Contoh Artikel Ilmiah dan Penjelasannya Paling Lengkap

Contoh Artikel Ilmiah – Artikel bisa mengambil banyak tema dan topik serta sudut pandang. Selain artikel populer ada juga artikel ilmiah. Berikut ini adalah beberapa contoh artikel Ilmiah.

Contoh Artikel Ilmiah Pertama, Judulnya Menilik Bahaya Konsumsi Mie Instan bagi Kesehatan

Contoh Artikel Ilmiah Pertama, Judulnya Menilik Bahaya Konsumsi Mie Instan bagi Kesehatan

Konsumsi mie instan memang telah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang. Hal ini karena praktis, cepat, mudah pembuatannya dan juga enak rasanya. Namun sebaiknya hal ini tidak dilakukan secara rutin setiap hari. Berusahalah untuk menguranginya dan menggantinya dengan konsumsi makanan segar yang lebih sehat. Dalam hal ini konsumsi buah dan sayuran segar akan lebih menyehatkan. Berdasarkan pada suatu penelitian maka konsumsi mie instan dan berbagai makan instant lainnya yang mengandung pengawet dan tinggi kadar garam akan memicu timbulnya penyakit kanker. Sebagai pengganti konsumsi mie instan maka bisa gunakan pisang yang sama-sama bisa menjadi sumber karbohidrat selain mengandung serat alami buah  dan sama-sama praktisnya. Bisa juga diganti dengan konsumsi buah apel yang sama-sama praktisnya dan juga mengenyangkan. Beberapa buah tersebut dapat menjadi pengganti sarapan selain konsumsi mie instan maupun makanan camilan instan lainnya yang cukup tinggi kadar garamnya dan juga mengandung bahan pengawet.

Contoh Artikel Ilmiah Kedua, Judulnya Sebaran Wabah Kolera di Desa Sijunjung

Contoh Artikel Ilmiah Kedua, Judulnya Sebaran Wabah Kolera di Desa Sijunjung

Perkembangan desa Sinjunjung semakin menggembirakan dengan dibangunnya instalasi MCK (Mandi Cuci Kakus) di desa tersebut yang dilaksanakan oleh sejumlah instansi. Dalam hal ini dari program KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari berbagai perguruan tinggi setempat juga program dari pemerintah daerah. Sehingga sebagai hasilnya maka jika pada tahun 2017 maka tingkat kematian warga akibat wabah korela bisa mencapai hingga 20 % dan kebanyakan dialami oleh anak-anak sebanyak 55 % nya dan yang 25 % nya ialah kaum pria dewasa dan yang 20 % nya lagi ialah kaum wanita dewasa. Suatu kondisi yang sangat memprihatinkan. Namun kini jumlah tersebut telah semakin berkurang dan di tahun 2020 telah menurun drastis menjadi 1 % dari 9 % penderita. Suatu perkembangan yang cukup menggembirakan dan akan semakin diusahakan agar menjadi zero persen di kemudian hari.

Contoh Artikel Ilmiah Ketiga, Judulnya Efektivitas Masker Kain

Contoh Artikel Ilmiah Ketiga, Judulnya Efektivitas Masker Kain

Para ilmuwan serta tenaga medis di seluruh dunia mengadakan riset dalam rangka untuk mengatasi pandemi penyakit virus corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Dalam hal ini tentang tingkat efektifitas penggunaan masker kain. Jika tingkat efektifitas masker bedah bisa mencapai hingga 56% maka tingkat efektifitas masker kain masih rendah di bawahnya. Masker kain banyak diminati karena ekonomis, harganya murah dan bisa dipakai ulang setelah dicuci. Berdasarkan penelitian maka tingkat efektifitas masker kain akan meningkat sekitar 25 % jika digunakan secara berlapis. Semakin tebal dan banyak lapisannya maka akan semakin meningkat efektivitas nya. Oleh karenanya masker kain bisa menjadi solusi ketika masyarakat beraktivitas di luar ruangan, sedangkan stock masker medis masih langka, dan cukup sulit didapat. Namun perlu adanya batas waktu efektif maksimal penggunaan masker kain, yakni maksimal hingga 4 jam. Sehingga sebaiknya saat bepergian dalam jangka waktu yang lama  bawa saja stok masker kain yang cukup.

Artikel yang dibuat berdasarkan fakta dan merupakan suatu hasil penelitian dan pengamatan secara ilmiah ialah contoh artikel yang bersifat ilmiah.

Contoh Artikel Ilmiah dan Penjelasannya Paling Lengkap

Add Comment