6+ Cara Memilih Hosting yang Tepat untuk Website Anda

Cara Memilih Hosting – Domain dan hosting adalah dua hal yang sering disebutkan di dunia internet. Keduanya sangat diperlukan terutama bila Anda ingin membuat website yang dapat diakses oleh siapapun. Lalu bagaimanakah cara memilih hosting yang tepat itu?

Cara ini harus dipahami dengan betul, karena pemilihan hosting tidak hanya berkaitan dengan harga serta disk space-nya saja. Namun harus menyesuaikan dengan website yang hendak dibuat.

Cara Memilih Hosting yang Pas

Kenapa harus menyesuaikan dengan website yang akan dibuat? Logikanya begini, apabila Anda ingin membuat website toko online dengan estimasi 1.000 orang pengunjung setiap harinya, maka hosting yang dipilih harus mampu menampung estimasi tersebut. Ditambah lagi, hosting sebaiknya mempunyai RAM serta CPU yang cukup dan juga kapasitas paling tidak 2 GB.

Tidak disarankan untuk memilih hosting yang kapasitasnya hanya 300 MB karena ini akan membuat website menjadi resource limit atau overload. Oleh sebab itu, dalam pemilihan hosting sebaiknya Anda menerapkan cara yang disebutkan di bawah ini.

1. Kenali Spesifikasi Hosting yang Akan Dipilih

Kenali Spesifikasi Hosting yang Akan Dipilih

Seperti yang sudah disampaikan, hosting yang tepat ialah hosting yang sesuai untuk website yang akan dibangun. Akan tetapi ada pula yang menyampaikan bahwa hosting yang terbaik ialah yang kecepatannya tinggi, ruang penyimpanannya luas dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hosting yang seperti itu, tentu Anda perlu memahami spesifikasi hosting.

Spesifikasi ini biasanya sudah tertera di paket layanan hosting dengan rincian umumnya ialah sebagai berikut.

a. Bandwidth

Bandwidth

Singkatnya, bandwidth ini merupakan batasan akses data yang dimiliki oleh suatu server hosting. Atau dengan kata lain, bandwidth ialah kapasitas maksimal suatu jalur komunikasi untuk proses pengiriman serta penerimaan data dalam hitung detik. Apabila bandwidth ini besar, tentu pemindahan datanya lebih cepat dibandingkan dengan bandwidth yang rendah.

Dalam kasus trafik website yang amat tinggi bahkan sampai melebihi batasan dari bandwidth, tentu website tersebut akan error atau down. Bagi pebisnis, hal ini sebaiknya tidak sampai terjadi karena dapat menimbulkan rasa kecewa pada pengunjung. Akibatnya, ada kemungkinan pengunjung tidak jadi melakukan transaksi.

b. Sistem Database

Sistem Database

Bagi perusahaan yang besar, mereka tentu membutuhkan database dengan fitur lengkap guna menyimpan berbagai data yang dimilikinya. Oleh sebab itu, ada baiknya bila Anda memilih penyedia hosting yang juga mempunyai fitur database seperti MySQL, SSH, GIT, MariaDB dan sebagainya.

c. Kecepatan

Kecepatan

Kecepatan adalah suatu hal yang juga sangat penting karena berdasarkan riset dari Google, dapat diketahui bahwa website yang cenderung lama loadingnya akan membuat pengunjung memutuskan untuk keluar dari website tersebut. Akibatnya, trafik pengunjung website akan turun.

Oleh sebab itu, memiliki website dengan performa load speed yang cepat itu penting. Selain itu, kecepatan ini juga akan berpengaruh pada posisi website. Karena jika Anda amati, website yang berada di halaman pertama mesin pencari umumnya mempunyai kecepatan yang baik.

Dengan pertimbangan tersebut, maka sebaiknya Anda memilih hosting yang kecepatannya juga bagus. Apabila nanti website Anda lebih cepat, maka akan selalu ada kemungkinan bisa bersaing dengan website lainnya.

d. Keamanan

Keamanan

Website itu kan nanti akan diisi dengan sejumlah data serta informasi penting, maka dari itu keamanan adalah suatu hal yang perlu diperhatikan juga. Ada baiknya jika Anda memilih hosting yang dilengkapi dengan fitur keamanan ini seperti BitDefender AntiVirus & Firewall, SSL-Certificate dan lain sebagainya.

2. Perhatikan Kemudahan Penggunaannya

Perhatikan Kemudahan Penggunaannya

Terutama bagi Anda yang masih awam, sangat direkomendasikan untuk memilih layanan hosting yang memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Ini bisa dimulai dari pemilihan nama domain hingga pengaturan website. Perlu diketahui juga bahwa penyedia hosting yang baik seharusnya juga memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Misalnya dengan menyertakan bimbingan atau tutorial atau bisa juga informasi yang bermanfaat baik dalam bentuk teks maupun video untuk mempermudah pengguna dalam mengelola website.

3.  Customer yang Berkualitas dan Support 24 Jam

Customer yang Berkualitas dan Support 24 Jam

Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk mengutamakan penyedia layanan hosting yang mempunyai tim Customer yang berkualitas. Untuk idealnya, tim seperti ini sebaiknya tersedia dalam 24 jam. Dengan kata lain, kapanpun Anda memerlukan bantuan teknis dari mereka, mereka selalu siap.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui kemampuan mereka. Karena dengan siap saja tidak cukup. Mereka harus bisa menyelesaikan masalah yang dijumpai para pengguna dengan baik. Tambahan lagi, sopan santun dan tingkat keramahan tim ini juga perlu diperhatikan, karena pastinya Anda ingin diperlakukan dengan baik bukan?

Kemudian masalah cara untuk menghubungi mereka. Penyedia layanan hosting yang baik pastinya akan menyediakan sejumlah cara untuk berkomunikasi seperti live chat, panggilan telepon, email dan sebagainya. Apabila Anda berhasil menemukan penyedia layanan hosting yang memenuhi kriteria tersebut, jangan ragu untuk memilihnya.

4. Harga yang Terjangkau

Harga yang Terjangkau

Karena hosting bukanlah hal yang didapat secara gratis, tidak ada salahnya jika Anda mengutamakan penyedia layanan hosting yang menawarkan harga terjangkau. Pastinya untuk masalah harga ini disesuaikan dengan layanan dan paket yang dipilih.

Akan tetapi, jangan sampai Anda memilih hosting yang harganya terlalu mahal untuk layanan yang serupa dengan penyedia hosting yang lain. Untuk menentukan hal ini bisa dilakukan dengan membandingkan harga, rincian spesifikasi serta paket layanan yang ditawarkan para penyedia hosting.

Memang sedikit menyita waktu, namun demi mendapatkan yang terbaik rasanya hal ini perlu dilakukan. Bagaimana dengan hosting yang gratis? Anda juga bisa mempertimbangkannya. Karena memang ada beberapa penyedia layanan hosting yang pada waktu-waktu tertentu juga mengadakan program hosting gratis ini.

5. Garansi Uang Kembali

Garansi Uang Kembali

Salah satu fasilitas terbaik yang biasanya diberikan oleh penyedia layanan hosting ialah garansi uang kembali. Dengan adanya fasilitas ini, maka penyedia layanan hosting tersebut berusaha untuk menjamin kepuasan para pelanggan. Apabila Anda nanti ternyata tidak puas dengan layanan mereka, bisa ajukan klaim sehingga uang dikembalikan.

Tentu saja ini adalah fasilitas yang tidak boleh dilewatkan karena bisa menghindarkan Anda dari kerugian. Memang ada banyak penyedia layanan hosting yang menawarkan garansi uang kembali. Akan tetapi, Anda juga harus paham syarat serta ketentuannya bagaimana. Karena antara penyedia layanan hosting yang satu dengan yang lainnya bisa saja berbeda.

Kalaupun informasi mengenai syarat dan ketentuan ini kurang jelas, bisa langsung tanyakan pada tim customer mereka. Kalau dengan menghubungi mereka informasinya masih saja kurang jelas, sebaiknya Anda pindah dan cari penyedia layanan hosting yang lain.

6. Review dari Pelanggan yang Lain

Review dari Pelanggan yang Lain

Untuk mendapatkan hosting yang terbaik, tidak ada salahnya bila Anda memperhatikan bagaimana review dari pelanggan yang lain. Untuk ini ada banyak hal yang bisa Anda manfaatkan, misalnya blog, forum bahkan komentar mengenai suatu layanan hosting.

Memang tidak semua review tersebut obyektif. Oleh sebab itu Anda juga perlu berhati-hati dalam menelusurinya. Sebaiknya Anda juga manfaatkan blog serta forum yang terpercaya karena mereka biasanya lebih obyektif.

Pada akhirnya, hosting adalah hal yang sangat penting bagi performa suatu website. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda pahami cara memilih hosting di atas supaya bisa memilih salah satunya yang paling tepat. Pastikan juga untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan website untuk meningkatkan pengalaman yang baik bagi para pengunjung.

6+ Cara Memilih Hosting yang Tepat untuk Website Anda

Add Comment