Site icon Sumber Informasi

WordPress vs Blogspot Pebedaan dan Kelebihan Kekurangannya (2020)

Wordpress vs Blogspot

WordPress vs Blogspot – Ketika hendak membuat website, nama WordPress dan Blogspot selalu muncul di rekomendasi. Persaingan WordPress vs Blogspot masih terus berlanjut hingga sekarang dan semakin menarik. Baik WordPress atau Blogspot sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Meskipun Blogspot lebih dahulu merajai platform blogging di akhir tahun 90-an, WordPress yang hadir di awal tahun 2003-an ikut meramaikan pasar blogging tersebut. Baik WordPress ataupun Blogspot, keduanya memiliki tempat sendiri di penggemarnya masing-masing.

Pengertian WordPress dan Blogspot

1. Apa itu WordPress?

WordPress (WP) merupakan platform blogging yang menggunakan PHP dan pertama kali muncul tahun 2003 silam. Salah satu yang menarik dari WordPress adalah sifatnya yang open source, sehingga bebas digunakan dan dimodifikasi siapa saja. Hingga detik ini, WP dianggap sebagai CMS paling populer.

Pada dasarnya WP terbagi atas 2 macam, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Salah satu ciri khas dari WordPress adalah memiliki banyak plugin gratis. Anda bisa menambahkannya dengan sekali klik saja dan melakukan pengaturan lanjutan. Kepraktisan inilah yang membuatnya memiliki banyak penggemar.

Meskipun tergolong platform gratis, bukan berarti WordPress vs Blogspot tidak bisa menjadi website yang berkualitas. Beberapa perusahaan besar seperti Microsoft News Center, The New York Times Company hingga SONY Music menggunakan WordPress sebagai website resminya.

2. Apa itu Blogspot?

Diperkenalkan pada tahun 1999, Blogspot memang lebih dulu hadir dibandingkan WordPress. Seperti halnya WordPress, Blogspot merupakan salah platform blogging gratis dan cocok untuk pemula yang ingin terjun dalam dunia blogging. Terlebih karena tampilan antar mukanya mudah dimengerti.

Blogspot masih dalam satu naungan Google dan membuatnya terintegrasi dengan layanan Google lainnya. Salah satu layanan yang seringkali diintegrasikan dengan Blogspot adalah Google AdSense dengan program PPC. Kondisi ini tidak mengherankan jika pada tahun 2000-an banyak orang membuat blog menggunakan Blogspot.

Selain Google AdSense, Blogspot juga dapat diintegrasikan langsung dengan AdWords, Analytics dan produk layanan lainnya. Kebebasan dalam mengganti script pada templatenya menjadi salah satu cirinya. Anda bisa mengganti kode dan membuat tampilannya sesuai dengan keinginan.

Perbedaan WordPress vs Blogspot

1. Biaya

Dari segi biaya, sudah dapat terlihat jelas bahwa Blogspot memiliki peluang menang tinggi. Ini karena Blogspot merupakan produk Google dan pengguna tidak perlu repot-repot menyediakan hosting. Penyimpanan Blogspot tergolong lebih besar, yaitu 15GB sesuai dengan kapasitas Akun Google.

Domain yang disediakan juga gratis, namun Anda harus rela jika alamat website tersebut memiliki tambahan kata “blogspot” di belakang nama domain. Jika tidak ingin seperti itu, Anda hanya perlu membeli domain dan bisa menghilangkan embel-embel kata “blogspot”.

Pada dasarnya, WordPress juga memiliki versi gratis, yaitu WordPress.com. Namun kapasitas hosting yang diberikan tergolong lebih sedikit dibandingkan Blogspot. Agar website terlihat profesional, pengguna WordPress harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Anda perlu menyewa hosting dan membeli domain terlebih dahulu untuk menggunakan WordPress.org. Minimal Anda menyediakan hosting 500MB untuk di awal dan bisa di upgrade sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

2. Theme

Perbedaan WordPress vs Blogspot selanjutnya dilihat dari segi theme yang ditawarkan. Baik Blogspot ataupun WordPress sama-sama menawarkan theme atau template gratis. Sayangnya untuk Blogspot hanya tersedia secara terbatas dan tidak memiliki banyak variasi seperti WordPress.

Pengguna Blogspot bisa membeli atau mendownload theme gratis dari pihak ketiga. Berbeda dengan WordPress yang memang menyediakan template gratis lebih banyak dan dapat dicari sesuai kategori. Jika dirasa kurang cocok, Anda juga bisa membeli template WordPress lain di situs-situs ternama.

3. Kontrol Website

Blogspot yang bersifat hosted memberikan peringatan bahwa kepemilikan website ini tidak 100% menjadi milik Anda. Pihak Google bisa saja menghapus web Anda tanpa pemberitahuan terlebih dahulu karena alasan tertentu. Ini perlu diperhatikan dan Anda harus rajin melakukan backup data.

Keterbatasan kontrol selanjutnya ada di pergantian template dan tidak memiliki plugin layaknya WordPress. Di WordPress, Anda bisa menambahkan plugin-plugin penting sesuai kebutuhan dan tidak perlu repot-repot melakukan coding seperti ketika menambahkan widget baru di Blogspot.

4. Iklan

Blogspot yang memang masih di bawah naungan Google memiliki peluang yang besar dalam hal pemasangan iklan dari AdSense. Peluang untuk dapat terkoneksi dan monetisasi lebih besar dibandingkan WordPress. Bukan berarti WordPress tidak bisa, hanya saja perlu waktu.

Disisi lain, WordPress yang bersifat open source dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan membuat Anda memiliki kuasa penuh. Selain dapat memasang iklan dari AdSense, Anda juga bisa memasang iklan dari network lainnya di dalam satu website.

5. Keamanan Web

Dari segi keamanan, WordPress vs Blogspot kali ini Blogspot keluar sebagai pemenang karena dikelola langsung oleh Google. Namun dengan syarat Anda harus menggunakan template bawaan yang disediakan, bukan dari template pihak ketiga dan jangan melanggar aturannya.

WordPress seringkali dianggap memiliki keamanan yang rendah dibanding Blogspot. Padahal, WordPress juga memiliki keamanan situs yang baik karena script terus diperbarui secara berkala. Anda juga bisa menambahkan plugin keamanan lain agar lebih aman.

Kelebihan dan Kekurangan

1. Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Kelebihan

a. Tersedia Banyak Plugin

Sudah menjadi ciri khas WordPress yang memiliki banyak plugin gratis ataupun berbayar untuk mengoptimasi website Anda. Salah satu plugin yang terkenal di kalangan pengguna WordPress adalah Yoast SEO.

Selain plugin SEO, ada juga plugin lain yang memudahkan Anda dalam mengelola website tersebut. Kelebihan yang dimiliki WordPress ini jarang ditemukan di platform blogging lainnya, termasuk Blogspot juga tidak memilikinya.

b. Tidak Perlu Skill Programming Tinggi

WordPress juga sangat cocok bagi pemula karena tidak perlu melakukan programming yang rumit karena WordPress tergolong praktis. Bagi yang sudah ahli programming juga bisa memodifikasi beberapa kode script menjadi lebih baik.

Bagi Anda yang ingin belajar tentang programming WordPress juga bisa karena tersedia forum diskusi resmi dari pihak WordPress. Anda bisa saling berbagi masalah ataupun saling membantu satu sama lain.

c. Tema Beragam

WordPress memang unggul dalam menyediakan tema secara gratis dan tersedia dalam jumlah banyak. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kategori atau tema tertentu sesuai dengan isi konten website Anda.

Mulai dari tema model magazine, sport, news, travel dan lain sebagainya disediakan oleh WordPress. Anda juga bisa membeli tema premium untuk membuka fitur menarik yang tidak ditemukan pada versi gratisnya.

Kekurangan

a. Kecepatan Loading Halaman

Meskipun pada dasarnya WordPress memiliki banyak plugin gratis, namun jika terlalu banyak yang terinstall akan mempengaruhi kecepatan loading halamannya. Pastikan Anda menyeleksi plugin mana yang memang penting untuk diinstal dan tidak perlu diinstall.

Jika memang menggunakan banyak plugin, Anda bisa menambahkan plugin caching untuk membantu membersihkan cache pada website. Dengan demikian loading website menjadi lebih cepat dan membuat user menjadi nyaman.

b. Keamanan

Keamanan WordPress vs Blogspot memang menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya karena rawan terhadap serangan hacker dan DDOS. Namun Anda bisa mencegahnya dengan menambahkan plugin keamanan.

Pastikan tema yang digunakan juga tidak memiliki banyak bug yang meningkatkan resiko terserang malware. Lakukan update tema ataupun plugin secara berkala untuk mengurangi resiko tersebut dan website tetap aman.

c. Masalah Konten Pihak Ketiga

Perlu diketahui bahwa Karena sebagian besar dari plugin serta template WordPress dibuat developer pihak ketiga, maka seringkali anda juga akan menemukan bug. Baca penjelasan dan review terlebih dahulu sebelum Anda menginstall plugin ataupun template baru.

2. Kelebihan dan Kekurangan Blogspot

Kelebihan

a. Peluang Didaftarkan Google AdSense Lebih Besar

Karena terintegrasi oleh Google, maka peluangnya untuk didaftarkan menjadi publisher iklan AdSense lebih besar dibandingkan WordPress. Jika website Anda berhasil didaftarkan, maka membuka peluang Anda untuk mendapatkan penghasilan dari AdSense.

b. Mudah Diintegrasikan Dengan Produk Google Lainnya

Kelebihan selanjutnya adalah mudah diintegrasikan dengan produk Google lainnya seperti Google Drive dan sebagainya. Kemudahan dalam integrasi ini memudahkan Anda untuk membackup konten ataupun file lainnya ke dalam Drive.

c. Berteman Dengan Search Engine

Dengan dukungan Google sebagai developernya, membuat Blogspot lebih ramah dengan search engine. Artinya adalah proses optimasinya menjadi lebih mudah dan memiliki peluang tinggi untuk muncul di halaman pertama pencarian Google.

Anda juga bisa memanfaatkan produk Google seperti Google Webmaster Tools untuk membantu search engine dalam melakukan perayapan website. Dengan demikian website akan lebih sering muncul di pencarian Google sesuai dengan keyword konten tersebut.

Kekurangan

a. Harus Mempelajari Pemrograman Sederhana

Menyesuaikan tampilan Blogspot membutuhkan keahlian dasar pemrograman sederhana seperti HTML dan CSS. Salah sedikit saja bisa mempengaruhi tampilan dan kode yang digunakan juga bisa saja tidak berjalan.

Pastikan Anda mempelajari terlebih dahulu struktur template yang digunakan agar memudahkan dalam custom tampilan. Sekarang ini sudah ada website pembelajaran online untuk latihan pemrograman seperti HTML5, PHP dan sejenisnya.

b. Suspend atau Penghapusan Blog

Ketika Anda menggunakan produk Google satu ini, maka harus patuh terhadap peraturan yang telah ditetapkan. Salah sedikit ataupun fatal sekalipun bisa mengakibatkan website di-suspend untuk sementara waktu. Bahkan tidak menutup kemungkinan blog akan dihapus tanpa pemberitahuan.

c. Tampilan Dashboard Terlalu Sederhana

Keterbatasan di dashboard menjadi kekurangan Blogspot selanjutnya. Tampilannya sangat sederhana dan Anda tidak bisa melakukan banyak hal seperti yang bisa dilakukan di WordPress. Artinya adalah Anda hanya bisa melakukan hal yang disediakan oleh pihak Google.

Persaingan antara WordPress vs Blogspot ini sangat menarik, bahkan di era kemajuan teknologi ini keduanya masih berlomba-lomba memberikan yang terbaik bagi penggunanya. Ingin memilih WordPress atau Blogspot kembali ke pilihan dan kebutuhan masing-masing.

WordPress vs Blogspot Pebedaan dan Kelebihan Kekurangannya (2020)

Exit mobile version