, maka tentu beratnya pun mencapai 11 kilogram.

2. Damar

Pohon damar merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh di Maluku, Sulawesi hingga di Jawa. Biasanya getah damar akan diambil oleh para pemanen damar. Pohon damar dapat mencapai tinggi sebesar 60 sampai 65 meter. Sedangkan untuk diameter pohonnya adalah mencapai 1,5 meter.

Bentuk daun dari tanaman ini adalah runcing sedangkan ujung daunnya membulat. Tanaman ini tumbuh di daerah hutan yang mempunyai curah hujan yang cukup tinggi yang biasanya berada di dataran rendah dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia sendiri pohon damar dapat anda temui daerah pegunungan Jawa.

3. Ulin

Merupakan jenis kayu yang memiliki kekuatan dan ketahanan yang cukup baik. Tanaman kayu yang berasal dari Kalimantan ini merupakan tanaman asli dari Indonesia. Tinggi pohon ini dapat mencapai ukuran 30 sampai 35 meter. Di Indonesia sendiri terdapat 4 macam kayu ulin seperti ulin lilin, ulin tando, ulin kapu dan ulin tembaga.

Pohon ulin dapat tumbuh di dataran yang rendah dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Karena memiliki kayu yang sangat kuat dan awet maka kayu ini sering digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti membuat lantai rumah, pintu, pondasi dan lain sebagainya.

4. Anggrek tebu

Anggrek tebu merupakan salah satu jenis dari tanaman anggrek yang terbesar. Panjang dari tanaman ini dapat mencapai 3 meter dan diameternya berukuran 1,5 sampai 2 cm saja. Kita juga dapat menyebutnya dengan sebutan anggrek harimau, anggrek macan, ataupun anggrek ratu. Nama ilmiah dari anggrek tebu ini adalah Grammatophyllum cominsii.

Bunga dari anggrek ini dapat mencapai diameter 10 cm. Disebut anggrek tebu karena bentuk batang dari tanaman ini menyerupai tanaman tebu. Bunganya berwarna kuning dan berbintik cokelat. Jika berbunga tanaman ini dapat bertahan hingga 2 bulan lamanya. Perlu anda ingat jika tanaman anggrek tebu harus terkena sinar matahari langsung.

5. Daun payung

Daun payung terkenal karena bentuknya yang sangat besar, tak heran jika tanaman ini dijuluki sebagai daun raksasa. Di Indonesia tanaman ini dapat anda temui di Pulau Sumatra khususnya Sumatra Utara. Daun raksasa ini memiliki nama latih yaitu Johannesteijsmannia altifrons. Dinamakan daun payung karena di Malaysia daun ini digunakan sebagai atap.

Ukuran daun payung dapat mencapai 6 meter untuk lebarnya sedangkan untuk panjangnya mencapai 2,5 meter. Daun payung yang memiliki warna hijau ini memiliki tekstur yang keras dan berduri. Bentuknya pun di bagian tengah daun melebar dan di ujung daun meruncing. Tanaman langka ini tidak dapat bertahan lama jika terkena sinar matahari langsung.

6. Edelweiss Jawa

Merupakan jenis tanaman asli Indonesia yang sering ditemukan oleh pendaki sebuah gunung , karena tanaman ini tumbuh di dataran tinggi. Tanaman edelweiss jawa dapat mencapai tinggi maksimal 6 meter. Tumbuh subur di daerah pegunungan karena tanah di pegunungan dapat meningkatkan tanaman ini mencari zat hara yang diperlukan untuk pertumbuhan.

Bunga edelweiss pun terlihat sangat indah. Bunga ini juga disenangi oleh serangga untuk tempat hinggap mereka. Sayangnya keindahan bunga edelweiss ini sekarang jarang kita temui, populasi edelweiss semakin menipis karena sering dipetik oleh para pendaki gunung. Semakin sering dipetik maka tanaman ini akan semakin sedikit populasinya.

7. Tengkawang

Tanaman tengkawang adalah tanaman asli Indonesia yang hanya dapat anda temui di pulau Kalimantan. Tanaman ini adalah tanaman penghasil minyak lemak yang memiliki nilai harga tinggi. Pohon tengkawang sendiri mempunyai banyak jenis seperti tengkawang kijang, tengkawang bani, tengkawang layar, tengkawang bungkus, tengkawang gunung, dan lainnya.

Biasanya pohon tengkawang tumbuh baik di kawasan hutan, tapi tak jarang saat ini jenis pohon tengkawang ditanam oleh masyarakat. Buah tengkawang ini juga disukai oleh binatang-binatang di hutan karena memiliki nilai gizi yang tinggi. Bagi masyarakat sendiri buah tengkawang akan diambil lalu dijemur ataupu dikeringkan dengan cara di asap.

Kayu tengkawang dapat digunakan untuk bangunan dan termasuk dalam jenis kayu meranti merah. Biji tengkawang yang sudah dikeringkan tadi akan dijadikan minyak dengan ditumbuk. Minyak tengkawang berguna untuk bumbu masakan dan juga obat tradisional. Karena tanaman ini sudah langka beberapa jenisnya sudah dilindungi oleh peraturan pemerintah.

8. Kantong Semar

Dalam bahasa inggris kantong semar biasa disebut dengan nama Tropical Pitcher Plant. Kantong semar tumbuh di daerah tropis di dunia. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman karnivora. Di Indonesia anda dapat menjumpai tanaman ini di Pulau Sumatra dan Kalimantan khususnya Borneo.

Ciri dari tanaman ini mempunyai tinggi yang mencapai 15-20 meter. Pada bagian daunnya terdapat sulur yang membentuk sebuah kantong. Kantong ini berfungsi sebagai alat untuk menangkap makanan yaitu hewan seperti serangga, katak, dan lainnya. Selain untuk menangkap makanan kantong ini berfungsi sebagai pemenuh nutrisi bagi kantong semar.

9. Bunga bangkai

Sesuai namanya bunga asli Sumatera ini memiliki aroma yang tak sedap seperti bangkai. Bunganya pun berukuran sangat besar dan bisa mencapai diameter 5 meter. Bunga ini menghasilkan bau busuk dengan maksud memancing kedatangan serangga, lalat, dan hewan lainnya untuk membantu penyerbukan bunga bangkai.

Bunga bangkai juga kerap disamakan dengan rafflesia arnoldi karena ukurannya yang besar dan menghasilkan aroma yang tidak sedap. Saat sedang mekar bunga bangkai biasanya dapat bertahan selama satu minggu saja yaitu 7 hari mekar. Bunga nya berwarna merah, hijau dan jingga. Kita dapat menemuinya di daerah hutan hujan di Bengkulu dan Lampung.

 

Macam-macam Tanaman Langka Di Dunia

Tak hanya di Indonesia saja, tetapi di dunia banyak tanaman dan hewan yang semakin sedikit populasinya. Untuk itu ada banyak tanaman dan hewan yang juga di lindungi oleh peraturan dari tiap daerah supaya menjaga kelestarian dari makhluk hidup tersebut. Faktor yang menjadikan populasinya sedikit pun banyak yang diakibatkan oleh tingkah manusia.

1. Venus Flytrap

Merupakan salah satu tanaman karnivora yang menjadikan serangga sebagai makanan utamanya. Tanaman ini memiliki bulu yang halus pada bagian daunnya yang peka terhadap sentuhan. Jadi jika ada serangga atau hewan yang mendekat maka akan langsung dilahap oleh tanaman venus ini. Anda bisa menemukan tanaman ini di Carolina Selatan dan utara.

2. Tanaman Dinamit

merupakan salah satu tanaman langka yang tumbuh di daerah tropis seperti Amazon, Amerika Serikat. Tanaman ini memang sangat unik dengan batang nya yang memiliki duri yang tajam dan beracun. Tinggi dari tanaman ini juga dapat mencapai 30 meter. Tanaman ini cukup berbahaya karena memiliki buah yang dapat meledak jika sudah matang.

Ledakan dari buah dinamit sendiri dapat mencapai 100 meter dari pohonnya. Getah dari pohon dinamit juga beracun, meskipun demikian tak jarang kayu pohon dinamit digunakan sebagai bahan dasar membuat furnitur. Tanaman atau pohon dinamit juga memiliki beberapa nama lain seperti sandbox tree dan ada juga yang menyebutnya sebagai pohon neraka.

3. Euphorbia Obesa

Merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari daerah gurun di Afrika. Memiliki ukuran diameter sebesar 6 sampai 15 cm. Tanaman ini sering diambil dan dijadikan hiasan karena bentuk nya yang menarik sama seperti bola. Akibatnya populasi dari bunga Euphorbia Obesa menurun secara drastis dan termasuk tanaman yang di lindungi di Afrika.

4. Tanaman Jericho

Merupakan tanaman yang memiliki bunga yang cukup indah. Tanaman ini merupakan spesies yang berasal dari daerah gurun di Timur Tengah dan juga Amerika Tengah. Tanaman ini memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap lingkungan sekalipun lingkungan yang sangat kering. Batangnya akan menggulung jika cuaca mulai panas dan kering.

5. Welwitschia

Merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki biji terbuka. Meskipun memiliki batang yang sangat pendek, tetapi batang ini sangat kuat dan juga tebal. Daunnya bis amencapai besar 2 sampai 4 meter. Tumbuhan ini hidup di daerah gurun di Afrika dan awal ditemukannya sekitar seribu tahun yang lalu. Welwitschia dianggap sebagai fosil hidup.

6. Snowdia Hawkweed

Adalah tanaman yang memiliki bunga yang begitu indah. Tanaman ini ditemukan di Snowdia, Wales, sesuai nama tanaman ini. Bunga nya memiliki bentuk yang sederhana dengan warna kuning yang menawan. Populasi bunga ini semakin menipis karena banyak diambil untuk hiasan dan juga banyak dari spesies bunga ini yang sudah tidak berkembang biak lagi.

7. Ghost Orchid

Dinamakan ghost karena beberapa puluh tahun yang lalu tanaman ini sudah mengalami kepunahan dan tidak dapat ditemukan kembali. Tetapi akhir-akhir ini tanaman ghosh orchid kembali dapat kita temui di beberapa daerah. Tumbuhan ini tidak memiliki daun sehingga tidak dapat memproduksi makanannya sendiri dan tidak dapat melakukan proses fotosintesis.

8. Enchephalartos Woodii

Tanaman ini termasuk kategori tanaman langka karena Enchephalartos Woodii ditemukan tumbuh liar sekitar tahun 1985 di Afrika Selatan. Oleh karena itu tanaman ini dilindungi pemerintah dengan Undang-Undang. Tanaman ini bisa bertumbuh jika dikawinkan antara betina dan jantan, tetapi di dunia sangat sulit ditemukan Enchephalartos Woodii betina.

9. Middlemist Red

Dianggap sebagai tanaman yang paling langka di dunia karena hingga sekarang hanya ditemukan 2 sample dari tanaman ini. Pertama kali ditemukan di sebuah taman di New Zealand sedangkan tanaman kedua ditemukan di Britania Raya. Middlemist Red ini merupakan tanaman yang berasal dari Cina yang kemudian dibawa ke Britania Raya.

10. Yellow and Purple Lady Slippers

Merupakan kelompok orchid yang tumbuh secara liar di benua Eropa. Tetapi anda juga dapat menemukan beberapa spesies dari tanaman ini di Britania Raya. Tanaman ini termasuk tanaman yang dilindungi oleh pemerintah serta diatur dalam sebuah Undang-Undang. Untuk menyediakan makanannya sendiri orchid sangat bergantung dengan jamur tipe tertentu.

 

Cara Melestarikan Tanaman Langka

Ada 2 jenis usaha yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian dari makhluk hidup atau tanaman langka.

1. In Situ

Adalah suatu usaha pelestarian alam yang dilakukan di dalam habitat aslinya. Lebih jelasnya in situ merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh manusia untuk menjaga kelesatarian alam tanpa merusak atau memindahkan tempat tinggal mereka. Contoh dari pelestarian in situ adalah pembuatan cagar alam, suaka margasatwa, hutan lindung, taman nasional, dan lainnya.

2. Ex Situ

Merupakan kebalikan dari in situ dimana ex situ merupakan usaha menjaga kelestarian alam dengan cara memindahkan makhluk hidup dari habitat aslinya ke tempat lain untuk di pelihara. Contoh dari usaha pelestarian ex situ adalah kebun raya atau kebun botani, taman safari, kebun binatang, kebun plasma, dan masih banyak lainnya.

 

Penutup

Saat ini tanaman dan hewan sangat memprihatinkan kondisi dan populasinya. Banyak makhluk hidup yang sengaja diambil untuk di konsumsi publik dengan tidak memperhatikan populasi dari tanaman dan hewan tersebut. Alhasil hewan dan tanaman langka pun akan sering bermunculan. Untuk itu kita perlu untuk menjaga kelestarian dari tumbuhan dan hewan supaya terhindar dari kelangkaan dan kepunahan.

5 Tanaman Langka (Macam-macam tanaman dan cara melestarikan)

Exit mobile version