Site icon Sumber Informasi

Peluang Usaha Bubur Ayam beserta Anallisa (Terlengkap)

Peluang Usaha – Bubur ayam merupakan salah satu menu sarapan paling ringan namun tetap memberikan energi prima pada masyarakat Indonesia. Karenanya, usaha bubur ayam selalu memiliki peluang keuntungan yang besar karena selalu mendapatkan permintaan yang tinggi di kalangan masyarakat.

Bubur ayam dapat menjadi pilihan jitu karena selain memiliki permintaan yang tinggi, bahan dan alat untuk membuatnya murah meriah. Dengan modal yang murah, tentunya Anda dapat memperoleh keuntungan yang banyak jika menekuni bisnis ini. Ingin tahu lebih detailnya? Simak penjelasan dibawah ini yuk!

Bagaimana Cara Memulai Usaha Bubur Ayam Bagi Pemula?

Bagi Anda yang baru saja ingin memulai bisnis, usaha bubur ayam dapat menjadi pilihan yang tepat karena selain mudah dilakukan juga membutuhkan modal yang rendah. Bubur ayam ini juga dapat menjadi salah satu usaha untuk ibu rumah tangga yang cocok dilakukan untuk mengisi waktu luang dirumah.

Ketika berbicara tentang suatu bisnis, pastinya setiap orang memiliki inspirasi atau motivasi tersendiri untuk melakukannya. Pada dasarnya setiap manusia memiliki insting untuk berbisnis karena ingin mendapatkan keuntungan dari produk yang dijual.

Setelah memiliki motivasi terkuat dalam diri, pastikan untuk memantapkan hati bahwa usaha bubur ayam ini merupakan salah satu jembatan untuk menuju kesuksesan. Setelah itu lakukan penelitian terhadap bubur ayam dan jenis bubur ayam yang belum ada di wilayah tempat tinggal Anda.

Membuka usaha bubur ayam berbeda dengan usaha sosis bakar yang hanya memiliki satu jenis dan satu resep saja. Melalui bubur ayam, Anda dapat melakukan inovasi baik dari segi rempah-rempah maupun tambahan topping yang disediakan sehingga dapat memberikan keunikan.

Sama dengan membuat usaha pecel lele, bisnis bubur ayam juga menjamur di seluruh lapisan masyarakat. Sehingga perlu diberikan inovasi atau keunikan tersendiri bagi produk yang akan Anda jual. Hal ini akan meningkatkan daya jual bubur ayam Anda.

Setelah melakukan penelitian untuk menjual bubur ayam terbaik, kemudian lakukan penelitian dari cara menjual. Anda dapat memulai usaha dengan menggunakan gerobak untuk menjual bubur ayam keliling atau menjual bubur ayam di tempat tinggal Anda atau sewa ruko.

Kemudian pastikan untuk mencari modal tanpa hutang, karena pada dasarnya hutang dapat memberi kesulitan bagi Anda. Hutang dapat digunakan untuk suatu hal yang dapat berkembang, namun pada saat memulai usaha bubur ayam ini Anda masih belum memiliki jaminan. Oleh karena itu hindarilah hutang.

Setelah memiliki modal, lakukan pembelian dari keperluan bahan hingga tempat. Kemudian lakukan penjualan pertama di daerah tempat tinggal Anda. Pastikan untuk mendaftarkan usaha baru Anda kepada pimpinan daerah setempat sebagai perizinan.

Tips Memulai Usaha Bubur Ayam

1. Ciptakan bubur ayam dengan inovasi terbaru

Ketika Anda ingin membuka usaha bubur ayam, pastikan motivasi yang kuat tertanam dalam diri sehingga dapat menjadi pemicu terkuat agar bertahan menjalani bisnis ini. Anda harus melakukan tiga kata terkenal dalam dunia bisnis yaitu amati, tiru, dan modifikasi.

Bubur ayam merupakan usaha di bidang kuliner yang memiliki banyak saingan. Dalam hal ini Anda harus memikirkan karakteristik dan keunggulan yang lain daripada yang lain untuk menarik minat pembeli. Pastikan untuk membuat riset terlebih dahulu agar inovasi cocok di lidah masyarakat.

2. Siapkan modal

Memulai bisnis bubur ayam memang membutuhkan modal lebih kecil dibandingkan dengan memulai bisnis kuliner yang lainnya. Oleh karena itu, Anda dapat membutuhkan waktu sedikit untuk mengumpulkan modal karena modal untuk memulai bisnis ini sangat ringan.

Dalam hal ini, Anda dapat menyisihkan uang dalam jangka waktu tertentu untuk mengumpulkan modal untuk memulai bisnis bubur ayam. Pastikan modal bersih yang Anda miliki ini dikhususkan untuk memulai usaha sehingga tidak akan tercampur dengan keperluan pribadi.

3. Pisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha

Apabila Anda telah membuka usaha bubur ayam, pastikan untuk tidak mencampurkan antara uang pribadi dengan uang usaha karena dapat menyebabkan kerugian. Terkadang, kebutuhan personal bersifat duniawi sehingga sulit untuk menahan keinginan.

Sedangkan uang usaha ini digunakan untuk berputarnya bisnis sehingga usaha Anda dapat berjalan dan memberikan keuntungan. Oleh karena itu, pisahkan uang tersebut bilaperlu gunakan dua atm yang berbeda untuk mengaksesnya sehingga dapat dilihat melalui mutasi rekening.

4. Melakukan promosi

Promosi merupakan hal yang penting ketika memulai usaha baru. Meskipun Anda membuka kuliner yang ringan, namun apabila Anda tidak melakukan promosi maka orang lain tidak akan mengetahui bahwa Anda berjualan.

Pastikan untuk memberikan promo pada awal pembukaan usaha Anda. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki tingkat perekonomian yang rendah. Sehingga sangat menyukai harga promo yang biasanya dilakukan ketika melakukan promosi.

Simulasi Perhitungan Modal dan Untung Usaha Bubur Ayam

Dalam simulasi usaha bubur ayam ini, kebutuhan dapat dibagi menjadi lima, yaitu modal awal, biaya operasional, pendapatan, laba bersih, dan break event point. Tentunya lima kebutuhan ini harus dihitung melalui rumus yang berbeda.

1. Modal awal

Modal awal ini terdiri dari peralatan yang dibutuhkan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya beberapa peralatan tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Adapun perhitungan peralatan dihitung seperti :

Gerobak                       : Rp. 2.000.000

Peralatan masak          : Rp. 500.000

Satu set meja dan kursi : Rp. 2.000.000

Satu set kompor           : Rp. 500.000

Total                            : Rp. 5.500.000

2. Biaya operasional (1 bulan)

Dalam satu bulan, pastinya Anda membutuhkan bahan yang diolah sehari-hari untuk pembuatan bubur ayam. Biaya operasional ini dikeluarkan setiap Anda melakukan penjualan dan mengolah bubur ayam di setiap harinya.

Beras 5kg / hari             : Rp. 1.500.000

Rempah-rempah          : Rp. 500.000

3 ekor ayam / hari         : Rp. 2.250.000

Total                            : Rp. 4.250.000

3. Pendapatan

Jika disimulasikan per harinya Anda menjual 30 mangkuk per hari dengan harga Rp. 10.000. Dari 30 mangkuk x Rp 10.000 x 30 hari yaitu Rp. 9.000.000. Sangat fantastis bukan? Hanya dengan membuka usaha bubur ayam dalam satu bulan Anda dapat memperoleh Rp. 9.000.000.

4. Laba bersih

Untuk mencari laba bersih, Anda dapat menggunakan rumus pendapatan – biaya operasional. Rp. 9.000.000 – Rp. 4.250.000 = Rp. 4.750.000. Dalam hal ini, laba bersih yang Anda peroleh telah memberikan keuntungan yang besar bagi Anda.

5. Break event point

Rumus break event point adalah modal awal : keuntungan. Rp. 5.500.000 : Rp. 4.750.000 = 1,15 bulan = 45 hari. Dari perhitungan break event point ini, Anda dapat memperoleh keuntungan besar dalam jangka waktu yang telah dihitung hanya dalam satu gerobak saja.

Strategi Usaha Bubur Ayam

Meskipun memulai usaha bubur ayam, Anda juga harus memiliki strategi sebagai penunjang kesuksesan bubur ayam. Strategi ini bersifat pilihan, namun tidak ada salahnya apabila Anda mencoba untuk mengikutinya bukan?

1. Mempelajari pesaing

Bubur ayam merupakan salah satu menu kuliner yang banyak ditemukan di berbagai wilayah. Semua penjual bubur ayam tersebut merupakan competitor bagi Anda. Meski begitu, pastikan untuk menjadikan kompetitor tersebut sebagai penyemangat.

Dalam hal ini, Anda juga dapat melakukan penelitian untuk mengetahui faktor apa saja yang membuat bubur ayam laris di lingkungan Anda. Serta manfaatkan beberapa trik penjual bubur ayam yang lain untuk menarik pembeli.

2. Mempercantik tampilan bubur ayam

Apabila Anda menjual bubur ayam melalui gerobak, pastikan untuk mempercantik mulai dari gerobak hingga peralatan yang digunakan untuk pembuatannya. Karena peralatan dan bahan yang bersih akan menarik konsumen.

Apabila konsumen telah mencoba bubur yang Anda buat dan cocok dari segi rasa dan harga, maka dapat menjadi konsumen langganan yang tentunya menguntungkan. Pastikan untuk selalu membersihkan gerobak maupun peralatan agar tetap tampil menarik.

3. Memberikan harga kompetitif

Meskipun membuka bisnis baru, tidak perlu mengobral harga murah untuk menarik pembeli. Di lain sisi, Anda harus memberikan harga yang kompetitif dengan penjual lainnya. Jika Anda membandrol harga lebih mahal, pastikan untuk memiliki keunikan dari competitor yang lainnya.

4. Menjaga kualitas

Sebagian besar penjual di Indonesia selalu menurunkan kualitas rasa apabila sudah sukses menarik pengunjung. Seberapa banyak apapun pengunjung yang Anda miliki, pastikan untuk tetap menggunakan bahan dan alat yang digunakan dalam satu resep.

Karena apabila Anda mengurangi bahan, maka akan merusak rasa dan tentunya mengurangi kualitas. Hal ini yang akan mengakibatkan customer kabur dari tempat jualan yang melakukan trik tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Bubur Ayam

Seperti bisnis yang lainnya, menjual bubur ayam juga pasti memiliki kekurangan dan kelebihan yang dapat menjadi pelajaran bagi Anda. Berbagai kekurangan dapat diperbaiki sedangkan kelebihan yang diperoleh dapat terus dikembangkan. Kelebihan dan kekurangan menjual bubur ayam adalah sebagai berikut.

1. Kelebihan

2. Kekurangan

Penjelasan lengkap terkait usaha bubur ayam di atas dapat memberikan informasi bagi Anda untuk memulainya dari sekarang. Berbagai tips serta simulasi yang telah dijelaskan di atas dapat menjadi acuan awal ketika memulai bisnis.

Peluang Usaha Bubur Ayam beserta Anallisa (Terlengkap)

Exit mobile version