35 Desain Rumah Batu Alam (Bisa dicoba Dirumah)

Desain Rumah Batu Alam – Rumah hunian yang nyaman tentu menjadi idaman banyak orang di dunia. Rumah idaman bisa didapatkan dengan cara mendesainnya sesuai keinginan dan kebutuhan. Banyak contoh inspirasi desain rumah yang bisa dicoba, termasuk contoh desain rumah batu alam di bawah ini.

Batu alam merupakan salah satu material bangunan yang kini menjadi trend untuk diterapkan pada desain rumah. Hal ini dikarenakan batu alam memiliki keindahan yang alami dan bisa membawa ketenangan pada rumah.

1. Contoh Desain Rumah Batu Alam Model Bata

Contoh Desain Rumah Batu Alam Model Bata

Batu bata merupakan bahan bangunan yang sudah lazim digunakan. Namun akan lebih menarik jika penggunaan batu bata dijadikan sebagai motif dinding bagian depan rumah menggantikan cat tembok. Agar lebih indah, Anda bisa menggunakan batu alam model batu bata untuk memberi motif dinding.

2. Keramik Model Batu untuk Rumah Minimalis

Keramik Model Batu untuk Rumah Minimalis

Jika rumah Anda mengusung konsep rumah yang alami dan minimalis, Anda bisa mencoba menjadikan keramik dengan corak batu alam untuk melapisi tiang pada rumah atau bagian tembok depan rumah. Kesan batu alam yang ditampilkan akan membuat rumah terlihat teduh.

3. Batu Alam untuk Pagar Tembok Depan Rumah

Batu Alam untuk Pagar Tembok Depan Rumah

Pagar depan rumah tidak selalu harus terbuat dari besi, namun bisa juga dengan tembok yang mengelilingi rumah. Agar tembok yang dijadikan pagar lebih menarik, Anda bisa menambahkan batu alam berbentuk persegi panjang yang sekaligus bisa dijadikan motif dan corak pagar.

4. Sebagian Bagian Dinding Depan Rumah Berlapis Keramik Batu Alam

Sebagian Bagian Dinding Depan Rumah Berlapis Keramik Batu Alam

Jika Anda tidak terlalu menginginkan rumah yang gelap karena aksen dinding yang dipenuhi keramik batu alam, Anda cukup melapisi sebagian rumah Anda seperti contoh desain rumah batu alam di atas. Agar tetap menarik, lapisi bagian yang menonjol ke depan seperti pada gambar di atas.

5. Model Batu Alam Persegi untuk Gerbang Depan

Model Batu Alam Persegi untuk Gerbang Depan

Sebagai pemisah antara gerbang yang berukuran besar dengan gerbang kecil di sebelahnya, Anda bisa menandainya dengan dinding yang dilapisi dengan batu alam. Anda dapat memilih batu alam yang sesuai dengan desain rumah Anda, namun yang cocok adalah andesit, palimanan, dan candi.

6. Desain Rumah Dua Lantai dengan Batu Alam di Bagian Tiang dan Area Depan

Desain Rumah Dua Lantai dengan Batu Alam di Bagian Tiang dan Area Depan

Bentuk rumah dengan desain ini mengesankan rumah yang teduh namun tetap terang. Jika Anda lihat, rumah terlihat memiliki dua sisi yakni sisi gelap dan sisi terang. Sisi terang disebabkan tidak adanya batu alam berbentuk persegi panjang, namun dibuat teduh dengan sisi sebelahnya yang terdapat batu.

7. Batu Alam yang Menghiasi Lantai Dua

Batu Alam yang Menghiasi Lantai Dua

Bagian atas rumah yakni dinding lantai dua dilapisi dengan batu alam dengan warna yang berbeda. Warna cerah untuk satu sisi dan warna gelap untuk sisi yang lain. Hal ini akan dapat memperlihatkan rumah Anda bagian atas yang tidak kosong, namun terdapat motif pada dindingnya.

8. Batu Alam untuk Rumah Kaca

Batu Alam untuk Rumah Kaca

Contoh desain rumah batu alam selanjutnya adalah rumah kaca yang berlapis batu alam pada dinding samping. Desain ini cocok untuk rumah yang tidak menghadap ke arah jalanan. Rumah tersebut memperlihatkan sisi samping, agar tak kosong maka dilapisi dengan batu alam berwarna krem.

Pada saat malam hari, area yang dilapisi dengan batu alam tersebut jika terkena cahaya lampu akan menampakkan bagian yang indah dan cerah.

9. Desain Rumah Bata Merah

Desain Rumah Bata Merah

Selain batu-batu alam yang cantik untuk melapisi dinding dan tiang, batu bata merah juga bisa digunakan untuk menghiasi dinding rumah. Desain rumah bata merah bisa Anda coba untuk lapisan dinding depan rumah minimalis yang bergaya Eropa kuno.

10. Batu Bata Merah yang Disusun Secara Bergantian

Batu Bata Merah yang Disusun Secara Bergantian

Contoh desain rumah bata merah selanjutnya yang bisa dicoba agar rumah bisa terlihat menyatu dengan alam adalah penataan batu bata merah yang bervariasi. Anda bisa menata batu bata dengan arah diagonal dan horizontal secara bergantian untuk membentuk motif bata merah pada dinding.

Pada dinding rumah juga disertai dengan kayu-kayu sebagai pemisah antara bagian diagonal yang miring ke kiri dan bagian diagonal yang miring ke kanan. Sehingga dinding terpetak-petak dengan kayu yang terlihat seperti bingkai.

11. Batu Alam untuk Tiang Teras Rumah

Batu Alam untuk Tiang Teras Rumah

Selain dinding depan rumah yang lebar yang dilapisi dengan batu alam, bagian tiang yang menyangga teras rumah juga bisa menjadi tempat untuk penempatan batu alam. Pelapisan batu alam pada tiang teras akan membuat rumah Anda menjadi lebih eksotis.

12. Halaman Depan Rumah dengan Batu Alam

Halaman Depan Rumah dengan Batu Alam

Jika Anda tak terlalu suka dengan batu alam yang melapisi dinding rumah Anda, Anda masih tetap bisa meletakkan batu alam untuk desain rumah. Salah satunya adalah dengan melapisi halaman rumah Anda dengan batu alam seperti mempaving halaman rumah pada umumnya agar lingkungan lebih rapi.

13. Contoh Desain Rumah Batu Alam untuk Rumah Menanjak

Contoh Desain Rumah Batu Alam untuk Rumah Menanjak

Rumah menanjak bisa menjadi pemandangan yang kurang menarik jika tidak pandai mendesainnya. Contoh desain rumah menanjak yang bisa dicoba adalah dengan memberi aksen batu alam pada bagian tangga dan tiang yang berdiri di depan teras rumah Anda agar terlihat layaknya rumah alami.

14. Batu Alam untuk Rumah Walet

Batu Alam untuk Rumah Walet

Jika Anda menginginkan rumah yang terdapat bagian untuk sarang walet, Anda bisa mencoba desain yang satu ini. Contoh desain rumah walet yang bisa dicoba salah satunya adalah dengan menyatukan sisi rumah samping yang dilapisi batu alam dengan area rumah walet bagian samping atas.

Desain tersebut meski digabungkan namun tetap aman karena bagian rumah walet memiliki dinding yang memisahkan dengan rumah utama yang ditinggali manusia.

15. Tangga Rumah Batu Alam

Tangga Rumah Batu Alam

Batu alam yang cantik dan menenangkan juga bisa Anda aplikasikan pada bagian tangga masuk rumah Anda. Bagian tangga menuju pintu masuk ditutupi oleh tembok tinggi yang dilapisi dengan batu alam juga. Selain mempercantik rumah, rumah Anda juga akan terlihat lebih privasi dan terlihat mewah.

16. Batu Alam dengan Sisi Lebar untuk Melapisi Tembok Pintu Gerbang

Batu Alam dengan Sisi Lebar untuk Melapisi Tembok Pintu Gerbang

Selain batu alam berbentuk persegi dan persegi panjang seperti pada umumnya, batu alam dengan sisi yang lebar seperti keramik juga bisa digunakan untuk melapisi tembok di sebelah pagar rumah agar tidak kosong. Batu yang digunakan bisa batu palimanan atau batu alam dinding paras Jogja.

17. Batu Alam dengan Bentuk Berbeda

Batu Alam dengan Bentuk Berbeda

Batu alam yang digunakan untuk melapisi bagian rumah depan yang satu ini tidak seperti sebelumnya. Batu yang digunakan cenderung batu yang memiliki bentuk tidak beraturan seperti batu pecah belah. Meskipun tidak beraturan, desain rumah dengan batu ini tetap terlihat menarik dan bernilai estetik.

18. Sisi-Sisi Rumah Kaca dengan Batu Alam

Sisi-Sisi Rumah Kaca dengan Batu Alam

Rumah kaca jika bagian selain kaca tidak dihias maka akan terlihat kosong dan rumah terkesan panas karena sinar matahari yang langsung masuk ke dalam rumah. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa melapisi bagian yang kosong tersebut dengan batu atau keramik model batu alam berwarna coklat.

19. Contoh Desain Rumah Batu Alam Palimanan

Contoh Desain Rumah Batu Alam Palimanan

Batu palimanan memang sudah banyak dikenal dalam dunia bangunan terutama untuk bagian interior maupun eksterior. Batu ini memiliki ciri khas permukaan yang lebar dan warna kuning cerah. Melapisi dinding eksterior dengan batu ini bisa membuat rumah Anda terlihat terang di bagian depan.

20. Batu Palimanan untuk Teras Rumah

Batu Palimanan untuk Teras Rumah

Teras rumah yang terlihat nyaman bisa menjadi area favorit untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga maupun kerabat. Salah satu bahan bangunan yang bisa menjadikan teras rumah terasa teduh dan nyaman adalah batu palimanan yang memiliki warna khas kuning dan krem.

21. Desain Rumah Batu Marmer

Desain Rumah Batu Marmer

Rumah yang dilapisi dengan batu marmer akan terlihat mewah. Hal ini dikarenakan sifat batu marmer yang mengkilap dan halus disertai corak khas yang akan membuat tampilan rumah menjadi berkilau dan terlihat sangat mewah. Namun harga batu marmer memang tergolong mahal dibanding lainnya.

22. Batu Andesit untuk Hiasan Pelapis Dinding

Batu Andesit untuk Hiasan Pelapis Dinding

Bentuk yang tidak beraturan serta terlihat pecahan-pecahan dari batu andesit bisa memperindah rumah Anda. Aplikasi batu andesit pada tiang dan dinding rumah akan menjadikan rumah terlihat teduh dalam nuansa tradisional. Penggunaan batu alam juga bisa meredakan kesan panas pada rumah.

23. Dinding Rumah Full Andesit

Dinding Rumah Full Andesit

Andesit dengan bentuk yang unik cocok digunakan sebagai pelapis dinding rumah. Jika Anda memiliki dinding rumah dengan jendela atau kaca berukuran besar, bisa melapisi dinding yang tidak terkena bagian tersebut dengan batu andesit agar rumah tidak terlalu terlihat transparan seperti rumah kaca.

24. Desain Rumah Unik Khas Pedesaan Eropa

Desain Rumah Unik Khas Pedesaan Eropa

Rumah yang biasa mungkin terlihat membosankan dan tidak menarik bagi sebagian orang. Untuk Anda yang berpikir demikian, tak ada salahnya untuk mencoba desain rumah unik khas pedesaan di Eropa. Ciri khasnya adalah terdapat atap segitiga yang bertumpukan seperti gambar di atas.

Selain atap yang lebih menonjolkan tumpukan segitiga, pada bagian atas rumah juga terlihat jendela kecil yang membuat rumah tersebut sangat khas dalam hal dekorasinya.

25. Rumah Unik Berlapis Batu Alam

Rumah Unik Berlapis Batu Alam

Contoh desain rumah unik yang satu ini akan mengingatkan Anda pada suasana pedesaan Eropa pada zaman dahulu. Ciri khas rumah yang satu ini bisa terlihat dari adanya cerobong di belakang rumah. Rumah ini makin eksotis dengan dinding yang dipenuhi dengan batu-batu alam berwarna krem.

Rumah ini membagi diri menjadi dua bagian yang menyambung dengan bagian belakangnya. Namun bagian yang berpisah namun menyambung tersebut memiliki dua atap yang berpisah juga. Masing-masing menghadap ke arah yang berbeda.

26. Desain Rumah dengan Batu Paras Jogja

Desain Rumah dengan Batu Paras Jogja

Batu paras Jogja memiliki karakter permukaan yang terlihat mulus dengan warna krem. Biasanya batu ini dijadikan pelapis tembok gerbang depan selain batu andesit. Namun tak ada salahnya jika Anda mencoba mengaplikasikan batu paras Jogja untuk pelapis dinding rumah Anda.

27. Aplikasi Batu Andesit untuk Rumah Bertingkat

Aplikasi Batu Andesit untuk Rumah Bertingkat

Desain rumah ini mungkin jarang dipakai oleh masyarakat pada umumnya karena biasanya batu andesit banyak dipakai untuk rumah lantai satu dan rumah minimalis. Namun ternyata penggunaan batu andesit untuk rumah bertingkat juga cantik dan menarik karena menampilkan kesan alami.

28. Rumah Minimalis Berdinding Andesit Kasar

Rumah Minimalis Berdinding Andesit Kasar

Batu andesit yang bermotif pecah-pecah bisa menghias rumah minimalis Anda agar terlihat lebih menarik dan terlihat tidak sempit. Biasanya batu andesit akan dilapiskan pada tiang-tiang depan rumah dan sebagian dinding luar bagian bawah untuk hiasan dan juga melindungi tembok dari kotoran.

29. Aksen Batu Andesit pada Sebagian Kecil Rumah

Aksen Batu Andesit pada Sebagian Kecil Rumah

Rumah lantai dua identik dengan cat tembok yang cerah dan polos tanpa ada motif. Namun agar lebih menarik Anda bisa menambahkan keramik batu alam pada bagian tengah dan bawah untuk memberikan motif, sehingga rumah Anda lebih berwarna dan bercorak.

30. Batu Alam Candi untuk Rumah Mewah Anda

Batu Alam Candi untuk Rumah Mewah Anda

Batu alam candi memang sudah lama dikenal sebagai batu alam yang digunakan dalam dekorasi eksterior rumah. Biasanya batu candi dijadikan pelapis dinding bagian bawah agar lebih tahan terhadap lumut dan kotoran. Namun agar lebih bervariasi Anda juga bisa menempelkannya pada tiang teras.

31. Keramik Granit untuk Dinding Rumah

Keramik Granit untuk Dinding Rumah

Selain marmer, granit juga sangat bagus digunakan untuk pelapis dinding sebagai pengganti cat tembok. Lapisannya yang mengkilap dan bermotif bisa membuat tembok lebih awet dan warnanya tetap terjaga. Selain itu penggunaan keramik dinding juga bisa membuat rumah menjadi lebih terang.

32. Dinding Pagar Depan Rumah dengan Batu Templek

Dinding Pagar Depan Rumah dengan Batu Templek

Bagian depan rumah terutama gerbang adalah bagian yang sering rawan mengalami kerusakan seperti pengelupasan cat dan perkaratan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggunakan batu alam templek yang padat dan keras sehingga bagian depan rumah bisa lebih tahan cuaca.

33. Contoh Desain Rumah Batu Alam Tahan Cuaca

Contoh Desain Rumah Batu Alam Tahan Cuaca

Rumah yang memiliki dominan penggunaan batu alam selain terlihat eksotis juga ternyata lebih tahan cuaca. Rumah juga terlihat lebih bersih dibandingkan jika menggunakan cat tembok atau pelapis tembok yang lainnya. Rumah jadi terlihat lebih adem dan terlihat nyaman ditinggali.

34. Rumah Minimalis Dinding Batu Candi

Rumah Minimalis Dinding Batu Candi

Selain batu andesit yang cocok dan sering digunakan sebagai pelapis dinding pada rumah minimalis, ternyata batu candi yang berbentuk persegi juga sangat cocok dan bagus diaplikasikan pada dinding luar rumah minimalis. Warna abu-abunya cocok dengan konsep minimalis yang dominan warna putih.

35. Rumah Pohon Batu

Rumah Pohon Batu

Mendengar namanya mungkin terlihat membingungkan. Namun rumah ini sangat unik karena menyerupai rumah pohon meskipun tidak berdiri di atas pohon. Bagian atas rumah lebih menonjol seperti mengapung dan bagian bawah tidak terlihat dari luar pagar yang dilapisi batu alam.

Beberapa contoh desain rumah batu alam di atas sangat bernilai seni karena menggunakan bahan-bahan yang terkesan menyatukan rumah dengan alam. Penggunaan batu alam pada rumah juga bisa menjadikan rumah Anda terlihat lebih ramah lingkungan.

Penggunaan batu alam juga bisa membawa efek positif pada pikiran karena dapat menenangkan pikiran saat memandangnya. Terlebih adanya tambahan bagian rumah yang dilapisi dengan batu candi, tentu ketika melihatnya Anda akan merasa teduh dengan corak batu dan warnanya.

Batu alam yang dijadikan sebagai pelapis rumah juga bisa membuat bagian dalam rumah lebih adem karena sifat batu yang dapat menyerap air. Namun lain halnya dengan batu marmer dan batu granit yang sudah mengalami pengolahan sehingga tidak bisa menyerap air.

35 Desain Rumah Batu Alam (Bisa dicoba Dirumah)

Add Comment