14+ Tanaman Obat Asam Urat : Macam, Kelebihan, Manfaatnya (Super Lengkap)

Tanaman Obat Asam Urat  РBagi yang sedang bingung mencari pengobatan untuk sakit asam urat, sebenarnya tak perlu keluar biaya mahal karena obatnya ada di sekitar Anda. Percaya atau tidak ternyata obatnya adalah berbagai tanaman yang sudah sering dilihat bahkan dikonsumsi, tanaman obat asam urat ini bahkan terbilang sangat murah namun khasiatnya mengalahkan obat-obatan kimia.

Penyakit asam urat merupakan kelebihan asam urat yang berfungsi membantu sistem persendian agar berfungsi dengan baik. Asam urat sendiri merupakan Kristal yang dihasilkan oleh zat purin. Ketika jumlahnya berlebihan akan mengganggu kesehatan terutama bagian sendi, karena ketajamannya. Jika tak diobati maka akan membuat tubuh merasa nyeri berkepanjangan dan sulit bergerak.

Seputar Penyakit Asam Urat

Dari penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan ditemukan fakta, penderita asam urat adalah 1:200 orang di dunia pada usia dewasa atau 40 tahun ke atas. Pria merupakan pasien terbanyak dari penyakit ini karena memiliki kondisi tubuh yang lebih rentan terjangkit.

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya penyakit asam urat yang merupakan efek kelebihan asam urat di dalam tubuh. Pertama adalah karena faktor primer yang berhubungan dengan genetika dan hormon dalam tubuh seseorang yang menyebabkan tidak normalnya jumlah asam yang dihasilkan. Kedua adalah karena faktor sekunder seperti pola makan tidak baik yang menyebabkan kandungan purin berlebih.

Penyembuhan asam urat biasa dilakukan dengan terapi obat kimia pada janga waktu tertentu untuk mengurangi jumlah purin dan memperbaiki kondisi sendi yang nyeri akibatnya. Tapi sayangnya tak semua pasien cocok dengan obat kimia yang ada, makanya banyak yang kemudian beralih pada pengobatan menggunakan tanaman obat asam urat baik yang dikonsumsi langsung atau ekstraknya.

Kenapa Tanaman Obat Asam Urat Lebih Baik ketimbang Obat Kimia?

Beberapa alasan mengapa tanaman obat lebih baik daripada obat kimia adalah karena mudah diserap tubuh, tidak menimbulkan efek samping berbahaya, mudah didapatkan, mudah diolah, harganya jauh lebih terjangkau.

1. Mudah Diserap Tubuh

1. Mudah Diserap Tubuh

Tanaman memiliki zat-zat alami yang mudah diserap oleh tubuh karena tubuh manusia pastinya sangat familiar dengan zat-zat tersebut. Berbeda dengan zat kimia yang mengandung unsur asing sehingga tubuh membutuhkan proses penyesuaian dulu sebelum obat tersebut bekerja.

Contohnya tanaman A mengandung vitamin A,B, C dan folat, zat-zat tersebut memang sudah ada di dalam tubuh manusia, jadi ketika mengkonsumsi tamanan tersebut zat akan langsung diserap sesuai jenis dan melakukan tugasnya sesuai fungsi masing-masing.

2. Tidak Menimbulkan Efek Samping

2. Tidak Menimbulkan Efek Samping

Karena mudah diserap oleh tubuh, maka kemungkinan memberikan efek samping berbahaya sangat kecil. Hal ini disebabkan semua zat yang ada di dalam tanaman obat asam urat atau tanaman obat lainnya akan maksimal terserap.

3. Mudah Didapatkan

3. Mudah Didapatkan

Semua tanaman yang bisa digunakan untuk pengobatan asam urat sangat mudah didapatkan, karena banyak ditanam dan dibudidayakan. Bahkan mungkin saat ini di kebun samping rumah Anda terdapat beberapa diantaranya, jadi tinggal petik dan olah sesuai anjuran dari ahli kesehatan.

4. Mudah Diolah

4. Mudah Diolah

Beda dengan obat kimia yang pengolahannya harus dilakukan oleh ahli dengan takaran tepat dan perpaduan yang sempurna, tanaman obat bisa Anda olah sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan sudah biasa dipraktekkan untuk memasak atau membuat minuman. Contohnya dengan merebus, menyaring, diblender dan lain-lain.

5. Harga Terjangkau

5. Harga Terjangkau

Coba bayangkan, kalau ingin mendapatkan obat kimia Anda harus mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk konsultasi ke dokter, kemudian menebus resep dokter yang mungkin harganya hingga ratusan ribu tergantung jenisnya, pastinya akan menguras kantong, tapi kalau menggunakan tanaman obat, Anda bahkan tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Kalaupun harus membayar, kemungkinan hanya untuk membeli tanaman dengan harga yang sangat murah. Lalu dicampur dengan air, gula, atau garam yang memang biasanya sudah tersedia di rumah.

Tanaman Obat Asam Urat Kategori Daun

Untuk mengobati penyakit asam urat, bisa menggunakan tanaman obat asam urat, dimana bagian daun dari tanaman tersebutlah yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi selama proses pengobatan. Beberapa contohnya adalah daun sirsak, daun sambiloto, daun salam, dan daun kumis kucing.

1. Daun Sirsak

1. Daun Sirsak

Mungkin biasanya Anda mengenal sirsak adalah buahnya yang berduri tumpul, dengan daging buah putih berbiji hitam dan rasa manis asam serta bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh karena kandungan Vitamin C yang tinggi. Ternyata daunnya juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan asam urat.

Penggunaan daun sirsak sebagai pengobatan alami asam urat sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Alasannya sederhana, kandungan acetogenin yang mencegah pertumbuhan sel buruk di dalam tubuh membantu menekan jumlah purin yang berlebihan sehingga penderita asam urat bisa sembuh dengan memakannya secara teratur.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mengambil 10 lembar daun sirsak cuci hingga bersih pada air mengalir. Potong menjadi beberapa bagian agar zat di dalm daun bisa keluar dengan sempurna. Selanjutnya siapkan 400 ml air sebagai media rebusan dan rebus daun hingga air tinggal setengah dari takaran awal. Dinginkan dan minum segelas sehari secara teratur.

2. Daun Sambiloto

2. Daun Sambiloto

Tanaman dengan nama latin Andrographis paniculata ini merupakan tanaman obat yang cukup eksis di dunia kesehatan. Untuk penderita asam urat, daun ini sangat bermanfaat baik untuk mencegah maupun mengobati hingga sembuh. kandungan senyawa kalium, flavanoid, kalsium, keton, aldehid, natrium, dan alkane merupakan perpaduan tepat agar kembali sehat.

Mau mencobanya? Ambil segengam daun sambiloto yang sudah dibersihkan, lalu tumbuh menggunakan alat tumbuk atau bisa juga dengan blender. Masukkan ke dalam gelas dan beri air matang setengah gelas. Kocok hingga rata, saring dan minum rutin sekali sehari. Kalau rasanya terlalu pahit, Anda bisa menambahkan madu secukupnya untuk menambah rasa.

3. Daun Salam

3. Daun Salam

Bagi sebagian orang daun salam mungkin hanya dijadikan daun untuk menambah aroma pada masakan. Tapi sebenarnya kandungan flavanoid di dalamnya membantu penderita asam urat untuk cepat sembuh. daun ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau mungkin Anda sudah menanamnya sendiri di rumah.

Cara mengolahnya menjadi obat asam urat adalah dengan merebus 10 lembar daun bersama r gelas air. Matikan kompor jika air sudah menyusut menjadi segelas, kemudian saring dan minum rutin dua kali sehari hingga asam urat yang diderita reda dan hilang. Pengobatan dengan tanaman obat asam urat banyak dianjurkan dan sudah dibuktikan hasilnya.

4. Daun Kumis Kucing

4. Daun Kumis Kucing

Biasanya tanaman ini dimanfaatkan untuk penderita batu ginjal atau masalah buang air kecil, tapi ternyata studi membuktikan bahwa daun kumis kucing bermanfaat hebat untuk mengobati asam urat, bahkan bagi yang sudah parah sekalipun. Karena bersifst diuretic, maka dengan mengkonsumsinya akan membantu mengeluarkan asam urat berlebih dari tubuh melalui urin.

Anda cukup mempersiapkan lima lembar daunnya, kemudian cuci dan rebus dengan tiga gelas air. Jika sudah tinggal satu setengah gelas, Anda selanjutnya saring air rebusan tersebut dan minum dua kali sehari. Sebaiknya diminum pada pagi hari dan menjelang tidur agar manfaatnya bisa lebih cepat terasa.

5. Daun Seledri

5. Daun Seledri

Daun yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga, karena sering digunakan untuk menambah nikmatnya makanan seperti sup atau soto. Tapi ternyata kandungan citamin dan mineral di dalamnya dapat membantu pasien asam urat untuk lebih sepat sembuh dan tidak mengalami nyeri kambuhan.

Cukup dengan menghaluskan daun seledri secukupnya dengan setengah gelas air, lalu diminum selagi segar. Penggunaan daun ini juga bisa dipadukan dengan obat-obatan lain untuk mempercepat penyembuhan asam urat Anda.

6. Daun Sirih Cina

6. Daun Sirih Cina

Tanaman yang satu ini sering ditemukan tumbuh liar di sekitar tanaman budidaya, sehingga dianggap menjadi gulma yang merusak tanaman. Padahal khasiatnya sangat ampuh membantu membantu menyembuhkan asam urat, karena mengandung sejumlah zat hebat yang meneman pertumbuhan asam purin di dalam tubuh.

Cara pemanfaatannya adalah dengan merebus satu gelas daun dengan satu gelas air, kemudian saring air rebusan tersebut dan minum selagi hangat. Efeknya akan terasa cukup cepat jika dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan kimia yang diresepkan dokter atau dijual bebas di toko obat.

Tanaman Obat Asam Urat Kategori Rimpang Dan Kulit

1. Jahe Merah

1. Jahe Merah

Pengobatan menggunakan jahe merah sudah sangat terkenal sejak dahulu. Bahkan di China jahe jenis ini menjadi salah satu obat paling laris karena mampu mengobati banyak penyakit termasuk asam urat.

Cara pengolahannya adalah dengan mengambil rimpang jahe secukupnya, kemudian bersihkan, geprek dan rebus dengan dua gelas air hingga mendidih. Minum saat sudah dingin, sebaiknya perebusan dilakukan hanya ketika akan diminum, karena menyimpan air rebusan jahe merah terlalu lama akan membuat khasiatnya hilang.

2. Kunyit

2. Kunyit

Curcuma longa adalah tanaman obat asam urat yang sudah dikenal juga sejak dulu. Penggunaannya kebanyakan untuk bumbu masakan, karena aroma dan warna kuning alami yang dihasilkannya. Tanaman ini juga banyak dibudidayakan sebagai tanaman kebun di rumah-rumah masyarakat.

Jika Anda ingin menggunakannya sebagai obat asam urat, bisa dengan mencuci kunyit hingga bersih lalu parut halus menggunakan alat parutan atau bisa juga dengan blender. Setelah itu saring airnya dan rebus bersama sedikit asam jawa, gula dan juga garam. Takaran airnya menyesuaikan saja, kemudian dinginkan dan minum satu gelas sehari sampai sembuh.

3. Kulit Manggis

3. Kulit Manggis

Tanaman manggis semakin banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit, terutama bagian kulitnya. Karena jika dibandingkan tanaman buah lain, manggi termasuk mudah dalam pembudidayaan. Kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit manggis mampu menghalau zat jahat dan berlebih dari dalam tubuh manusia.

Untuk merasakan khasiat dari kulit manggis ini Anda bisa membuat jus kulit manggis dengan membelender kulit empat buah manggis yang sudah dibersihkan. Tambahkan satu gelas aur, dan gula sesuai selera untuk mengurangi rasa pahit dari kulit tersebut. minum pada pagi hari dan malam menjelang tidur agar zat hebatnya bekerja mengusir asam urat berlebih dari tubuh Anda.

Tanaman Obat Asam Urat Kategori Buah

Kalau Anda sulit meminum obat herbal dari rebusan dedaunan atau rimpang tanaman obat asam urat, ada solusi yang lebih praktis tapi tetap menyehatkan dan cepat menyembuhkan penyakit yang Anda derita tersebut. Kandungan pada beberapa buah ini juga terbukti dapat menyembuhkan asam urat yang mengganggu kesehatan Anda.

1. Pisang

1. Pisang

Buah berwarna kuning dengan daging buah lembut ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, kalsium, kalium dan masih banyak. Perpaduan hebat zat-zat penting itu membantu meredakan masalah asam urat Anda. tinggal mengkonsumsinya secara rutin tiga atau empat buah sehari, maka masalah asam urat akan hilang secara bertahap.

2. Tomat

2. Tomat

Buah tomat identik dengan penambah darah dan menjaga tekanan darah, tapi ternyata penelitian menyebutkan tomat juga dapat mengobati asam urat. Hal itu disebabkan kandungannya yang mampu mengurangi produksi purin berlebih sebagai penyebab penumpukan asam urat pada otot. Anda bisa mengkonsumsinya mentah, atau dijadikan jus untuk diminum sebelum tidur.

3. Apel

3. Apel

Mengandung vitamin A yang tinggi, antioksidan, dan serat, apel dapat dijadikan cemilan sehat bagi penderita asam urat. Sambil mengkonsumsi obat herbal lainnya, cobalah khasiat apel yang dapat mengeluarkan asam urat berlebih melalui urin. Hasilnya, selain Anda bisa sembuh, mata menjadi jauh dari kerabunan dan daya tahan tubuh akan semakin maksimal.

4. Ceri

4. Ceri

Apapun jenis cerinya, tetap bisa menjadi salah satu obat tradisional untuk mengatasi masalah asam urat. Anda bisa mengkonsumsinya langsung, atau dipadukan dengan bahan makanan lain menjadi salad segar yang dapat dikonsumsi setiap pagi hari. efeknya akan sangat dirasakan oleh tubuh terutama di bagian yang mengalami nyeri akibat asam urat.

Tanaman Obat Asam Urat Kategori Cairan

Tanaman Obat Asam Urat Kategori Cairan

Adalagi tanaman obat asam urat yang juga bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan asam urat. Seperti minyak zaitun yang terbuat dari ekstrak buah zaitun. Minyak ini bisa membantu meredakan nyeri asam urat jika dioleskan pada bagian yang nyeri, atau jika Anda ingin pengobatan dari dalam juga bisa mengkonsumsinya dua kali sehari sebanyak satu sendok makan.

Cairan selanjutnya adalah cuka apel yang sering dipakai sebagai penyegar masakan, kandungan asam di dalamnya akan melawan pertumbuhan asam urat berlebih pada seluruh sendi tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsinya langsung atau menjadikannya tambahan pada salad sayuran atau buah yang dimakan setiap hari.

Cairan lainnya adalah teh hijau yang terbuat dari daun teh hijau yang dikeringkan, Anda bisa mengkonsumsinya dengan diseduh bersama air panas. Untuk menambah rasa manis bisa ditambahkan gula, atau jika Anda suka rasa tawar tak perlu menambahkan apapun sebelum dikonsumsi. Cobalah minum rutin dua kali sehari satu gelas, dan rasakan manfaatnya untuk jangka panjang.

Apakah Ada Efek Samping Konsumsi Tanaman Obat Asam Urat?

Apakah Ada Efek Samping Konsumsi Tanaman Obat Asam Urat?

Mungkin Anda dibuat bingung karena ternyata banyak tanaman obat asam urat yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi masalah penyakit tersebut. Anda bisa memilih yang paling tepat sesuai dengan riwayat kesehatan, agar tidak menimbulkan efek samping. Contohnya, Anda penderita maag sebaiknya memilih tanaman yang tidak mengandung kadar asam yang tinggi.

Jika Anda mengkonsumsinya dengan takaran yang tepat dan rutin, maka tak akan ada efek samping yang dirasakan secara berlebihan. Karena sejatinya tanaman alami tak akan memberikan efek buruk pada tubuh selama dikonsumsi secara tepat dan sudah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan yang sudah berpengalaman.

Apakah Anda sudah memilih tanaman obat asam urat yang akan dikonsumsi sebagai solusi penyembuhan penyakit Anda? jangan tunggu lagi, cobalah olah sekarang agar manfaatnya bisa cepat Anda rasakan untuk kesehatan. Tapi jangan beranggapan akan sembuh seketika, karena yang namanya obat alami tentunya membutuhkan proses yang cukup lama hingga benar-benar sembuh total.

14+ Tanaman Obat Asam Urat : Macam, Kelebihan, Manfaatnya (Super Lengkap)

Add Comment