13 Resep Bolu Kukus Anti Gagal dan Bantet yang Wajib Bunda Coba (Lengkap)

Resep Bolu Kukus – Kue basah yang kita kenal dengan bolu kukus merupakan salah satu cemilan tradisional Indonesia yang merakyat dan digemari oleh masyarakat Tanah Air. Memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis ternyata resep bolu kukus tidak sulit untuk dicoba. Ada banyak variasi bolu kukus yang dibuat, misalnya rasa coklat, bolu kukus pelangi, bolu kukus jahe, pisang, dan lain-lain

Menjadi kudapan favorit orang Indonesia, bolu kukus mudah ditemukan di toko atau penjaja cemilan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Namun tidak ada salahnya jika Anda tertarik untuk membuatnya sendiri. Anda bisa mencobanya dengan resep bolu kukus yang mudah dan sederhana.

5 Bahan Dasar Resep Bolu Kukus Anti Gagal

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Sebelum mencoba resep bolu kukus, Anda harus tahu empat bahan dasar yang membuatnya sukses. Bolu kukus sederhana terbuat dari bahan-bahan tersebut, tanpa filling dan toping. Namun jika mau, Anda bisa membuatnya lebih variatif.

1. Telur

Seperti yang kita tahu, telur merupakan bahan yang selalu ada dalam resep pembuatan kue. Rata-rata berat telur utuh tanpa kulit biasanya sekitar 50 gram. Jika lebih, buang sedikit putih telurnya. Gunakan lebih banyak kuning telur untuk hasil kue bolu yang lebih lembut.

Telur yang baik tidak berbunyi saat diguncangkan dan tenggelam ketika dimasukkan ke dalam air. Bila Anda ingin kue berwarna kuning pilih telur yang cangkangnya berwarna coklat dan bentuknya lonjong. Kuning telurnya akan akan lebih, warnanya juga lebih pekat.

Ingat ya, jangan gunakan telur yang baru dikeluarkan dari kulkas. Telur yang dingin sulit menangkap udara saat dikocok sehingga sulit untuk mengembang. Tunggu hingga telur memiliki suhu ruang normal supaya resep bolu kukusyang Anda coba memberikan hasil maksimal.

2. Gula

Tidak harus selalu menggunakan gula pasir untuk membuat kue. Resep bolu kukus juga bisa menggunakan gula merah. Pemakai gula yang berbeda ini bisa menjadi variasi untuk kue. Pemilihan gula juga bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Gula merah membuat rasa bolu kukus menjadi legit. Namun jika Anda mencoba membuat resep bolu kukus yang berwarna putih dan kuning cerah, pilih gula pasir putih. Gunakan gula halus atau gula pasir dengan butiran yang kecil supaya adonan mudah tercampur. Jangan telalu banyak gula ya, nanti permukaan bolu akan jatuh di bagian tengahnya.

4. Tepung

Resep bolu kukus umumnya menggunakan tepung terigu berprotein rendah atau sedang. Ini supaya kue yang dihasilkan lembut dan empuk. Protein pada tepung terigu dikenal dengan sebutan gluten Gluten merupakan kandungan protein yang tak larut dalam air, berisifat kenyal dan elastis.

Namun untuk berkreasi, Anda bisa mengganti tepung terigu dengan yang lain. Bolu kukus sederhana bisa menjadi lebih beragam dengan pemilihan tepung yang berbeda. Anda bisa menciptakan berbagai rasa dengan mengganti sedikit tepung terigu menggunakan tepung maizena, tepung ketan hitam, dan tepung coklat.

5. Lemak

Bahan lemak bolu kukus bisa didapat dari margarin, minyak atau santan. Fungsi lemak adalah menambah citarasa. Kegunaan lainnya untuk melembabkan dan membuat tekstur kue menjadi empuk. Supaya rasa tetap terjaga, pilih lemak yang berkualitas dan masih baru. Sebagai saran saja, lebih baik menggunakan lemak yang berasal dari margarin.

6. Cake Emulsifer

Berfungsi sebagai bahan tambahan, cake emulsifer bermanfaat untuk mencampur adonan. Cake emulsifer bisa didapat dari SP/TBM/Ovalet. Bahan ini ditambahkan untuk membuat volume kue lebih mengembang dan tekstur bolu kukus lembut juga empuk. Jangan terlalu banyak menuangan TBM agar tekstur bolu kukusnya tidak hilang.

Resep Bolu Kukus Supaya Mekar Sempurna

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencoba resep bolu kukus. Masalah yang sering terjadi adalah adonan yang tidak mengembang sempurna saat dikukus. Supaya berhasil saat membuat kudapan tradisional ini, Anda harus memperhatikan lima hal ini:

1. Pemilihan telur

Supaya bolu kukus bisa mekar dengan sempurna, pilih telur yang tidak terlalu besar. Kandungan telur yang terlalu banyak akan membuat adonan tidak mengental dengan baik. Ini akan menghasilkan adonan yang tidak bisa mengembang dengan baik. Ingat ya, gunakan telur dengan suhu ruangan normal.

2. Pemakaian Gula

Dikenal sebagai kue yang manis, resep bolu kukusselalu menggunakan gula yang cukup banyak. Tujuan pemakaian gula selain untuk rasa juga adonan bisa kental sehingga mengembang saat dikukus. Jadi, jangan asal kurangi takaran gula yang sudah tercantum dalam resep ya.

3. Mengocok adonan

Pastikan saat mengocok telur, gula dan emulsifier sampai benar-benar kental. Jika bingung, Anda bisa mengikuti petunjuk durasi yang tercantum pada resep.

4. Loyang untuk adonan

Loyang juga memiliki pengaruh terhadap adonan. Untuk mekar dengan sempurna, adonan harus mendapat panas dari segala arah ketika dikukus. Pilih loyang yang berlubang-lubang pada bagian samping dan bawah. Jangan lupa ya, gunakan kertas roti untuk melapisi loyang sebelum dituang adonan.

5. Cara mengukus

Proses terakhir namun penting, yaitu mengukus adonan. Saat mengukus dibutuhkan banyak uap, jadi baik untuk menggunakan kukusan dengan lubang yang besar sehingga panasnya maksimal. Tak masalah jika menggunakan kukusan dengan lubang kecil tapi pastikan jumlah lubangnya banyak.

Api juga harus diperhatikan. Pastikan api yang digunakan saat mengukus besar supaya uap yang dihasilkan banyak dan adonan mekar dengan sempurna. Jangan lupa untuk menutup kukusan dengan kain supaya air uap tidak menetes ke bolu kukus.

6. Menyimpan Bolu Kukus

Bila sudah agak lama, bolu kukus akan mengering. Jadi simpan bolu kukus di dalam wadah yang tertutup rapat. Anda bisa membungkus satu per satu supaya tidak keras dan kering. Namun jika sudah terlanjur kering dan keras, Anda bisa mengukusnya kembali. Jadi tidak perlu khawatir bolu kukus akan terbuang sia-sia.

Penyebab Resep Bolu Kukus Tak Mekar

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Anda sudah merasa menerapakan resep dengan benar? Tapi hasil tidak maksimal? Tenang, bukanresep bolu kukusyang salah, mungkin Anda melakukan beberapa kesalahan ini. Terdapat beberapa penyebab adonan gagal mekar dengan baik. Berikut beberapa hal yang jadi biang keladi bolu kukus tak mekar sempurna:

1. Soda yang Sudah Lama Dibuka

Resep bolu kukus biasanya mencantumkan soda sebagai pengembangnya. Anda harus pastikan bahwa soda baru dibuka saat sebelum membuat adonan. Soda biasanya mudah menguap jika dibuka terlalu lama. Ini akan membuat adonan jadi susah mengembang.

2. Kukusan yang Kurang Panas

Butuh kukusan yang sangat panas untuk membuat bolu kukus bisa mekar dengan sempurna. Saat adonan dimasukkan, pastikan loyang sudah panas betul. Ini bertujuan supaya uap di dalamnya sudah sangat banyak. Kalau uap panasnya kurang, adonan tidak bisa mekar dengan baik.

Setelah adonan dituang, segera masukkan ke dalam kukusan. Jangan sampai uapnya hilang karena uap inilah yang membuat bolu kukus menjadi mekar. Jika sudah terlanjur hilang, bisa dipastikan kue akan menjadi bantat.

3. Uap yang Tidak Merata

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa untuk membuat bolu kukus mekar dengan baik harus menggunakan lobang yang besar. Kukusan dengan lobang yang besar membuat panas uapnya merasa. Jika uap tidak merata akan sulit membuat adonan untuk mengembang dengan baik.

4. Terlalu Banyak Adonan

Saat memasukkan adonan ke loyang jumlahnya harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu banyak dan rapat. Hal ini membuat bolu kukus tidak mendapat panas yang cukup dan sulit untuk mekar. Pastikan Anda memberi jarak sehingga tidak terlalu banyak di dalam satu kukusan.

5. Jangan Buka Kukusan di Tengah Mengukus

Ini yang sering terjadi, membuka kukusan saat mengukus. Jika dibuka, uap di dalam kukusan bisa hilang dan bolu kukus bisa gagal mekar. Jadi penting untuk memastikan bahwa Anda telah mengisi banyak air sehingga tak perlu membuka kukusan untuk menambah air. Ini juga perlu dilakukan saat mengukus adonan setelahnya, isi air kukusan terlebih dulu baru mengukus bolu selanjutnya.

6. Jangan Gunakan Kukusan Bertingkat

Alasan kenapa tidak disarankan menggunakan kukusan bertingkat karena panas pada kukusan selalu berkumpul di bagian atas. Ini memungkinkan adonan yang berada di bawah akan gagal karena panas yang kurang. Lebih baik gunakan satu kukusan saja. Anda bisa mengukus beberapa kali jika adonan yang dibuat banyak. Tapi ingat ya, selalu isi air sebelum mengukus adonan setelahnya.

Resep Bolu Kukus Sederhana

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Anda ingin mencoba buat kudapan sendiri untuk keluarga? Tak perlu takut gagal, karena resep bolu kukussederhana ini mudah untuk dibuat. Soal rasa, tentunya tidak kalah dengan bolu kukus yang dipasarkan oleh penjual. Yuk siapkan bahan dan buat kue bolu Anda sendiri.

Bahan:

  • Tepung terigu 200 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Susu bubuk vanilla 5 sdm
  • Telur ayam 4 butir
  • Baking soda 1 sdt
  • Air 100 ml
  • Margarin

Cara membuat:

  1. Olesi loyang dengan margarin tipis-tipis
  2. Buat caramel dari 100 gr gula ditambah 100 ml air. Masak sampai mendidih dan diamkan hingga dingin
  3. Ayak tepung terigu, susu bubuk, dan baking soda
  4. Kocok telur lalu tambahkan gula pasir dengan mixer berkecepatan tinggi sampai mengembang
  5. Campurkan bahan yang telah diayak dengan caramel
  6. Masukkan kocokkan telur. Aduk dengan mixer berkecepatan tinggi
  7. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin
  8. Kukus adonan selama kurang lebih 20 menit atau tunggu hingga matang dan mengembang
  9. Dinginkan bolu kukus yang telah matang di ruangan bersuhu normal sebelum dihidangkan

Resep Bolu Kukus Gula Merah

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Ingin membuat kreasi bolu kukus? Gunakan gula merah untuk variasi rasa kue basah khas Indonesia ini. Berbeda dengan gula pasir, gula merah memiliki rasa yang khas. Tak perlu ribet, Anda hanya perlu lima bahan saja untuk resep boku kukusini.

5 Bahan yang dibutuhkan:

  • Telur ayam 2 butir
  • Gula merah sisir 100 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Tepung terigu 135 gram
  • Minuman bersoda 75 ml

Langkah-langkah:

  1. Kocok 1 buah telur dengan 1 buah kuning telur secara merata
  2. Tambahkan gula merah dan gula pasir, aduk hingga mengembang
  3. Masukkan tepung terigu dan minuman bersoda secara bergantian, kocok dengan rata
  4. Tuang adonan ke cetakan bolu kukus yang sudah dilapisi kertas roti
  5. Kukus di atas api besar selama kurang lebih 10 menit hingga matang
  6. Saat matang, tunggu bolu kukus merah dingin dulu sebelum dihidangkan

Resep Bolu Kukus Mekar

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Bolu kukus mekar selalu menyenangkan untuk kudapan sore ditemani segelas teh. Bentuknya yang cantik mampu membuat anak-anak tertarik untuk mencicipi. Anda bisa loh membuat cemilan ini untuk si buah hati. Anda berniat mencoba? Yuk cek resepnya disini.

Bahan dasar:

  • Telur ayam 2 butir
  • Gula pasir 200 gram
  • Emulsifer 2 sdt
  • Tepung terigu 275 gram
  • Garam ¼ sdt
  • Baking powder ½ sdt
  • Minum bersoda tawar 175 ml
  • Santan install 50 gram
  • Esens pandan ¼ sdt
  • Pewarna makanan hijau dan merah muda
  • Pasta coklat

Cara memasak:

  1. Kocok telur, gula pasir, dan mulsifer selama kurang lebih 10 menit sampai kaku dengan rata
  2. Sambil diayak masukkan tepung terigu, garam, dan baking soda
  3. Masukkan minuman bersoda, santan, dan esens pandan secara bergantian
  4. Setelah adonan tercampur, ambil 3 bagian adonan kira-kira 50 gram, beri masing-masing satu tetes warna hijau, dua tetes warna merah muda, dan satu tetes pasta coklat. Aduk masing-masing adonan hingga rata
  5. Tuang adonan putih ke cetakan yang sudah dilapisi kertas, tambahkan adonan hijau, merah muda, dan coklat
  6. Kukus adonan pada api besar selama 10 menit sampai matang
  7. Hidangkan saat bolu kukus mekar sudah dingin

Resep Bolu Kukus Pisang

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Anda penyuka buah pisang? Pisang sering kali digunakan untuk variasi rasa kue basah salah satunya bolu kukus. Yuk coba berkreasi dengan resep bolu kukus pisang dengan berbagai topping sesuai selera. Rasa yang unik akan membuat Anda dan keluarga ketagihan.

Bahan:

  • Telur 2 buti
  • Emulsifier (SP/TBM) 1/2 sdm
  • Garam 1/4 sdt
  • Gula pasir 200 gram
  • Tepung terigu 270 gram
  • Baking powder 3/4 sdr
  • Pisang ambon 50 gram (dihaluskan)
  • Soda tawar 200 ml
  • Cokelat meises 25 gram

Cara Membuat:

  1. Blender pisang dan soda tawar sampai lembut sempurna
  2. Kocok telur, garam, gula pasir, dan emulsifier sampai kaku kurang lebih 10 menit secara merata
  3. Tambahkan tepung terigu dan baking powder dengan cara diatak dan dikocok rata
  4. Masukkan blenderan pisang dan meises, aduk hingga menyebar
  5. Lapisi cetakan bolu kukus dengan kertas roti, dan tuang adonan ke dalamnya
  6. Kukus dengan api besar selama 10 menit hingga matang
  7. Tunggu bolu kukus dingin di suhu ruang normal kemudian sajikan

Resep Bolu Kukus Pelangi

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Bolu kukus pelangi menjadi salah satu jenis kue yang sering dijajakan oleh penjual. Warnanya yang cantik membuat kita tergoda untuk mencoba. Terutama anak-anak, mereka akan senang menikmati kue yang berwarna-warni dengan varian yang berbeda pula. Cek resep bolu kukus pelangi yuk.

Bahan:

  • Telur 2 butir
  • Gula pasir 225 gram
  • Emulsifier 2 sdt
  • Tepung terigu 275 gram
  • Susu bubuk 25 gram
  • Minuman bersoda manis 220 ml
  • Cokelat pasta 1/4 sdt
  • Pewarna makanan merah 2 tetes
  • Pewarna makanan hijau 2 tetas
  • Tape ketan hitam 35 gram (diperas)

Langkah memasak:

  1. Telur, gula pasir, dan emulsifier dikocok hingga kaku dan putih
  2. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk ambil diayak
  3. Masukkan minuman bersoda, aduk hingga rata
  4. Tambahkan ketan hitam lalu aduk menyebar
  5. Bagi adonan menjadi 4, beri warna cokelat, merah, dan hijau lalu aduk rata. Sisanya biarkan warna putih
  6. Lapisi cetakan dengan kertas roti dan tuang adonan putih, coklat, merah dan hijau secara bergantian
  7. Kukus di atas api besar, tunggu selama 10 menit hingga matang
  8. Hidangkan saat bolu kukus pelangi sudah dingin

Resep Bolu Kukus Coklat

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Rasa coklat selalu menjadi daya tarik sendiri bagi pencinta kue. Baik anak-anak atau orang dewasa tak akan melewatkan kudapan manis yang satu ini. Tentunya menyenangkan jika Anda bisa membuat bolu kukus coklat sendiri untuk kudapan saat berkumpul dengan keluarga.

Bahan:

  • Telur 2 butir
  • Gula pasir 200 gram
  • Garam 1/4 sdt
  • Emulsifier SP/TBM 1/2 sdt
  • Tepung terigu 250 gram
  • Cokelat bubul 25 gram
  • Baking powder 1/2 sdt
  • Minum bersoda tawar 225 ml
  • Dark cooking chocolate 50 gram dilelehkan
  • Pasta cokelat 1/2 sdt

Langkah-langkah:

  1. Lelehkan dark cooking chocolate sampai kental
  2. Buat adonan dri telur, gula pasir, garam, dan emulsifer. Kocok selama 8 menit hingga mengembang
  3. Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder. Masukkan secara bergantian dengan soda, kocok perlahan
  4. Campurkan dark cooking chocolate dan pasta cokelat, aduk rata
  5. Kukus dengan api besar selama 12 menit sampai matang
  6. Biarkan bolu kukus coklat dingin di suhu ruang normal, lalu siap untuk disantap

Resep Bolu Kukus Duo

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Bolu kukus duo merupakan salah satu varian yang mudah untuk dibuat. Resep bolu kukus ini hanya membutuhkan empat bahan utama dan pembuatannya bisa dibilang cukup sulit, butuh ketelatenan. Meski tak menggunakan banyak bahan, soal rasa kue ini tak kalah dengan varian bolu kukus yang lain.

Bahan:

  • Putih telur 200 gram
  • Gula pasir 130 gram
  • Tepung terigu 120 gram
  • Santan kental instan 75 gram
  • Cokelat pasta 1/4 sendok
  • Garam 1/2 sdt

Cara Memasak:

  1. Kocok putih telur dan garam hingga setengah mengembang kemudian tambah gula sedikit demi sedikit. Kocok hingga mengembang.
  2. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan santan secara bergantian
  3. Pisahkan 75 gram adonan dan tambahkan coklat pasta, aduk rata
  4. Tuang adonan putih ke loyang yang sudah dialasi kertas roti kemudian tuang adonan coklat di tengah adonan putih
  5. Kukus selama 20 menit hingga matang. Tunggu dingin dan bolu kukus duo siap dihidangkan

Resep Bolu Kukus Talas

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Siapa yang tak suka dengan lembutnya bolu kukus talas? Tak jauh berbeda dengan variasi lain, resep bolu kukus talas juga mudah untuk dibuat. Yuk coba bikin sendiri bolu kukus talas untuk kudapan saat bersantai di rumah bersama keluarga.

Bahan:

  • Telur 2 butir
  • Gula pasir 200 gram
  • Garam 1/4 sdt
  • Emulsifier 2 sdt
  • Tepung terigu 275 gram
  • Maizena 25 gram
  • Baking powder 1/2 sdt
  • Soda tawar 200 ml
  • Pasta talas 1/8 sdt

Langkah Memasak:

  1. Kocok telur, gula pasir, garam, dan emulsifier selama 10 menit sampai kaku
  2. Tambahkan tepung terigu, maizena, dan baking powder dengan diayak lalu tambahkan soda tawar dan santan secara bergantian. Kocok perlahan
  3. Pisahkan 200 gram adonan lalu tambahkan pasta talas dan aduk rata
  4. Masukkan adonab putih ke loyang yang telah dilapisi kertas roti kemudian tambahkan adonan talas sampai penuh
  5. Kukus dengan api besar selama 15 menit hingga matang
  6. Tunggu bolu kukus talas dingin dahulu sebelum menghidangkannya

Resep Bolu Kukus Ketan Hitam

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Bosan dengan bolu kukus biasa? Anda bisa mencoba berkreasi dengan ketan hitam. Ganti tepung terigu dengan tepung ketan hitam. Bolu kukus ketan hitam bisa menjadi pilihan hidangan saat acara kumpul dengan kerabat atau sahabat.

Bahan:

  • Telur ayam 6 butir
  • Gula pasir 250 gram
  • Gram 1/4 sdt
  • Emulsifier (ST/TBM) 1 sdt
  • Tepung ketan hitam 250 gram
  • Baking soda 1 sdt
  • Vanili bubuk 1/2 sdt
  • Margarin 200 gram (dilelehkan)
  • Susu kental manis putih 2 sdm

Cara Membuat:

  1. Lelehkan margarin hingga mencair sempurna
  2. Kocok telur, gula pasir, garam, dan emulsifier hingga mengembang
  3. Masukkan tepung ketan hitam, baking powder, dan vanili bubuk dengan diayak lalu aduk sampai rata
  4. Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan dan susu kental manis
  5. Tuang ke loyang yang sudah dioles margarin dan dilapisi kertas roti
  6. Kukus dengan api sedang selama 25 menit sampai matang
  7. Tunggu dingin dan bolu kukus ketan hitam siap untuk dinikmati

Resep Bolu Kukus Pandan

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Siapa yang bisa menolak aroma harum pandan? Rasa pandan memang sangat normal untuk rasa kue basah. Warna hijau segar dan harum pandan tentu mudah menggugah selera untuk mencicipi. Yuk cek resep bolu kukus pandan.

Bahan:

  • Telur ayam 8 butir
  • Gula pasir 150 gram
  • Tepung terigu 100 gram
  • Maizena 20 gram
  • Margarine 50 gram
  • Susu cair 25 ml
  • Garam 1/4 sdt
  • Pasta pandan 1/4 sdt

Langkah Membuat:

  1. Campur margarin yang telah dilelehkan dengan susu cair, garam, dan pasta pandan. Aduk sampai rata
  2. Kocok 8 kuning telur dan 5 putih telur bersama 150 gram gula pasir hingga mengembang rata
  3. Tambahkan tepung terigu dan maizena dengan cara diayak, lalu aduk sampai rata
  4. Masukkan campuran margarin yang dibuat pada langkah pertama sedikit demi sedikit kemudian aduk sampai rata
  5. Tuang adonan ke Loyang yang sudah diolesi margarin
  6. Kukus selama 15 menit hingga matang di atas api sedang
  7. Jika sudah matang, tunggu dingin kemudian potong-potong dan sajikan

Resep Bolu Kukus Jahe Fruit Mix

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Bolu kukus jahe fruit mix bisa menjadi pilihan untuk kudapan saat ngeteh di pagi hati. Aroma jahe tentu sangat menggoda untuk membuat mencoba. Dihiasi butiran fruit mix, anak-anak jadi semakin penasaran dengan kue bolu ini.

Bahan:

  • Telur ayam 4 butir
  • Gula pasir 120 gram
  • Garam 1/4 sdt
  • Tepung terigu120 gram
  • Baking soda 1/4 sdt
  • Jahe bubuk 1 sdt
  • Santan kental instan 75 gram
  • Fruit mix 50 gram
  • White chocolate cooking 50 gram

Cara Memasak:

  1. Mix telur, gula, garam hingga mengembang kemudian masukkan tepung terigu jahe bubuk dan baking powder
  2. Masukkan secara diayak dan bergantian dengan santan, aduk perlahan
  3. Tuang adonan ke loyang yang sudah diolesi minyak tipis, kemudian taburkan fruit mix
  4. Kukus dalam api sedang selama 15 menit sampai matang
  5. Setelah matang tunggu dingin kemudian siram dengan white chocolate cooking yang telah dilelehkan
  6. Bolu kukus jahe fruit mix siap untuk disajikan

Resep Bolu Kukus Ontbijtkoek

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Ontbijtkoek merupakan kue rempah khas Belanda. Kue ini cocok disajikan saat minum teh. Nah, kini Anda bisa mengkreasikan bolu kukus dengan Ontbijtkoek. Berminat mencoba? Dijamin dari aromanya, Anda tidak akan sabar untuk mencicipi.

Bahan:

  • Telur ayam 2 butir
  • Gula pasir 150 gram
  • Gula merah 70 gram disisir
  • Emulsifier 1 sdt
  • Tepung terigu275 gram
  • Bumbu spekuk 1 sdt
  • Baking powder ½ sdt
  • Soda tawar 220 ml
  • Muka pasta ¼ sdt
  • Choco chip 75 gram

Cara memasak:

  1. Kocok telur, gula pasir, gula merah dan emulsifier selama 15 menit sampai kaku secara merata
  2. Masukkan tepung terigu, bumbu spekuk, dan baking powder dengan cara diayak
  3. Kemudian tambahkan soda dan pasta moka, aduk hingga rata
  4. Tambahkan choco chip, aduk menyebar sesuai selera
  5. Tuang adonan ke loyang yang sudah dilapisi kertas roti agar nantinya tidak lengket
  6. Kukus selama 12 menit sampai matang dengan api besar, jangan terlalu lama
  7. Hindangkan saat bolu kukus Ontbijtkoek sudah dingin

Bolu kukus merupakan kue sederhana namun memiliki banyak varian. Setelah mengetahui beberapa resep bolu kukus, apakah Anda tertarik untuk mencoba? Takut gagal ketika mencoba? Tidak apa, namanya juga latihan! Sebagai saran saja, pilih yang sesuai dengan selera Anda dan keluarga, atau bisa membuat varian secara bergantian supaya tidak bosan. Selamat mencoba ya!

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Resep Bolu Kukus

Leave a Reply