17+ Contoh Iklan Layanan Masyarakat yang Unik, Menarik, Efektif

Iklan Layanan Masyarakat – Iklan merupakan media promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan (iklan komersial) atau suatu lembaga (ikan non-komersial). Baik itu iklan komersial maupun non-komersial, tujuannya sama yaitu untuk mengajak masyarakat untuk memakai suatu produk atau merupakan ajakan untuk melakukan kebiasaan baik. Iklan layanan masyarakat (ILK) itu sendiri merupakan jenis iklan non-komersial.

Sebab tidak ada target materil. Iklan layanan masyarakat ini adalah jenis iklan yang menampilkan pesan-pesan sosial yang tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap isu sosial yang diangkat dalam iklan tersebut. Di bawah ini terdapat karakteristik dan beberapa jenis iklan layanan masyarakat.

Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Narkoba

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Jangan jadikan narkoba sebagai pelarian.”

“Ketika tekanan mendera, dan hidup terbebani dengan beban berat, jiwa dan langkah kehilangan arah. Saat itulah, narkoba mengulurkan tangan-tangan kejinya, merenggut karir, merampas pekerjaan, menjauhkan orang-orang tercinta, tidak ada tempat untuk lari. Kecuali menguatkan diri dan kembali ke pelukan keluarga. Jauhi Narkoba!! Sayangi keluarga!”

“Selamatkan anak-anak kita dari bahaya penyalahgunaan Narkoba.”

“Dunia terasa indah tanpa Narkoba.”

“Narkoba hanya merusak masa depan. Jangan pernah coba-coba.”

“Narkoba menjahkan dengan orang-orang tersayang.”

“Narkoba, kenikmatan sesaat yang menjerumuskan.”

“Narkoba pelarian paling salah memicu sejuta masalah.”

“Generasi emas bebas narkoba.”

“Terus berkarya tanpa narkoba.”

“Narkoba merusak rencana indahmu di masa depan.”

Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Merokok

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Stop Merokok!”

“4000 zat kimia Anda hisap dan dua kali lipatnya dihirup oleh orang lain yang tak merokok. Sudah cukup rokok membunuh nyawa tak berdosa.”

“Hidup sehat tanpa merokok.”

“Jauhi Rokok sekarang  juga!”

“Merokok membunuhmu!”

“Merokok sama dengan menggali kubur diri sendiri.”

“Manis, sih. Tapi sayang, pembunuh. Stop merokok! Satu batang rokok mengandung 4000 racun yang menyebabkan penyakit dan penyebab kematian. Sehat itu mahal !”

“Mungkin saja menurut sebagian remaja merokok itu terlihat keren, bagi sebagian wanita merokok adalah gaya hidup. Namun, apakah Anda tahu apa yang terkandung dalam sepuntung rokok? Ada lebih dari 4000 zat kimia yang berbeda dan 43 di antaranya diketahui sebagai pemicu Kanker!! Jadi, masihkah anda tetap merokok????? Berhenti sekarang juga!”

“Tiap kali Anda hisam rokok itu, maka rokok akan membunuhmu hidup-hidup. Merokok merusak dan menghancurkan organ secara perlahan. Rokok juga akan merusak jaringan vital tubuhmu, jantung, paru- paru, mulut, gigi, tenggorokan dan otak. Berhenti merokok sekarang juga. Rokok membunuhmu hidup-hidup!!”

“Matikan rokok sekarang juga. Atau rokok mematikan Anda dan orang terdekat Anda.”

“Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan. Sayangi keluarga dan diri Anda, berhenti merokok sekarang juga!”

“Rokok membunuhmu perlahan.”

Iklan Layanan Masyarakat Global Warming

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Pemanasan global merupakan suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Dampak dari pemanasan global diperkirakan akan mengakibatkan perubaha-perubahan di bumi. Salah satunya meningkatnya fenomena cuaca ekstem, naiknya permukaan air laut, hilangnya glester dan punahnya berbagai jenis hewan. Bertindaklah sekarang juga. Selamatkan Bumi Kita!”

“Jika Anda mencintai Bumi ini. Jika Anda mencintai anak ccu Anda, maka bertindaklah sekarang juga.”

“Lestarikan pohon, selamatkan Bumi. Stop Global Warming.”

“Tanam satu pohon di rumahmu, dan kau telah menjadi pahlawan bagi bumi.”

“Mari gunakan kendaraan umum untuk mengurangi dampak gas rumah kaca.”

“Mulailah dengan berjalan kaki dari rumah ke kantor, maka satu gerakan kecil ini akan mengisirasi jutaan masyarakat di Bumi.”

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Posyandu

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Anak harus diajak ngobrol dan bermain. Agar mereka mau makan 3x sehari, diselingi buah 2x agar anak sehat dan tinggi. Itu merupakan salah satu cara agar Anak Bergizi Tinggi Berprestasi.”

“Pantau tumbuh kembang putra putri Anda di posyandu terdekat.”

“Ingat, selalu cek kondisi ibu hamil oleh bidan di posyandu.”

Iklan Layanan Masyarakat Makanan

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Sayur dan buah bisa membuat tubuh sehat dan melindungi kita dari berbagai macam penyakit. Sadarilah sedari dini manfaat mengonsumsi sayur dan buah untuk menuju keluarga sehat dan Indonesia yang sejahtera. Sayur dan buah setiap hari. Sehat dan Cerdas, Pasti!”

“Makanlah makanan sehat, bergizi dan seimbang.”

Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Demam Berdarah Dengue

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Kelembapan udara membuat nyamuk aedes aegypti berkembang biak.  Nyamuk berkembang biak ditempat yang tergenang air, nyamuk menggigit sembari menyebarkan parasit ke darah. Mereka menggigit dan menyebarkan dari orang yang terinfeksi virus. Akibatnya, bila tak acuh pada dan lingkungan. Waspada demam berdarah, nyamuk aedes aegypti. Ada Disekitar Kita!!”

“Waspadalah terhadap cuaca yang tak menentu. kelmbapan udara membuat nyamuk aedes aegypti berkembang biak. Nyamuk berkembang biak ditempat yang tergenang air, nyamuk menggigit sambil menyebarkan parasit ke darah. menggigit dan menyebarkan dari orang yang terinfeksi virus. IAkibat bila tak acuh pada dan lingkungan. Waspada demam berdarah, nyamuk aedes aegypti. Ada Disekitar Kita!!”

“Mari lakukan gerakan 3 M untuk mencegah perkembang-biakan nyamuk Aides Agepty. Menguras bak mandi, menutup bak penampungan ir dan engubur sampah yang berpotensi digenangi air. Ayo mulai dari diri sendiri.”

“Biasakan menerapkan pola hidup bersih pada lingkungan Anda. Agar tiada celah bgi Aides Agepty berkembangbiak di lingkungan Abda. Tanggap DBD.”

Iklan Layanan Masyarakat Lingkungan / Go Green

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Ada tindakan yang lebih bijaksana. Daripada membuang sampah sembarangah, kita dapat memanfaatkan kembali botol bekas air mineral ini untuk dijadikan vas bunga, tempat pensil dan celengan. Kita harus mulai peduli tentang dampak yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan.”

“Selamatkan pohon kita. Jangan lukai pohon dengan paku!”

“Yuk hindari menempel papan pengumuman atau iklan di pohon!”

“Hijau alamku, damai hidupku.”

“Yuk, hijaukan duniamu.”

“Jangan jadikan hutan sebagai dongeng bagi anak cucu kita.”

“Hematlah energimu untuk generasi berikutnya.”

“Lestari alamku sejahtera hidupku.”

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pendidikan

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Sekolah merupakan rumah kedua bagi kita, guru ialah orang tua dan sahabat yang membimbing kita. Pelajar berbudi pekerti, cinta, damai dan saling tolong menolong, memiliki rasa belas kasih. Bersahabat dan tersenyum bersama.”

“Pelajar Indonesia.. Pelajar Berbudi Pekerti! Bakti putra bangsa diawali rasa hormat pada orang tua menghargai ilmu dengan rajin belajar, berdo’a dan bersyukur kepada Allah SWT. disiplin, terti, jujur, bertanggung adalah cermin pelajar berjiwa patriot. Menghargai guru dan menghargai bangsa, negaranya . Ini Pelajar Indonesia. Pelajar Berbudi Pekerti !!”

”Satukan hati, wujudkan cita-cita mereka.”

“Mari sukseskan program wajib belajar 12 tahun.”

Iklan Layanan Masyarakat Hemat Energi Listrik

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Yuk sama-sama biasakan mematikan lampu di siang hari. Cabut chareger ketika selsai mengisi daya. Mulailah dari diri kita sendri. Listrik terkontrol, nyaman di hati!”

“Hemat energi, untuk bumi yang lebih baik.”

“Istirahatkan lampu bila tak dgunakan.”

“Mematikan lampu dan peralatan elekronik satu jam sehari setara dengan memberikan akses listrik kepada satu rumah tangga kecil di daerah terpencil.”

“Ayo hemat energi! Matikan lampu dan peralatan saat tidak digunakan.”

“Hemat energi, untuk masa depan yang lebih baik.”

Baca : Contoh Slogan

Iklan Layanan Masyarakat Lalu Lintas

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Hati-hati d jalan. Keluarga Anda menanti di rumah.”

“Gunakan helm bagi pengendara roda dua dan kenakan sabuk pengaman bagi Anda pengendara mobil. Hati-hat di jalan, semoga saelamat sampai tujuan.”

“Nyaman berkendara dengan menggunakan helm , sarung tangan dan jaket.”

“Ingat GATEL. Gerakan Tertib Lalu Lintas.”

“Bahaya menggunakan gadget saat berkendara.”

“Pastikan semuanya baik-baik saja. Jangan lupa periksa kelayakan kendaraan Anda sebelum berkendara.”

“Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.”

“Ingin selamat? Taati peraturan lalu-lintas.”

“Hati-hati di jalan, jangan lupa berdoa, keselamatan Abda adaah yang nomor satu.”

“Patuhi aturan lalu lintas dan berkendaralah dalam kecepatan yang wajar.”

“Masih jaman naik motor ngga pakai helm?”

“Patuhi aturan berkendara, jangan asal ngegas!”

“Jalanan memang bukan milikmu seorang, tetapi milik seluruh masyarakat. Jadi adilah pengendara yang taat aturan.”

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Membuang Sampah Sembarangan

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Hari gini buang sampah di sungai, nggak banget kali!”

“Mari bersama-sama memelihara keindahan dan kerapian dengan tidak buang sampah sembarangan.!”

“Generasi milenial sadar kebersihan di mana saja. Buang sampah pada tempatnya!”

“Jangan dikit-dikit pakai plastik. Sampah plastik adalah sampah yang sulit terurai, bahkan butuh ribuan tahun untuk dapat diurai di tanah. Jadi, stop jadi kontributor sampah untuk bum tercinta.”

“Jangan biarkan kota dan jalanan ini kotor.”

“Ngak perlu kekuatan super untuk jadi pahlawan, buang sampah pada tempatnya aja cukup!”

“Ingat, satu sampah elektronik memiliki 1000 material berbahaya.”

“Bebas sampah, bebas banjir.”

“Jangan biarkan sampah mengotori lingkunganmu. Buanglah sampah pada tempatnya.”

“Jadilah agen perubahan, mari sulap sampah jadi rupiah.”

Iklan Layanan Masyarakat Mencuci Tangan

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Ayo cuci tanganmu pakai sabun.”

“Yuk, cuci tanganmu sebelum makan.”

“Ayo mulai perilaku hidup sehat dengan rajin cuci tangan pakai sabun.”

“Hati-hati wabah penyakit di tanganmu! Selalu cuci tanganmu ketika sebelum makan, setelah dari toilet dan setelah bepergian atau bermain dengan sabun dan air mengalir. Pastikan tangan Anda senantiasa bersih.

Iklan Layanan Masyarakat Menggosok Gigi

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Selamatkan gigimu dari kuman.”

“Sikat gigi dengan pasta gigi agar  gigi terawat dan mulut sehat.”

“Rajin sikat gigi sebelum tidur sama halnya dengan menghindari gigi berlubang.”

“Yuk rajin menyikat gigi pagi dan malam hari, agar gigi terawat dan bebas dar kuman penyebab bau mulut dan gigi berlubang.”

“Mari biasakan gosok gigi dengan baik dan benar. Yaitu dengan gerakan sikat secara vertikal.”

Iklan Layanan Masyarakat tentang Bahaya Pergaulan  Bebas

“Jangan sia-siakan masa mudamu! Hindari seks bebas sekarang juga!”

“Stop seks bebas!”

“Mari jadi generasi berprestasi, jauhi perlaku seks bebas!”

“Jangan sampai terjerumus, jauhi seks pra-nikah.”

“Bersama hindari HIV/AIDS. Hindari seks bebas.”

“Berteman? Yes! Pacaran? No!”

“Nongkrok asik tanpa Alkohol, rokok dan narkoba.”

Iklan Layanan Masyarakat tentang Gadget dan Media Sosial

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Era digital ini bukan lagi mulutmu harimaumu, namun jarimu pisaumu. Jangan terlena mengomentari kehidupan orang lain sementara kita lupa seperti apa diri kita.”

“Selalu berhati-hatilah Anda dalam berkomentar. Kenyataannya, sosial media tak seindah drama Korea.”

“Jangan biarkan waktumu terbuang untuk gadgetmu. Mari istirahatkan gadget kita dan mulai mengerjakan hal-hal yang bermanfaat.”

“Mari menjadi generasi yang bijak dan pintar dalam bersosial media.”

“Kenali, waspadai dan hindari kejahatan di sosial media.”

“Stop Hoax. Klarifikasi, konfirmasi dan validasi informasi yang Anda terima.”

“Sudah bijakkah kamu dalam bersosial media?”

“Stop tebar hoax, mari tebar kebaikan.”

“Stop cyber-bullying!”

“Hati-hatilah kala memposting di sosial media. Bisa jadi orang lain sedang mengais informasi dari sosial media Anda.”

“Jangan biarkan hate speech dan hoax jadi kebiasaanmu. Mulai dengan satu jam tanpa sosmed!”

“Sudahkah kita puasa gadget hari ini?”

“Mari simpan gadgetmu, mulailah ngobrol dengan orang terdekatmu.”

Iklan Layanan Masyarakat tentang Imunisasi

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Ayo, lindungi buah hati Anda dari kesakitan, kecacatan dan kematian karena penyakit campak dan rubella. Segera berikan Imunisasi MR.”

“Yuk lindungi buah hati Anda dari bahaya campak dan rubella dengan imunisasi MR.”

“”Nggak mau sakit kan? Ayo datang ke pekan imunisasi Nasional.”

“Bersama wujudkan cakupan imunisasi yang tinggi dan merata.”

“Aku sehat karena sudah imunisasi MR.”

“Sayangi buah hati Anda dengan imunisasi campat dan rubela.”

“Yuk berikan imunisasi pada anak, agar tak gampang sakit.”

Iklan Layanan Masyarakat tentang SADARI (deteksi kanker payudara)

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

”Tiga dari sepuluh wanita tak menyadari gejala awal kanker payudara. SADARI, periksa payudara sendiri sebagai langkah awal deteksi kanker payudara.”

“Selalu ada waktu untuk sinema favorite, namun jangan sampai tak ada waktu untuk SADARI deteksi dini kanker payudara.”

Iklan Layanan Masyarakat tentang Hemat Air Bersih

“Satu liter air yang kita buang mungkin bermanfaat bagi mereka di daerah yang kekurangan air bersih. Mari hemat air untuk keseahteraan seluruh masyarakat.”

“Sepertiga bumi kita adalah air, namun tak menjamin seluruh pelosok bumi mendapat akses air bersih.  Bijaklah menggunakan air!”

“Gunakan air dengan bijak dan sewajarnya!”

Iklan Layanan Masyarakat tentang Gerakan Makan Ikan

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Makan ikan, atau tenggelamkan!”

“Ikan bergizi tinggi, sehat dan enak.  Apapun jenis kannya, lemak yang terdapat pada ikan adalah lemak tak jenuh. Mudah dicerna tubuh dengan baik.”

“Ikan mengandung omega tiga yang baik untuk perkembangan tak, terutama bagi janin dalam kandungan ibu. Jadi jangan ragu lagi untuk makan ikan.”

“Ikan adalah sumber gizi teramah bagi katong masyarakat Indonesia, gizinya pun tidak kalah dengan sumber protein hewani lainnya.”

Iklan Layanan Masyarakat tentang Keluarga Berencana

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Dua anak, cukup.”

“Ayo ikut Kb, 2 anak cukup!”

“Ayo ikut KB. Untuk atasi ledakan jumlah penduduk.”

Iklan Layanan Masyarakat tentang Stop Nikah Dini

‘“Ogah nikah muda, gua pengen jadi sajrana.”

“Nikah muda? Sekolah dulu  kali!”

Iklan Layanan Masyarakat tentan Pentingnya Berolahraga

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

“Mari biasakan pola hidup sehat dengan makan-makanan yang bergizi, istirahat yang ckup dan olah raga teratur.”

“Olah Raga dengan porsi yang tepat akan memelihara kebugaran dan kesehatan Anda.”

“Mulailah seribu langkah Anda dengan satu langkah kecil. Jalan kaki dan perbanyak aktivitas fisik.”

“Cegah obesitas dengan pola makan sehat yang teratur, dan rutin berolahraga.”

“Perbanyak aktivitas fisik dan ikuti berbagai event olah raga. Agar tubuh selalu fresh dan sehat.”

Beberapa Iklan Layanan Masyarakat berbagai tema di atas merupakan sebagian kecil dari iklan yang dibuat oleh instansi resmi pemerintah dengan fungsi non-materil atau sebagai bentuk himbauan. Iklan tersebut juga sebagai ajakan bagi  masyarakat Indonesia agar melakukan suatu pola atau tindakan terhadap suatu masalah. Semoga beberapa contoh iklan layanan masyarakat di atas bagi Anda, terima kasih.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Iklan Layanan Masyarakat

2 Comments

  1. deni oktaviano 24 January 2019
  2. citry geniza 29 April 2019

Leave a Reply