Site icon Sumber Informasi

Pengertian Artikel Prediktif dan Contohnya Yang Wajib Diketahui 

Pengertian Artikel Prediktif dan Contohnya Yang Wajib Diketahui

Artikel Prediktif – Artikel merupakan karangan factual dimana lengkap dengan panjang tertentu serta dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan informasi ataupun fakta yang mendidik atau menghibur bagi para pembacanya. Ada banyak jenis artikel yang bisa anda temukan. salah satunya adalah jenis artikel prediktif. 

Sama seperti dengan jenis artikel lainnya, di dalam artikel inipun juga terdapat beberapa ciri yang wajib diketahui seperti isi artikel berdasarkan dengan fakta dan data, mempunyai sifat informative, hingga dapat mengundang opini tertentu dari pada pembacanya. Tujuan utamanya adalah digunakan untuk memberikan informasi penting kepada para pembacanya.

Pengertian artikel jenis prediktif.

Untuk memahami lebih jauh mengenai jenis artikel yang satu ini, anda juga perlu untuk mengetahui pengertiannya. Artikel prediktif sendiri merupakan suatu karangan dimana mengandung pembahasan mengenai persoalan, masalah yang sedang terjadi di zaman sekarang maupun masa lalu bahkan peristiwa yang akan terjadi di masa mendatang.

Didalamnya biasanya akan berisi karangan penulis dimana menerangkan kenyataan peristiwa waktu di zaman saat ini maupun menyampaikan ramalan-ramalan kejadian yang terjadi di masa mendatang. Peristiwa yang terjadi di masa mendatang sendiri mempunyai keterkaitan erat dengan peristiwa yang terjadi saat ini.

Contoh artikel jenis prediktif 

Untuk memahami lebih lanjut mengenai jenis artikel yang satu ini maka sangat penting untuk mengetahui contoh artikel tersebut. untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.

  1. Artikel mengenai prakiraan cuaca 

berdasarkan dari analisa BMKG, kondisi atmosfer dimana tidak stabil dapat menyebabkan adanya pertumbuhan awan huja semakin meningkat. ini membuat beberapa kawasan di Jakarta dan sekitarnya akan diguyur hujan deras” 

  1. Prediksi skor pertandingan sepakbola 

Adapun contoh lainnya dari jenis artikel ini adalah mengenai prediksi skor pertandingan sepakbola

“dijadwalkan akan melakukan pertandingan melawan Verona, Juventus dijagokan oleh banyak orang karena kemampuannya menguasai permainan dan mendapatkan gol di pertandingan pada minggu kemarin. .” 

Struktur penulisan artikel deskripsi 

Didalam penulisan artikel ini sendiri ternyata juga harus memperhatikan struktur penulisannya terlebih dahulu. Adapun beberapa struktur penulisannya tersebut antara lain adalah

  1. Judul dimana harus mampu untuk menggambarkan isi dari artikel yang dibuat tersebut agar para pembaca bisa melihat terlebih dahulu sebelum membaca artikel secara keseluruhan
  2. Pembuka ini merupakan bagian dimana terdiri dari uraian fakta penting dimana dapat dijadikan sebagai pondasi pada pembahasan artikel yang selanjutnya
  3. Leher dimana merupakan isi dari materi yang disajikan. Bisa disebut juga sebagai jembatan atau pengait.
  4. Isi merupakan bagian yang terpenting didalam sebuah artikel sebab disinilah semua permasalahan dituangkan
  5. Penutup dimana merupakan struktur yang berisi rangkuman keseluruhan dari pembahasan sebelumnya.

Ada banyak jenis contoh artikel yang bisa anda harus anda ketahui. Termasuk keberadaan artikel prediktif yang berisi mengenai prediksi di masa depan  ataupun yang sedang terjadi.

Pengertian Artikel Prediktif dan Contohnya Yang Wajib Diketahui

Exit mobile version