Kumpulan Gambar Doodle Terkeren yang Mudah untuk Kamu Tiru !

Gambar Doodle – Apakah Anda mengetahui apa itu doodle? Apabila Anda melihat sebuah gambaran berupa garis acak seperti coretan namun terlihat seperti gambar nyata yang disamarkan maka bisa jadi bahwa yang baru saja Anda saksikan tersebut merupakan contoh gambar doodle. Meskipun tidak semua gambarnya dari benda atau makhluk real, namun karakteristik yang paling menonjol adalah ragam coretannya.

Sejarah Doodle

Gambar Doodle
Gambar Doodle

Tidak ada kepastian mengenai sejarah bagaimana gambar ini terus berkembang dari zaman ke zaman. Hal yang paling jelas, doodling adalah teknik gambar yang sudah ada sejak kehidupan manusia purba ada. Contohnya adalah lukisan di goa – goa yang menggambarkan perburuan mereka. Meskipun hanya sebatas gambar tak beraturan seperti babi hutan dan cap tangan saja, namun itu sudah merupakan doodle art.

Pada 1930an muncul kata “doodle”, “doodling”, dan “for doodle”, dimana diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan untuk membuang waktu karena malas. Anak muda sekarang menyebutnya dengan istilah “gabut”.

Suatu ketika ada sebuah film yang menceritakan tentang yang coretan dapat berfungsi untuk membantu orang dalam membuat kerangka pikir. Film tersebut berjudul “Mr. Deeds Goes to Town”. Pelaku utamanya menyebut – nyebut “doodle” juga dalam prolog audionya.

Gambar Doodle

Gambar Doodle
Gambar Doodle

Bagaimana cara mengidentifikasi bahwa gambar tersebut merupakan doodle art? Ketidak teraturan, kepadatan garis, dan coretannya yang spontan lah yang membedakannya dari gambar biasa. Untuk lebih memahaminya, coba perhatikan contoh gambar doodle berikut!

Gambar Doodle Angka

Gambar Doodle Angka
Gambar Doodle Angka

Coba lihat dan perhatikan baik – baik! Gambar di atas terlihat sepeerti coretan namun padat dan tertata dengan epic. Unsur garisnya begitu banyak membentuk gambar – gambar yang berasal dari benda atau makhluk real yang mengitari objek pokok berupa angka, yakni 18. Ada ulat, kucing, anjing, ikan, katak, dinosaurus, dan lain – lain yang semuanya sengaja untuk disamarkan.

Mungkin saja 18 adalah umur dari seseorang yang telah menggambarnya, atau bisa jadi setiap item yang digambar disekitarnya berjumlah 18, ada 18 burung, 18 ular, 18 monster, dan lain – lain. Mungkin Anda bisa mencoba untuk menghitung demi membuktikannya.

Gambar Doodle Batik

Gambar Doodle Batik
Gambar Doodle Batik

Berbeda dengan batik yang digambar biasanya, objek utama dari doodle art ini sebenarnya adalah seorang gadis. Tersamar oleh coretan dan garis di dalamnya yang mengambil unsur – unsur bertemakan alam. Ada gambar bunga, tanaman, dan daun. Semua dikreasikan dengan ketebalan garis yang khas.

Gambaran seperti di atas bisa saja mengandung makna tersembunyi. Bukan hanya sekedar keisengan seniman atau seseorang saja yang membuatnya. Artinya bisa bermacam – macam, akan tetapi yang bisa dibaca secara subyektif disini adalah kecantikan seorang gadis belia. Objek gambar sudah pasti perempuan, sedangkan bunga adalah sesuatu yang sedang tumbuh mekar dengan cantik.

Gambar Doodle Berwarna

Gambar Doodle Berwarna
Gambar Doodle Berwarna

Tak hanya dibuat secara monochrome atau hitam putih, banyak juga doodle yang dibuat berwarna warni. Tujuannya adalah membuat objek menjadi semakin hidup. Sentuhan warna ini memberikan arti tersendiri, seperti pada contoh di atas jika diartikan secara subyektif maka bisa jadi gambar tersebut bermakna impian seorang gadis.

Objek utama adalah kepala seorang gadis dengan sekitarnya terdapat gambar berupa bintang, gedung, tanda panah pelangi, awan, dan monster – monster yang bisa diartikan sebagai teman mauun orang – orang yang hidup di sekitarnya. Dibubuhi dengan beraneka macam warna, misalnya kuning untuk impian, merah untuk keberanian, coklat untuk perjalanan, dan warna biru untuk kesedihan dan tantangan.

Gambar Doodle BTS

Gambar Doodle BTS
Gambar Doodle BTS

Jelas, gambar ini merupakan karya dari salah satu Army, nama fandom dari Bang Tan Boys. Sebuah boy band terkenal dari Korea Selatan yang sedang populer. Kecintaannya terhadap idola ia tuangkan ke dalam bentuk doodle dengan fokus yang terletak pada tengah gambar, yaitu tulisan BTS. Kemungkinan nama creatornya adalah “Sania”. Tergambar sebagai monster kecil dengan mahkota di atas tulisan.

Disekitarnya tertulis nama bias yang paling diidolakan yakni Jin, Jimin, Suga, Jungkook, dan J-Hope. Gambar di sekitarnya merupakan representasi dari karakter masing – masing bias dan mungkin juga menggambarkan army – army lain yang mengidolakan group K-Pop yang sama.

Gambar Doodle Buah Buahan

Gambar Doodle Buah Buahan
Gambar Doodle Buah Buahan

Berbeda dengan doodle – doodle sebelumnya, gambar ini menunjukkan bermacam – macam buah seperti aslinya. Tanpa menghilangkan ciri utama gambar dodle yaitu ketidakaturan, semua buah yang digambar juga bebas tidak terletak pada satu bidang datar yang sama dan terlihat melayang. Ada gambar nanas, pisang, anggur, alpukat, cherry, delima, dan lain – lain.

Gambar Doodle Buat Pacar

Gambar Doodle Buat Pacar
Gambar Doodle Buat Pacar

Sebagai ungkapan kasih sayang terhadap kekasihnya, seseorang menggambar doodle ini. Fokus dari gambar ini merupakan tulisan “I Love U” yang dibuat di tengah berdekatan dengan gambar kotak hati dan sepasang anak manusia di bawahnya.

Beberapa gambar di sekitarnya juga ikut menjelaskan betapa orang tersebut sedang kasmaran dimabuk cinta. Ada banyak tulisan “love”, cake, hati, love card, surat cinta, bunga mawar, burung merpati sebagai lambang kesetiaan, dan lain – lain.

Gambar Doodle Burung

Gambar Doodle Burung
Gambar Doodle Burung

Meskipun hanya dibuat satu objek saja, namun di dalamnya terdapat garis, titik, dan lengkungan yang beraneka macam, tidak beraturan, namun memiliki pola. Bisa jadi sang illustrator doodle membuatnya sebagai simbol tertentu, misalnya kebebasan. Burung yang terbang seringkali dianggap sebagai ikon dari kata bebas.

Kumpulan Gambar Grafiti Terkeren yang Mudah untuk Kamu Tiru !

Gambar Doodle Coffee

Gambar Doodle Coffee
Gambar Doodle Coffee

Bisa jadi doodle art di atas digambar pada sebuah coffee shop. Dengan menu andalannya Coffee Latte yang merupakan favorit banyak orang. Ditambah dengan beberapa gambar kudapan seperti bread, donat, cake, susu, dan tea yang juga menjadi menu yang disiapkan di kedai tersebut. Ia juga menuliskan “Happy Time” sebagai representasi dari waktu luang tepat untuk datang dan meminum kopi bersama.

Gambar Doodle EXO

Gambar Doodle EXO
Gambar Doodle EXO

EXO merupakan sebuah group boy band yang saat ini sedang TOP dari Korea Selatan. Seorang EXO Fans Yorobun (nama fandom) group SM ini mengekspresikan kecintaannya kepada sang idola dengan menggambar semua member satu per satu yaitu Chanyeol, Sehun, Baek Hyun, Zahng Yixing, Kim Jiin Myun, Do, Lu Han, Jong Dae, Yi Fan, Zitao, Kyungsoo, dan Minseok.

Hal seperti ini biasa dilakukan oleh para fandom sebagai wujud dukungan dan ekspresi kegembiraan untuk biasnya. Dengan mudah Anda juga bisa menemukan doodle untuk Shinee, Super Junior, Black Pink, bahkan juga artis Amerika seperti Justin Bieber.

Gambar Doodle Karakter

v
Gambar Doodle Karakter

Secara acak, seorang doodle artist membuat gambar karakter yang digambar dengan random, padat, dan terinspirasi dari benda – benda di sekitarnya. Anda bisa melihat karakter hidup yang bentuk awalnya merupakan sebuah pensil, gurita, labu, burung hantu, awan, ice cream, tikus, kelinci dan lain – lain. Semua benda – benda dibuat memiliki mata dan mulut seolah – olah mereka seperti manusia.

Gambar Doodle Google

Gambar Doodle Google
Gambar Doodle Google

Google adalah salah satu search engine yang paling banyak dipergunakan di seluruh dunia saat ini. Semua informasi dari berbagai belahan dunia bisa diperoleh, termasuk saat ada event olah raga tertentu. Mungkin saja gambar doodle di atas bertepatan dengan piala dunia atau pesta olahrga sejenisnya. Hal ini bisa dilihat dari gambar net, bola, jersey sepakbola, radio, piala, dan lain – lain.

Pembuat gambar berusaha memberitahu bahwa segala macam informasi mengenai liga sepak bola tersebut bisa diakses melalui google, dari laga permainannya, para pemain, berbagai selebrasi yang dilakukan, dan lain sebagainya.

Gambar Doodle Kupu Kupu

Gambar Doodle Kupu Kupu
Gambar Doodle Kupu Kupu

Menggambarkan kecantikan dan alam, doodle kupu – kupu ini sekilas terlihat seperti gambar ilustrasi biasa. Akan tetapi di dalam tubuh dan sayap kupu – kupu tersamarkan gambar bunga dan dedaunan. Meskipun tidak diberi warna namun garis dan motif yang dibuat cukup menggambarkan keindahan yang natural.

Gambar Doodle Liberty

Gambar Doodle Liberty
Gambar Doodle Liberty

Sebuah patung simbol selamat datang yang ada di Sungai Hudson Amerika Serikat menjadi fokus atau objek utama dari doodle art di atas. Di dalamnya terdapat gambar – gambar tersamar yang menyimpan arti tersendiri. Beberapa hal yang bisa dilihat pada ketidak teraturan gambar adalah lambang perdamaian, burung hantu, gambar orang, dan juga baju zirah yang digambar seperti karakter yang tidak real.

Gambar Doodle Lucu

Gambar Doodle Lucu
Gambar Doodle Lucu

Tersusun atas gambar karakter yang padat dan lucu. Mungkin saja orang yang menggambar sedang mengekspresikan kebahagyannya. Tak satupun karakter menunjukkan kesedihan. Hampir semua terlihat begitu bahagya. Satu hal real yang tertangkap penglihatan adalah gambar seorang bayi kecil. Bisa saja kebahayaannya terjadi karena orang tersebut sedang memiliki seorang bayi atau adik baru.

Gambar Doodle Makanan

Gambar Doodle Makanan
Gambar Doodle Makanan

Bisa dilihat bahwa gambar diatas merupakan sekumpulan makanan yang digambar seperti karakter yang hidup. Ada cake, ice cream, burger, donat, soda, dan lain – lain. Gambar doodle makanan itu juga bisa merepresentasikan ungkapan kebahayaan dan suka cita. Atau mungkin, ada seseorang yang menggambar semua jenis makanan favoritnya.

Kumpulan Cerita Dongeng Terpopuler dan Terbaik Sepanjang Masa !

Gambar Doodle Monster

Gambar Doodle Monster
Gambar Doodle Monster

Doodle di atas adalah sekumpulan gambar monster yang lucu. Ada yang seperti gurita, sossis, robot, jamur, plankton, dan lain – lain. Meskipun merupakan monster, tapi jika diperhatikan lagi monster – monster tersebut sedang berjoget dan menari.
Hal ini ditandai dengan tulisan “boom shaka laka” dan tulisan “disco”. Jadi, bukan untuk mengekspresikan sebuah ketakutan, namun kesenangan dan kebebasan yang teramat sangat.

Gambar Doodle Nama

Gambar Doodle Nama
Gambar Doodle Nama

Adalah sebuah gambar yang terfokus pada sebuah nama Ismi Kherunisa. Di sekitarnya terdapat banyak gambar lucu berupa permen, pensil, boneka, bintang, dan lain – lain. Gambar disekitarnya bisa ditafsirkan sebagai dari karakter pemilik nama tersebut. Bisa jadi ia adalah seorang sosok kreatif yang lucu, penyuka musik dan donat, memiliki banyak teman, serta selalu ceria.

Gambar Doodle Robot

Gambar Doodle Robot
Gambar Doodle Robot

Corat coret ketidak teraturan juga ditunjukan oleh gambar doodle di atas. Sebagian besar merupakan gambar ilustrasi robot. Kemungkinan besar tema dari hasil karya tersebut berkaitan dengan teknologi. Atau bisa juga hanya untuk kesengan semata. Keasyikan dari doodle art untuk para penikmatnya adalah cara interpretasi yang beraneka ragam. Tak heran jika menimbulkan multi tafsir dalam memberikan penilaian.

Gambar Doodle Ulang Tahun

Gambar Doodle Ulang Tahun
Gambar Doodle Ulang Tahun

Ilustrasi dari sebuah pesta juga bisa digambarkan lewat coretan doodle. Seperti pada pesta ulang tahun di atas. Terfokus pada tulisan “Happy Birthday” yang langsung membuat siapa saja tahu bahwa gambar tersebut merupakan sebuah perayaan bertambahnya usia seseorang. Ada kue ulang tahun super besar, topi kerucut, kotak hadiah, cake, nada lagu, balon, bunga, dekorasi, dan seorang birthday boy.

Gambar Doodle Workshop

Gambar Doodle Workshop
Gambar Doodle Workshop

Merepresentasikan sebuah gambar tentang kegiatan workshop tidak harus selalu dengan gambar nyata. Anda bisa berkreasi dengan cara doodling. Seperti pada gambar di atas. Ada gambar pengisi acara, lampu sebagai lambang ide dan gagasan, gedung, jam, komputer, dan lain – lain.

Kumpulan Cerita Fabel yang Mengandung Pesan Moral, Bagus untuk Anak Anda !

Gambar Doodle “Doodle Art”

Gambar Doodle “Doodle Art”
Gambar Doodle “Doodle Art”

Menggambarkan dari arti apa itu definisi dari doodle, gambar di atas begitu menarik dan lucu. Corat coretnya bisa terlihat dari gambar karakter yang tidak nyata, kepadatannya sangat kentara, dan bentuk – bentuk dasar dari objek masih bisa terlihat seperti donat, kucing, monster, kelinci, pohon, dinosaurus, awan, dan lain – lain.

Di luar sana masih banyak contoh gambar doodle yang bisa Anda temukan. Tak hanya di internet, pada mural jalanan, kompetisi, gambar ilustrasi pada benda – benda seperti buku dan kotak pensil bisa saja mengandung gambar tersebut.

Cara Membuat Gambar Doodle

Cara Membuat Gambar Doodle
Cara Membuat Gambar Doodle

Setelah melihat berbagai contoh di atas, apakah Anda tertarik untuk mencoba menggambarnya? Jangan takut dengan kerumitannya, langkah – langkahnya bisa dipelajari. Tidak banyak hal yang dibutuhkan, hanya seperangkat alat tulis berupa kertas dan pensil atau spidol, serta imajinasi. Gambar doodle juga bukan sebuah gambar real, jadi pikiran dan tangan bebas melakukan apa saja.

1. Buatlah Sketsa Utama!

Untuk para pemula, sketsa diperlukan. Hal yang pertama perlu digambar adalah objek utama. Bebas apa saja, bisa tulisan inisial nama, pohon, matahari, kue, balon, dan lain – lain. Sketsa ini bisa membantu Anda untuk mengarahkan gambar apa yang selanjutnya akan dibuat.

2. Tebalkan dan Perjelas

Setelah sketsa utama jadi, mulailah untuk menebalkan dengan garis – garis yang tegas. Jika pada awalnya Anda memakai pensil, maka untuk memperjelas gantilah dengan drawing pen atau spidol. Tebalkan sambil mengira – ira bagian mana yang akan diarsir, mana yang akan dikembangkan, atau mana yang akan diberi warna.

3. Tambahkan Gambar Pendukung

Selesai dengan urusan memperjelas fokus gambar, kini saatnya Anda menambahkan beberapa gambar di sekelilingnya. Aturannya bebas. Bahkan Anda bisa menggambar apa saja dengan ukuran yang tidak proporsional. Contoh: misalnya objek utama adalah matahari, di sekelilingnya Anda bisa tambahkan bintang, aneka planet, awan, bunga, manusia, tanaman, atau bahkan jemuran.

Bahkan Anda bisa menambahkan gambar apa saja yang tidak sesuai dengan tema. Semua bebas, ekspresikan imajinasi serta perasaan Anda saat menggambar, sehingga doodle akan terlihat lebih natural dan memiliki kesan dalam pada diri Anda.

4. Beri Warna

Apabila Anda menghendaki gambar hitam putih saja, maka tambahkanlah arsiran dan pertegas mana saja yang perlu dihitamkan dan mana saja yang dibiarkan tidak diberi warna. Untuk Anda yang ingin memberi warna lain maka silakan. Dengan diwarnai, doodle akan terlihat semakin hidup dan ciamik. Pemberian warna pun bebas. Matahari tidak selalu oranye, daun tidak selalu hijau, dan bunga tidak selalu pink.

Pemberian warna bisa memakai cat air, spidol, crayon, atau pensil warna biasa. Teknik gradasi sangat direkomendasikan. Setelah memberi warna, jika Anda ingin memajang gambar tersebut, bisa langsung ditempel atau dibingkai terlebih dahulu.

Cara-cara dan contoh beragam gambar doodle diatas tentunya bisa menjadi referensi Anda dalam menggambar atau membuat karya doodle yang bagus. Tetap semangat!

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Gambar Doodle

1 thought on “Kumpulan Gambar Doodle Terkeren yang Mudah untuk Kamu Tiru !”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: