Site icon Sumber Informasi

Contoh Artikel Pendidikan Beserta Penjelasannya yang Detail (Lengkap)

Contoh Artikel Pendidikan – Penulis artikel dapat memilih beragam topik bahasan untuk artikel yang hendak ditulisnya. Salah satu topik atau temanya ialah tentang pendidikan. Berikut ini contoh artikel pendidikan.

Contoh Pertama Artikel Pendidikan, berjudul Usia Emas Anak

Pada saat anak menjelang usia 5 tahun setelah tumbuh dari bayi, maka periode ini disebut sebagai usia emas anak, atau golden age. Pada usia inilah berbagai materi pendidikan akan mudah masuk dan menyerap dalam ingatan anak hingga dewasa kelak. Pada saat usia emas inilah sebaiknya pendidikan dasar yang akan membentuk karakter dan juga bekal pengetahuan dasar yang penting bagi kelanjutan hidup anak hingga ia menjadi dewasa nantinya diberikan. Oleh karenanya pendidikan terkait kemampuan berbahasa, seperti bahasa Inggris atau bahasa mandarin atau bahasa arab dan berbagai bahasa lainnya, selain bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang menjadi bahasa ibunya diberikan di saat usia emas ini. Hal ini karena anak pada usia emas tersebut sedang dalam kondisi puncak untuk bisa menyerap berbagai pengetahuan tersebut. Bisa dimulai dengan pengajaran basik, yakni seperti pelajaran berhitung dan alphabet dalam tiap bahasa tersebut. Kemampuan anak-anak dalam menghafal juga sangat luar biasa. Oleh karenanya berikan pengetahuan penting dan mendasar pada usia ini sebanyak mungkin dengan secara bertahap. Tentunya durasi jangka waktu belajar anak tak bisa terlalu panjang, tapi bisa dilakukan berulang-ulang dalam frekuensi yang disesuaikan dengan kondisi perasaan atau mood anak, dan kemas pelajaran tersebut secara fun dan menarik dalam aneka bentuk permainan.

Contoh Kedua Artikel Pendidikan, berjudul Pendidikan Daring di Masa Wabah Pandemi Covid 19

Dampak dari wabah pandemi virus Corona atau virus berbahaya yang menular Covid 19 asal china ini sangat luas. Dalam bidang pendidikan pun turut terkena dampaknya. Kegiatan pendidikan secara tatap muka di sekolah dan kampus pun terpaksa ditiadakan. Guna mencegah penularannya maka masyarakat diminta untuk melakukan sosial distance atau pembatasan jarak dan hindari kerumunan banyak orang. Dengan begitu maka sistem pendidikan pun menjadi lebih banyak dilakukan secara daring lewat internet. Mau tak mau anak-anak pun harus belajar secara daring guna menghindari terjadinya kontak fisik secara langsung yang bisa memicu penularan virus Covid 19 atau virus Corona tersebut. Belum bisa dipastikan cara pelaksanaan pendidikan dengan menggunakan media internet secara daring ini bisa diakhiri, lalu kembali pada sistem pendidikan konvensional secara tatap muka seperti semula. Hal ini makin tidak pasti karena virus covid 19 tersebut dalam perkembangannya makin bermutasi, dan menimbulkan berbagai analisa yang menyatakan bahwa semakin bertambah tingkat kecepatan penularannya.

Contoh artikel bertema pendidikan tersebut hanya merupakan sebagian kecil saja dari beragam artikel bertema pendidikan yang ada. Jenis penulisannya dapat dibuat secara serius dan resmi maupun secara lebih santai dan ringan pembahasannya.

Contoh Artikel Pendidikan Beserta Penjelasannya yang Detail (Lengkap)

Exit mobile version