Site icon Sumber Informasi

Cara Memblokir ATM BRI yang Hilang Simpel No Ribet

Cara-Memblokir-ATM-BRI-yang-Hilang

Cara Memblokir ATM BRI yang Hilang – Hilangnya kartu ATM tentu sangat menyebalkan untuk banyak orang. Banyak hal yang mengkhawatirkan ketika kartu ATM hilang. Ketika kartu ATM hilang apapun itu, BRI misalnya, maka Anda harus melakukan langkah pertolongan pertama yakni blokir.

Lalu bagaimana cara memblokir ATM BRI yang hilang? Ikuti beberapa cara berikut ini untuk memblokir ATM BRI yang telah hilang.

Daftar Cara Memblokir ATM BRI yang Hilang

Ada setidaknya 6 cara yang bisa dipakai untuk memblokir kartu ATM BRI yang hilang. Catat cara ini baik-baik karena mungkin akan berguna pada diri Anda suatu saat nanti. Berikut ini beberapa caranya.

1.     Telepon Call Center

Cara memblokir ATM BRI yang hilang pertama adalah cara yang paling mungkin Anda lakukan hampir di segala kondisi. Tentu dengan catatan Anda memiliki pulsa untuk menelpon. Jadi, pada cara ini Anda cukup menelpon Call Center BRI saja. Ada dua nomor yang bisa Anda hubungi:

Anda hanya perlu memastikan ada sinyal dan ada pulsa untuk menelpon nomor tersebut. Setelah terhubung, tinggal memberitahu kalau Anda ingin melakukan pemblokiran. Anda bisa menyiapkan nomor rekening, serta NIK yang ada di KTP dan juga nama lengkap.

Setelahnya, petugas dari Call Center tersebut akan langsung bekerja dan ATM Anda secara otomatis sudah terblokir. Kalau ingin mengaktifkannya kembali, Anda harus menuju ke kantor cabang.

2.     Datang ke Kantor Cabang

Cara selanjutnya hanya bisa dilakukan ketika jarak tempat Anda berada dengan kantor cabang cukup dekat. Kalau jaraknya hingga 3 jam atau lebih, alangkah baiknya telepon saja. Tapi kalau cukup dekat, segera datang ke kantor cabang.

Setelah sampai di kantor cabang, silakan ambil nomor antrian dan setelah dipanggil, Anda tinggal bilang ke Customer Servicenya kalau ingin memblokir ATM. Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan:

Setelah itu CS akan langsung bekerja dan sekaligus menawarkan kepada Anda untuk membuat kartu ATM yang baru. Itu kalau Anda mau, jika benar-benar ingin memblokir dan tidak ingin membukanya dalam jangka waktu tertentu, maka Anda tidak perlu menerima tawaran tersebut.

Berapa biayanya? Kalau ke CS, Anda tidak perlu biaya sama sekali. Mungkin hanya bayar parkir dan bensin, sementara biaya CS tidak diperlukan.

3.     Menggunakan BRI Mobile

Kemudian, cara memblokir ATM BRI yang hilang berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi BRI Mobile. Cara ini hanya bisa dilakukan ketika Anda memiliki aplikasi BRI Mobile dan terdaftar sebagai pengguna aplikasi ini.

Jika Anda hanya memiliki aplikasinya saja atau hanya mengunduhnya tiba-tiba tanpa mendaftar terlebih dahulu di kantor cabang, maka Anda tetap tidak bisa menggunakkan BRI Mobile. Jadi anggap saja Anda sudah punya BRI Mobile, maka langkahnya seperti berikut:

Cara ini gratis. Tapi seperti yang dibilang, Anda harus memiliki BRI Mobile. Selain itu pastikan Anda memiliki sinyal yang stabil dan juga kuota internet. Satu lagi, biar aman, jangan menggunakan VPN atau koneksi wifi cafe karena dikhawatirkan koneksi Anda diintai hacker.

Kalau sinyal Anda sedang buruk, lebih baik jangan dilanjutkan atau kalau sudah terlanjur, tunggu saja sampai sinyal kembali normal. Ditakutkan prosesnya terhenti di tengah jalan dan sistem hanya membaca setengah-setengah.

4.     Lewat Internet Banking

Selain menggunakan BRI Mobile dan langsung masuk ke pelayanan nasabah, Anda juga bisa menggunakan fitur internet banking yang ada di aplikasi BRI mobile. Caranya seperti ini:

Dengan BRI Mobile Anda juga bisa menggunakan internet Banking BRI untuk memblokir kartu ATM yang hilang. Cara ini sama seperti cara sebelumnya, Anda tidak perlu menyiapkan ID atau buku tabungan. Karena sistem secara otomatis akan memproses permintaan Anda.

5.     Melalui IB BRI Website

Handphone sedang mati? Kalau handphone sedang mati dan tidak membawa charger atau power bank, Anda bisa menggunakan cara memblokir ATM BRI yang hilang dengan IB BRI Website. Caranya sebagai berikut:

Cara ini terbilang sangat simple. Anda hanya butuh koneksi internet yang stabil dan sebuah laptop atau PC saja. Sekali lagi perlu ditekankan, jangan menggunakan koneksi internet wifi umum ketika mengakses internet banking.

6.     Lewat email

Cara memblokir ATM BRI yang hilang terakhir adalah dengan menggunakan e-mail. Cara ini jarang sekali dilakukan. Karena kalau gagal menelpon CS, Anda harus datang ke kantor cabang.

Sementara kalau tidak ingin ke kantor cabang, Anda bisa menggunakan internet banking BRI atau memakai BRI Mobile. Tapi cara ini tetap perlu Anda ketahui just in case.

Cara ini tidak direkomendasikan karena Anda tidak pernah tahu apakah email akan dibaca atau tidak oleh CS. Meskipun sudah dibaca, apakah akan langsung dibalas atau tidak. Jadi, lebih baik Anda menggunakan cara yang lain saja.

Cara Membuka Blokir Kartu ATM BRI

Selanjutnya adalah cara membuka blokir. Anda sudah tahu bagaimana cara memblokir kartu. Sekarang Anda juga harus tahu bagaimana cara membuka blokirnya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Misalnya:

Ketika Anda membuka blokir kartu ATM Anda, seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda akan ditawari kartu ATM baru dan pada beberapa kesempatan bisa dimintai biaya pembuatan kartu ATM. Jadi kalau mau membuka blokir, siapkan uangnya terlebih dahulu ya!

Cara memblokir ATM BRI yang hilang mana yang paling mudah? Semua kembali pada diri Anda masing-masing dan pada kemampuan serta lokasi dan kondisi Anda. Setidaknya dengan adanya 6 pilihan cara tersebut, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan Anda.

Cara Memblokir ATM BRI yang Hilang Simpel No Ribet

Exit mobile version