Site icon Sumber Informasi

8 Cara Menanam Mawar (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi)

Cara Menanam Mawar

Cara Menanam Mawar – Bunga mawar atau Rose sangat diminati masyarakat. Merupakan salah satu tanaman hias yang eksotis. Ada lebih dari 100 species bunga mawar yang dibudidayakan, mulai dari mawar berbunga kecil hingga besar. Anda dapat membudidayakan tanaman ini lebih efektif, lakukan cara menanam mawar seperti ulasan berikut.

Cara Menanam Mawar

1. Ikuti Tips Menanam Mawar

Sebelum menanam ada baiknya mengetahui tips menanam mawar yang baik dan benar. Dapat memulai menanam mawar dihalaman rumah Anda. Cara menanam mawar dimulai dari pemilihan bibit mawar sesuai dengan lokasi yang digunakan untuk menanam.

Lihat juga iklim ketika melakukan penanaman karena tidak semua jenis mawar dapat tumbuh disegala kondisi iklim. Anda dapat menanyakan langung ke penjual, bibit mawar yang hanya dapat ditanam pada ketinggian khusus dan menjadi subur.

2. Siapkan Media Tanam

Persiapkan media tanaman yang baik, idealnya mawar akan tumbuh ditanah liat berpasir dengan kandungan litany 20-30% dan tingkat keasaman tanah (pH) 5,5 – 7,0. Kriteria media tanam tersebut harus gembur, subur, bahan organik, ada drainase, dan aerasi. Jika Anda akan menanam bunga mawar didalam pot maka tempatkan posisinya yang langsung terkena sinar matahari.

3. Persiapan Bibit Mawar

Persiapkan pula bibit mawar, untuk praktisnya Anda dapat langusng membeli ke tempat penjual bunga. Kriteria bibit terbaik adalah sehat, bagus, dan tidak berpenyakit. Cara menanam mawar juga dapat menggunakan stek. Stek merupakan bibit sendiri yang cara membuatnya mudah. Pertama, pilih batang bunga mawar yang cukup tua. Ambil pisau dan potong kira-kira sepanjang 10 cm.

4. Siapkan Media Semai

Selanjutnya, siapkan media semai yakni campuran tanah dengan pupuk kandang. Perbandingan yang digunakan untuk pencampuran efektif adalah 2 : 1. Kemudian mendinginkan media semai dengan diangin-anginkan selama 15 hari. Masukkan media semai ke dalam polybag semai. Ingat penggunaan pupuk kandang lebih efektif apabila telah melewati proses fermentasi atau sudah matang.

Tancapkan stek mawar tersebut dengan hati-hati ke dalam polybag tersebut. Jangan lupa untuk membuat lubang sedalam 3 hingga 4 cm. Masukkan stek dengan hati-hati supaya bagian kulitnya tidak rusak. Setelah itu letakkan ditempat yang terlindung dari hujan dan paparan sinar matahari langsung. Sebab, stek yang kebanyakan diairi sulit tumbuh dan membusuk.

5. Persiapan Pot

Pemilihan pot untuk menanam bunga mawar dapat terbuat dari pot plastik, pot tanah, dan pot semen. Pilih pot yang memungkinkan sistem drainase yang baik. Ukuran pot tidak ada pengaturan khususnya, jadi dapat dipilih sesuai selera.

Tetapi hindari penggunaan pot yang begitu kecil. Adapun minimal Namun jangan menggunakan pot yang terlalu kecil, pilihlah pot yang berdiameter minimal 25 cm. Hindari juga penggunaan pot yang terlalu besar, supaya Anda tidak mengalami kesulitan saat memindahkan bunga mawar nantinya.

6. Tahap Penanaman Mawar

Ingat untuk mengisi dasar pot dengan kerikil ataupun pecahan ranting. Tujuannya supaya air yang disiramkan mudah keluar dan media tanam tidak menjadi becek atau lembab. Kemudian, diatasnya diisi media tanam dengan tinggi setengah dari pot.

Anda dapat membuka polybag pembibitan dengan hati-hati supaya tanahnya tidak pecah. Letakkan bibit tepat ditengah pot dan tambahkan lagi media tanam hingga memenuhi pot. Usahakan supaya pangkal batang tidak tertutupi media tanam. Lakukan gerakan menekan pada media tanam dengan cara perlahan. Supaya bibit mawar posisinya berdiri tegak dan tidak akan roboh ketika disiram.

Usai tahap penanaman selesai, lakukan penyiraman tanaman dan pot diletakkan pada lokasi yang tidak terkena sinar matahari langsung. Biarkan posisi pot seperti ini hingga satu minggu. Setelah itu mulailah meletakkan pot yang berisi mawar dibawah sinar matahari secara bertahap.

7. Lakukan Perawatan dan Pemeliharaan Mawar

Perawatan dan pemeliharaan bunga mawar yang ada dalam pot tidak begitu sulit, hanya perlu melakukan penyiangan dan penyiraman. Anda dapat menyiram bunga mawar dengan air seperlunya saja. Penyiraman dilakukan 1 hingga 2 kali dalam sehari.

Sesuaikan volume air yang disiram dengan media tanam. Hindari menyiram tanaman secara berlebihan karena kelembaban dapat membuat bunga mawar membusuk sampai akhirnya mati. Penyiangan dapat dilakukan jika diperlukan saja, supaya bunga mawar tidak disentuh rumput liar.

8. Tahapan Pemupukan Bunga Mawar Dalam Pot

Sama seperti tanaman secara umumnya, supaya berbunga dapat memberikan nutrisi dengan melakukan pemupukan. Sebaiknya gunakan pupuk organik pupuk kandang karena baik untuk pertumbuhan mawar.

Anda dapat menamburkan satu genggam pupuk kandang cukup dipinggir pot, jangan sampai terkena batang mawar. Selain itu dapat pula menggunakan ampas teh maupun bekas air cucian beras karena fungsinya serupa dengan puput organik. Untuk air cucian beras tersebut dapat disemprotkan pada daun bunga mawar.

Seperti itu cara menanam mawar yang baik dan efektif. Ternyata proses penanamannya tidaklah sulit dan membutuhkan kesabaran. Semoga berhasil.

8 Cara Menanam Mawar (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi)

Exit mobile version