Site icon Sumber Informasi

6 Cara Menanam Ubi Ungu (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar)

Cara Menanam Ubi Ungu – Cara menanam ubi ungu terbilang mudah dan sederhana, bahkan jika ini adalah pertama kali Anda melakukannya. Ubi ungu (Dioscorea alata) adalah pilihan menarik jika Anda membutuhkan tanaman rambat yang tumbuh cepat untuk mengisi ruang kosong di halaman rumah Anda. Disebut ubi ungu karena ubi jalar yang satu ini memiliki warna ungu yang unik mulai dari kulit hingga dagingnya.

Ubi ungu telah banyak dibudidayakan di dalam dan di luar negeri, juga banyak dijual dalam berbagai macam bentuk, seperti direbus, digoreng, dijadikan keripik, tepung, kue, dan banyak lagi. Ubi ungu membutuhkan perawatan yang sangat minim dan relatif murah.

Bagaimana Cara Menanam Ubi Ungu?

Agar mendapatkan hasil panen yang maksimal, Anda hanya perlu mengikuti panduan mengenai cara menanam dan merawat ubi ungu di bawah ini:

1. Waktu Tanam

Hari-hari yang hangat di musim panas adalah waktu terbaik untuk menanam benih ubi ungu dan menghasilkan umbi besar berdaging lembut. Ubi ungu membutuhkan musim tanam yang cukup panjang, setidaknya 4-5 bulan musim panas. Namun, Anda juga bisa mulai menanam benih saat akhir musim hujan untuk nantinya ditransplantasikan ke luar ruangan saat musim panas tiba.

2. Kondisi Tanah dan Lahan

Ubi ungu sebenarnya dapat tumbuh di tanah mana saja di Indonesia, dan dalam berbagai jenis dan ketinggian, karena ubi adalah tanaman yang dapat mentolerir kondisi yang tidak baik seperti kekeringan dan serangan hama. Namun, beberapa kondisi lahan dan tanah tertentu bisa membuat tanaman ubi menghasilkan umbi yang besar dan sehat, seperti:

3. Bibit Ubi

Ubi ungu banyak ditanam dari tunas atau kecambah yang sering disebut “slip”. Anda dapat memilih untuk menumbuhkan slip Anda sendiri atau membelinya dari toko pembibitan. Untuk menumbuhkan slip, Anda bisa mengikuti beberapa langkah sederhana berikut:

4. Cara Menanam

Setelah tunas ubi muncul sekitar 1 inch, kini saatnya memindahkan tunas ke lahan yang lebih luas, dengan cara:

5. Perawatan

Sama seperti semua jenis tanaman, tanaman ubi ungu juga membutuhkan perhatian dan perawatan dari Anda untuk tumbuh secara maksimal. Berikut adalah serangkaian perawatan yang diperlukan selama proses pertumbuhan ubi ungu:

6. Panen

Pada akhir pertumbuhan, Anda akan melihat beberapa tanaman ubi Anda mulai berbunga dan setelah itu daun-daunnya mulai menguning. Setelah banyak daun yang menguning, inilah saatnya memanen. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pastikan untuk menyisakan beberapa umbi agar Anda dapat menumbuhkan slip lagi. Jangan menggunakan lahan yang sama untuk menanam ubi Anda dalam waktu dekat. Tanami lahan dengan tanaman lain terlebih dulu atau biarkan lahan kosong untuk bisa ditanami ubi yang kedua di tahun berikutnya.

Hasil panen yang bagus akan menghasilkan umbi dengan 70% kelembaban dan 28% pati. Juga mengandung protein, gula, serat kasar, dan berbagai macam vitamin seperti vitamin C, B1 dan B2. Dengan panduan cara menanam ubi ungu di atas, kini Anda bisa memulai kegiatan berkebun Anda dan menikmati hasil panen lezat dan bergizi.

6 Cara Menanam Ubi Ungu (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar)

Exit mobile version