DMCA.com Protection Status

29 Resep Kue Lumpur Lembut Anti Gagal, Rasa Dijamin Enak !

Resep Kue Lumpur – Kue lumpur sangat cocok digunakan sebagai salah satu makanan camilan sembari menikmati waktu bersantai. Anda juga dapat menikmati berbagai macam resep kue lumpur kesukaan Anda. rasanya tidak diragukan lagi kelezatannya. Oleh karena itu, resep kue tersebut wajib dicoba dibuat sendiri di rumah sesuai dengan selera Anda. 

Resep Kue Lumpur Kentang Lembut

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Bahan-bahan:

  • 1 kg kentang rebus yang sudah dihaluskan
  • 1/2 kg tepung terigu
  • 3 butir Telur
  • 1/4 kg gula pasir
  • 1 bungkus vanili
  • 100 gram mentega cair
  • 250 ml santan
  • 2 bungkus susu bubuk
  • 100 ml air
  • Toping berupa ceres dan keju

Cara membuat:

  1. Pertama, Anda siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kue lumpur kentang lembut.
  2. Semua bahan (tanpa margarin) anda campur sampai halus menggunakan blender. Setelah itu, Anda masukkan mentega cair dan diaduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna.
  3. Adonan yang telah tercampur rata dimasukkan ke dalam alat cetakan kue setinggi setengah cetakan karena setelah dimasak kue akan mengembang. Anda dianjurkan untuk menutup kue yang sedang dimasak. Tujuannya adalah agar kue matang sempurna.
  4. Saat kue sudah setengah matang maka Anda masukkan toping. Setelah itu, Anda tutup kembali dan ditunggu hingga kue matang.

Resep Kue Lumpur Surga

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, Anda siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk memasak kue.
  2. Langkah selanjutnya adalah siapkan daun pandan yang telah diperkecil ukurannya, lalu ditambahkan 125 ml air dan diblender. Setelah itu, bahan – bahan yang telah diblender disaring ampasnya.
  3. Telur dan gula pasir dikocok hingga larut, lalu air pandan dan santan dimasukkan dan diaduk hingga tercampur sempurna. Setelah itu, bahan yang telah tercampur tersebut dimasukkan ke dalam tempat yang tahan panas. Selanjutnya, didikukus selama 20 menit. Jangan lupa tutup kukusan dilapisi dengan serbet agar air tidak menetes pada kue.
  4. Sembari menunggu lapisan hijau matang, Anda dianjurkan untuk menyiapkan bahan putih.
  5. Anda masukkan ke dalam wadah semua bahan untuk membuat bahan putih. Bahan tersebut antara lain  santan, tepung beras, maizena, gula pasir  dan garam secukupnya.
  6. Bahan putih dimasak dan diaduk hingga mengental.
  7. Selanjutnya, lapisan putih dituang di atas lapisan hijau dan dikukus 10 menit. Setelah itu, Anda angkat dan kue siap untuk disajikan. Anda dapat menikmati dalam kondisi dingin maupun panas, sesuai selera Anda.

Resep Kue Lumpur Surga Gula Merah

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Pertama, Anda siapkan bahan dan alat yang diperlukan. Lalu, bahan pertama dicampur menjadi satu dan diaduk sampai gula larut. Selanjutnya, Anda saring dan diambil bagian yang lembut untuk dipisahkan.
  2. Anda siapkan panci untuk mengukus kue, jangan lupa bagian penutupnya dilapisi dengan serbet yang bersih. Setelah muncul uap maka Anda tuangkan adonan ke dalam cup sebanyak setengah dari tinggi cup. Lalu, Anda kukus selama 20 menit sampai matang.
  3. Sembari menunggu matangnya adonan gula merah, Anda dapat membuat adonan bahan kedua. Bahan kedua dicampur hingga rata lalu disaring.
  4. Setelah adonan kedua selesai dibuat maka langsung Anda tuangkan di atas adonan gula merah yang sudah Anda kukus. Selanjutnya, kue dikukus lagi selama 20 menit.
  5. Setelah kue matang maka kue diangkat dan dibiarkan beberapa saat sampai dingin. Caranya adalah dengan  dimasukkan ke dalam kulkas.
  6. Kue siap untuk disajikan

Resep Kue Lumpur Ubi Ungu

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Menyiapkan peralatan dan bahan untuk memasak kue. Setelah itu, ubi ungu dikukus dan dihaluskan bersama santan menggunakan blender.
  2. Selanjutnya, tepung terigu dan susu dicampur menjadi satu, lalu dituangkan margarin cair pada adonan tepung dan susu.
  3.  Telur dan gula dikocok hingga tercampur sempurna. Lalu, campurkan ubi ungu sembari diaduk hingga rata. Selanjutnya, campuran tepung terigu dan susu dimasukkan ke dalam wadah begitu pula margarin cair, semua diaduk hingga rata.
  4. Cetakan kue dipanaskan lalu diolesi dengan margarin. Adonan dituangkan pada cetakan tersebut. Selanjutnya, ditutup hingga kue setengah matang dan diberi toping
  5. Anda masak lagi sampai kue matang dan siap untuk disajikan

Resep Kue Lumpur Lapindo

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Pertama, campurkan telur, gula, garam, vanila lalu dimixer hingga tercampur sempurna. Selanjutnya masukkan tepung terigu, butter dan tambahkan pasta pandan seperlunya saja. Adonan diaduk hingga tercampur rata.
  2. Cetakan dipanaskan  sejenak lalu diolesi dengan margarin, adonan siap untuk dimasukkan ke dalam cetakan. Setelah bagian pinggir mengeras maka keruk bagian tengahnya. Lalu masak hingga matang.
  3. Langkah selanjutnya memasak bahan vla. Semua bahan dicampur (tanpa maizena). Lalu, masukkan maizena yang telah ditambahkan dengan santan. Bahan – bahan tersebut dimasak sampai mengental.
  4. Vla yang sudah dibuat dimasukkan ke dalam mangkuk kue yang tadi Anda buat. Selanjutnya ditunggu hingga mengeras dan kue siap disajikan.

Resep Kue Lumpur Labu Kuning

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Langkah awal untuk membuat kue lumpur labu kuning adalah dengan mengukus labu kuning sampai matang dan dihaluskan hingga lembut.
  2. Telur dikocok bersama gula pasir hingga adonan mengembang. Lalu, tambahkan vanili, garam, santan dan air sesuai dengan takaran. Setelah itu tepung dan labu kuning secara perlahan dicampurkan pada adonan tersebut.
  3. Margarin cair ditambahkan ke dalam adonan. Setelah itu, cetakan dipanaskan dan adonan dituangkan ke dalam cetakan kue. Selanjutnya, kue dimasak hingga setengah matang dan taburkan kismis di atasnya.
  4. Anda tunggu kue sampai matang dan siap untuk disajikan sebagai salah satu camilan Anda.

Resep Kue Lumpur Pisang

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, mixer telur, gula pasir, garam dan vanili hingga berbusa. Lalu, terigu dan santan yang telah dicampur pisang dimasukkan ke dalam wadah dan diaduk rata.
  2. Margarin cair ditambahkan ke dalam wadah tersebut.
  3. Cetakan dipanaskan lalu adonan dituang dan ditutup. Selanjutnya, taburkan toping seperti keju, kismis, pisang dan lain – lain.
  4. Setelah itu, kue kembali ditutup dan dipanggang  hingga matang sempurna.
  5. Kue siap untuk disajikan.

Resep Kue Lumpur Jagung

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Pertama, Anda siapkan alat dan bahan untuk membuat kue. Lalu, Anda masukkan tepung, gula, jagung dan santan ke dalam blender kemudian dihaluskan sampai lembut.
  2. Selanjutnya, campuran bahan tersebut diletakkan pada wadah dan diberi ragi. Adonan didiamkan selama 30 menit. Posisi adonan dalam kondisi tertutup. Setelah itu, tambahkan garam dan minyak lalu diaduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Langkah selanjutnya adalah cetakan dipanaskan dan diolesi minyak. Adonan dimasukkan ke dalam cetakan.
  4. Setelah itu, Anda tunggu hingga adonan berlubang kecil – kecil. Kue ditutup kembali dan ditunggu hingga matang sempurna. Tanda kue sudah matang adalah timbul warna agak coklat.
  5. Kini kue siap untuk disajikan.

Resep Kue Lumpur Buah Naga

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Menyiapkan alat dan bahan. Lalu, campurkan gula, telur, dan margarin menggunakan mixer hingga tercampur rata.
  2. Selanjutnya tambahkan buah naga dan SKM lalu diaduk kembali. Lalu, ditambahkan tepung terigu, garam, vanili dan santan kental. Campuran bahan tersebut diaduk lagi hingga tercampur rata.
  3. Cetakan dipanaskan namun sebelumnya telah diolesi dengan margarin. Lalu, adonan dituang ke cetakan dan ditambahkan topping. Selanjutnya, masak kue selama 18 hingga 20 menit.
  4. Setelah matang, angkat kue lalu dapat Anda sajikan untuk menjadi camilan yang menemani waktu bersantai di rumah.

Resep Kue Lumpur Kentang dan Buah Naga

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, Anda siapkan alat dan bahan.
  2. Kedua, kentang, buah naga, telur, gula pasir, santan dan garam serta air diblender. Setelah itu, tambahkan tepung dan margarin lalu diaduk sampai rata. Selanjutnya, disaring menggunakan alat penyaring.
  3. Cetakan diolesi dengan margarin dan dipanaskan dengan api yang tidak terlalu besar.
  4. Adonan dimasukkan lalu ditunggu 1-2 menit. Selanjutnya Anda tambahkan toping dan cetakan ditutup.
  5. Selanjutnya, kue dimasak sampai matang yang ditandai dengan muncul warna coklat pada bagian bawah kue.
  6. Kini  kue siap untuk disajikan.

Resep Kue Lumpur Bakar

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Lalu, siapkan cetakan untuk dorayaki. Loyang dipanasi namun sebelumnya sudah diolesi dengan minyak, lalu dipanggang 10 menit.
  2. Masukkan telur, terigu, gula pasir, margarin cair, santan, susu cair UHT, air jus pandan dan garam ke dalam blender. Lalu, semua bahan diblender hingga tercampur sempurna.
  3. Selanjutnya, loyang diangkat lalu adonan dituang pada loyang tersebut dan ditambahkan kismis di atasnya.
  4. Adonan dipanggang memakai oven 160°C. Lama waktu pemanggangan adonan selama 50 menit hingga matang sempurna.
  5. Kini kue siap untuk disajikan. Kue ini sangat cocok untuk dihidangkan dalam kondisi dingin untuk menemani waktu bersantai di rumah.

Resep Kue Lumpur Tape

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Anda mulai menyiapkan alat dan bahan. Lalu, mixer telur dan gula halus. Selanjutnya, vanilla essens, garam, santan beserta air diaduk kembali hingga rata.
  2. Secara perlahan masukkan tepung dan tape sembari dimixer sehingga tercampur sempurna. Lalu, masukkan margarin cair sembari diaduk sampai rata.
  3. Cetakan dipanaskan dan diolesi dengan margarin. Adonan dimasukkan kedalam cetakan hingga setinggi 3/4 dari ukuran cetakan.
  4. Anda masak hingga kue setengah matang lalu diberi topping. Setelah itu, cetakan ditutup dan ditunggu hingga kue matang sempurna dan siap untuk disajikan.

Resep Kue Lumpur Abon

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Santan dilarutkan dengan menambahkan air lalu direbus sampai mendidih. Anda tunggu sampai uap air hilang, tujuannya adalah agar kue Anda tahan lama dan tidak mudah basi.
  2. Tepung beras, tepung tapioka, garam dan gula dicampurkan ke dalam wadah. Lalu,  campurkan santan ke dalam campuran tepung dan bahan lainnya serta diaduk hingga sempurna.
  3. Kukusan dipanaskan dan cetakan kue diolesi dengan minyak. Tujuannya adalah untuk mempermudah kue lumpur untuk dikeluarkan dari cetakannya.
  4. Adonan kue lumpur dibuat tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental. Adonan tersebut dimasukkan ke dalam cetakan dan dikukus antara 50-60 menit.
  5. Saat adonan mengental maka kue sudah dapat diangkat dan disajikan.
  6. Anda dapat menaburkan abon sebagai topping selagi kue masih panas.

Resep Kue Lumpur Roti Tawar

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Anda campurkan semua bahan lalu diblender agar bahan-bahannya halus dan tercampur sempurna.
  2. Anda dapat memanaskan cetakan, lalu adonan dituangkan ke dalam cetakan serta ditutup.
  3. Saat kue sudah setengah matang, Anda dapat menambahkan topping berupa kismis, keju atau bahan lainnya.
  4. Setelah kue matang Anda angkat kue lalu disajikan.

Resep Kue Lumpur Nasi

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Anda dapat mencampurkan semua bahan (tanpa margarin cair) lalu diblender. Selanjutnya, Anda masukkan adonan pada mangkok bersama dengan margarin cair. Setelah itu, diaduk hingga tercampur rata.
  2. Cetakan dipanaskan, namun sebelumnya telah diolesi margarin terlebih dahulu.
  3. Adonan yang telah tercampur sempurna dimasukkan ke dalam cetakan. Saat kue telah setengah matang Anda dapat menambahkan topping sesuai dengan selera Anda. Setelah kue matang Anda angkat dan siap untuk disajikan.

Resep Kue Lumpur Pandan

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Langkah awalnya adalah dengan memasak santan, air pandan dan garam hingga mendidih, lalu dibiarkan dingin.
  2. Selanjutnya, telur dimixer bersama gula hingga tercampur sempurna. Tambahkan kentang dan diaduk kembali. Anda masukkan terigu secara perlahan sembari diaduk rata.
  3. Anda dapat menambahkan santan dan sedikit garam secara perlahan sembari diaduk hingga rata. Anda juga tambahkan margarin dan diaduk kembali.
  4. Cetakan disiapkan dan diolesi dengan margarin. Setelah itu, cetakan dipanaskan.
  5. Setelah semua siap maka tuangkan adonan hingga 3/4 tinggi cetakan kue. Saat kue sudah setengah matang Anda dapat menambahkan kismis. Lalu, ditutup dan dimasak hingga kue matang sempurna dan siap untuk disajikan.

Resep Kue Lumpur Surga Pandan

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, siapkan wadah untuk memixer telur dan gula sampai larut dan tercampur sempurna.
  2. Tepung terigu dan air daun suji dimasukkan pada  wadah tersebut. Lalu, aduk sampai tercampur sempurna. Selanjutnya adonan disaring untuk mencegah adanya gumpalan pada adonan kue nastar.
  3. Adonan dituangkan pada  wadah yang berbahan aluminium foil setinggi 3/4  volume wadah.
  4. Adonan dikukus selama 20 menit. Selanjutnya, diambil 2-3 sendok makan adonan putih dan diletakkan di atas adonan hijau. Selanjutnya, dikukus selama 10 menit.
  5. Cara membuat adonan putih, yaitu campurkan semua bahan yang terdiri atas santan, tepung  beras, tepung maizena, garam dan gula pasir. Semua bahan diaduk rata, lalu disaring untuk mendapatkan tekstur yang halus.
  6. Adonan dimasak  menggunakan api kecil sembari diaduk. Adonan diangkat setelah meletup-letup. Kue siap untuk disajikan

Resep Kue Lumpur Keju Ekonomis

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Anda rebus kentang lalu dihaluskan.
  2. Gula dan telur dicampur menjadi satu hingga gula larut sempurna. Anda masukkan terigu, vanili, garam dan susu bubuk kedalam adonan telur yang sudah jadi.
  3. Selanjutnya, margarin dimasukkan beserta air dan santan sembari diaduk sampai rata.
  4. Setelah itu, cetakan dipanaskan dan diolesi minyak secukupnya. Adonan dituangkan pada cetakan lalu dimasak sampai setengah matang.
  5. Setelah itu, Anda dapat menambahkan topping dan ditutup kembali. Anda tunggu hingga kue telah matang sempurna dan siap untuk disajikan.  Salah satu ciri bahwa kue sudah matang adalah bagian pinggirnya tampak sedikit kecoklatan.

Resep Kue Lumpur Rainbow

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Anda siapkan dulu alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Selanjutnya, kentang direbus dan dihaluskan.
  3. Telur, gula dan garam dimixer hingga tercampur sempurna. Kentang dimasukkan lalu menyusul terigu, santan dan air secara perlahan sambil diaduk. Terakhir, Anda masukkan margarin cair sambil mengaduk adonan hingga tercampur rata.
  4. Adonan dibagi menjadi 4 warna yang berbeda (warna bisa dibuat sesuai selera). Cetakan dipanaskan lalu adonan dituangkan pada cetakan.
  5. Anda dapat menambahkan topping berupa keju, meses atau jenis toping lainnya.
  6. Selanjutnya, Anda panggang menggunakan api yang kecil hingga matang. Setelah itu, kue diangkat dari cetakan dan siap untuk disajikan sebagai camilan.  

Resep Kue Lumpur Roti Tawar Oven

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Oven dan cetaklan muffin dipanaskan pada suhu 200°C selama 10 menit.
  2. Anda siapkan semua bahan (tanpa margarin) dan diblender sampai lembut.
  3. Adonan disaring dan diletakkan pada wadah. Setelah itu, Anda dapat menambahkan margarin cair sembari diaduk sampai rata.
  4. Cetakan yang telah dipanaskan disiapkan, lalu Anda oleskan margarin atau minyak ke dalam cetakan. Selanjutnya, adonan dituang pada cetakan.
  5. Kue dimasak menggunakan oven dengan suhu 170°C. Lama waktu untuk memasak adalah 20 menit dengan api kecil.
  6. Setelah matang, Anda angkat  cetakannya dari dalam oven dan taburkan toping di atasnya. Setelah itu, dioven lagi  5 hingga 8 menit.
  7. Setelah matang, kue dikelurkan dari oven lalu didinginkan. Setelah dingin Anda keluarkan kue dari cetakan dan kue siap untuk disajikan.

Resep Kue Lumpur Legit Keju Coklat

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, Anda rebus kentang dan dihaluskan sampai lembut. Anda dapat menambahkan sedikit gula agar cepat halus
  2. Tuang sedikit demi sedikit terigu sembari diaduk. Setelah itu, masukkan garam, vanili serta susu bubuk.
  3. Anda mixer telur sebanyak 4 butir pada tempat yang berbeda. Lalu, masukkan santan sambil diaduk.
  4. Anda tuangkan adonan kentang pada adonan telur sembari diaduk sampai rata. Setelah itu, Anda dapat menambahkan margarin.
  5. Anda siapkan cetakan, sebelum dipanaskan Anda olesi dengan minyak.  Adonan dimasukkan ke dalam cetakan  dan diberi topping sesuai dengan selera.
  6. Anda masak kue hingga matang. Saat pinggiran kue sudah kecoklatan itu artinya kue sudah matang

Resep Kue Lumpur Durian

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Pertama, Anda lumatkan durian. Lalu, telur dan gula dimixer hingga berbusa dan gula larut sempurna.
  2. Tepung dan garam dimasukkan secara perlahan dan bergantian dengan santan serta durian. Anda tambahkan margarin cair sembari diaduk agar tercampur sempurna. Anda biarkan selama 30 menit.
  3. Terakhir, cetakan dipanaskan dan diolesi dengan margarin. Adonan dimasukkan ke dalam cetakan.
  4. Setelah kue setengah matang, taburkan topping di atas kue. Selanjutnya, Anda tutup kembali dan tunggu hingga kue matang sempurna.

Kue Lumpur Surga Durian

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, siapkan baskom untuk mencampurkan telur, gula, air dan santan. Lalu, aduk sampai gula larut sempurna.
  2. Tambahkan terigu, vanili dan pasta durian. Lalu, adonan diaduk hingga rata.
  3. Siapkan aluminium foil, selanjutnya masukkan adonan sebanyak 3/4 dan ditambahkan durian. Lalu, adonan dikukus selama 20 menit.
  4. Sembari menunggu kue matang, lapisan putih dibuat dengan cara mencampur bahan-bahan

yang terdiri atas santan kara, maizena, garam dan air secukupnya.

  1. Lapisan putih dituangkan di atas lapisan durian yang sudah matang.  Lalu, kue dikukus lagi selama 5 menit dan ditunggu sampai kue matang sempurna.

Kue Lumpur Tape Singkong

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, margarin dicairkan lalu dipisahkan
  2. Tape singkong dihaluskan dengan cara diblender bersama santan, garam, dan telur sampai tercampur rata.
  3. Maizena ditambahkan secara perlahan pada adonan telur dan diaduk sampai homogen. Terakhir, tambahkan margarin yang telah dicairkan sembari diaduk rata.
  4. Selanjutnya loyang dipanaskan dan diolesi dengan margarin. Adonan dimasukkan ke dalam cetakan setinggi 3/4 cetakan.
  5. Kue dimasak dengan api kecil sampai matang. Saat permukaan kue telah kering lalu kue diangkat. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.

Kue Lumpur Popeye

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, kentang dikukus lalu dihaluskan sampai lembut. Masukkan wortel, santan kental dan margarin sembari diaduk.
  2. Masukkan kaldu ayam. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 500 ml air dengan 1 potong sayap ayam. Bagian dagingnya dicincang sampai halus. Selanjutnya, dimasukkan pada adonan kentang.
  3. Masukkan tepung terigu secara perlahan sambil diaduk sampai rata.
  4. Daun bayam, seledri, garam, gula pasir dan merica bubuk ditambahkan pada adonan sembari diaduk.
  5. Adonan diberi telur sembari diaduk sampai rata.
  6. Selanjutnya, cetakan dipanaskan dan adonan dituang di dalamnya dan ditutup. Tujuannya agar panas tersebar merata. Kue dimasak dengan api kecil sehingga kue matang sempurna.
  7. Setelah kue matang, kue dikeluarkan dari cetakan, lalu kue siap untuk disajikan.

Kue Lumpur Kentang Ekonomis

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Telur dimixer sampai mengembang. Secara perlahan masukkan kentang sambil dimixer. Selanjutnya, tambahkan garam, vanili dan santan ke dalam adonan bergantian dengan terigu.
  2. Adonan diaduk menggunakan mixer sampai tercampur homogen.
  3. Cetakan dipanaskan dengan api sedang, lalu diolesi dengan margarin. Setelah panas, adonan dituangkan pada cetakan dan ditutup agar kue matang sempurna.
  4. Saat kue sudah setengah matang, kue diberi topping dan ditutup lagi.
  5. Kue diangkat saat sudah matang. Ciri kue sudah matang adalah bagian atas telah kering.

Kue Lumpur  Vla Custard

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Telur dan gula pasir dimixer hingga gula tercampur sempurna. Tambahkan mentega yang telah dicairkan beserta garam dan terigu.
  2. Santan dimasukkan secara perlahan sambil diaduk. Diusahakan jangan sampai adonan bergerindil. Lalu, tambahkan pasta pandan ke dalam adonan sembari diaduk.
  3. Cetakan dioles dengan margarin, lalu dipanaskan.
  4. Adonan dituang ke dalam cetakan kira – kira 3/4 tinggi cetakan. Saat bagian pinggir matang, ambil bagian tengah adonan sebanyak 3 sendok makan. Kue dimasak dengan api kecil hingga kue matang sempurna.
  5. Langkah-langkah membuat vla, yaitu dengan mencampurkan semua bahan (kecuali custard) berupa santan kental, gula pasir, garam, daun pandan dan vanili. Selanjutnya, dimasak hingga mendidih.
  6. Tuangkan custard secara perlahan sembari diaduk rata. Saat vla sudah meletup – letup lalu diangkat dan dituangkan pada kue yang sudah dibuat.
  7. Anda dapat menambahkan daun pandan, chocochip atau bahan lainnya sebagai topping.

Resep Kue Lumpur Tape Ketan Hijau

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Alat dan bahan disiapkan, lalu rebus santan, air matang dan gula pasir sampai semua bahan tercampur rata.
  2. Butter margarin dilelehkan dengan api sedang. Selanjutnya, campurkan bahan tersebut dengan tepung terigu segitiga biru dan susu bubuk.
  3. Haluskan tape ketan hijau dan telur menggunakan blender, lalu dicampurkan dengan adonan bahan yang telah dibuat pada langkah nomor 1.
  4. Setelah diblender, secara perlahan campurkan semua bahan yang telah dibuat sembari diaduk.
  5. Cetakan kue lumpur dipanaskan dan dialasi agar cetakan tidak terkena api secara langsung. Selanjutnya, adonan disaring sehingga adonan menjadi lembut.
  6. Cetakan kue diolesi dengan margarin. Lalu, adonan dituangkan pada cetakan setinggi 3/4 cetakan. Cetakan ditutup dan dimasak menggunakan api kecil
  7. Saat kue setengah matang, taburkan topping berupa kismis atau bahan lainnya sesuai selera. Lalu, kue dimasak hingga matang dan siap untuk disajikan.

Resep Kue Lumpur Vla Nangka

Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Cara membuat:

  1. Pertama – tama, buat kulit mangkok, yaitu santan cair, kara bubuk serta daun pandan dimasak sampai mendidih. Lalu, dibiarkan sampai dingin.
  2. Telur dan gula pasir dicampur sampai gula larut.  Setelah itu, tambahkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, vanili bubuk dan santan sembari diaduk rata.
  3. Tambahkan pewarna hijau dan margarin yang telah dilelehkan, lalu disaring dan adonan dibiarkan sekitar 30 menit.
  4. Cetakan dipanaskan lalu adonan dituangkan ke dalam cetakan. Setelah itu, masak kue hingga terbentuk seperti mangkok. Lalu, ditunggu hingga kue matang  dan diangkat. Lakukan langkah yang sama sampai adonan habis.
  5. Cara membuat vla, santan dimasak bersama daun pandan sembari diaduk sampai mendidih. Lalu, dibiarkan beberapa menit agar dingin.
  6. Santan, gula pasir, nangka, garam dan vanili bubuk dimasak menjadi satu sampai adonan meletup-letup. Vla dituangkan pada kue berbentuk mangkok lalu di atasnya diberi nangka.

Banyak sekali resep kue lumpur yang telah Anda pelajari. Kini saatnya Anda membuat kreasi aneka resep kue lumpur yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi membuat camilan yang akan menemani waktu bersantai di rumah.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Resep Kue Lumpur

Leave a Reply