7 Cara Menanam Tomat (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar)

Cara Menanam Tomat – Cara menanam tomat menggunakan benih terbilang sangat mudah. Bahkan Anda bisa menggunakan pot atau polybag sebagai media tanamnya, sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas. Karena Anda bisa memanfaatkan halaman rumah untuk bercocok tanam. Waktu dari mulai menyemai benih hingga panen hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan.

Seperti yang kita tahu, bahwa tomat merupakan salah satu sayuran yang kaya nutrisi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sayuran ini dapat diolah dalam berbagai macam bentuk masakan, minuman jus hingga bahan pelengkap lainnya. Apabila dilihat dari jenisnya, tomat terdiri dari beberapa macam, diantaranya yaitu tomat buah, tomat sayur, tomat cherry dan masih banyak lagi.

Cara Menanam Tomat di Pot atau Polybag agar Berbuah Lebat

Jika Anda ingin melakukan budidaya tomat dengan media pot atau polybag, maka ada beberapa hal yang harus di persiapkan, antara lain:

1. Siapkan pot atau polybag

Siapkan pot atau polybag

Langkah awal yang harus disiapkan yaitu media pot atau plastik polybag sesuai dengan kebutuhan. Namun, sebaiknya jangan menggunakan media yang terlalu kecil, agar tomat dapat tumbuh secara maksimal dan menghasilkan buah yang lebat.

2. Siapkan Media Tanam

Siapkan Media Tanam

Sebelum Anda melakukan penyemaian bibit tomat, maka harus menyiapkan medianya terlebih dahulu seperti tanah, arang sekam dan kompos. Dari ketiga bahan media tanam tersebut harus memiliki perbandingan 2:1:1.

Media tanam ini bisa di persiapkan beberapa hari sebelum proses penanaman, hal itu bertujuan agar kandungan mineral di dalam kompos bisa menyatu dengan tanah. Usahakan setiap media tanam yang disiapkan harus memiliki pH 5,5- 7 dengan tingkat kesuburan tanah yang tinggi, agar dapat menunjang pertumbuhan tanaman tomat.

3. Pilih benih tomat unggulan

Pilih benih tomat unggulan

Untuk memperoleh tanaman tomat yang sehat dan berbuat lebat, maka Anda harus memilih benih tomat unggulan. Sebelumnya Anda harus menentukan jenis tomat apa yang akan dibudidayakan. Kemudian Anda bisa membeli benih biji tomat sesuai dengan keinginan dan bisa langsung disemaikan pada media yang telah disiapkan sebelumnya.

4. Cara menyemai benih tomat yang benar

Cara menyemai benih tomat yang benar

Setelah Anda membeli benih tomat, maka cara menanam tomat yang selanjutnya yaitu dengan menyemaikan benih tomat tersebut pada media yang berupa bedengan-bedengan. Usahakan tempat untuk menyemai benih tomat tidak terkena sinar matahari atau air hujan secara langsung. Kemudian siram media semai dengan air secukupnya, namun kondisi tanahnya tetap lembab.

Dengan cara tersebut, maka benih tomat akan segera tumbuh. Pada usia bibit sekitar 14 hari, sebaiknya diberi tambahan pupuk agar merangsang pertumbuhan bibit secara maksimal. Anda bisa menggunakan pupuk buatan pabrik atau pupuk kompos. Pada usia 1 bulan, maka bibit tomat sudah bisa di tanam pada tempat yang terpisah.

5. Proses penanaman tomat pada pot atau polybag

Proses penanaman tomat pada pot atau polybag

Setelah menyiapkan pot atau polybag, Anda bisa langsung menanam tomat tersebut. Usahakan saat melakukan pencabutan bibit tomat dari media semai harus dilakukan secara hati-hati agar akarnya tidak putus atau rusak. Jika perlu Anda bisa menyiram terlebih dahulu agar tanaman tomat mudah dicabut.

Namun, jika Anda menggunakan polybag sebagai media semai maka tinggal menyobek plastik tersebut dan memindahkan pada pot atau plastik polybag dengan ukuran lebih besar. Kemudian tanah yang tadinya digunakan untuk media semai juga bisa digunakan kembali untuk penanaman tomat pada pot atau polybag saat proses pemindahan.

6. Proses perawatan tanaman tomat

Proses perawatan tanaman tomat

Setelah tanaman tomat dipindahkan ke media yang lebih besar, maka dibutuhkan perawatan secara rutin agar dapat tumbuh secara maksimal dan menghasilkan buah tomat yang sehat dan lebat. Anda juga harus melakukan penyiraman tanaman tomat secara rutin agar kelembapan tanah dapat terjaga dengan baik.

Apabila tanaman tomat sudah tumbuh semakin besar, maka Anda bisa melakukan penyiraman 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari. Sebaiknya tambahkan bambu atau tongkat sebagai penyangga. Agar tanaman tomat bisa tumbuh secara tegak dan kokoh. Usahakan untuk selalu memotong bagian tunas yang baru tumbuh, hal ini akan merangsang pembuahan tomat menjadi lebih cepat.

Untuk mendukung pertumbuhan tanaman tomat agar lebih maksimal, maka Anda perlu memberikan nutrisi tambahan seperti kompos atau pupuk yang diproduksi pabrik. Pupuk tersebut bisa diberikan setelah satu minggu proses pemindahan dari media semai ke dalam pot atau polybag. Ukuran pupuk cukup satu genggam tangan saja untuk setiap pot atau polybag.

Jika pada tanaman tomat yang Anda tanam terserang penyakit atau ditumbuhi jamur, sebaiknya segera cabut dan buang tanaman tersebut agar tidak menulari tanaman tomat yang lainnya. Namun jika memang sangat urgent, maka solusi terbaiknya yaitu dengan memberikan pestisida alami pada tanaman yang terserang penyakit.

7. Masa pemanenannya

Masa pemanenannya

Masa panen merupakan hal yang ditunggu-tunggu setelah proses panjang dari menyemai benih hingga perawatan sampai tanaman tomat berbuah. Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki masa panen sangat cepat. Karena dalam waktu kurang dari 100 hari, tomat sudah bisa menghasilkan buah yang siap panen.

Ciri-ciri buah tomat yang sudah siap di panen yaitu berwarna ke kuning-kuningan sampai dengan warna merah. Hanya saja proses pemanenan buah tomat tidak bisa dilakukan dalam satu waktu, karena produksi buah tomat tidak terjadi pada waktu bersamaan.

Dari beberapa langkah-langkah cara menanam tomat di pot atau polybag di atas, semoga dapat menambah wawasan Anda. Sehingga ketika Anda ingin melakukan budidaya tomat sudah memiliki ilmu yang cukup dan bisa bercocok tanam dengan maksimal.

7 Cara Menanam Tomat (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar)

Add Comment