Site icon Sumber Informasi

8+ Aplikasi Translator Yang dapat Menyelesaikan Masalah Bahasa Anda

7+ Aplikasi Translator Paling Populer

Aplikasi Translator – Era globalisasi sudah terjadi sejak beberapa tahun silam, lebih tepatnya ketika internet mulai populer dan dipakai di seluruh dunia. Karena kemajuan ini, kemungkinan untuk menjumpai bahasa asing semakin besar. Aplikasi translator sangat membantu untuk memahami arti bahasa asing tersebut.

Anda tak perlu membaca kamus besar untuk bisa mengerti arti satu kalimat berbahasa asing. Berkat aplikasi penerjemah atau translator, Anda cukup mengetikkan sebuah kata atau kalimat dan melihat hasil terjemahannya secara langsung.

8 Aplikasi Translator

Di internet tersebar banyak sekali aplikasi yang penerjemah bahasa. Namun di antara sekian banyak itu, terdapat 8 yang paling populer.

1. Google Translate

Di urutan pertama tentu saja ada Google Translate. Siapa sih yang tidak mengenal aplikasi penerjemah bahasa yang satu ini? Sejarah aplikasi ini dimulai sejak 2006. Kala itu Google meluncurkan sebuah mesin penerjemah statis untuk mengetahui arti semua bahasa di dunia.

Lima tahun setelah itu, Google Translate sudah masuk ke sistem operasi iOS dan Android. Fungsinya sudah berbeda, yaitu sebagai alat penerjemah pribadi. Perkembangannya terus berlangsung hingga saat ini. Fitur yang terdapat di dalam aplikasi penerjemah yang satu ini juga cukup komplet.

Google Translate bisa sangat populer karena tampilan atau interface-nya sederhana. Pengguna yang masih awam pun dapat memahami seluruh fungsinya dengan baik. Pengguna juga bisa mendownload database bahasa yang paling sering digunakan. Sehingga aplikasi ini dapat berjalan ketika offline.

Sayangnya, pengguna harus mengorbankan memori yang cukup besar untuk menyimpan database tersebut. Satu hal lagi yang menjadi kekurangan aplikasi ini adalah hasil terjemahan yang tidak sesuai konteks, terlebih pada teks yang panjang.

Kalau Anda tak ingin memakai Google Translate, di bawah ini masih ada 7 aplikasi translator lain yang bisa digunakan.

2. Reverso Dictionary

Dibandingkan dengan Google Translate, Reverso Dictionary mungkin tampak sangat payah karena hanya memiliki 15 pilihan bahasa. Meskipun begitu, proses penerjemahan yang dilakukan oleh aplikasi ini bisa lebih detail dan tepat. Berikut beberapa bahasa yang sudah dimilikinya.

Kalau Anda sering mendapatkan hasil terjemahan yang berantakan menggunakan Google Translate, Reverso ini jauh lebih baik. Arti kata per kata yang ditampilkan akan disesuaikan dengan konteks di dalam sebuah kalimat atau paragraf.

Kemampuan inilah yang membuat banyak orang beralih dari G-Translate ke Reverso. Terdapat satu fitur yang membuat pengguna internet menyukai aplikasi ini, yaitu Learning mode. Mode ini memungkinkan Anda untuk mulai mempelajari bahasa tertentu.

Anda pun dapat memanfaatkan mode tersebut untuk menguji kemampuan bahasa. Caranya adalah menggunakan permainan kartu interaktif yang tersedia secara default di aplikasi. Sayangnya, aplikasi sebagus ini masih belum mendukung bahasa Indonesia.

3. Naver Papago

Kalau Anda memiliki rencana ini berlibur ke Korea, sebaiknya install Naver Papago terlebih dahulu. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer asal Korea Selatan. Tentu saja bahasa paling dasar yang dimiliki oleh Papago adalah Korea.

Menurut orang Korea, aplikasi ini adalah satu-satunya translator terbaik dan menghasilkan terjemahan paling akurat. Itulah alasan mengapa Anda harus install aplikasi ini ketika berencana berlibur ke salah satu negara Asia Timur tersebut.

Papago mendukung terjemahan dari teks, percakapan, dan juga gambar. Jadi, Anda bisa menggunakannya dengan lebih mudah. Terlebih ketika sedang travelling atau jalan-jalan ke luar negeri.

Naver Papago sendiri mendukung 13 bahasa, yaitu:

Jika ingin mendapatkan hasil terjemahan bahasa yang lebih akurat, sebaiknya Anda menggunakan bahasa Inggris atau English alih-alih Indonesia. Aplikasi yang satu ini tidak hanya sekadar translator, namun ada banyak fitur yang terdapat di dalamnya.

4. Microsoft Translator

Microsoft merupakan salah satu raksasa di industri teknologi yang juga menjadi pesaing Google. Tak mau kalah dengan sang rival, Microsoft juga meluncurkan sebuah aplikasi penerjemah bahasa pada 2007. Saat itu masih belum berbentuk aplikasi melainkan situs web.

Empat tahun setelahnya, tepatnya pada 2011, Microsoft membuat versi aplikasi dari penerjemah yang satu ini. Saat itu, Microsoft Translator sudah berbasis cloud sehingga penerjemahan bisa dilakukan secara realtime. Aplikasi tersebut kompatibel di semua platform termasuk iOS, Android, dan Windows.

Jika Anda merasa kurang familier dengan Microsoft Translator, aplikasi ini lebih dikenal dengan Bing Translator. Fitur yang dimiliki penerjemah satu ini tak kalah canggih dengan kompetitornya. Aplikasi ini dapat menerjemahkan kalimat atau kata dari berbagai sumber, contohnya:

Teks atau kata-kata yang diketik manual oleh penggunanya. Bisa juga berupa teks hasil salinan dari tempat lain.

Ucapan, yaitu kata-kata yang diucapkan oleh pengguna melalui microphone perangkat.

Gambar, aplikasi ini bisa memindai teks yang terkandung di dalam sebuah foto lalu menerjemahkannya.

Translator satu ini juga mendukung terjemahan percakapan secara langsung atau real time conversation. Fitur ini dapat Anda jumpai juga pada Naver Papago namun Google belum memilikinya.

5. Dictionary Linguee

Aplikasi translator yang kelima ini mungkin tidak begitu populer di Indonesia. Namun di dunia internasional, aplikasi ini sangat populer. Tampilannya yang sederhana dan layanan terjemahan yang begitu detail membuat jumlah penggunanya selalu meningkat.

Ada 3 bahasa yang menjadi fokus Dictionary Linguee yaitu Spanish, French, dan German. Meskipun belum mendukung bahasa Indonesia, aplikasi ini bisa Anda pakai ketika akan menerjemahkan ketiga bahasa tersebut ke dalam bahasa Inggris atau English.

Dictionary Linguee bisa digunakan pada platform iOS dan MacOS. Untuk mendownloadnya, Anda perlu mengunjungi Apple App Store terlebih dahulu. Tak perlu khawatir karena aplikasi ini tersedia secara gratis.

Aplikasi penerjemah yang satu ini dapat digunakan ketika perangkat dalam kondisi online maupun offline. Sebelum Anda menggunakan secara online, download terlebih dahulu database bahasa yang akan digunakan.

Kualitas aplikasi penerjemah ini memang tidak perlu diragukan lagi. Berdasarkan data App Store, Dictionary Linguee ini mendapatkan rating atau penilaian 4,9 dari 5.

6. Dict.cc

Dict.cc ini sebenarnya lebih condong ke arah aplikasi kamus dibandingkan penerjemah. Pasalnya, aplikasi tersebut hanya bisa menerjemahkan kata per kata. Bukan berupa frasa atau kalimat utuh seperti yang biasa dilakukan pada aplikasi translator lainnya.

Aplikasi ini sepertinya lebih cocok untuk Anda yang sedang belajar bahasa. Memperkaya kosa kata akan lebih mudah bila menggunakan Dict.cc ini. Namun aplikasi ini sangat tidak cocok ketika dibawa untuk kebutuhan travelling yang lebih membutuhkan real time translation.

Meskipun kesannya sangat terbatas, namun Dict.cc ini dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan seperti berikut ini:

Dict.cc ini membagi layanannya menjadi dua kelas, yaitu versi gratis dan premium. Dari segi layanan memang tidak ada yang berbeda di antara keduanya. Namun di versi gratis, Anda akan menjumpai iklan sesekali. Jika berlangganan premium, iklan tersebut tak akan muncul lagi.

7. Dict Box

Satu lagi aplikasi yang dapat membantu Anda menghafalkan kosa kata bahasa asing adalah Dict Box. Cara kerja aplikasi ini sangat mirip seperti Dict.cc, yaitu menerjemahkan kata per kata. Namun tak hanya terbatas di situ, Dict Box juga bisa menerjemahkan frasa dan juga kalimat.

Kelebihan seperti ini tak mungkin Anda jumpai pada Dict.cc. Aplikasi ini juga menyediakan fitur kamera yang telah dimodifikasi. Fungsinya adalah untuk memindai teks pada foto dan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang diinginkan pengguna.

Tampilan Dict Box sangat sederhana namun begitu mudah dimengerti. Seluruh menu bisa diakses melalui bilah kiri. Menu yang terdapat di sana antara lain:

Dict Box ini lebih multifungsi, bisa dipakai untuk belajar bahasa dan juga menemani ketika travelling. Ukuran aplikasi ini tidak begitu besar sehingga Anda bisa mendownloadnya tanpa khawatir memori penuh.

8. BK Translate

Aplikasi translator yang terakhir adalah BK Translate. Beberapa bahasa yang didukung oleh BK Translate antara lain Indonesia, Perancis, Jerman, Arab, dan Spanyol. Penambahan bahasa bisa terjadi kapan saja dan pengguna akan menerima update.

Khusus untuk beberapa bahasa seperti Inggris dapat diunduh dan dipakai secara offline. Jadi, Anda tetap bisa menggunakannya untuk menerjemahkan kalimat meskipun tidak ada jaringan internet.

BK Translate tersedia secara gratis di Google Playstore tapi Anda bisa membeli versi premium setelah menggunakan aplikasinya. Fitur lain yang menarik dari aplikasi ini adalah mendukung penerjemahan yang bersumber dari tulisan tangan.

Fitur tersebut sangat cocok dipakai pada tab dan menggunakan stylush pen. Selain itu, BK Translate juga mendukung terjemahan dari suara.

Anda bisa menggunakan aplikasi translator untuk kebutuhan mendesak. Apabila ingin menyusun sebuah karya tulis atau kalimat, sebaiknya jangan terlalu berpaku pada translator. Pasalnya aplikasi tersebut juga sering menampilkan arti yang rancu.

8+ Aplikasi Translator Yang dapat Menyelesaikan Masalah Bahasa Anda

Exit mobile version