35 Rekomendasi Desain Rumah Desa Modern dan Kekinian

Desain Rumah Desa – Setiap orang pasti memiliki suatu impian dalam semua hal, salah satunya adalah rumah. Rumah idaman dibangun sedemikian rupa agar sesuai dengan ekspektasi dan tentunya memberikan rasa nyaman juga aman. Bagi Anda yang tinggal di wilayah pinggiran atau kampung, bisa mencari contoh desain rumah desa yang terkini untuk dijadikan referensi membangun rumah.

Desain Rumah Desa Modern dan Kekinian

1. Rumah Desa Minimalis

Rumah Desa Minimalis

Bagi Anda yang tinggal di desa atau perkampungan tidak menutup kemungkinan untuk membangun sebuah rumah dengan gaya minimalis. Konsep minimalis memang menjadi trend di beberapa tahun terakhir karena desainnya yang tergolong simple namun memberikan look yang cantik.

Contoh gambar seperti diatas bisa menjadi referensi Anda saat membangun rumah impian di desa. Rumah model ini berbentuk persegi dengan aksen 2 pintu di bagian tengah sehingga rumah tersebut bisa menjadi pusat perhatian. Teras rumah juga dibuat sambung dengan pintu dan ada garasi kecil yang menjorok ke belakang pada bagian samping.

2. Rumah Minimalis Berpagar Depan

Rumah Minimalis Berpagar Depan

Rumah minimalis bisa Anda terapkan saat membangun rumah di kawasan desa. Contoh desain rumah desa seperti gambar diatas sangat cocok untuk Anda yang memiliki lahan tidak terlalu luas. Adanya pagar di bagian depan juga akan mempercantik rumah. Paduan warna coklat, krem dan hitam juga terkesan mewah dan elegan.

3. Rumah Minimalis Simple

Rumah Minimalis Simple

Gambar diatas adalah salah satu contoh desain rumah desa sederhana yang bisa Anda jadikan referensi saat membangun rumah kelak. Rumah konsep ini cocok untuk Anda yang memiliki lahan sempit. Agar rumah tampak luas, Anda hanya perlu kreatif dalam memilih warna dan memaksimalkan setiap ruangan yang ada. Gunakan perpaduan warna saja seperti putih dan merah bata.

4. Rumah Desa Klasik

Rumah Desa Klasik

Gambar diatas adalah salah satu contoh desain rumah yang sangat umum Anda temui di kawasan desa. Rumah ini termasuk rumah klasik karena pada bagian atap dibuat semi joglo layaknya rumah di daerah Jawa dengan teras depan yang langsung dibatasi tembok selutut. Ornament pada bagian tembok depan juga menjadi ciri khas desain rumah desan klasik ini.

5. Rumah Joglo Sederhana

Rumah Joglo Sederhana

Desain rumah joglo seperti gambar diatas pasti masih banyak ditemui di wilayah pedesaan kawasan pulau Jawa. Desain rumah semacam ini sangat simple dan sederhana. Atap rumah menggunakan genteng dengan bentuk tajug atau gunung. Dinding rumah biasanya menggunakan kayu jati. Rumah joglo biasanya dibuat agak tinggi dengan tangga dibagian depan pintu.

6. Rumah Desa Semi Belanda

Rumah Desa Semi Belanda

Gambar diatas bisa menjadi referensi Anda yang ingin membangun rumah di desa dengan konsep semi Belanda. Desain rumah seperti gambar diadaptasi dari bangunan Belanda di masa lampau. Yang menjadi ciri dari desain ini adalah adanya unsure bebatuan pada dinding depan atau bagian dinding bawah depan. Selain itu banyaknya jendela dan pintu juga menjadi ciri khas bangunan ini.

7. Rumah Desa Klasik Semi Belanda

Rumah Desa Klasik Semi Belanda

Rumah di kawasan kampung tidak selalu harus dibangun seperti rumah adat. Ada beberapa daerah yang desain rumahnya justru cenderung ke rumah klasik zaman Belanda sepetti contoh diatas. Desain rumah seperti gambar bisa menjadi referensi Anda yang ingin memiliki rumah klasik namun bergaya Belanda.

8. Rumah Desa Modern Minimalis

Rumah Desa Modern Minimalis

Desain rumah minimalis saat ini tidak hanya digunakan untuk rumah di daerah perkotaan saja, tetapi juga sudah banyak digunakan oleh masyarakat desa sebagai referensi desain untuk rumah mereka. Anda bisa membangun rumah seperti gambar diatas. Desain ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki lahan sempit di desa tetapi ingin membangun rumah yang cantik dan nyaman.

Rumah minimalis modern seperti contoh diatas tampak cantik dan elegan karena desain yang simple dan pemilihan warna abu-abu yang ditambah aksen merah pada bagian depan. Anda bisa menambahkan taman kecil di depan rumah agar tampak lebih segar.

9. Rumah Desa Sederhana

Rumah Desa Sederhana

Layaknya rumah di desa pada umumnya, contoh desain rumah desa seperti gambar diatas bisa menjadi referensi untuk Anda saat membangun rumah nanti. Desain ini dibuat sangat simple dengan teras depan yang dibuat agak luas. Teras depan bisa digunakan sebagai ruang tamu. Tambahkan hiasan tanaman pada bagian pojok sehingga suasana akan lebih segar dan nyaman.

10. Rumah Desa Simple dan Nyaman

Rumah Desa Simple dan Nyaman

Rumah seperti gambar diatas bisa menjadi pilihan Anda saat akan membangun rumah. Desain rumah semacam ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di kawasan pedesaan. Rumah dan teras depan dibuat sejajar dengan 2 tiang penyangga. Perpaduan warna dinding hijau tosca dengan keramik lantai berwarna putih sangat cantik dan elegan.

11. Rumah Simple di Gang Sempit

Rumah Simple di Gang Sempit

Rumah di desa atau kampung tidak selalu berlatar luas di bagian depan. Jika kebetulan Anda tinggal di desa yang padat penduduk bahkan harus di gang sempit, Anda bisa membuat desain rumah seperti gambar diatas. Rumah ini dibuat memanjang dengan teras depan yang minim. Agar rumah terasa luas, pilihlah warna yang terang dan minimalkan ornament rumah.

12. Rumah Minimalis Pagar Tembok dan Besi

Rumah Minimalis Pagar Tembok dan Besi

Contoh desain rumah di kampung tidak harus seperti rumah tradisional seperti zaman dahulu. Anda bebas berkreasi dan berinovasi dalam mendesain rumah agar lebih nyaman dan indah untuk dipandang. Seperti contoh gambar diatas, desain minimalis bisa menjadi pilihan untuk Anda para pasangan muda. Perpaduan warna coklat, krem dan putih menampakkan sisi elegan rumah tersebut.

Jika biasanya rumah minimalis di daerah kota dibuat dengan pagar yang menjulang tinggi, Anda bisa menggantinya dengan pagar setengah rumah dari paduan tembok dan besi saat membangun rumah minimalis di desa. Hal ini memberikan kesan yang tetap sederhana dan mau membaur dengan masyarakat sekitar.

13. Rumah Desa Dengan Kebun di Depan

Rumah Desa Dengan Kebun di Depan

Bagi Anda yang memiliki lahan cukup luas, Anda bisa membangun rumah seperti gambar diatas. Rumah ini desainnya sangat simple dan umum layaknya rumah di desa pada umumnya. Lahan yang luas khususnya di area depan dan samping rumah bisa dimanfaatkan sebagai kebun, misalnya ditanami pohon mangga, rambutan, jambu hingga tanaman obat.

14. Rumah Simple Semi Minimalis

Rumah Simple Semi Minimalis

Terbatasnya lahan kosong di era sekarangini tidak menutup kemungkinan untuk Anda membangun sebuah rumah impian. Lahan sempit sudah bukan menjadi masalah karena Anda hanya perlu memilih desain yang tepat seperti gambar diatas.

Desain rumah simple semi minimalis ini bisa menjadi referensi bagi pasangan muda yang ingin membangun rumah di wilayah pedesaan. Buatlah atap rumah menumpuk agar terlihat lebih elegan dan simple. Gunakan paduan warna yang kontras seperti abu-abu, kuning dan merah agar rumah Anda menjadi pusat perhatian.

15. Rumah Desa Full Colour

Rumah Desa Full Colour

Contoh desain rumah desa seperti gambar diatas bisa menjadi referensi Anda yang ingin membangun rumah di wilayah pedesaan dengan konsep full colour. Konsep ini sangat simple tetapi banyak menggunakan warna terang seperti hijau, merah dan kuning. Teras depan dibuat minimalis dengan garasi kecil di bagian semping.

16. Rumah Simple dengan Garasi Terbuka

Rumah Simple dengan Garasi Terbuka

Desain rumah seperti gambar diatas sangat cocok untuk Anda yang tinggal di kawasan desa. Rumah ini dibuat sederhana berkonsep semi minimalis. Garasi samping rumah dibuat terbuka sedangkan pada teras depan hanya menggunakan galvalum sebagai penutup. Agar tidak tampak kering, tambahkan hiasan bunga dan tanaman hijau.

17. Rumah Desa Modern Rindang Pepohonan

Rumah Desa Modern Rindang Pepohonan

Contoh desain rumah desa sepetti gambar diatas sangat cocok untuk Anda yang ingin rumah terbuka tetapi tetap asri dan hijau. Desain ini bisa dipakai baik dilahan yang sempit atau luas. Letak bangunan berada tepat di tengah dengan area samping dan depan ditanami pepohonan dan tanaman hijau.

18. Rumah Desa Halaman Luas

Rumah Desa Halaman Luas

Gambar desain diatas cocok bagi Anda yang memiliki lahan luas untuk dijadikan sebuah rumah idaman. Desain rumah dibuat sederhana dengan letak rumah di tengah dan dikelilingi pagar tembok besi. Tidak banyak ornamen yang digunakan. Bagian dinding depan hanya menggunakan kayu sedangkan dinding lainnya menggunakan batako ringan.

19. Rumah Panggung Kayu

Rumah Panggung Kayu

Contoh desain rumah seperti gambar diatas akan banyak Anda temui di kawasan Sumatera. Masyarakat disana memilih rumah semacam ini karena untuk melindungi diri dari serangan binantang buas dan terhindar dari seringnya banjir.

20. Rumah Putih Batako Batu

Rumah Putih Batako Batu

Jika Anda tinggal di wilayah desa yang memiliki suhu cukup dingin, contoh desain rumah desa seperti gambar diatas bisa dijadikan sebagai pilihan. Rumah ini tampak sederhana tetapi sangat cantik. Perpaduan batako putih, kayu, dan batu sangat menyatu dengan alam sekitar.

21. Rumah Mini Minimalis

Rumah Mini Minimalis

Rumah seperti gambar diatas bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki lahan sempit. Rumah mungil ini sangat sederhana, tetapi Anda bisa memaksimalkan fungsi rumah seperti meletakkan ruang tamu di depan rumah.

22. Rumah Panggung Mini Sederhana

Rumah Panggung Mini Sederhana

Jika Anda tinggal di kawasan hutan atau pedesaan dekat hutan, contoh desain rumah seperti gambar diatas bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda hanya membutuhkan material kayu yang digunakan sebagai dinding dan atas rumah.

23. Rumah Kayu Minimalis Abu-abu

Rumah Kayu Minimalis Abu-abu

Rumah minimalis juga bisa dibuat dengan material kayu seperti contoh gambar diatas. Agar tampilan rumah lebih cantik, berikan cat warna abu-abu pada dinding rumah, sedangkan pilar dan teras tetap dibuat warna natural kayu.

24. Rumah Mungil Ala Belanda

Rumah Mungil Ala Belanda

Anda yang tinggal di wilayah dataran tinggi bisa membuat rumah mungil seperti gambar diatas. Rumah semacam ini bisa dibuat dari material kayu atau bata yang dibuat persegi. Agar lebih terkesan seperti pemukiman di Belanda, Anda bisa menggunakan cat merah maroon dengan paduan ornamen putih.

25. Rumah Desa Sederhana Minim Lahan

Rumah Desa Sederhana Minim Lahan

Jika Anda tinggal di kawasan desa yang padat penduduk, cobalah membuat rumah seperti gambar diatas. Rumah ini dibuat memanjang dengan desain yang simple. Halaman depan rumah hanya diberikan vaping sehingga jalan menuju rumah lainnya tetap bisa dilalui.

26. Rumah Desa Samping Kebun

Rumah Desa Samping Kebun

Gambar diatas merupakan contoh desain rumah desa yang akan sering ditemui. Desain rumah dibuat sederhana dan simple dengan 2 tiang penyangga untuk teras depan. Desain ini dibuat dengan 1 pintu di bagian tengah dan 2 jendela di bagian samping.

27. Rumah Desa Lantai Tinggi

Rumah Desa Lantai Tinggi

Gambar diatas menjadi salah satu contoh basic rumah di desa. Biasanya pada setiap lantainya memang dibuat tinggi karena untuk terhindar dari banjir. Ornamen yang digunakan juga tidak banyak seperti material kayu pada penyangga teras depan.

28. Rumah Desa 3 Tiang Penyangga

Rumah Desa 3 Tiang Penyangga

Contoh desain rumah diatas banyak Anda temui di wilayah pedesaan atau kampung pinggir hutan. Desain rumah sangat simple dengan 2 tiang penyangga di teras depan. Atap rumah menggunakan asbes karena lebih ringan dan hemat biaya.

29. Rumah Persegi Atap Asbes

Rumah Persegi Atap Asbes

Salah satu contoh desain rumah desa yang banyak ditemui adalah seperti gambar diatas. Desain rumah ini hanya berbentuk persegi dengan pelengkap 1 pintu di bagian tengah dan jendela di bagian samping. Agar lebih menarik, gunakan warna cerah seperti hijau, kuning atau pink.

30. Rumah Panggung Mungil

Rumah Panggung Mungil

Kawasan pedesaan atau perkampungan yang berada di wilayah hutan sanagt cocok jika menggunakan desain seperti gambar diatas. Bahan material yang digunakan juga sangat murah yakni kayu jati atau mahoni untuk dinding dan atapnya. Agar tampilan lebih cantik, paduan 2 warna seperti coklat atau merah dan krem.

31. Rumah Minimalis dengan Taman Bunga

Rumah Minimalis dengan Taman Bunga

Memiliki hunian cantik di desa adalah impian setiap orang yang tinggal di daerah pedesaan. Jika bosan dengan desain yang klasik, Anda bisa membangun rumah dengan desain minimalis. Tidak perlu menambahkan pagar depan agar rumah lebih luas. Tambahkan taman bunga kecil dan rumput hijau di sisa lahan depan.

32. Rumah Desa Rasa Perumahan Elit

Rumah Desa Rasa Perumahan Elit

Membangun rumah dengan konsep minimalis tidak hanya untuk kawasan perumahan elit saja, melainkan Anda bisa membangunnya untuk hunian di desa. Contoh desain rumah desa bergaya minimalis seperti gambar diatas bisa Anda gunakan sebagai referensi. Pastikan menggunakan ornamen yang tidak berlebihan. Berikan desain batu bata pada bagian tengah dinding depan untuk mempercantik hunian.

33. Rumah Semi Belanda-Tradisional

Rumah Semi Belanda-Tradisional

Bagi Anda yang memiliki lahan yang luas untuk membangun rumah, gambar diatas bisa menjadi referensi Anda. desain semacam ini mengusung sisi tradisonal semi Belanda. hal ini terlihat dari bentuk bangunan yang sederhana seperti pada umumnya, sedangkan pemilihan pintu dan kacanya menggunakan jenis yang kotak-kotak seperti model rumah zaman Kolonial.

34. Rumah Desa Basic Atap Limas

Rumah Desa Basic Atap Limas

Contoh desain rumah desa seperti gambar diatas merupakan salah satu desain rumah desa yang sangat basic. Jika ingin membuat rumah dengan desain ini, Anda membutuhkan lahan yang cukup luas. Rumah ini memiliki 2 pintu besar di bagian tengah dan samping dengan latar teras yang lumayan luas.

35. Rumah Desa Minimalis Berliku

Rumah Desa Minimalis Berliku

Jika bosan dengan gaya rumah minimalis sederhana, Anda bisa mencoba desain minimalis berliku untuk hunian Anda di desa. Selain untuk memberikan kesan lapang pada bagian depan, rumah Anda juga lenih terlihat estetik. Tambahkan pagar besi ½ rumah untuk pemanis tampilan.

Beberapa contoh desain rumah diatas hanyalah sebagian referensi desain yang bisa dipilih untuk hunian Anda kelak. Masih ada banyak desain rumah desa dari berbagai daerah seperti beberapa contoh desain rumah Bali, rumah Gadang, hingga rumah Honai yang bisa Anda jadikan inspirasi. Desain manakah yang menjadi favorit Anda?

35 Rekomendasi Desain Rumah Desa Modern dan Kekinian

Add Comment