Dahsyatnya Bacaan Ayat Kursi yang Harus Kamu Tahu !

Ayat Kursi – Di dalam hidup kita pasti menginginkan keberkahan dalam hal apapun, mendapat rezeki yang berkah, mendapat kesehatan yang berkah dan keberkahan lainnya. Salah satu khasiat yang terdapat dalam sebuah doa akan memberikan keberkahan sendiri. Ada banyak bacaan doa yang bisa anda ucapkan setiap saat, salah satu bacaan doa dengan sejuta manfaat adalah ayat kursi.

Di setiap bacaan ayat kursi tersebut terdapat banyak sekali keutamaan, manfaat dan khasiatnya. Yang akan berpengaruh besar pada hidup kita, jika kita sering membacakan ayat kursi di segala situasi. Mengamalkan ayat suci al quran dalam hidup sehari-hari merupakan kewajiban kita sebagai seorang muslim, termasuk dalam membaca ayat kursi tersebut.

Selain itu peran kita sebagai seorang muslim adalah dengan menjalankan syariah dari Allah dalam membaca dan mengamalkan ayat kursi di kehidupan kita sehari-hari. Itulah sebabnya kita haru sering membacakan ayat kursi dalam hal apapun. Agar hidup menjadi lebih berkah dan kita selalu dalam lindungan Allah, dengan tidak terjerumus atau mengalami hal-hal buruk dalam hidup.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar ayat kursi. Mulai dari Bacaan ayat kursi bahasa arab, bacaan ayat kursi latin, arti ayat kursi, manfaat ayat kursi, keutamaan ayat kursi, rahasia ayat kursi, dll.

Bacaan Ayat Kursi Bahasa Arab

Bacaan Ayat Kursi Bahasa Arab
Bacaan Ayat Kursi Bahasa Arab

Dalam hidup pasti ada banyak hal yang terjadi yang tidak kita sukai, atau yang membuat kita sedih, marah dan kecewa berkepanjangan. Dalam menghadapi masalah ringan atau berat dalam hidup, haruslah diselesaikan dengan membaca beberapa hafalan bacaan misalnya ayat kursi. Dengan begitu keyakinan kita akan pertolongan Allah pun akan semakin kuat.

Ada banyak keutamaan dalam ayat kursi yang tersebut di dalam keterangan-keterangan yang berasal dari sabda Rasulullah SAW. Seperti misalnya :

“ Sesungguhnya segala sesuatu pasti memiliki punuk, dan punuknya al quran adalah surat al baqarah yang di dalamnya terdapat penghulu dari ayat-ayat suci al quran. Ayat tersebut adalah ayat kursi.” (HR Turmudzi)

Bacaan Ayat Kursi Latin

Bacaan Ayat Kursi Latin
Bacaan Ayat Kursi Latin

Untuk bacaan latinnya anda bisa langsung membacanya, seperti berikut ini :

ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TA’KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA’LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN ‘ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI’A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL AZHIIM.

Terjemahan Ayat Kursi

Terjemahan Ayat Kursi
Terjemahan Ayat Kursi

Jika anda tidak paham makna dari ayat kursi tersebut, maka anda bisa membaca terjemahannya dalam bahasa Indonesia. yaitu sebagai berikut :

“ Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.

Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha tinggi lagi maha besar.” (Surat Al-Baqarah ayat 255).

Sedangkan terjemahan ayat kursi dalam bahasa inggris, yaitu sebagai berikut :

“ Allah, there is no God (worthy of worship) but He, the living the eternal slumber ( creature – His ). Neither slumber nor sleep, belonging – things in heaven and in earth. No one can intercede with Allah without permission. – Him? God knows that – whats in front of them and behind them. And they dont know what – what of His knowledge except what He – He.

Seat embraces the heavens and the earth. And God does not feel heavy presering them, and Allah most high, most great.”

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap dengan Tata Caranya !

Keutamaan Ayat Kursi

Keutamaan Ayat Kursi
Keutamaan Ayat Kursi

Ada banyak keutamaan di dalam ayat kursi tersebut sehingga maknanya dahsyat. Selain itu ayat kursi ini juga pembawa berkah bagi hidup dan diri kita sebagai manusia dan sebagai makhluk Allah. Berikut ini beberapa keutamaan dari ayat kursi, yang harus anda ketahui. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Ayat yang paling agung di dalam al quran

Ternyata ayat kursi merupakan salah satu ayat yang paling agung dalam al quran, tak heran jika khasiat membaca ayat kursi ini sungguh luar biasa. Seperti yang disebutkan oleh Rasulullah SAW, dari sebuah pertanyaan yang diajukan kepada Ubay Bin Kai. Ayat mana yang paling agung di dalam kitabullah atau al quran.

Maka Ubay pun menjawab ayat kursi. Maka Beliau Rasulullah SAW menepuk dada Ubay dengan pelan sambil berkata, wahai Abu Mundzir semoga engkau selalu bahagia dengan ilmu yang engkau miliki. ( HR Muslim). Itulah sebabnya ayat kursi dinobatkan sebagai ayat yang paling agung karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung.

Yaitu pada bait Al Hayyu dan Al Qayyum. Tetapi sampai sekarang masih banyak ulama yang masih berselisih mengenai kedua nama tersebut, manakah di antara kedua nama itu yang merupakan nama Allah yang paling agung.

2. Keagungan yang melebihi langit dan bumi

Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Tidakkah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi, (karena di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah). Sufyan Ats-Sauri berkata, sebab ayat kursi merupakan salah satu kalamullah atau perkataan Allah. Sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah langit dan bumi.

3. Salah satu bacaan dzikir sebelum tidur

Rasulullah SAW pernah bersabda : “ jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba (HR Al-Bukhari). Jadikanlah ayat kursi sebagai dzikir yang rutin yang dibaca ketika hendak pergi tidur.

Bukan hanya bagus dibaca di malam hari, tetapi ayat kursi juga merupakan bacaan yang bagus dibaca ketika pagi dan juga petang.”

4. Salah satu sebab masuk surga

Rasulullah SAW bersabda : “ barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai shalat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

Manfaat Ayat Kursi

Manfaat Ayat Kursi
Manfaat Ayat Kursi

1. Akal menjadi lebih terbuka

Khasiat atau manfaat dari ayat kursi yang pertama muncul adalah yang berasal dari Syeikh Abu Abbas, yang mengatakan bahsawanya siapa saja yang membaca ayat kursi sampai lebih dari 50 kali dan meniupkannya pada air hujan. Maka insha Allah air tersebut ketika diminum akan membuat akal dan pikiran orang tersebut menjadi lebih terbuka.

Selain itu manfaat lainnya dari bacaan ayat kursi tersebut adalah menyebabkan orang tersebut menjadi lebih mudah, dalam mencerna pengetahuan yang baru.

2. Dilindungi dari godaan syaiton

Dikatakan bahwa siapapun yang membaca ayat kursi penuh dengan kekhusyuan, setelah mereka melakukan shalat fardu di pagi dan sore hari maka insha Allah lewat kuasa Allah ia akan dilindungi oleh godaan syaitan, serangan binatang buas, sampai kejahatan yang dilakukan oleh orang lain yang kira-kira bisa membawa bencana pada keluarganya.

3. Rezeki diperbanyak

Melalui kita Asraarul Mufidah diketahui bahwa siapapun yang membaca ayat kursi sebanyak 18 kali, maka ia akan mendapat manfaat dari bacaan ayat kursi tersebut. yaitu dadanya akan dibukakan kepada berbagai macam hikmah. Selain itu rezeki yang akan ia dapatkan juga akan diperbanyak oleh Allah.

Ia juga akan diberi pengaruh yang cukup besar sehingga banyak orang yang akan lebih menghormatinya.

4. Dijauhkan dari segala kejahatan

Rasulullah SAW bersabda bahwa mereka yang membaca ayat kursi sebanyak 12 kali, di hari Jumat dan pada saat melakukan shalat sunnah 2 rakaat akan dipelihara langsung oleh Allah. Dari kejahatan baik itu kejahatan yang berasal dari manusia, ataupun kejahatan yang berasal dari setan.

5. Dihilangkan segala bentuk kekafirannya

Sabda lain dari Rasulullah SAW mengenai khasiat dan manfaat yang dahsyat dari ayat kursi, adalah bagaimana mereka yang pulang ke rumah dan segera membaca ayat kursi maka akan dihilangkan seluruh bentuk kekafiran yang terdapat pada orang tersebut.

6. Dilindungi oleh Allah

Jika seseorang membaca ayat kursi di perjalanan maka insha Allah orang tersebut juga akan dilindungi dan diselamatkan oleh Allah untuk sampai di tujuan.

7. Mendapat cinta dan kasih sayang Allah

Mereka yang selalu membaca ayat kursi di dalam kesempatan apapun, akan mendapat cinta dan kasih sayang dari Allah SWT serta perhatian dari-Nya. Sebagaimana Allah telah mencintai dan memelihara nabi Muhammad SAW.

8. Menjaga diri dari setan dan jin

Jika dibaca dengan kekhusyukan maka insha Allah ayat kursi tersebut mampu menjadi senjata dalam melawan jin yang jahat. Karena dengan anda membacakan ayat kursi maka setan dan jin yang jahat tersebut akan terbakar. Itulah salah satu efek dari ayat kursi jika sering dibaca, yaitu dapat mengusir makhluk halus yang mengganggu kita.

9. Dihindarkan dari perbuatan tercela

Jika seseorang mampu mengamalkan apa yang ada di dalam ayat kursi maka insha Allah mereka akan dihindarkan dari perbuatan pencurian apapun, yang mungkin direncanakan oleh manusia lainnya. Ayat kursi akan berubah menjadi sebuah benteng yang senantiasa melindungi, kediaman orang yang sering membacanya dari segala jenis pencurian.

10. Disayangi oleh Allah

Jika seseorang sudah terbiasa dalam membaca ayat kursi sesaat setelah mereka menunaikan shalat fardhu, maka orang tersebut akan dilindungi dan disayangi oleh Allah kecuali maut yang memanggilnya.

Kumpulan Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap dengan Tata Caranya !

Asbabun Nuzul Ayat Kursi

Asbabun Nuzul Ayat Kursi
Asbabun Nuzul Ayat Kursi

Ayat kursi diturunkan oleh Allah SWT di suatu malam ketika Rasulullah SAW hijrah dari kota Mekah ke Madinah. Ayat kursi ini diantarkan oleh ribuan malaikat, mengapa sampai diantarkan oleh ribuan malaikat? Karena ayat yang satu ini merupakan salah satu ayat yang paling mulia di dalam Al quran, sehingga malaikat pun ikut mengiringi atas perintah Allah SWT.

Mengingat keagungan dari ayat kursi ini sampai-sampai iblis atau setan yang jahat pun gempar jika mendengar ayat ini dibacakan. Karena mereka menganggap ayat kursi ini adalah ayat yang menghalangi segala jenis pekerjaan jahat mereka. Dalam usahanya untuk menggoda dan menjerumuskan manusia ke dalam segala hal yang buruk.

Maka saat itu Rasulullah SAW pun memerintahkan Zaid Bin Tsabit atau seorang juru tulis di zaman Rasul, untuk mencatat ayat kursi dan menyebarkannya ke seluruh umat. Agar ayat tersebut bisa diamalkan ke dalam kehidupan nyata, mengingat betapa besarnya kesitimewaan yang ada di dalam ayat kursi ini.

Maka dari itu marilah kita mengamalkan ayat kursi, dengan selalu mengagungkan nama Allah SWT. Dengan mensucikan Nama-Nya, dan mementingkan segala macam ibadah kepada Allah dibanding aktivitas kita sehari-hari. Kita juga harus senantiasa takut akan kepada-Nya baik atas perbuatan dosa kecil maupun dosa besar.

Mudah-mudahan Allah senantiasa membimbing kita ke dalam iman dan ketakwaan kepada-Nya. Semoga ibadah kita juga selalu diterima oleh Allah SWT. Ada banyak sekali keutamaan dalam membaca ayat kursi ini, bacaan ayat kursi ini akan menjadi penyelamat anda dalam banyak hal dalam hidup ini.

Ayat kursi ini terletak di dalam surat al baqarah ayat 255, yang di dalamnya merupakan suatu wahyu yang Agung dibanding dengan wahyu lainnya yang Allah turunkan. Keagungan dari ayat kursi ini bisa dilihat dari namanya, dan cara ayat kursi turun ke bumi. Ayat ini dinamakan kursi karena memang menceritakan tentang, kebesaran Allah yang tiada tandinganNya.

Sedangkan nama kursi tersebut diambil dari sempena kalimah kursi, yang terdapat di dalam ayat tersebut. yang maksudnya adalah Kursi Allah meliputi langit dan bumi.

Sejarah Diturunkannya Ayat Kursi

Sejarah Diturunkannya Ayat Kursi
Sejarah Diturunkannya Ayat Kursi

Diriwayatkan ketika Allah hendak menurunkan ayat kursi, maka Allah telah memerintahkan Malaikat Jibril untuk membawanya turun ke bumi. Bersama dengan 70 ribu malaikat lainnya yang turut menyertai ayat kursi ini, dan menyambutnya di langit dunia dengan penuh kehormatan. Ketika wahyu ini diturunkan, bumi pun menjadi gempar dan terjadi gempa di seluruh dunia.

Segala berhala sembahan dari orang kafir pun menggoncang, gempa ini juga menyebabkan seluruh manusia dan raja di seluruh dunia menjadi gentar. Bahkan mahkota yang dipakai oleh para raja pun tertanggal dari kepala, dan jatuh ke bumi. Bukan hanya itu para syaitan juga ikut gempar dan berlarian, menemui iblis laknatullah yang juga ketakutan.

Iblis pun memerintahkan para syaitan untuk memeriksa penyebab dari gempa yang sangat mengguncang tersebut. para syaitan pun pergi untuk memeriksa dan berhenti di tempat turunnya ayat kursi tersebut, yang saat itu dihadiri oleh 70 ribu malaikat dan Malaikat Jibril. Maka semakin lemaslah para syaitan melihat keagungan Allah, lalu mereka kembali beranjak pergi.

Setelah iblis mengetahui hal itu dari para syaitan maka gusarlah mereka karena telah turun dinding yang sangat kuat, yang dapat menghalangi tugas mereka dan tidak dapat ditembusi oleh para tentaranya jika manusia beramal dengan ayat tersebut. maka dari itu hingga kini ayat kursi menjadi penolong semua umat manusia yang mau mengamalkannya.

Kaligrafi Ayat Kursi

Keistimewaan ayat kursi memang sudah tidak usah diragukan lagi. Tak heran jika anda sering melihat kaligrafi ayat kursi yang dipajang di dinding – dinding rumah atau dinding suatu bangunan. Tak sedikit juga para seniman, tukang lukis, tukang pahat yang membuat kaligrafi ayat kursi dengan imajinasinya sendiri sekreatif mereka.

Ayat yang paling agung dalam Al Quran ini sudah tentu harus diamalkan, diistimewakan, dan alangkah baiknya untuk kita hapal. Dengan banyaknya tulisan kaligrafi ayat kursi yang ditempel di dinding suatu bangunan, hal tersebut tentunya nanti akan mengingatkan kita untuk selalu melafalkan ayat yang istimewa ini.

Berikut ini adalah beberapa gambar kaligrafi ayat kursi :

Kaligrafi Ayat Kursi
Kaligrafi Ayat Kursi
Kaligrafi Ayat Kursi
Kaligrafi Ayat Kursi
Kaligrafi Ayat Kursi
Kaligrafi Ayat Kursi

Bacaan ayat kursi bahasa arab, bacaan ayat kursi latin, arti ayat kursi, manfaat ayat kursi, keutamaan ayat kursi, rahasia ayat kursi, dll.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dengan Tata Caranya !

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Ayat Kursi

1 thought on “Dahsyatnya Bacaan Ayat Kursi yang Harus Kamu Tahu !

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: