Site icon Sumber Informasi

35 Contoh Desain Rumah Bambu (Elegan dan Minimalis)

Contoh Desain Rumah Bambu  – Mungkin tidak semua orang ingin punya rumah bambu, kecuali orang-orang yang berjiwa lawas atau enviromentalis. Kalau dilihat dari perspektif daya tahan, rumah bambu jelas kalah dengan rumah yang terbuat dari batu bata. Namun jangan terlalu meremehkan aspek romantisme dari rumah bambu.

Mengingat isu lingkungan sekarang ini sedang panas, maka demi menjaga lingkungan rumah bambu bisa jadi sarana merawat lingkungan karena lebih ramah terhadap lingkungan sekitar dan tidak terlalu memakai banyak memakai material logam. Berminat? Simak beberapa contoh desain rumah bambu di bawah ini.

1. Rumah Keong Bambu

Untuk contoh yang pertama, silahkan perhatikan desain rumah bambu di atas. Mirip cangkang keong bukan? Susunan bambu yang dijadikan atap dibuat melengkung dan hampir menutup bagian inti rumah. Desain ini bersifat antisipatif terhadap cuaca hujan. Rasanya desain ini cocok diterapkan di daerah tropis.

Letak rumah pun disangga oleh kaki-kaki yang terbuat dari kayu. Sehingga konstruksi rumah bambunya bersifat dinamis, hal ini tentu saja sangat membantu jika ada getaran gempa kecil yang terjadi. Rumah tidak akan seketika ambruk, namun akan bergoyang mengikuti arah gerak tanah.

Jangan khawatir soal kapasitas. Gambar di atas hanya contoh desain rumah bambu. Dalam eksekusi pembangunannya, Anda bisa memperluas diameter lingkaran rumah agar daya tampungnya bertambah.

2. Rumah Bambu Beratap Caping

Perhatikan desain bagian atapnya, begitu identik dengan caping petani bukan? Melalui desain yang seperti itu, bagian dalam rumah akan terjaga dari panas dan hujan. Satu hal yang istimewa ialah keberadaan pintu kaca yang mengikuti arsitektur lingkar rumah bambu.

Rumah berbentuk panggung. Maksudnya bagian dasar rumah tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Terdapat penyangga-penyangga kayu yang sangat bermanfaat untuk meminimalisir gerak tanah akibat gempa kecil.

Contoh desain rumah bambu nomor dua ini juga dilengkapi dengan pagar yang mengelilingi bagian pusat rumah. Sehingga dapat menjadi pembatas bagi anak-anak kecil yang bermain atau berlarian. Desain rumah nomor dua ini merepresentasikan sebuah keramahan lingkungan yang dibalut keamanan.

3. Gubug Bambu Kecil Tembus Pandang

Atap desain rumah bambu nomor tiga ini dibuat miring bukan atas pertimbangan estetika belaka, namun juga memperhitungkan aliran air hujan supaya mengalir ke sisi rendah atap. Rumah bambu dipadukan dengan unsur kaca tembus pandang, memudahkan bagi pemilik untuk melihat kondisi sekitar.

4. Rumah Bambu Kembar Siam

Contoh desain rumah bambu selanjutnya menawarkan dua badan rumah pusat yang menempel satu sama lain. Atapnya terbuat dari ijuk atau klaras (daun kelapa) yang dianyam, sehingga tidak akan bergeser apalagi jatuh ke tanah. Kedua rumah pusat memiliki ketinggian yang berbeda.

5. Rumah Bambu Bergeometri Segitiga

Semoga tidak ada anggapan miring lagi terhadap bidang geometri segitiga, karena contoh desain rumah bambu ini didominasi oleh bidang-bidang berbentuk segitiga. Bahkan penataan kaca di bagian atap juga dipadukan dengan estetika segitiga. Atapnya disusun dari jalinan ijuk yang dianyam dengan rapat.

6. Desain Rumah Bambu Ramah Lingkungan

Contoh desain rumah bambu nomor enam memakan lebih banyak penggunaan bambu serta fungsionalitas kaca yang justru terlihat pas, tidak terlalu artifisial. Bagian dalam terlihat begitu luas, cukup difungsikan sebagai ruang tamu. Sisi depan bahkan diberi alas berupa rangkaian bambu

7. Syahdunya Rumah Bambu

Bentuk contoh desain rumah bambu ini berupa segitiga. Desain yang demikian memungkinkan penghuninya tetap merasa tenang meski sedang hujan deras, karena tidak terdengar berisik air hujan yang menimpa atap. Bagian depan rumah dipenuhi kaca namun diberi penutup selambu putih.

8. Rumah Bambu Tabung

Berbeda dengan desain-desain sebelumnya. Rumah bambu ini dibentuk menyerupai tabung, akan tetapi bagian dinding yang disusun dari jajaran bambu dibuat berongga. Rumah tidak murni berupa tabung, namun ada dua ruang utama yang dibentuk tabung dan menyambung. Mirip kandang burung.

9. Kenyamanan Interior Rumah Bambu

Dengan desain yang memiliki ventilasi besar, Anda tidak perlu khawatir kepanasan saat berada di dalam rumah. Rasa adem sisi dalam rumah pada contoh desain rumah bambu di atas juga dapat diperoleh dari keseluruhan perabotan yang terbuat dari bahan-bahan alami.

10. Rumah Bambu yang Kuat

Rumah bambu pada contoh desain nomor sepuluh didominasi oleh batang bambu berdiameter lebih besar jika dibandingkan dengan desain-desain sebelumnya. Setiap bambu direkatkan menggunakan ijuk atau ban dalam, sehingga tidak perlu dipaku.

Penggunaan bambu berdiameter besar mendukung terbentuknya konstruksi yang lebih kuat daripada bambu yang berukuran kecil. Bagian pondasi ditanam di dalam cor semen. Kemudian bagian atap dibuat dari rumput sintetis.

11. Aksen Bambu Rumah Modern Minimalis

Jangan terkecoh dengan gambar. Perhatikan sisi atas gambar yang menunjukkan atap rumah. Terlihat bahwa di tengah kerapatan desain rumah modern minimalis, ternyata bambu dapat dimanfaatkan menjadi atap yang menawarkan sirkulasi segar udara.

12. Rumah Bambu Berpadu dengan Tripleks

Contoh desain rumah bambu selanjutnya dibentuk dengan menambah aksen berupa pemanfaatan kayu tripleks sebagai dinding. Rumah berbentuk rancang bangun persegi, pada tiap sisinya dilengkapi dengan pintu-pintu kayu dan berkaca.

13. Rumah Modern Beraksen Natural

Mungkin pada contoh desain rumah bambu nomor tiga belas tida sepenuhnya berupa bambu. Adapun yang berupa bambu hanya terdapat pada bagian atap. Contoh desain rumah bentuk L semacam ini memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik di sisi depan atau belakang rumah utama, lengkap dengan taman tanaman.

14. Desain Rumah Bambu Penuh Kesunyian

Desain rumah bambu ini mungkin cenderung hampir sama dengan desain hotel yang berada di Pulau Bali. Menawarkan sebuah nuansa kedekatan terhadap alam. Disusun secara bertingkat, dan pada bagian yang paling tinggi difungsikan sebagai gardu pandang.

15. Rumah Penuh Bambu

Sama sekali tidak memakai material logam. Itulah yang ditawarkan contoh desain rumah bambu di atas. Hal ini memungkinkan penghuninya dapat bernafas dengan bebas. Bambu-bambu tidak hanya dibentuk sebagai konstruksi rumah namun juga di tanam.

Rumah utama berada di lantai dua, sementara di lantai bawah bisa dimanfaatkan sebagai tempat menaruh kendaraan bermotor.

16. Rumah Bambu Serupa Perahu

Lihat saja bentuk keseluruhan rumah bambu yang terdapat dalam gambar di atas. Sungguh menyerupai perahu bukan? Terutama pada bagian atap rumahnya yang mendukung suasana santai di tengah lahan terbuka yang dikelilingi berbagai macam pohon. Pun dilengkapi dengan kolam renang kecil.

17. Perpaduan Ciamik Rumah Bambu

Rumah bambu tidak didominasi secara penuh oleh unsur-unsur bambu. Pada bagian atap terbuat dari asbes tipis tembus pandang. Sementara itu pada bagian pegangan tangan di tangga menuju lantai dua terbuat dari aluminium ringan. Meski demikian, pada bagian penyangga seluruhnya bambu.

Sisi depan rumah dibentuk sebuah pagar atau tembok pembatas yang terbuat dari batu-bata yang kemudian di cor dengan semen (Baca juga: contoh desain rumah bata merah). Sehingga mengamankan sisi dalam rumah dari sebuah tabrakan karena kendaraan.

18. Rumah Bambu Elegan

Inilah contoh desain rumah bambu yang terbilang rumit. Ada unsur bambu, kayu, kaca, dan material logam yang membentuk keseluruhan penampang rumah. Meski demikian, rumah nampak elegan dan seakan mendukung keramahan lingkungan yang tak kehilangan wujud-wujud modernitasnya.

19. Rumah Bambu yang Sederhana

Rumah bambu berbentuk persegi dengan keseluruhan konstruksinya didominasi oleh anyaman bambu. Rumah juga dilengkapi dengan pelataran depan yang cukup luas, sehingga dapat dipakai bermain atau sekadar duduk-duduk bersantai. Pun, bisa juga dijadikan lokasi menjemur pakaian.

Bagian atap serupa limasan atau rumah lawas Jawa. Arsitektur rumah tidak terlalu ribet. Terkesan minimalis namun tetap menyenangkan untuk ditinggali.

20. Bersantai di Rumah Bambu

Contoh desain rumah bambu nomor dua puluh nampak begitu romantis. Susunan bohlam menggantung sedemikian rupa. Bayangkan saja ketika malam datang, sangat berkesan bukan? Pada bagian depan rumah dilengkapi dengan ayunan yang dapat dipakai bersantai.

Seluruh rumah terbuat dari bambu, kecuali bagian pondasi rumah yang memanfaatkan semen dan material batu sungai yang ditumpuk-tumpuk.

21. Rumah Bambu yang Menawan

Ada kesan modernitas yang sangat menonjol pada contoh desain rumah bambu nomor dua puluh satu. Bambu-bambu disusun atau direkatkan secara diagonal, sehingga kerapatannya lebih kuat dibandingkan jika disusun dengan sejajar.

Muka rumah diberi sebuah lorong pintu berjumlah empat yang memungkinkan mudahnya menikmati pemandangan luar rumah.

22. Ornamen Bambu di Rumah Minimalis

Bambu di desain rumah bambu ini lebih disikapi sebagai ornamen. Seperti penggunaan bambu sebagai atap dan pengisi sela-sela ventilasi udara. Selebihnya, rumah dibuat dengan memanfaatkan penggunan kaca. Sedangkan di bagian depan terdapat taman kecil yang dipenuhi tetumbuhan segar.

Untuk bagian lantai, rumah mamakai lantai berupa susunan batu kali yang direkatkan menggunakan semen. Berbeda dengan sisi dalam rumah yang lantainya berupa keramik motif marmer yang mendukung nuansa alam secara elegan terbangun.

23. Sedikit Bambu untuk Desain Rumah Bambu

Contoh desain rumah bambu di nomor dua puluh tiga hanya memanfaatkan bambu sebagai bagian pagar rumah. Selebihnya rumah terbuat dari dinding kaca. Rumah berdiri dengan susunan dua lantai dengan bagian depan yang dilengkapi kolam air.

24. Bambu yang Melengkapi

Desain rumah yang menggunakan bambu hanya bagian depan. Disusun secara diagonal, sementara untuk pintu bambunya disusun secara sejajar dan direkatkan menggunakan ijuk. Sisanya, konstruksi rumah lebih menggunakan batu sungai.

25. Rumah Bambu Romansa

Batang bambu disusun sesuai ukurannya dimanfaatkan sebagai pengganti tembok untuk lantai dua yang bisa digunakan sebagai kamar. Jarak anata bambu yang tersusun pada dinding menjadikan warna cahaya lampu yang terpantulkan nampak romantis.

Celahnya memungkinkan sinar matahari pada pagi dan siang hari masuk namun tidak terlalu terang layaknya tirai alami. Kombinasi dengan kaca untuk menampakan dalam rumah dengan interior yang tertata rapi seakan memancarkan aura positif bertaburan kesegaran alam dengan paduan kolam renang.

26. Rumah Bambu Mewah

Bangunan yang cukup luas dan mewah ini tersusun dari balutan bambu yang dijadikan dinding. Salah satu solusi bagi Anda yang memiliki tanah luas di kota yang sudah minim pepohonan. Bambu yang dipasang bisa menggantikan nuansa natural yang hilang.

27. Rumah Minimalis Bertingkat

Sudah saatnya pengembang property khususnya bidang perumahan harus mulai memadukan dengan desain alam minimalis. Bangunan bertingkat tidak terlalu memakan bidang tanah, menggunakan bilahan bambu yang dibelah dan ditata bak kayu dengan gaya vertikal dan horisontal.

Penggunahan bahan alam setidaknya akan mengurangi biaya pembuatan bangunan, dipadukan dengan kaca di bagian depan untuk menampilkan isi rumah yang indah akan membuat nyaman penghuninya pun para tamu akan senang untuk berkunjung.

28. Rumah Bambu Nyaman

Pengguanan bambu pada contoh desain rumah bambu yang satu ini memberikan kesan lucu dan imut. Konsep atap yang disangga bambu dengan loteng hanya berbalut kaca berhasil menyulap rumah kecil menjadi tampak luas.

Bentuk atap dengan kemiringan memudahkan sirkulasi udara lebih, sedang bentuk bangungan yang tidak simetris bisa dimanfaatkan untuk ruang-ruang peletakan perlegkapan untuk menghindari kesumpekan ruang. Cocok bagi Anda pasangan muda yang mencari contoh desain rumah bambu minimalis.

29. Rumah Bambu bak Rumah Pohon

Desain bangunan dengan penggunaan bambu secara penuh biasanya hanya digunakan pada rumah makan, sebab nuansa mirip bambu yang sering digunakan dengan model desain yang demikian terbuat dari kayu.

Jangan salah, bambu yang multifungsi dan lebih fleksibel dari kayu akan membuat rumah alam Anda menjadi menawan. Setiap struktur bangunan terbuat dari bahan dasar bambu, penggunaan bambu secara utuh maupun bilahannya akan menciptakan rumah sederhana dengan nuansa tengah hutan.

30. Rumah Survive Bambu

Perpaduan rumah bambu dengan rumah bawah tanah ini cocok untuk Anda yang benar-benar ingin membangun rumah yang kembali ke alam. Manfaatkan tanah bertekstur keras yang menyerupai bukit kecil, gali dan rekatkan bilahan bambu ke dinding menggunakan semen.

Tata vertikal dan horisontal sesuai dengan keinginan, lalu fungsikan mulut lubang yang seperti goa untuk pintu masuk. Ditutupi dengan bambu sebagai dinding depan, jangan lupakan pintu sebagai akses masuk. Rumah bambu seperti ini cocok untuk ruang privasi.

Di dalam rumah bambu yang nampak kecil ini bisa dibangun dengan luas sesuai keinginan tergantung dengan luas tanah yang digali. Konsep yang diangkat mirip rumah bawah tanah atau mirip basement.

31. Rumah Bambu di Pekarangan

Seperti namanya rumah bambu tersebut difungsikan sebagai tempat bernaung yang diletakan di salah satu sudut halaman rumah. Entah untuk menerima tamu, bersantai, maupun tempat kerja pribadi. Struktur bangunan semua terbuat dari bahan dasar bambu yang memberikan kesan natural.

Atap terbuat dari anyaman bambu yang disusun sekreatif mungkin dan menyisakan rongga untuk masuknya udara maupun cahaya. Dibangun dengan konsep panggung dengan peletakannya diantara pepohonan akan membuat rumah bambu terasa sejuk serta memberikan rasa santai.

Apabila akan difungsikan sebagai ruang tamu, rumah bambu dapat diletakan di sudut depan pekarangan rumah, cocok ditaruh dibelakang rumah bila memang ingin difungsikan lebih privasi. Dinding rumah bambu bisa dihiasi pot tanaman menempel maupun pernik lainnya seperti lukisan.

32. Rumah Bambu Nyaman

Penampakan rumah bambu yang tertutup penuh biasanya difungsikan sebagai warung, namun jangan salah, Anda juga bisa memanfaatkan sebagai tempat tinggal. Atap disusun dari kolaborasi anyaman bambu dan seng. Seperti rumah bambu lainnya peletakannya pun berkonsep panggung.

Nuansa etnik dari rumah bambu bak warung ini juga bisa cocok Anda manfaatkan sebagai kamar wisma, asalkan dibangun secara banyak dan berjajar. Dijamin akan membuat takjub para calon penghuninya, saat panas tidak akan kepanasan sebab bambu sebagai bahan alam memiliki daya resap yang baik.

33. Gubuk Asmara

Rumah bambu berberntuk sangat sederhana yang sering disebut gubuk cocok digunakan untuk beristirahat dari terik matahari dan meneduh dari hujan. Bentuknya yang hanya satu ruang dapat dimanfaatkan untuk banyak hal.

Gubuk biasanya digunakan petani untuk beristirahat di tengah sawah, digunakan pekebun untuk rehat di tengah perkebunan, baru-baru ini juga ngtrend dijadikan deretan duduk di rumah makan. Apabila untuk diperkotaan biasanya digunakan sebagai tempat ronda, maupun tempat duduk di tengah taman.

34. Rumah Bambu Art Space

Jenis rumah ini merupakan salah satu contoh desain rumah unik. Pengunaan pintu yang unik dan atap yang eksploratif sangat cocok bagi Anda yang suka berksplorasi juga. Atap yang tumpang tindih memberikan semangat produktif untuk berkreasi. Bangunan semi terbuka yang terbuat dari bambu sangat ideal untuk mengadakan mini pameran.

Bila Anda bukan orang seni, tidak perlu khawatir sebab rumah ini bisa dijadikan basecamp lain seperti ruang ajar, kesekretariatan, dan sebagainya. Untuk ornamen tabahan sesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Biaya yang digunakan untuk membuat mini artspace sendiri tidak terlalu banyak, cukup siapkan bambu berbagai jenis dan ukuran. Jenis yang terkuat dijadikan pondasi bawah dan dirangkai agar menjadi penombang yang kokoh.

35. Back To Nature

Contoh desain rumah bambu yang terakhir yakni back to nature, mengusung konsep alam rumah bambu bentuk ini memang cocok diletakan di tengah alam maupun rerimbunan pohon. Berbahan dasar bambu, batu alam dan kayu, rumah malah lebih maksimal dijadikan lokasi event.

Rumah back to nature biasanya dijadikan properti tambahan pada penyedia hotel berbintang yang memiliki halaman yang luas, difungsikan untuk menggelar acara yang memang mengusung konsep alam. Misalnya acara pernikahan yang dilakukan di tempat terbuka, rumah back to nature siap menjadi latar yang epik.

Masih banyak lagi bentuk yang bisa dihasilkan dengan menggunakan bahan baku bambu. Modal yang tidak begitu mahal namun tetap mampu menciptakan kesan elegan dan mewah. Selain untuk dihuni, rumah bambu juga cocok untuk berinvestasi sebab akhir-akhir ini nuasna alam sedang banyak dicari.

35 Contoh Desain Rumah Bambu : Murah dan Minimalis

Exit mobile version