Game PSP

10+ Game PSP Terbaik Sepanjang Masa Tak Boleh Terlewatkan

Game PSP Terbaik  – PlayStation Portable, saat ini masih menjadi jenis permainan game yang banyak diminati. Game PSP ini bisa dimainkan menggunakan perangkat Android maupun PC. PSP sendiri sudah mulai berhenti berproduksi sejak tahun 2014.

Namun jika Anda masih ingin bernostalgia dengan memainkan gamegame lawas PSP ini, masih ada beberapa tipe game yang sangat layak untuk Anda mainkan. Jika Anda ingin memainkan PSP melalui perangkat Android, sebaiknya gunakan emulator.

Beberapa Opsi Game PSP Terbaik

Meskipun tidak ada lagi tipe terbaru dari PSP, namun permainan lamanya masih memiliki banyak sekali peminat. Jika Anda ingin permainan PS terbaru Anda bisa akses PlayStation Vita. Bagi Anda yang ingin tahu apa saja PSP terbaik yang bisa Anda mainkan hingga sekarang, berikut ini beberapa opsinya :

1. Daxter

Daxter

Game PSP yang pertama adalah Daxter. Game ini dibuat dengan platform 3D. Seperti namanya, dalam game ini Anda akan berperan sebagai karakter Daxter. Daxter ini sendiri adalah sejenis ottsel dan memiliki peran bugs exterminate.

Tugas utama yang menjadi target Anda akan mencari Jak yang merupakan teman Daxter. Anda harus melawan Krimzon Guard untuk mendapatkan teman Anda kembali. Didesain dengan cukup simpel, permainan game ini juga terbilang mudah dimainkan.

Untuk memenuhi target, Anda akn dibekali dengan senjata spray gun dan electric bug swatter. Selain itu, Anda juga akan disuguhan dengan beberapa kendaraan selama perjalanan Anda memenuhi misi.

Beberapa kendaraannya adalah Service Zoomer, Scooter, Ranger Zoomer, dan Betsy. Daxter ini adalah sebuah spin off dari series multi million-selling Jak and Daxter.

2. Gran Turismo

Gran Turismo

Berbeda dengan Daxter, kali ini Anda disuguhkan dengan jenis game balapan yang cukup legendaris. Sejak rilis, Gran Turismo sudah meraih gelar game racing PSP terpopuler. Hal ini juga bisa dibuktikan dengan banyaknya penjualan Gran Turismo.

Dalam game ini, Anda akan ditawari dengan 800 mobil pilihan terbaik. Selain itu, ada juga truk balap sejumlah 35 buah. Biasanya racing game dilengkapi dengan style career-based racing mode, namun berbeda dengan Gran Turismo.

Gran Turismo menawarkan style game yang lebih menarik, yakni open-ended style. Style permainan ini memungkinkan Anda untuk memilih beberapa komponen game sesuka hati. Mulai dari level lawan, jumlah lap, track, dan mobil untuk balapan.

Mode permainan atau sistem permainan Gran Turismo ini mengandalkan drift mode challenge dan time trials. Saat menjalankan permainan, ada beberapa challenge yang harus Anda selesaikan dalam waktu yang telah ditentukan juga.

3. God of War : Chains of Olympus

God of War Chains of Olympus

Pada tahun 2008, developer game Ready at Dawn Studios berhasil mengembangkan game God of War : Chains of Olympus. Game ini dikhususnya dalam versi game PSP. Saat Anda memilih untuk memainkan game ini, karakter yang harus Anda mainkan bernama Kratos.

God War versi ini, memiliki alur cerita yang cukup lama. Setting waktu dalam permainan ini adalah bertahun-tahun sebelum adanya pertempuran Ares dan Kratos. Tantangan yang harus Anda hadapi dalam game ini adalah para makhluk mitologi Yunani.

Latar tempat dalam melawan makhluk mitologi ini adalah dunia bawah tanah. Anda akan menjalankan tantangan tersebut atas perintah para dewa yang ada dalam game ini.

Penjualan copy-an game God of War : Chains of Olympus ini terbilang cukup banyak. Tidak heran jika game ini patut Anda coba sebagai game PSP terbaik pilihan.

4. Ratchet & Clank : Size Matters

Ratchet Clank Size Matters

Game yang satu ini telah rilis setahun sebelum rilisnya PS2, tepatnya di tahun 2007. Jika anda sangat menyukai game petualangan ber-genre action, maka Size Matters dari Ratchet & Clank ini bisa Anda coba.

Tantangan yang harus Anda jalankan dalam game ini adalah menemukan anak kecil yang diculik. Dalam game ini, Anda juga akan dihadapkan pada sebuah robot pintar bernama Technomites. Asiknya lagi, Anda akan ditawari dengan berbagai fitur menarik dalam game.

Salah satu fitur menariknya adalah Shrink Ray. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk merubah karakter pemain jadi lebih kecil, sehingga mudah masuk ke area yang memang sempit untuk dijangkau.

Tidak hanya itu, senjata canggih pun bisa Anda dapatkan di sini. Shocker dan Agents of Doom adalah bentuk senjata yang bisa Anda manfaatkan untuk menyelesaikan misi.

5. Crisis Core : Final Fantasy VII

Crisis Core Final Fantasy VII

Untuk Anda yang merupakan pecinta game RPG (Role Playing Game), maka Crisis Core ini bisa jadi pertimbangan game PSP yang bisa Anda mainkan. Game ini berhasil dikembangan oleh Square Enix. Dalam game ini Anda akan berperan sebagai Zack Fair.

Zack Fair sendiri adalah seorang member SOLDIER yang ada dalam naungan Shinra Electric Power Company. Game ini akan memberikan Anda tantangan untuk menemukan partner kerja sesama SOLDIER yang bernama Genesis Rhapsodos.

Dalam alur ceritanya, Zack Fair akan mengalami banyak rintangan dan pengkhianatan. Dengan story line yang cukup menarik ini, Crisis Core : Final Fantasy berhasil dijual dengan total copy hingga 3 jutaan. Tidak bisa diragukan, Anda bisa coba PSP terbaik yang satu ini.

6. Shin Megami Tensei : Persona 3 Portable

Shin Megami Tensei Persona 3 Portable

Game ini merupakan game series yang dikembangkan oleh Atlus. Sebelum memainkan game ini, Anda diberi hak untuk menentukan pilihan karakter protagonist baik perempuang maupun pria. Dalam alur ceritanya, kedua protagonis akan terlibat dengan perkumpulan sekolah rahasia.

Selama tergabung di dalamnya, karakater game akan dihadapkan dengan makhluk mengerikan yang memangsa orang di saat dark hour. Dark hour sendiri adalah waktu 1 jam sebelum jam menunjukkan pukul 24.00.

Untuk melawan makhluk mengerikan tersebut, Anda akan dibekali dengan kemampuan sihir unik dan juga senjata khusus. Ada beberapa level game yang bisa Anda pilih sesuai kemampuan. Terdapat level pemula yakni beginner, kemudian level mudah easy, normal, hard, dan juga maniac.

7. Tekken : Dark Resurrection

Tekken Dark Resurrection

Tekken : Dark Resurrection adalah seri kelima dari Tekken yang merupakan game pertarungan legendaris. Game ini sudah dirilis sejak tahun 2006. Ada total 30 karakter yang bisa Anda mainkan dalam game ini.

Karakter yang Anda pilih pada permainan ini, akan bermain dalam rank battle dengan pemain ‘Ghost’. Mode yang digunakan pada PSP yang satu ini adalah Tekken Dojo. Artinya setiap Anda berhasil mengalahkan Ghost, Anda bisa bisanaik level ke Dojo selanjutnya.

Terdapat fitur pemilihan karakter sesuai selera dalam game ini. Tekken seri kelima ini sudah mencapai penjualan yang cukup tinggi. Tidak heran jika game ini direkomendasikan sebagai PSP terbaik untuk Anda mainkan.

8. Grand Theft Auto

Grand Theft Auto

Tidak mau kalah dari PSP lainnya, Grand Theft Auto ini sudah meraih penjualan yang tinggi hingga 8 jutaan. Mode permainan yang berlaku pada game ini adalah mode open world. Dengan mode ini, karakter yang Anda mainkan harus melalui berbagai misi penyelesaianan alur cerita.

Karakter dalam permainan ini memiliki kebebasan yang absolut, yang mana Anda bebas melakukan penembakan, pencurian senjata atau kendaraan, dan lain sebagainya.

9. Monster Hunter Series

Monster Hunter Series

Monster Hunter Series dapat dikatakan sebagai salah satu game series yang berhasil meraih penjualan tinggi. Game ini berhasil dikembangkan oleh Capcom. Genre yang diangkat dalam game ini adalah action fantasi.

Dalam game ini, Anda akan dihadapkan pada misi mengalahkan monster. Sedangkan karakter Anda adalah sebagai pemburu monster tersebut. Sama seperti beberapa game action lain, saat berhasil menyelesaikan satu misi, Anda bisa upgrade sentaja dari reward yang diperoleh.

10. Metal Gear Solid : Peace Walker

Metal Gear Solid Peace Walker

Jika Anda adalah pecinta game ber-genre action adventure, maka Peace Walker ini bisa jadi permainan PSP terbaik untuk dicoba. Setting waktu yang digunakan pada game ini adalah tahun 1974. Game ini punya jalan cerita yang cukup menarik untuk dimainkan.

Berbekal misi penyelamatan Negara, Anda akan menjadi karakter Big Boss militer dengan segala trik permainan di dalamnya. Negara yang akan Anda selamatkan memiliki nama Kosta Rika. Negara ini dikenal sebagai Negara tanpa militer.

Dengan kondisi Negara yang tanpa militer ini, Kosta Rika pun diserang oleh pasukan yang ingin mengambil alih kedudukan Negara tersebut.

Menariknya, dalam game ini Anda akan disuguhkan dengan fitur CO-OPS. Fitur ini memungkinkan Anda berinteraksi dengan pemain lain.

Melalui interaksi yang bisa dilakukan ini, Anda bisa menukar atau saling berbagi senjata kekuatan dengan para pemain di dalamnya. Tidak hanya fitur CO-OPS, Anda juga akan mendapati fitur Snake Formation.

Fitur ini akan membantu mengatur pasukan penyerangan Anda. Ada posisi untuk pertahanan dan ada juga posisi untuk leader tim.

Beberapa game PSP di atas sudah rilis sejak beberapa tahun lalu. Meskipun begitu, beberapa game masih sangat seru untuk dimainkan. Dengan berbagai macam genre game, Anda bisa memainkan PSP tersebut di layar smartphone Anda. Namun Anda juga bisa lebih leluasa memainkannya pada layar PC.

10+ Game PSP Terbaik Sepanjang Masa Tak Boleh Terlewatkan

Leave a Reply