Cara-Cek-Masa-Aktif-Telkomsel-dan-Cara-Memperpanjangnya-scaled

4 Cara Cek Masa Aktif Telkomsel dan Cara Memperpanjangnya

Cara Cek Masa Aktif Telkomsel – Telkomsel adalah salah satu provider terbaik yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Telkomsel sendiri memiliki beberapa layanan provider dengan cara cek masa aktif Telkomsel dan cara memperpanjangnya berbeda-beda.

Walaupun sudah banyak yang menggunakannya, terdapat beberapa pengguna yang masih kebingungan untuk mengecek masa aktif dan cara memperpanjangnya. Berikut ini adalah beberapa cara cek masa aktif Telkomsel dan cara memperpanjangnya di setiap providernya:

Cara Cek Masa Aktif Telkomsel dan Cara Memperpanjangnya

1. Cara Cek Masa Aktif

Telkomsel menyediakan 2 cara untuk mengecek masa aktif kartu SIM yang sedang digunakan. Berikut ini adalah cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel:

a. Melalui Kode Diala. Melalui Kode Dial

  • Langkah pertama cara cek masa aktif Telkomsel dan cara memperpanjangnya yaitu dengan membuka menu telepon di ponsel yang Anda gunakan
  • Ketik *888# lalu ketuk tombol Call
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi jumlah pulsa dan masa aktif kartu yang sedang digunakan

b. Melalui MyTelkomsel Appb. Melalui MyTelkomsel App

  • Untuk menggunakan MyTelkomsel App sebagai cara cek masa aktif Telkomsel dan cara memperpanjangnya, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store
  • Setelah terpasang, buka aplikasinya lalu login dengan menggunakan nomor Telkomsel yang sedang digunakan
  • Jika berhasil Anda dapat melihat informasi masa aktif kartu yang sedang digunakan pada halaman utama MyTelkomsel App

2. Cara Memperpanjang Masa Aktif

Telkomsel juga menyediakan layanan untuk memperpanjang masa aktif kartu yang akan mendekati masa tenggang. Pada umumnya terdapat 2 cara cek masa aktif Telkomsel dan cara memperpanjangnya yang dapat Anda gunakan.

a. Membeli Masa Aktif di Kartu Telkomsel

  • Cara ini dapat Anda gunakan jika di dalam kartu masih terdapat pulsa yang tersimpan, namun masa aktifnya mendekati masa tenggang
  • Untuk langkah pertamanya, Anda dapat membuka menu Dial Pad atau menu Telepon pada HP yang digunakan
  • Setelah itu ketik *999# lalu tunggu hingga muncul beberapa menuSetelah itu ketik *999# lalu tunggu hingga muncul beberapa menu
  • Nantinya akan muncul beberapa informasi dan juga promo yang sedang berlangsung. Anda dapat tekan nomor 5 (Paket Lainnya)
  • Pilih opsi Lainnya atau tekan nomor 7
  • Setelah itu pilih opsi Masa Aktif Paket atau tekan nomor 3
  • Nantinya akan muncul beberapa pilihan masa aktif dan masing-masing biayanya
  • Jika sudah memilih salah satu paketnya, kemudian tekan opsi kirim
  • Jika muncul jendela konfirmasi, Silahkan tekan nomor 1 untuk melanjutkannyaJika muncul jendela konfirmasi, Silahkan tekan nomor 1 untuk melanjutkannya

Tunggu hingga beberapa saat hingga muncul pesan notifikasi dari 806 bahwa masa aktif kartu yang sedang Anda gunakan telah bertambah. Untuk biaya masa aktif Telkomsel pada umumnya adalah seperti berikut:

Masa AktifBiaya
7 HariRp5.000,-
30 HariRp10.000,-
90 HariRp30.000,-

c. Isi Ulang Kartu Pulsac. Isi Ulang Kartu Pulsa

  • Seperti halnya provider lainnya, Anda dapat memperpanjang masa aktif kartu dengan cara mengisi ulang pulsanya
  • Untuk pengisian pulsanya dapat dilakukan di mana pun dengan cara apapun, seperti di konter HP, melalui marketplace, atau di minimarket
  • Nantinya jika pulsa sudah masuk, secara otomatis masa aktif dari kartu yang digunakan akan bertambah. Untuk mengetahui daftar masa aktif setiap paket pulsa, Anda dapat melihat tabel berikut ini:
Masa AktifBiaya
7 HariRp5.000,-
15 HariRp10.000,-
20 HariRp15.000,-
30 hariRp20.000,-
35 HariRp25.000,-
45 HariRp50.000,-
60 HariRp100.000,-
120 HariRp150.000,-

3. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati3. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Jika masa aktif nomor Telkomsel (simPATI/Loop/Kartu As) sudah melewati masa tenggang, maka secara otomatis nomor tersebut akan terblokir. Nomor tersebut sebenarnya masih dapat diaktifkan kembali, namun menjadi kartu Halo (kartu Telkomsel pascabayar).

Untuk mengaktifkan kembali kartu yang sudah mati, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Membawa ke GraPARI terdekat paling lambat hingga 15 hari setelah masa tenggang berakhir
  • Membawa e-KTP Asli
  • Membawa nomor Kartu Keluarga untuk diregistrasikan kembali

Lama Masa Tenggang TelkomselLama Masa Tenggang Telkomsel

Sebagai tambahan informasi, untuk masa tenggang kartu Telkomsel yaitu sekitar 30 Hari. Artinya jika masa aktif kartu yang Anda gunakan berakhir di bulan Maret, maka di pertengahan Februari kartu yang Anda gunakan sudah masuk ke masa tenggang.

Ketika kartu yang Anda gunakan telah masuk ke masa tenggang, maka Anda tidak akan dapat melakukan panggilan keluar, mengirim SMS, atau mengakses internet. Namun untuk menerima panggilan atau SMS, masih dapat dilakukan.

Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Kartu Telkomsel

Selain mengetahui cara cek masa aktif Telkomsel dan cara memperpanjangnya, Anda juga harus mengetahui keuntungan dan kekurangan menggunakan kartu Telkomsel. Hal ini tentunya dapat membuat Anda semakin mempertimbangkan Telkomsel sebagai provider utama yang Anda gunakan.

1. Keuntungan

a. Sudah Memiliki Banyak PelangganSudah-Memiliki-Banyak-Pelanggan

Dengan sudah banyaknya pengguna dari Telkomsel, tentunya membuat provider ini memiliki image yang baik bagi setiap orang. Bahkan Telkomsel adalah provider yang paling banyak memiliki pengguna di seluruh Indonesia.

b. Memiliki Jaringan yang Luasb. Memiliki Jaringan yang Luas

Salah satu alasan mengapa Telkomsel memiliki banyak pengguna adalah karena memiliki jaringan yang sangat luas. Tentunya dengan jaringan yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia, akan memberikan pelayanan yang lebih optimal di setiap pelanggan.

c. Jaringan Internet yang Lancarc. Jaringan Internet yang Lancar

Dengan jaringannya yang hampir terdapat di seluruh wilayah Indonesia, Telkomsel memiliki jaringan internet yang sangat lancar. Tentunya dengan internet yang lancar, semua pekerjaan yang membutuhkan akses internet menjadi lebih mudah.

d. Bundling Perangkat yang Memiliki Banyak Bonusd. Bundling Perangkat yang Memiliki Banyak Bonus

Telkomsel telah bekerjasama dengan beberapa perangkat Ponsel untuk meningkatkan layanan dan juga menarik perhatikan penggunanya.

Saat ini Telkomsel telah bekerjasama dengan LG, Lenovo, Samsung, dan Sony untuk menciptakan berbagai bonus cashback, bonus kuota, akses streaming film atau musik, dan masih banyak lagi.

2. Kekurangan

a. Tarif yang Mahala. Tarif yang Mahal

Dikarenakan memiliki jaringan yang cukup luas dan kecepatan internet yang tinggi, Telkomsel memiliki tarif yang cukup mahal. Berbagai paket pesan, panggilan, dan internet dirasa kurang ramah di kantong jika dibandingkan dengan provider lainnya.

b. Masih Terdapat Daerah yang Sulit Mendapatkan Sinyalb. Masih Terdapat Daerah yang Sulit Mendapatkan Sinyal

Walaupun memiliki jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, masih terdapat beberapa daerah yang belum terjangkau oleh jaringan Telkomsel.

Hal ini tentunya menjadi kekurangan yang harus diperbaiki karena Telkomsel adalah provider yang dimiliki oleh Pemerintah, jadi bertanggung jawab terhadap akses komunikasi di Indonesia.

c. Sulit Mengontrol Pemakaian pada Kartu Pascabayarc. Sulit Mengontrol Pemakaian pada Kartu Pascabayar

Telkomsel memiliki provider pascabayar, yaitu kartu Halo. Jika Anda memilih menggunakan kartu Pascabayar, maka akan sulit mengontrol pemakaian pulsa atau kuota karena tidak adanya limit yang ditentukan.

Bisa jadi pengeluaran untuk pemakaian kartu pascabayar tersebut akan membengkak di akhir bulan yang tentunya akan merugikan Anda.

Cara cek masa aktif Telkomsel dan cara memperpanjangnya yang mudah tentunya akan membuat penggunanya merasa lebih nyaman menggunakan Telkomsel.

Banyaknya keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan Telkomsel pun menjadi alasan banyak orang yang telah menggunakannya sebagai provider utama.

4 Cara Cek Masa Aktif Telkomsel dan Cara Memperpanjangnya

Leave a Reply