Site icon Thegorbalsla

Cara Menyimpan File di Google Drive dan Cara Mengunduhnya (Praktis)

Cara-Menyimpan-File-di-Google-Drive-dan-Cara-Mengunduhnya

Saat ini banyak aplikasi cloud storage yang dapat membantu untuk menyimpan berbagai macam data, salah satunya adalah Google Drive. Walaupun penggunaannya cukup mudah, masih terdapat beberapa orang yang belum mengetahui cara menyimpan file di Google Drive dan cara mengunduhnya.

Saat ini berbagai file memiliki ukuran yang cukup besar, jadi jika hanya disimpan di memori internal laptop atau ponsel maka semakin lama perangkat akan penuh. Menyimpan file di Google Drive pun memiliki keamanan yang lebih tinggi dibandingkan pada memori saja.

Cara Menyimpan File di Google Drive dan Cara Mengunduhnya

1. Menyimpan File di Google Drive

a. Lewat Website

b. Lewat Google Drive Sync

c. Lewat Android

d. Lewat iOS

2. Cara Mengunduh File di Google Drive

Google Drive sendiri berfungsi sebagai perangkat penyimpanan cadangan, jadi jika Anda kehilangan sebuah file di perangkat PC, Laptop, atau ponsel, maka Anda dapat mengunduhnya kembali di Google Drive.

Berikut ini adalah cara menyimpan file di Google Drive dan cara mengunduhnya:

Fungsi Google Drive

1. Menyimpan Berbagai Jenis File

Dengan menggunakan Google Drive, Anda dapat menyimpan berbagai macam jenis file mulai dari file dengan format Word, Excel, Jpg, Mp4, Mp3 dan masih banyak lagi. Bahkan Google Drive dapat digunakan untuk mencadangkan data aplikasi, jadi akan mempermudah pekerjaan Anda.

2. Sebagai Perangkat Memori Cadangan

Tentunya sebuah perangkat elektronik akan tetap memiliki resiko kerusakan, tidak terkecuali perangkat laptop atau gadget yang Anda gunakan. Jika perangkat tersebut rusak, tentunya semua file yang tersimpan di dalam perangkat tersebut juga tidak akan dapat terbuka bahkan bisa rusak.

Namun dengan menggunakan Google Drive, Anda dapat mencadangkan semua file agar file yang hilang atau terhapus dapat dibuka kembali di Google Drive. Hal ini tentunya sangat berguna terutama bagi mahasiswa yang sedang menjalankan skripsi.

3. Meringankan Kinerja Gadget

Semakin banyaknya file yang memenuhi ruang penyimpanan sebuah gadget, maka semakin berat juga kinerja gadget tersebut. Hal ini membuat gadget kurang responsif dalam melakukan berbagai macam perintah yang tentunya menjadi sangat menyusahkan.

Dengan menggunakan Google Drive, Anda dapat menyimpan sebagian file tersebut di Google Drive agar gadget tetap dapat memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh kepada kinerja gadget yang akan lebih optimal.

4. Tetap Dapat Mengakses File Walaupun Menggunakan Gadget Lain

Tidak jarang ketika menggunakan gadget lain atau menggunakan gadget baru, Anda merasa kesulitan untuk mengakses file yang terdapat di gadget lama karena harus memindahkannya satu per satu.

Berbeda halnya jika menggunakan Google Drive, Anda dapat mengakses file yang tersimpan walaupun menggunakan gadget yang berbeda-beda.

 

Hal ini dikarenakan file tersebut tersimpan di akun Google Anda, jadi jika ingin mengaksesnya kembali Anda dapat login ke akun Google yang digunakan.

Kekurangan Google Drive

1. Ketergantungan Terhadap Jaringan Internet

Google Drive sendiri menggunakan sistem Cloud dalam menyimpan data, jadi perangkat harus terhubung ke jaringan internet terlebih dahulu. Lamanya proses penyimpanan file pun tergantung dengan koneksi internet, jika tidak stabil maka proses penyimpanan file juga semakin lama.

2. Backup Data di PC Belum Optimal

Google Drive sendiri dapat diakses versi offlinenya pada perangkat PC atau laptop sebagai aplikasi penyimpanan cadangan data secara otomatis. Namun hanya dapat digunakan untuk beberapa format file saja, seperti file foto dan video.

Dengan mengetahui cara menyimpan file di Google Drive dan cara mengunduhnya, segala pekerjaan Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan tentu dapat terbantu. Cara penggunaannya yang mudah dan uses interface yang sederhana juga menjadi nilai plus dari Google Drive.

Cara Menyimpan File di Google Drive dan Cara Mengunduhnya (Praktis)

Exit mobile version