Site icon Sumber Informasi

6 Cara Menanam Jeruk Lemon (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Cara Menanam Jeruk Lemon – Jeruk lemon adalah buah kaya akan vitamin C dan cukup populer sebagai bahan makanan sehat. Banyak olahan makanan atau minuman yang menggunakan jeruk lemon karena memiliki banyak manfaat terutama untuk trend hidup sehat. Anda bisa mencoba menanam jeruk lemon di pekarangan rumah Anda. Cara Menanam Jeruk Lemon hampir sama dengan menanam jenis jeruk lainnya.

Jeruk lemon dapat tumbuh pada iklim tropis dan subtropis. Tanaman jeruk lemon dapat di taman di lahan pertanian hingga di pot, yang terpenting cukup akan sinar matahari. Pada dasarnya jeruk lemon adalah tanaman yang membutuhkan sinar matahari sekitar 8 – 12 jam sehari.

Manfaat Jeruk Lemon

Sebelum membahas lebih detail mengenai Cara Menanam Jeruk Lemon, sebaiknya Anda pahami beberapa manfaat bila mengkonsumsi jeruk lemon sehingga Anda lebih tertarik untuk mencoba menanam di rumah, sebagai berikut :

Cara Menanam Jeruk Lemon :

Setelah Anda mengetahui banyak manfaat dari jeruk lemon, Anda bisa mencoba untuk menanam jeruk lemon dengan langkah – langkah sebagai berikut :

1. Mempersiapkan bibit lemon

Untuk menanam tentunya membutuhkan bibit yang berkualitas. Anda bisa menyiapkan bibit lemon dengan dua cara sebagai berikut :

2. Proses stek jeruk lemon

Jika Anda ingin menanam jeruk lemon dengan cara Vegetatif, berikut cara untuk stek tanaman jeruk lemon :

3. Menyiapkan media tanam

Jeruk lemon dapat di tanam melalui lahan pertanian atau dengan media pot. Apabila Anda menggunakan lahan pertanian sebagai media tanam, sebaiknya gunakan lahan dalam keadaan yang tidak basah dan tersedia sinar matahari untuk tanaman jeruk. Biasanya tanah yang digunakan adalah tanah yang gembur dengan sifat organik serta terbebas dari gulma.

Pada lahan pertanian, Anda juga perlu untuk membuat sistem drainase yang baik. Setelah tanah sudah siap, buatlah lubang tanam yang terlebih dahulu diberikan pupuk agar unsur hara pada tanah semakain banyak. Gunakan pupuk yang murni tanpa adanya campuran bahan kimia, seperti pupuk kendang atau pupuk organik.

Menanam jeruk lemon dengan menggunakan pot bisa juga difungsikan untuk hiasan di pekarangan rumah Anda. Pilih pot yang memiliki lubang pada bagian bawah sebagai sistem drainase agar tanah tidak basah. Agar air dalam pot saat penyiraman bisa keluar, Anda juga bisa memasukkan pecahan genting pada dasar pot sehingga terdapat celah antara dasar pot dengan media tanam.

4. Menanam jeruk lemon

Saat bibit jeruk lemon berusia 4 – 5 bulan bisa dipindahkan ke media tanam yang lebih besar. Sebagai contoh, lahan pertanian atau pot yang ukurannya lebih besar. Cara Menanam Jeruk Lemon sangat mudah, lepaskan polybag yang berisi bibit jeruk lemon dan letakkan pada lubang tanam yang telah disediakan sebelumnya. Setelah itu, tutup lubang dengan tanah.

5. Merawat tanaman jeruk lemon

Perawatan dilakukan dengan menyiram jeruk lemon yang tertanam pada media tanam sebanyak 2 kali sehari. Mengingat pada umur 1 – 2 bulan adalah fase kritis pertumbuhan, sebaiknya penyiraman dilakukan secara rutin.

Penyiangan adalah perawatan untuk tanaman jeruk lemon dengan membersihkan tumbuhan sekitar pot/ lahan pertanian yang mengganggu pertumbuhan jeruk lemon. Tanaman liar atau gulma akan memperlambat proses pertumbuhan jeruk lemon. Pembubunan adalah perawatan dengan menggemburkan lagi tanah dan menaikkan tanah ke arah batang tanaman jeruk.

Pemupukan dilakukan sebanyak 3 kali yakni ketika tanaman berusia 1 bulan, 6 bulan dan 1 tahun. Anda bisa menggunakan pupuk NPK dengan dosisi 5-10 gram untuk tanaman berusia 1 bulan dan 15 – 20 gram untuk tanaman yang berusia 6-12 bulan.

6. Memanen Jeruk Lemon

Cara Menanam Jeruk Lemon yang terakhir adalah proses memanen. Ciri utama jeruk lemon yang siap dipanen adalah warna buah jeruk yang kuning cerah. Proses pembibitan yang berbeda juga mempengaruhi waktu panen. Bibit yang diperoleh dengan cara vegetative bisa dipanen ketika berumur 2 – 3 tahun, sedangkan untuk bibit dari cara generatif baru bisa dipanen ketika berusia 5 – 6 tahun.

Menanam jeruk lemon membutuhkan waktu yang tidak singkat sekitar 2 – 6 tahun tergantung pada proses memperoleh bibit jeruk lemon. Menanam jeruk lemon pada pot dapat memberikan nilai estetika sehingga cocok sebagai tanaman hias di rumah Anda.

6 Cara Menanam Jeruk Lemon (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Exit mobile version